Cara mengaktifkan fitur “autentikasi dua faktor” di Instagram

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Maret 11, 2020
  • Post category:Topik : Instagram
  • Post comments:0 Comments

Sebagai pengguna aktif Instagram, tentunya ada sedikit kekhawatiran bahwa suatu waktu akun Instagram kita bisa disalah-gunakan atau diretas oleh hacker.

Salah satu penyebab akun instagram bisa di hack adalah password dan keamanan akun Instagram yang lemah, serta ketidaktahuan pengguna instagram itu sendiri.

Beberapa metode hacking saat ini menggunakan “kebodohan” pengguna untuk mendapatkan akses ke akun pengguna tsbt, misalnya saja, metode phising, dll.

Namun saat ini kamu tidak perlu khawatir, Instagram sudah menyediakan fitur keamanan yang cukup canggih. Fitur ini dinamakan fitur “Autentikasi Dua Faktor”.

Apa itu fitur Autentikasi dua faktor ?

Autentikasi dua faktor adalah fitur keamanan yang berfungsi untuk memberikan langkah verifikasi tambahan saat kita akan login ke akun kita. Langkah tambahan ini adalah memasukkan kode yang dikirimkan oleh instagram lewat sms ataupun didapat dari aplikasi autentikator, setiap kali kita akan login ke akun kita.

Agak sulit penjelasannya, kamu bisa coba sendiri biar paham. 😀

Intinya, saat kita mengaktifkan fitur ini, setiap kali kita akan login, kita tidak hanya memasukkan password, tapi juga kode autentikasi yang dikirimkan oleh instagram tersebut.

Jangan takut kalau fitur ini akan mempersulit hidup kalian, karena kode yang diminta biasanya hanya di perangkat yang baru saja, jika kalian biasa login di ponsel, maka hanya pertama kali saja diminta kode autentikasi tersebut, login berikutnya tidak, selama cookies instagram masih ada di ponsel tersebut.

Cara mengaktifkan autentikasi dua faktor di Instagram

Untuk mengaktifkan authentifikasi dua faktor, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Masuk ke aplikasi instagram kalian masing-masing, lalu masuk ke profil kalian. Disini “tap garis tiga” yang ada dipojok kanan atas untuk memunculkan menu.

Halaman Awal Instagram

2. Selanjutnya, pilih “Settings” atau pengaturan.

PIlih Setting

3. Dihalaman pengaturan, gulir kebawah dan pilih “Security” atau “Keamanan”

Pilih Security

4. Dihalaman pengaturan keamanan ini, pilih “Two-Factor Authentication”

Pilih Two Factor-Authentifikasi

5. Dihalaman autentikasi dua faktor ini, kalian pilih “get started”

Pilih Get Started

6. Slice ke kanan tombol disebelah “Text message” untuk menggunakan SMS sebagai metode menerima kode-nya.

Aktifkan SMS

7. Kalian akan diminta memasukkan kode 6 angka yang dikirim melalui SMS. Periksa kotak masuk sms kalian, dan masukkan kode ke kolom yang diminta.

8. Sampai disini seharusnya fitur autentikasi dua faktor sudah berhasil di aktifkan. Tap “done” untuk menutup pengaturan.

Authentifikasi dua Faktor sudah aktif

9. Selanjutnya kalian akan diberi “Recovery codes” seperti dibawah ini. Catat dan simpan kode pemulihan ini ditempat yang aman.

Kode Cadangan

10. Selesai. Mulai saat ini, setiap kalian login di perangkat baru, akan ada kode yang dikirimkan melalui SMS yang perlu di input setelah password kalian. Jika tidak ada kodenya, kalian tidak bisa login walaupun username dan passwordnya benar.

Sedangkan kode pemulihan atau recovery code dilangkah 9 diatas berfungsi sebagai kode cadangan yang bisa kalian gunakan, jika suatu saat ponsel kalian hilang atau tidak bisa diakses.

Seperti yang kita tau, saat akan login instagram diperangkat baru, kalian akan diminta memasukkan kode 6 angka yang didapat dari SMS. Nah kode recovery ini bisa digunakan sebagai kode penggantinya. Jadi jangan di screenshot atau disimpan diponsel yang sama, simpan ditempat lain yang tidak mudah hilang.

Menggunakan aplikasi autentikator pihak ketiga sebagai pengganti SMS

Instagram sebelumnya hanya mendukung autentikasi dua faktor melalui SMS. Namun belum lama ini, Instagram telah menambah dukungan autentikasi dua faktor dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Berikut langkah-langkahnya.

Untuk langkah satu sampai langkah lima sama dengan cara sebelumnya diatas. Kita akan lanjutkan dari langkah enam.

6. Dihalaman pengaturan autentikasi dua faktor ini, slice ke kanan di tombol yang ada disebelah menu “Authentication App”

Aktifkan Authentikasi dua faktor dengan apikasi

7. Setelah itu kalian akan diminta download aplikasi autentikator di google playstore. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang direkomendasikan oleh Instagram. Jika sudah selesai instal kalian masuk lagi ke aplikasi Instagram lalu pilih next

Download Aplikasi Duo Mobile

8. Setelah kalian buka aplikasi duo mobile, seharusnya ada instruksi terkait, biasanya pengaturan awal ataupun konfirmasi pengaitan instagram ke aplikasi tersebut. Setelah itu akan muncul tulisan instagram dan kode 6 digit disini. Catat kodenya. Sayangnya sulit untuk menjelaskan bagian ini karena aplikasi duo mobile tidak membolehkan screenshot.

9. Setelah dapat kode 6 angka dari aplikasi duo mobile tadi, masukkan kodenya ke aplikasi instagram tadi untuk melanjutkan pengaturan autentikasi dua faktor tadi.

Masukkan Kode dari Aplikasi

10. Jika kode yang kalian masukkan sudah benar, maka two factor authentication kalian berhasil diaktifkan dan muncul halaman seperti dibawah ini. Selanjutnya tap “Done”, dan catat kode recovery yang diberikan.

11. Selesai.

Admin: Aku sendiri sudah install aplikasi google autentikator di ponsel jadi saat dilangkah 6 diatas, aku langsung dialihkan ke aplikasi google autentikator dan langsung terhubung dengan instagram. Jadi aku kurang tau kenapa instagram menyarankan duo mobile, aplikasi ini aku sendiri baru dengar, dan jujur aku lebih yakin menyimpan kode beginian di perusahaan gede seperti google. Selain google, microsoft juga punya aplikasi serupa.

Proses diatas akan lebih mudah, kalau kalian sudah install aplikasi autentikatornya lebih dulu. Jadi saranku, sebelum masuk ke langkah 6, kalian sudah pilih dan donwload aplikasi autentikator yang kalian mau dari playstore.


Itulah cara mengaktifkan autentikasi dua faktor dengan menggunakan SMS dan aplikasi pihak ketiga. Kedua cara tersebut tujuan akhirnya sama, jadi pilih yang paling mudah menurut kalian.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tambahkan dikolom komentar. Thanks.

Tinggalkan Balasan