Cara Menambahkan Foto Profil Sementara Facebook di Android

Mengganti foto profil facebook merupakan hal yang sering dilakukan bagi pengguna medsos ini. Walaupun tidak dalam jangka waktu yang sama, namun semua pengguna facebook pernah melakukannya. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, sehingga sering kali kita menemukan pengguna facebook yang menggunakan foto profilnya dalam jangka yang sangat lama bahkan hingga bertahun-tahun. Kebiasaannya orang seperti ini punya rasa percaya diri yang sangat tinggi, sehingga ia merasa tidak perlu gonta-ganti foto profilnya.

Namun sebagian malah menganggap terlalu aneh jika hanya memiliki satu foto profil dalam jangka waktu yang sangat lama. Baginya mengganti foto profil sesering mungkin, dalam seminggu bisa beberapa kali berganti. Kebiasaannya orang seperti ini memiliki hobi foto dan tergolong sangat narsis. Dimanapun ia berada pasti menyempatkan diri selfie atau meminta bantuan orang lain untuk di foto.

Ada juga pengguna yang memfokuskan pada hal-hal penting saja untuk dijadikan foto profil facebook. Orang seperti ini akan memilah-milah foto untuk dijadikan sebagai konsumsi publik atau cukup pengisi memori handphonenya saja. Hal-hal seperti ini yang kemudian bisa menjadikan foto profil sebagai media untuk mengetahui karakter seseorang.

Baca juga: cara mengganti atau menghapus email akun facebook di android

Untuk jenis foto yang dijadikan profil bisa beragam, baik berupa foto diri, foto keluarga, anak kecil, hewan peliharaan dan lain-lain. Nah, kamu tentu sering melihat seseorang yang menggantikan foto profilnya berupa kegiatan yang sedang ia lakukan seperti pelatihan kerja, pada waktu berikutnya ia kembali menggunakan foto profil yang biasa kita lihat. Disinilah tempat yang tepat untuk menggunakan foto profil sementara. Tidak berbeda dengan foto profil facebook biasanya, yang juga menampilkan sebuah foto depan sebagai identitas pengenal. Hanya saja untuk foto profil sementara kita menentukan batas waktu penggunaannya. Beberapa pilihan yang telah ditetapkan facebook sendiri adalah 1 jam, 1 hari dan 1 minggu.

Saat seseorang menggunakan foto profil sementara maka ia hanya menampilkan profilnya hingga waktu yang telah ditentukan. Lalu bagaimana jika foto tersebut kadaluarsa?  Jika hal ini yang terjadi maka foto profil kita sebelumnya yang akan menggantikan profil sekarang, hanya saja jika foto tersebut bukan bersifat sementara tetapi tidak ada batasan waktu.

Baca juga: cara mudah menambahkan seseorang menjadi admin fan pages facebook

Pertanyaannya lagi, bagaimana kalau sebelumnya foto profil yang kita gunakan foto profil sementara? Sama seperti jawaban diatas, jika foto tersebut kadaluarsa atau telah diganti sebelum masa kadaluarsa maka dengan sendirinya akan menghilang. Berarti foto profil kita yang akan muncul adalah foto yang sebelumnya kita gunakan, bukan foto profil sementara tersebut.

Langkah-langkah menambahkan foto profil sementara facebook di android

  • Login facebook seperti biasa, kamu akan dibawa ke halaman beranda. Selanjutnya klik pada gambar foto profil kamu.

  • Nah kamu sudah berada di halaman profil, untuk merubah foto profil klik diperintah edit sesuai arah panah.

  • Selanjutnya kamu akan dihadapkan pada halaman untuk memilih foto profil. Kamu memiliki banyak pilihan mengunggah foto baru dari android atau memilih dari saran foto yang sudah ada di album facebook kamu.

  • Disini kami memilih foto sesuai panah, dan foto profil sementara siap ditampilkan. Namun belum memiliki batas waktu. Untuk mengatur batasan waktu klik di arah panah.

  • Untuk mengatur foto profil sementara kamu harus memilih pada batas waktu yang telah disediakan,disini kami memilih menampilkan selama 1 minggu.

  • Nah, sudah ditandai selama 1 minggu dan selanjutnya klik perintah jadikan foto profil

  • Foto profil sementara sudah siap ditampilkan, yang menandakan foto profil sementara yaitu terdapatnya gambar jam pada profil kita.

Namun gambar jam tersebut hanya terdapat di profil facebook pemilik akun. Sedangkan jika dilihat dari akun orang lain, maka tidak ada bedanya dengan profil biasa. Selesai, profil sementara akan kadaluarsa setelah satu minggu.

Jika kamu menginginkan foto profil tersebut tidak hanya dalam jangka waktu tersebut. Menjadi foto profil permanen atau kembali pada foto profil sebelumnya, maka kamu bisa mengatur kembali dengan melanjutkan langkah berikut ini.

  • Untuk mengubah profil sementara kita, bisa klik di gambar jam tersebut dan akan muncul beberapa menu pilihan.

  • Jika ingin merubah menjadi gambar permanen klik pada perintah di bawah atau ingin kembali pada profil sebelumnya klik pada pilihan tersebut. Disini kami memilih untuk menyimpan sebagai gambar permanen.

  • Berikut foto profil sementara sudah beralih menjadi profil permanen.

Nah jika kamu beralih ke profil permanen maka gambar jam di profil tidak ada lagi walaupun waktu yang kita tampilkan di profil sementara  belum kadaluarsa. Untuk foto profil permanen, tentu kamu sudah tau sendiri. Gambar tersebut akan berganti ketika pemilik akun menggantikannya, jika sang pemilik akun tidak merubah dengan yang baru maka akan tetap selamanya di sana.

Punya akun facebook memang membuat kamu lebih mudah berkomunikasi dengan kawan-kawanmu. Sehingga kamu yang lagi beraktifitas atau bekerja yang membutuhkan konsentrasi tinggi bisa langsung memberitahukan melalui foto profil sementara. Jika kawan-kawanmu melihat foto profilmu berupa sekumpulan referensi yang menumpuk di atas meja belajar lengkap dengan peralatan tulis, gulungan kertas A1 yang sebagian masih kosong, bahan maket yang masih berserakan dan wajah kamu yang lagi serius merevisi tugas di halaman kerja laptopmu lengkap dengan kacamata.

Baca juga: cara mudah membuat status daftar/list di facebook

Apa reaksi kawan-kawanmu?

Tentu saja tidak perlu bertanya mereka sudah tau tentang kesibukanmu yang luar biasa itu. Sehingga kawan-kawanmu tidak akan terlalu sering menghubungi seperti hari-hari biasa, agar kamu lebih fokus mengerjakan tugas. Kamupun merasa lebih nyaman karena tidak berkesan menghilang secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Saat profil sementara kamu berubah, dengan sendirinya mereka akan tau kalau kamu sudah tidak sibuk lagi.

Ketika media sosial dimanfaatkan secara positif maka sangat membantu dalam kehidupan untuk bersosialisasi. Lalu bagaimana jika kamu harus memberitahukan semua kawanmu tentang kesibukanmu itu, wah sangat ribet, bukan? Apalagi kamu harus mengirim banyak pesan yang membuat pengeluaranmu bertambah. Buat kamu juga yang sekolah desain, lagi serius didepan komputer mengerakkan kursor untuk menumpahkan imajinasimu, eh tiba-tiba handphone berdering, mengganggu banget kan! Nah hal ini tidak akan terjadi jika kamu memanfaatkan menu profil sementara.

Baca juga: cara mudah membuat daftar teman di facebook

Profil sementara juga bisa digunakan untuk menunjukkan partisipan atau dukungan atas suatu kegiatan amal seperti program kerja membantu pembangunan sekolah darurat didaerah yang terkena musibah gempa bumi. Namun hal ini biasa dilakukan oleh aktifis atau orang yang pengaruh seperti pihak pemerintah atau lembaga masyakat. Untuk kalian yang merasa turut berduka cita atas kehilangan orang yang kalian sayangi juga bisa menggunakan profil facebook sementara. Bagi yang aktif berorganisasi bisa memanfaatkan foto facebook sementara untuk update kegiatan kalian. Misalnya penerimaan anggota baru atau mempromosikan tingkat prestasi yang diraih dalam perlombaan yang sedang berlangsung untuk memotivasi anggota dan menarik minat calon anggota.

Banyak banget manfaatnya kan! Untuk kalian yang sudah biasa menggunakan facebook yuk, mulai menggunakan foto profil sementara untuk akunmu. Semua kegiatan penting kamu, dukungan, rasa turut berduka cita atau momen bahagia bisa kamu bagikan pada sejumlah kawanmu di facebook. Agar efisien kamu harus memberikan batasan waktu sesuai momen tersebut. Untuk kamu yang pemula tutorial ini sangat memudahkan kamu menambah foto profil sementara. Ikuti langkah-langkah di atas tanpa ada yang tertinggal. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

fatimahms

punya hobi membaca buku dan menyukai dunia kepenulisan sejak kecil

Tinggalkan Balasan