Cara menambahkan musik di Feed Instagram kamu

Tahun lalu, Instagram melakukan test untuk fitur barunya yang memungkinkan pengguna menambahkan lagu di feed atau postingan pengguna. Testing ini dilakukan di tiga negara, yaitu India, Brazil dan Turki.

Lewat fitur tersebut, pengguna bisa memilih musik yang mereka sukai dan menempelkannya di foto yang akan mereka upload. Mereka bisa memilih bagian lagu mana yang akan diputar saat seorang melihat postingan mereka dan berapa lama durasinya.

Saat ini fitur untuk menambahkan musik di postingan feed ini sudah tersedia di Indonesia. Jadi, buat pengguna aktif Instagram di tanah air, mereka bisa mencobanya dengan cara berikut.

Langkah-langkah Menambahkan Musik di Postingan Instagram

Untuk menambahkan musik pada postingan Instagram, kamu hanya perlu posting foto seperti biasa, dan dihalaman terakhir sebelum posting, kamu bisa memilih menu “Tambahkan musik” yang berada dibawah menu “Tambahkan lokasi”.

Jika tidak tau, berikut langkah-langkah detailnya.

1. Pastikan aplikasi Instagram kamu sudah di update di playstore.
2. Selanjutnya buka Instagram, lalu tap ikon “Plus” di kanan atas.

Tap ikon “Plus” di kanan atas.

3. Pilih satu foto dari galeri kamu. Lalu tap “panah biru” dipojok kanan atas.

Disini, kamu hanya bisa memilih satu foto saja karena musik tidak bisa ditambahkan pada postingan yang berisi lebih dari satu foto.

Tap ikon anak panah biru di kanan atas.

4. Silahkan edit fotonya jika perlu, selanjutnya tap ikon “anak panah biru” di kanan atas.

Tap ikon "anak panah biru" di kanan atas.

5. Tap “Tambahkan musik”.

Tap “Tambahkan musik”.

6. Cari dan pilih lagu yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa menekan ikon “Play” di sebelah kanan untuk mendengarkan sampel lagunya.

7. Selanjutnya atur durasi lagu.

Di halaman Tambahkan Musik, kamu bisa tap angka “30” untuk mengatur seberapa panjang durasi musik yang akan kamu tambahkan. Jika sudah, tap “Selesai”.

8. Selanjutnya, atur posisi lagu.

Kamu bisa memilih bagian musik mana yang akan diputar ketika ada orang yang melihat postinganmu dengan menggeser-geser posisi bar yang ada dibawah menu mengatur durasi sebelumnya. Jika sudah menentukan hal tersebut, tinggal tap ikon “Checklist biru” di kanan atas.

Tap ikon “Checklist biru” di kanan atas.

9. Selanjutnya kamu juga bisa tambahkan keterangan, tandai orang, tambahkan lokasi, dll seperti postingan pada umumnya.
10. Jika sudah, silahkan tap ikon “Ceklis biru” dipojok kanan atas.

Silahkan beri keterangan untuk postinganmu seperti biasa. Kemudian tap ikon ‘Checklist biru”

11. Selesai, postingan feed berisi musik pun sudah berhasil ter-upload.

Postingan sudah berhasil diposting.

Itulah cara menambahkan musik pada postingan IG. Ada banyak pilihan lagu yang tersedia. Mulai dari lagu-lagu populer, lagu-lagu sedih dengan tema menyayat hati yang membuat foto terlihat lebih dramatis hingga lagu-lagu lucu yang bisa membuat orang yang melihat postinganmu tersenyum. Semua lagu tersebut bisa kamu gunakan untuk menghias postinganmu.

Nantinya, lagu yang kamu pilih akan langsung diputar ketika seorang melihat postinganmu. Judul lagu pun akan muncul di bagian atas postingan dan jika ada seseorang yang men-tap judul lagu tersebut, maka Instagram akan membuka halaman audio yang menunjukan semua postingan yang menggunakan lagu tersebut.

Halaman audio

Bagaimana jika tidak ada menu tambahkan musik ?

Hal ini bisa terjadi karena dua hal, pertama karena postingan feed yang kamu buat berisi lebih dari satu foto, atau kamu tidak sengaja memilih video.

Jadi postingan berisi musik ini hanya bisa untuk foto dan hanya ada satu foto saja dalam satu postingan tsbt.


Demikianlah pembahasan mengenai cara menambahkan musik pada postingan feed Instagram. Sekian untuk postingan kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *