Cara membuat tweet palsu (fake tweet) di twitter

Twitter, siapa yang tidak tahu media sosial yang satu ini? Media sosial ini menjadi salah satu media sosial favorit berbagai kalangan pengguna internet. Meskipun belum sepopuler Facebook atau Instagram, faktanya di Indonesia sendiri media sosial ini banyak dipakai orang. Bahkan Indonesia juga menjadi negara dengan pengguna Twitter terbanyak nomor 5 sedunia.

Sebagai media microblogging, Twitter memiliki konten utama yaitu berupa tulisan atau teks. Sebagai pengguna Twitter, kamu dapat menuliskan tweet atau status dengan jumlah karakter tak lebih dari 280 karakter. Pada tahun 2017 lalu, Twitter secara resmi menambah batasan karakter maksimal untuk membuat kicauan dari 140 menjadi 280 karakter.

Mungkin kamu pernah menjumpai tweet yang seolah-olah ditulis oleh orang ternama, padahal aslinya tidak. Tweet yang demikian itu, dapat kamu sebut sebagai tweet palsu atau fake tweet. Dengan fake tweet, pembuatnya dapat mengatur kontennya sesuai dengan keinginan sendiri.

Pernahkah kamu berpikiran untuk membuat tweet palsu? Untuk membuat tweet palsu, kamu memerlukan aplikasi tambahan. Kamu dapat mencari aplikasinya di playstore dengan kata kunci fake tweets.

Kali ini Bukugue dot com akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat tweet palsu dengan aplikasi tambahan tadi. Adapun untuk langkah-langkahnya dapat kamu simak pada penjelasan berikut ini.

Langkah pertama, unduh aplikasinya terlebih dahulu

Sebenarnya cukup banyak aplikasi pembuat tweet palsu yang tersedia di playstore. Namun dalam tutorial kali ini, Bukugue dot com akan menggunakan aplikasi “Fake tweets”. Untuk lebih mudahnya, jika kamu ingin menginstall aplikasinya dapat meng-klik link sebagai berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.replayyutils.fake_tweets 

install aplikasi fake tweets
install aplikasi fake tweets

Lakukan penginstallan seperti aplikasi pada umumnya. Oh iya, aplikasi ini ukurannya hanya 3.3 MB saja. Sehingga kamu tak perlu khawatir aplikasi ini akan memakan banyak memori pada ponsel kamu.

Langkah kedua, buka aplikasi Fake tweets

Pastikan bahwa aplikasi tadi telah terinstall dengan baik di ponsel kamu. Setelah itu buka aplikasinya, dan berikan akses terhadap galeri. Setelah itu akan muncul tampilan utama seperti pada gambar berikut.

tampilan utama aplikasi Fake Tweets
tampilan utama aplikasi Fake Tweets

Pada tampilan ini terdapat bagian-bagian yang dapat kamu edit. Adapun bagian tersebut adalah:

  1. Sample name. Kamu dapat mengubah sample name menjadi nama profil pengguna Twitter. Kamu dapat mengeditnya sesuai keinginanmu.
  2. Untuk dapat mengubah username, kamu dapat menuliskannya tanpa menggunakan tanda at (“@”).
  3. Profile photo. Sebelum mengedit foto, silahkan cari foto profil yang akan kamu gunakan terlebih dahulu. Jika kamu ingin membuat tweet palsu seorang artis, maka download terlebih dahulu ava atau foto profil yang digunakan si artis.
  4. Demo tweet. Demo tweet ini dapat kamu ubah isinya menjadi tweet yang ingin kamu tuliskan.
  5. Waktu. Silahkan tentukan kapan tepatnya status ini “seolah-olah” ditulis.
  6. Jumlah retweets dan likes. Tentukan besaran jumlah retweet dan like yang kamu inginkan.
  7. Balasan atau reply. Kamu dapat menambahkan balasan tweet palsumu. Kamu juga dapat mengedit balasan tweet ini sama seperti saat kamu membuat tweet palsu.

Dalam tampilan utama aplikasi ini, ada pula icon share yang biasanya juga terdapat pada tweet. Namun pada aplikasi ini, icon share tidak dapat digunakan. Lebih tepatnya lagi, icon share tidak dapat diklik maupun diedit.

Langkah ketiga, cari terlebih dahulu profil yang akan dibuat tweet palsu

Dalam kesempatan kali ini Bukugue dot com akan membuat tweet palsu dari penyanyi barat, Shawn Mendes. Cari profil Shawn Mendes melalui kolom pencarian Twitter. Setelah itu buka halaman profilnya.

buka profil orang yang akan dibuat tweet palsu
buka profil orang yang akan dibuat tweet palsu

Setelah membuka halaman profilnya, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengunduh foto profilnya terlebih dahulu. Foto profil atau biasa disebut ‘ava’ pada Twitter ini nantinya akan digunakan untuk mengisi bagian profile photo pada tweet palsu.

download foto profilnya
download foto profilnya

Langkah keempat, “mengatur” dan membuat tweet palsu

Untuk membuat tweet palsunya, kamu dapat melihat langkah-langkah berikut ini. Sebagai catatan, kamu dapat melakukannya secara acak sekalipun. Namun disini kami akan mengurutkan langkahnya sesuai dengan posisi bagian-bagian pada fake tweets mulai dari atas ke bawah.

1. Edit bagian sample name dan username sesuai profil yang telah kamu buka tadi. Untuk memudahkannya, kamu bisa meng-copy paste nama dan usernamenya. Setelah nama dan username diubah, jangan lupa untuk mengupload foto profil yang telah kamu unduh tadi pada kolom yang tersedia.

2. Setelah mengedit nama, username, dan foto, kamu dapat mengedit isi dari tweet. Disini kami akan menuliskan ajakan untuk membuka Bukugue dot com yang seolah-olah ditulis oleh Shawn Mendes. Itung-itung promosi gratis, kan? Perlu diingat bahwa isi dari tweet palsu ini hanya bersifat hiburan saja ya.

ubah isi tweet
ubah isi tweet

3. Setelah itu kamu dapat mengatur waktu pada tweet palsu ini sesuka hati. Tentukan waktu penulisan tweet palsu sesuai keinginan kamu, mulai dari jam hingga tanggal.

4. Setelah mengubah waktunya, kamu dapat mengubah pula berapa jumlah retweets dan likes yang kamu inginkan.

5. Kamu juga dapat menambahkan balasan tweet dengan menekan icon bubble. Kamu dapat mengedit balasan tweet dengan cara yang sama persis seperti cara membuat tweet palsu tadi. Namun kali ini kami tidak akan menambahkan balasan pada tweet palsu ini.

berikan tweet balasan dengan menekan icon bubble, jika diperlukan

6. Tentukan pilihan apakah kamu me-retweet postingan tadi atau tidak. Kemudian pilih juga apakah kamu perlu menambahkan tanda like (gambar hati) atau tidak.

berikan retweet dan tanda suka bila diperlukan
berikan retweet dan tanda suka bila diperlukan

Oh iya, kamu juga dapat mengedit perangkat apa yang digunakan pada tweet palsu ini. Kamu dapat mengisinya sesuai dengan keinginan kamu. Kami akan mencoba mencoba mengubah perangkatnya menjadi “Twitter for iPhone”.

ubah device yang digunakan

Perlu diingat, jangan anggap serius tweet palsu ini ya, Bukugue readers! Ingat tujuan utama membuat tweet palsu ini hanya untuk hiburan saja.

Langkah terakhir, simpan dan pindahkan file

Untuk dapat menyimpan tweet palsu, silahkan tap icon save di icon bar paling kanan bawah.

Setelah itu tap tanda plus. Setelah gambar muncul, tap gambar tweet palsu dan pindahkan dengan men-tap move to. Pindahkan gambar tweet palsu ini ke folder yang kamu inginkan untuk mempermudah pencarian. Dan setelahnya, kamu dapat membuka tweet palsu tadi pada galeri ponsel kamu.

Setelah menyimpan dan memindahkan gambar, selanjutnya kamu dapat mengupload tweet palsu ini ke media sosial yang kamu punya. Catatan yang pasti, tweet palsu ini janganlah kamu gunakan untuk tindakan yang tidak baik dan menyebarkan hoax. Sekali lagi, hanya gunakan tweet palsu untuk kebutuhan hiburan saja dan jangan anggap terlalu serius.


Demikian itu tadi informasi mengenai cara membuat tweet palsu. Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Ikuti terus informasi terupdate seputar media sosial hanya di Bukugue dot com.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan