Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Facebook

Ditulis pada

Diperbarui

Baru-baru ini Facebook meluncurkan fitur barunya yaitu fitur professional mode. Dari namanya sebenarnya sudah tergambar fitur ini ditujukan untuk siapa. Namun disini saya akan bahas semuanya secara detail supaya tidak ada salah paham. 😀

Fitur ini sebenarnya sudah lebih dulu ada di aplikasi Instagram, tapi dengan nama yang berbeda. Jika di Instagram fitur ini dinamakan Akun Bisnis Instagram. Tidak 100% sama memang, tapi bisa dibilang hampir sama jika ditelisik lebih dalam.

Jadi apa itu profesional mode di Facebook?

Facebook profesional mode adalah mode yang diperuntukkan untuk profesional dan kreator. Saat kamu pindah ke mode profesional, kamu akan diberikan fitur yang berkaitan dengan hal tsbt seperti fitur analitik, monetisasi, moderasi komentar, dll.

Secara sederhananya, fitur ini di desain untuk pengguna yang ingin memulai karir-nya sebagai influencer atau kreator di Facebook. Bukan untuk pengguna yang ingin privasi lebih di Facebook.

Mengaktifkan mode professional di Facebook

Semua orang bisa mengaktifkan mode profesional, namun tidak semua akan mendapatkan fitur yang sama. Fitur monetisasi misalnya hanya tersedia jika akun kamu memenuhi syarat tertentu dari Facebook.

Baiklah, berikut langkah-langkah mengaktifkan mode profesional di di Facebook.

  1. Buka aplikasi Facebook di ponsel kalian masing-masing.
  2. Masuk ke halaman profil Facebook dengan tap ikon foto profil diberanda.
  3. Dihalaman profil, tap menu “titik tiga” disebelah menu “Edit profil”.
  1. Setelah itu akan terlihat opsi “pengaturan profil” seperti dibawah.
  2. Disini pilih menu “Aktifkan mode profesional”.
Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Facebook 5
  1. Dihalaman “Mode profesional” ini, tap menu “Aktifkan”

Disini kamu bisa baca dan pelajari lebih lanjut terkait mode ini, namun bisa diabaikan dulu, karena bisa dipelajari lagi nanti.

Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Facebook 7
  1. Selesai. Akan ada notifikasi “Selamat datang di mode profesional” seperti dibawah.
Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Facebook 9

Disini kamu bisa tap menu “Lihat panduan” untuk mempelajari lebih lanjut. Di halaman lihat panduan, tersedia menu yang bisa kamu buka untuk mempelajari lebih lanjut mode ini, dan gambaran umum apa saja yang tersedia di mode profesional ini.

Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Facebook 11

Misalnya disana kamu bisa pilih menu “Insight”, nanti akan muncul laman penjelasan mengenai fitur ini dan juga statistik atau analitik dari akun kamu saat ini. Untuk diawal jangan heran kalau banyak angka 0, karena data statistik tentu masih kosong. Data akan terakumulasi seiring waktu.

Melihat fitur yang tersedia di mode profesional

Dibawah bisa dilihat perbedaan tampilan antara akun biasa dengan akun mode profesional.

Untuk melihat fitur yang tersedia di mode profesional, kamu hanya perlu kembali kehalaman profil Facebook kamu. Dihalaman profil, silahkan tap menu baru “Lihat fitur” yang terdapat disebelah menu “Tambahkan ke cerita”.


Meskipun terbilang baru, mode professional ini sudah banyak di lirik oleh konten kreator saat ini. Jika kalian serius memulai karir kalian di Facebook, mode ini wajib kalian coba dan kalian pelajari dengan serius.

Mungkin sampai disini dulu tulisan kali ini. Silahkan tinggalkan komentar dibawah jika ada pertanyaan terkait proses mengaktifkan mode professional ini.

Sekian dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *