Cara mencari tweet lama kamu ataupun akun twitter orang lain

Sudah berapa banyak tweet yang sudah kamu hasilkan dari awal sampai hari ini? Apa kamu inget tweet pertama kamu isinya apa? Pernah stalking profil timeline orang lain? Pengen tahu mereka pernah nge-tweet apa aja? Pengen tahu tweet pertama mereka apa?

Nggak ada salahnya koq scrolling timeline akun orang lain. Hampir semua pengguna di berbagai platform sosial media juga sering melakukan hal ini. Apalagi kalau orang tersebut adalah seseorang yang special. Kalau istilah gaulnya ‘kepo is care’, bener gk tuh?

Kemudian pertanyaan baru muncul, bagaimana mencari tweet lama dengan cepat dan efisien?

Sebelum membahas itu, mari kita akui bahwa scrolling satu persatu dari tweet yang terbaru sampai yang terdahulu itu bisa dibilang menjenuhkan.

  • Pertama, karena jumlah postingan seorang pengguna twitter itu bisa mencapai ribuan atau puluhan ribu.
  • Kedua, dengan jumlah sebanyak itu, berapa lama waktu yang diperlukan oleh aplikasi kita untuk meloading dan menampilkan urutan tweet selanjutnya, itu juga kalau koneksi lancar jaya.
  • Yang ketiga, tentunya seberapa kuat device kita bisa melakukan proses tersebut. Tidak jarang nih, walaupun sudah terhubung dengan internet yang super kencang tapi kalau device kita yang kurang memadai, ya sama aja. Saking lemotnya loading, aplikasi twitter kita malah crash dan menutup sendiri.
  • Keempat, karena memang twitter membatasi jumlah postingan yang bisa ditampilkan di timeline ketika scrolling ke masa lalu, jumlahnya dibatasi hanya bisa menampilkan sebanyak 3200 tweets. Jadi, misalkan kamu sudah mempunyai 5000 tweet, maka kamu hanya bisa melihat sampai tweet kamu yang ke 1800 saja, tidak bisa mencapai tweet kamu yang paling pertama.

Nah, itulah empat alasan minimal mengapa kita terkadang malas scrolling.

Cara cepat dan efisien mencari cuitan lama kamu ataupun teman kamu

Lalu, ada nggak sih cara yang lebih sederhana tapi pastinya efektif untuk bisa kembali bernostalgia dengan membaca tweet lama? Tentu saja ada, yuk mari kita bahas caranya satu persatu.

1. Mencari tweet lama menggunakan kolom search di twitter

Untuk membahas dengan contoh, saya akan menggunakan akun yang paling terkenal di dunia pertwitteran karena berhasil memecahkan rekor Guinness World sebagai akun dengan nilai interaksi twitter paling tinggi di dunia, siapa lagi kalau bukan akunnya anak Bangtan : @BTS_twt.

Ambillah kasus dimana kamu ingin mencari tweet lama, bisa saja akun milikmu sendiri atau dari akun orang lain yang sudah kamu ketahui usernamenya. Masalahnya kita tidak selalu bisa ingat tanggal pasti ketika tweet tersebut diposting, kemungkinan yang paling mudah yaitu kita masih bisa mengingat beberapa kata kunci yang digunakan pada tweet tersebut.

Maka pada kolom pencarian, kamu bisa menggunakan rumus berikut ini: “from:username kata kunci”.

Penulisan tidak perlu menggunakan tanda kutip dua di depan dan di dibelakang, username tidak perlu ditambahkan simbol @ dan jangan lupa beri satu spasi sebelum memasukkan kata kunci.

Contohnya kita gunakan rumus tersebut untuk mencari tweet dengan kata kunci “moonchild” dari akun @BTS_twt. Maka kita masukkan “from:BTS_twt moonchild” pada kolom pencarian. Dan ketika di enter, kita akan mendapatkan satu tweet dari akun tersebut yang menggunakan kata kunci moonchild.

Kasus selanjutnya yaitu kita ingin mencari tweet seorang pengguna pada waktu tertentu melalui kolom pencarian di twitter.

Caranya sama dengan sebelumnya yaitu dengan memasukkan kata kunci tertentu ke dalam kolom. Kata kunci yang digunakan mengikuti rumus berikut ini : ”from:username since:yyyy-mm-dd until:yyyy-mm-dd” dimana “yyyy” menunjukkan tahun, “mm” menunjukkan bulan dan “dd” menunjukkan tanggal.

Usahakan untuk memasukkan tanggal yang berbeda pada kolom ‘since’ dan ‘until’. Hal ini adalah salah satu kekurangan dari twitter search, sistem waktu yang digunakan belum bisa spesifik ke satu tanggal saja, sehingga kita perlu memberi selisih jarak minimal satu hari antara tanggal di ‘since’ dan ‘until’. Ada kemungkinan juga karena perbedaan zona waktu dari device yang digunakan oleh akun tersebut dengan device yang kamu gunakan.

Masih bingung bagaimana cara penggunaan rumusnya?

Rumus tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui tweet seseorang pada waktu tertentu. Contoh iseng nih, kita pengen tahu tweet apa aja yang diposting anak-anak bangtan pada awal tahun 2015. Maka pada kolom pencarian kita masukkan kata kunci berikut: “from:BTS_twt since:2015-01-01 until:2015-01-02

Ketik enter…. dan voila, kamu akan disajikan beberapa tweet yang mereka posting antara kedua tanggal tersebut.

Rumus ini bisa juga digunakan untuk mengetahui tweet pertama yang diposting oleh akun tertentu. Tapi, sebelumnya kamu harus tahu kira-kira kapan dia pertama kali posting. Lah, bagaimana caranya kita bisa tahu kapan dia posting tweet pertamanya?

Gk usah khawatir. Kebanyakan dari kita biasanya langsung posting setelah membuat akun dan resmi bergabung ke aplikasi kan? Nah, untuk mengetahui kapan seorang pengguna twitter bergabung, kamu hanya perlu membuka halaman profil akun tersebut melalui twitter web (di aplikasi tidak bisa karena tidak dicantumkan). Ketika kita membuka profil seseorang, maka pada bagian kiri akan tertulis bulan dan tahun dari akun tersebut dibikin. Gampang ‘kan?

Btw, kamu pengen tahu tweet pertama yang diposting sama anak-anak bangtan? Sama, kita stalking yuk. 

Meskipun pada umumnya kita langsung memposting tweet pertama setelah membuka akun, tapi ada juga yang tidak mengikuti pola ini lho, postingan pertama tidak selalu disekitar waktu itu. Contohnya saja akun @BTS_twt, pada halaman profil mereka yang diperlihatkan oleh gambar dibawah ini tercantum bahwa mereka mulai bergabung dengan twitter sejak bulan ‘Juli 2011’, namun setelah dikorek sana-sini diketahuilah bahwa tweet pertama mereka diposting sekitar akhir tahun 2012 dan mulai aktif digunakan pada tahun berikutnya.

Mari kita gunakan rumus diatas untuk mencari tweet pertama Bangtan. Buka search tab (bisa di aplikasi maupun di twitter web) dan masukkan kata kuncinya. Kita coba masukkan jangka waktu sepanjang tahun 2012, maka rumus yang dimasukkan ke dalam kolom pencarian adalah sebagai berikut: “from:BTS_twt since:2012-01-01 until:2012-12-31

Lalu tekan enter dan kamu akan disajikan semua tweet yang mereka posting selama tahun tersebut. Yang ditampilkan tidak hanya tweet tetapi juga yang berupa balasan/reply yang dilakukan oleh akun tersebut ke akun lainnya.

Sama halnya dengan timeline twitter, jika pengaturan hasil pencarian di setting pada kategori ‘top’, maka yang ditampilkan adalah tweet yang memiliki nilai interaksi paling tinggi ke yang paling rendah. Namun jika diatur pada kategori ‘latest’ maka hasil pencarian diurutkan berdasarkan yang paling baru hingga yang paling lama sesuai waktu. Untuk tahu tweet pertama seseorang maka kamu harus scroll sampai ke yang paling bawah. Pada contoh akun @BTS_twt, setelah scroll sampai ke ujung akhirnya kita ketahui postingan pertama mereka dilakukan pada tanggal 17 desember 2012.

Sudah mengerti kan ? Jadi, kalau kamu penasaran ingin stalking postingan awal orang lain, kamu bisa memasukkan tanggal yang kira-kira berdekatan dengan waktu pertama mereka bergabung dengan twitter. Gonta-ganti tanggalnya sesuai feeling kamu saja sampai ditemukan postingan yang paling lama.

2. Mencari tweet dengan memanfaatkan Fitur Twitter Advanced Search

Cara selanjutnya ini juga masih merupakan fitur asli yang sudah ada di twitter, tapi mungkin jarang digunakan karena kebanyakan pengguna tidak ada yang tahu.

Seperti nama fiturnya, ‘advanced search’ bisa dimaksudkan sebagai metode pencarian tingkat lanjut. Kamu bisa mengakses fitur ini dari twitter web dengan menggunakan browser di link berikut ini: Twitter Advanced Search.

Setelah dibuka kamu akan diarahkan ke halaman seperti yang terlihat di bawah ini:

Fungsinya hampir sama dengan penjelasan pada poin pertama, hanya saja kamu tidak perlu mengikuti rumus dan hanya perlu memasukkan kata kunci pada kolom yang sesuai.

Mengapa disebut pencarian tingkat lanjut? Karena pengguna bisa mencari tweet dari yang paling umum sampai yang paling khusus, tentang kata kunci tertentu, tentang akun tertentu, di tempat tertentu dalam rentang waktu tertentu, sesuai yang kamu perlukan. Tidak hanya itu saja, kamu bisa juga menuliskan kata kunci yang tidak ingin kamu temukan di hasil pencarianmu.

Misalnya saja kamu tidak ingin menemukan postingan yang berbau nsfw di hasil pencarianmu, maka masukkan kata kunci yang tidak kamu inginkan ke dalam kolom keempat. Kalau kamu ingin menemukan satu kalimat panjang yang terdiri atas beberapa kata, maka masukkan kalimat tersebut ke dalam kolom kedua. Selain itu dari pengaturan pencarian ini bisa juga dibedakan berdasarkan bahasa apa yang digunakan dalam tweet dan juga lokasi dari orang-orang yang mempostingnya.

Semakin spesifik kata kunci dan kolom pengaturan yang diisi maka hasil pencarian yang akan kamu dapatkan pun akan semakin sedikit. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih banyak dan lebih umum maka tidak ada salahnya kamu mengosongkan beberapa kolom kata kunci. Coba gunakan fitur ini untuk melakukan pencarian yang sama seperti yang kita lakukan pada poin pertama. Apakah kamu mendapatkan hasil yang sama?

Sebenarnya masih ada cara lain lagi untuk mencari tweet lama, namun cara tersebut lebih mengarah ke penggunaan situs atau aplikasi lain. Sedangkan dua cara diatas murni masih memanfaatkan fitu yang sudah disediakan oleh Twitter.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi pembaca.

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar