Cara mencolek teman di Facebook

Fitur poke di Facebook ini sebenarnya tidak terlalu nampak fungsinya. Mungkin fungsi poke itu buat say hai aja kali ya.

Aku pengguna lama facebook pun jarang sekali menggunakan fitur tsbt. Dulu fitur ini posisinya ada di halaman profil teman. Tapi sekarang, entah dimana letak fitur-nya.

Buat teman-teman yang sampai ditulisan ini, pasti sedang bertanya-tanya, bagaimana cara poke atau mencolek teman di aplikasi facebook yang sekarang? Dimana letak fitur poke di facebook, ko tiba-tiba menghilang?

Disini akan dibahas semuanya. Jadi lanjut baca ya.

Langkah-langkah mencolek teman facebook lewat HP

Dulu di Facebook versi lama, ketika ingin mencolek, cari dulu teman yang akan di colek. Tapi untuk sekarang, kita cari dulu fitur colek nya, setelah itu baru cari temannya.

Dari pada bingung, langsung saja simak yuk langkah-langkah berikut ini. Oh-ya, disini aku gunakan aplikasi facebook biasa ya, bukan yg lite.

1. Masuk ke akun facebook kamu.
2. Di halaman awal, buka kolom pencarian, ketik poke lalu tap cari (icon kaca pembesar pada keypad).

3. Kemudian akan muncul hasil pencarian untuk kata poke tadi. Pilih menu “Pintasan facebook : colekan” seperti pada gambar.

ketik "poke" atau "pokes" di pencarian

4. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman colekan seperti dibawah ini. Dihalaman ini kamu bisa melihat siapa saja yang mencolek kamu sebelumnya. Seperti pada facebook aku, sudah ada teman yang mencolek sejak 6 tahun yang lalu tapi gak ada respon hehehe. Gulir kebawah untuk melihat saran colekan tapi kamu bisa langsung cari teman untuk di colek pada kolom pencarian.

tampilan halaman colek

5. Setelah mencari nama teman tsbt, profilnya akan muncul dihasil pencarian, tap tombol “colek” disebelah profilnya tsbt.

cari nama teman yang ingin dicolel

6. Done! Kamu berhasil colek teman, jika sudah berhasil icon coleknya akan berubah menjadi pesan. Jika dibalas dengan colekan balik, silahkan lanjut ke chat messengger 😁 jika tidak ya coba lagi 😆

Nah dari penjelasan diatas, kamu jadi tau bagaimana cara menggunakan fitur ini dan dimana letak fitur pokenya kan. Silahkan mencobanya guys.

Pertanyaan terkait fitur Poke ini

1. Selain di kolom search bagaimana lagi ya menemukan fitur poke?

Kamu bisa menemukan fitur poke ini di laman facebook.com/pokes, kamu bisa buka melalui browser HP ataupun browser laptop kamu. Halaman yang muncul mirip-mirip dengan laman langkah empat di atas.

2. Bagaimana cara mencolek di fb lite?

Sayang sekali untuk pengguna fb lite, gak bisa dengan cara yang sudah aku jelaskan di atas, hasil pencarian gak akan muncul pintasan colekan. Jadi kamu bisa mencari fitur ini menggunakan aplikasi fb biasa, fb browser HP maupun PC.

3. Selain lihat di pintasan facebook dan link laman pokes, di menu mana sebenarnya fitur tersebut?

Mohon maaf sekali pemirsa, aku udah cari dimana-mana belum menemukan menu yang menyembunyikan fitur poke ini. Hanya melalui 2 cara diatas. Nanti kalau sudah ada, segera di update artikel nya ya 😁.

4. Dalam kolom pencarian, bisakah menggunakan kata kunci lain selain poke?

Selain poke bisa menggunakan pokes. Poke/pokes adalah colek dalam bahasa Inggris. Sayangnya kamu ga bisa menggunakan kata kunci colek/mencolek, karena menu “pintasan facebook: colekan” tidak akan muncul pada hasil pencarian tsbt.


Jadi fitur poke ini nyaris hilang ya guys, karena mungkin kehadirannya tidak terlalu penting, so di sembunyikan 😄. Untuk menyapa teman boleh langsung via messengger saja. Tapi ga ada salahnya kalau kamu mau mencoba mencolek teman facebook kamu. Jadi bisa langsung di praktekan ya. Semoga berhasil.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan