Cara menambah lokasi di Instagram

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Mei 7, 2020
  • Post category:Topik : Instagram

Mengambil foto saat liburan atau traveling adalah kegiatan yang hampir tidak terpisahkan dari kita para instagrammer. Saat ke pantai atau ke monumen dan lokasi bersejarah, kita langsung buka kamera, dan ambil beberapa jepretan untuk di upload ke instagram.

Saat mengupload foto atau video ke instagram, kita bisa membagikannya dengan nama lokasi dimana foto atau video tsbt diambil. Dengan begitu, follower kita bisa tau dan mengunjungi lokasi tsbt jika mereka merasa lokasinya cukup menarik.

Nah, disini kita akan bahas bagaimana cara menambahkan lokasi saat posting di Instagram, dan kita juga akan bahas bagaimana cara menambahkan lokasi baru yang belum ada di Instagram.

Langsung aja ke pembahasannya.

Menambah lokasi ke postingan Instagram

1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah berada diberanda Instagram, silahkan kalian buat postingan baru berupa foto maupun video.

buat dulu postingan

3. Disini kita akan pilih foto untuk di upload. Setelah itu tap “Selanjutnya”. Dihalaman editing, bisa edit-edit jika perlu. Setelah itu tap “Selanjutnya” sekali lagi.

4. Setelah itu kalian akan di bawa kehalaman keterangan seperti dibawah. Disini kalian bisa menambahkan keterangan berupa deskripsi foto, men-tag orang, dll. Untuk menambah lokasi, tap menu “Tambahkan Lokasi”.

tambahkan lokasi pada foto

5. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman pencarian lokasi seperti dibawah. Silahkan ketikkan nama lokasi tsbt, nanti akan muncul pilihan lokasi dengan nama yang sama. Pilih lokasi yang sesuai.

cari dan klik lokasi

6. Jika sudah, kalian bisa langsung tap “Bagikan” yang ada di pojok kanan atas halaman.

klik bagikan

7. Selesai.

Berikut contoh hasil postingan dengan lokasi. Lokasi yang kalian tambahkan tadi akan muncul dibawah nama instagram kalian seperti gambar dibawah ini.

lokasi yang di tambahkan
lokasi yang di tambahkan

Jika dengan cara diatas kalian tidak menemukan lokasi yang kalian maksud, kalian bisa membuat dan menambahkan lokasi baru ke instagram, setelah lokasi barunya masuk ke database instagram, kalian bisa menggunakan cara diatas untuk membuat postingan dengan lokasi tsbt.

Menambahkan lokasi baru yang belum ada ke Instagram

Disini kita akan menambahkan lokasi baru, misalnya ada mall baru di kota kalian atau ada lokasi wisata baru yang ternyata belum ada di database Instagram.

Kita akan menambahkan lokasinya melalui Facebook. Kenapa facebook? Itu karena facebook punya fitur untuk menambahkan lokasi. Selain itu, instagram berada dibawah naungan facebook, jadi mereka menggunakan set data yang sama.

Paham kan ya? Langsung aja, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi Facebook yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di halaman beranda Facebook, silahkan kalian tap kolom pembuatan status.

masuk ke halaman status

3. Setelah itu kalian buat status dulu, isinya terserah kalian, selanjutnya tap “icon lokasi” .

klik icon lokasi

4. Jika sudah, cari lokasi yang tidak ada di instagram tadi, jika tidak ketemu juga di Facebook kalian, seharusnya akan ada menu “Tambahkan tempat baru” disana. Tap menu tsbt.

klik tambahkan tempat baru

5. Setelah itu kalian akan diminta memilih kategori untuk “lokasi” yang ingin kalian tambahkan tsbt. Apakah itu loasi rumah, restoran, dll. Pilih yang paling sesuai.

pilih kategori sesuai lokasi

6. Selanjutnya kalian akan dibawa kehalaman pemilihan lokasi seperti dibawah ini. Kalian bisa cari kota, dan lokasinya lewat peta. Atau jika kalian sedang berada dilokasi tersebut, bisa pilih “Saya berada di sini sekarang”.

klik lokasi sekarang

7. Jika sudah kalian akan di bawa ke halaman informasi lokasi yang baru saja kalian buat. Disini kalian bisa memastikan apakah semua informasi sudah benar. Jika sudah benar, tap tombol “Buat”. Akan muncul kotak konfirmasi, tap tombol “OKE”.

8. Jika sudah, kalian akan di bawa ke halaman status facebook kalian tadi. Nah disini silahkan kalian tap “POSTING” untuk memposting status dan lokasi tadi.

klik posting

9. Selesai. Sampai disini lokasi seharusnya sudah masuk ke database Facebook dan Instagram.

Tunggu beberapa menit, jika sudah, buka aplikasi Instagram kalian, setelah itu, buat postingan dan tambahkan lokasi. Seharusnya lokasi baru tadi sudah bisa dipilih dari pilihan lokasi di instagram.

Berikut contohnya, lokasi “bukugue” sudah muncul dipilihan lokasi Instagram.

lokasi sudah muncul
lokasi sudah muncul

Jadi jika ada lokasi yang tidak muncul secara default di Instagram, kalian bisa tambahkan dulu lokasinya melalui Facebook.

Ingat, sebaiknya tidak menambahkan sembarang ataupun lokasi palsu, agar tidak menyulitkan pengguna lainnya.


Sekali lagi, untuk lokasi baru yang tidak ada secara default di Instagram, dan kalian tambahkan lewat facebook, butuh waktu untuk muncul di Instagram, jadi kalau belum muncul, coba cek lagi di facebook, apakah sudah muncul dibagian maps facebook atau belum.


Sekian pembahasan kali ini. Jika ada tambahan atau pertanyaan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan