Cara mengaktifkan fitur pengenalan wajah di Facebook

Fitur pengenalan wajah merupakan salah satu fitur yang sudah lama ada di Facebook. Meskipun begitu, fitur ini jarang dimanfaatkan oleh para pengguna. Padahal, jika diaktifkan, para pengguna akan mendapatkan beberapa keuntungan dari kemampuan fitur ini.

Mungkin, mereka khawatir dampak yang ditimbulkan jika fitur pengenalan wajah ini diaktifkan (terkait masalah privasi).

Tapi menurutku penting untuk tau dulu, sejauh mana skope atau batasan privasi yang di usik oleh fitur ini, serta kelebihan-kelebihan fitur ini untuk tau apakah fitur ini sebaiknya kamu aktifkan atau justru non-aktifkan.

Untuk cara kerja fitur ini, agak sedikit rumit jika dijelaskan, intinya facebook akan membuat sebuah template atau sederhananya model dari wajah kamu, template inilah yang nanti akan dibandingkan dengan foto, video, dll untuk melihat apakah ada kamu didalamnya. Hal ini dijelaskan lebih detail oleh facebook dilaman ini https://www.facebook.com/help/122175507864081

Kelebihan dan kekurangan fitur pengenalan wajah facebook

1. Kelebihan

  • Facebook bisa memberitahumu jika ada foto dirimu di dalamnya, walaupun kamu belum ditandai (tag) disana.
  • Facebook bisa melindungimu jika ada orang lain yang menggunakan fotomu untuk menyamar (membuat akun palsu atas nama dirimu).
  • Facebook bisa membantu orang lain yang memiliki gangguan penglihatan untuk memberitahu bahwa kamu ada di dalam foto / video dengan bantuan alat pembaca layar.

2. Kekurangan

Jika fitur pengenalan wajah Facebook diaktifkan, maka ketika ada foto / video kamu di dalamnya, Facebook akan menyarankan orang yang mengunggahnya ke facebok untuk men-tag kamu. Dengan begitu, orang tersebut bisa langsung mengetahui tentang dirimu jika dia membuka profil Facebookmu. Jika khawatir mengenai hal ini, kamu bisa menonaktifkan fitur ini kapanpun.

Admin: Aku ga tau apakah ini bisa dimasukkan kedalam kategori “kekurangan” fitur ini, karena inilah salah satu fungsi dari fitur tsbt. Jika dilihat dari sisi positifnya, kamu akan lebih sering di tag. Sisi negatifnya pun, kamu juga akan lebih sering di tag (sampe kebanyakan notifikasinya).

Cara mengaktifkan fitur pengenalan wajah di Facebook

Sekarang kita sampai pada poin cara mengaktifkan fitur pengenalan wajah. Untuk mengaktifkannya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka aplikasi Facebook.
2. Tap titik tiga di pojok kanan atas. Pilih pengaturan.
3. Lalu akan muncul laman pengaturan seperti dibawah ini. Cari bagian privasi, lalu pilih menu “pengenalan wajah“.

4. Setelah masuk ke menu “pengenalan wajah” tadi, akan muncul laman seperti dibawah ini, lalu disini pilih “Ya”.

5. Selesai, fitur pengenalan wajah Facebook sudah aktif.

Cara menonaktifkan fitur pengenalan wajah Facebook

Dilaman help-nya facebook, dijelaskan bahwa saat kamu menonaktifkan fitur ini, template wajah kamu yang disimpan tadi akan terhapus secara otomatis dari system facebook.

Jadi jika kamu merasa terganggu karena terlalu banyak yang nge-tag kamu, maka kamu bisa mematikan fitur ini disini.

Sebelumnya Ikuti langkah 1-3 di cara diatas untuk masuk ke menu “Pengenalan wajah”.

4. Di laman pengaturan “pengenalan wajah” ini, pilih opsi “Tidak”. Dan fitur ini sudah berhasil dinonaktifkan.

Cara mengetahui ada foto / video yang terdapat dirimu didalamnya

Dengan mengaktifkan fitur pengenalan wajah, facebook bisa mendeteksi kamu didalam foto dan video yang diunggah, lalu menyarankan pihak pengunggah untuk men-tag kamu. Nah, artinya setelah mengaktifkan fitur ini, harusnya kamu akan di-tag lebih sering lagi.

Terus, bagaimana cara kita mengetahui ada orang lain yang mengunggah (dan men-tag) kita di Facebook?

Berdasarkan laman help facebook tentang cara kerja fitur pengenalan wajah dan cara mereka meninjau foto, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka profil Facebook-mu.
2. Tap titik tiga yang ada di bawah nama profilmu untuk masuk kelaman “Pengaturan profil”.
3. Dilaman “pengaturan profil” ini, cari dan tap “log aktivitas“.

4. Pada bagian ini, kamu bisa memilih untuk mencari catatan aktivitas akun Facebookmu, termasuk foto / video yang terdapat dirimu didalamnya.

5. Selain cara diatas, kamu bisa menunggu Facebook memberikan informasi soal foto / video yang terdapat dirimu di dalamnya di notifikasi facebookmu.


Demikianlah pembahasan kali ini mengenai fitur pengenalan wajah dan cara mengaktifkan fitur ini di facebook. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa share dan komentarnya.

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan