Cara membuat akun Instagram Bisnis

Dewasa ini, bisnis online sudah menjadi tren bagi kalangan pebisnis. Dengan adanya media online, pengusaha dapat mempromosikan dan menjual produknya lebih luas. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mendukung bisnis online diantaranya adalah Instagram. Instagram dapat menjadi media promosi bagi bisnis yang digeluti.

Untuk mendukung bisnis, Instagram menawarkan fitur yang menarik yaitu profil Instagram bisnis. Profil Instagram bisnis akan menghubungkan akun Instagram dengan halaman facebook, nomor telepon, e-mail dan situs web perusahaan. Mudahnya lagi, calon pembeli semakin dimudahkan dengan tombol kontak di bagian atas profil.

Kelebihan lain dari profil bisnis Instagram adalah kamu bisa melihat insight bisnismu, sehingga kamu bisa memantau berapa banyak postingan yang dilihat oleh pengguna Instagram, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa kamu gunakan sebagai dasar untuk melakukan promosi lebih lanjut.

Siapa saja yang bisa membuat akun bisnis Instagram?

Meskipun namanya instagram bisnis, namun tidak hanya ‘pebisnis’ saja yang dapat membuat akun bisnis. Instagram saat ini sudah memberikan dukungan pada konten kreator, penulis, blogger, dan masih banyak lagi. Jenis profesi yang kamu daftarkan akan tertera pada halaman profil ketika kamu mengaksesnya.

Intinya, siapapun yang ingin mengembangkan bisnis atau mendapatkan lebih banyak audience, dapat menggunakan akun bisnis.

Untuk mengenal lebih jauh tentang instagram bisnis dan bagaimana perbedaannya dengan instagram personal, kamu bisa membaca artikel ini: https://bukugue.com/akun-instagram-bisnis/

Langkah-langkah membuat akun bisnis Instagram

Untuk membuat akun bisnis Instagram sangat mudah dilakukan. Disini kamu perlu punya akun Instagram biasa, itu karena akun instagram biasa tsbt lah yang akan diubah menjadi akun instagram bisnis.

Jika kamu belum punya akun instagram biasa, bisa buat dulu. Baca sini jika sudah lupa cara buatnya. Jika sudah punya, lanjut ke proses dibawah ini.

1. Masuk ke akun Instagram dan masuk ke bagian profilmu, kemudian tekan tombol menu, yaitu ikon garis tiga di pojok kanan atas.

buka menu pada profil instagram

2. Buka “pengaturan”. Selanjutnya gulir kebawah dan cari menu “Beralih ke akun profesional”. [Jika tidak ada ketemu menu tsbt, gulir lagi ke atas, dan cari dan buka menu “Akun”. Dihalaman “Pengaturan akun” nantinya, gulir kebawah dan cari menu “Beralih ke akun profesional” tadi.]

3. Kita akan disuruh untuk memilih akun yang sesuai untuk kita. Apakah kreator atau bisnis? Kreator lebih cocok digunakan untuk tokoh publik, pembuat konten, artis, dan influencer. Sedangkan untuk bisnis akan sangat sesuai digunakan oleh peritel, bisnis lokal, merek, organisasi, dan penyedia layanan. Setelah menentukan jenis akun, selanjutnya tap “lanjutkan”.

4. Pilih kategori yang dapat menggambarkan bidang bisnis atau pekerjaan yang digeluti. Ada beberapa kategori yang banyak dipilih lalu menjadi kategori yang disarankan. Namun jika tak menemukan bidang pekerjaan kamu disini, kamu dapat mencoba mencarinya sendiri pada kolom pencarian. Jika sudah memilih kategori, tap “selanjutnya”.

5. Isikan alamat e-mail, nomor HP bisnis (yang dapat dihubungi), serta alamat bisnis. Dengan informasi kontak ini, pengunjung profil dapat menghubungi kamu sesuai kontak tertera. Jika sudah terisi semua, tap “selanjutnya”.

isi informasi bisnis dan klik “selanjutnya”

6. Selanjutnya adalah halaman penautan dengan akun Facebook. Tap “pilih halaman” jika kamu ingin menghubungkan profil bisnis dengan halaman facebook. Namun jika tidak, kamu dapat memilih “jangan hubungkan ke facebook sekarang”.

7. Jika kamu memilih untuk menghubungkan ke halaman Facebook, login ke akun Facebook.

login facebook terlebih dahulu

8. Isikan judul halaman. Pastikan judul halaman cocok dengan nama bisnismu. Selain mengisikan judul halaman, pilih kategori dan sub kategori. Setelah itu tap “selesai”.

isi judul halaman, kategori dan sub kategori, setelah itu klik "selesai"

9. Selesai. Sampai disini, kamu sudah berhasil membuat profil bisnis Instagram.

Kamu juga bisa mengatur kembali informasi seperti website, bio, halaman Facebook, kategori, opsi kontak, serta informasi profil lainnya pada tombol “edit profil”.

Membuat profil bisnis Instagram cukup mudah, bukan? Sekarang kamu sudah bisa menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Profil Instagram Bisnis.

Memanfaatkan Fitur Profil Bisnis Instagram

Fitur yang penting untuk dimanfaatkan oleh pemilik akun adalah insight. Silahkan buka bagian profil Instagram, kemudian tap menu dan pilih “insight”. Tab berupa grafik ini hanya ada pada profil bisnis Instagram.

Pada fitur insight ini informasi dibagi menjadi 3 bagian. Tab pertama kamu dapat melihat rangkuman berapa jumlah konten yang kamu bagikan selama seminggu terakhir. Tab kedua diisi dengan informasi mengenai aktivitas penemuan, interaksi, kunjungan profil dan sejenisnya. Tab ketiga berisi informasi mengenai penambahan jumlah pengikut.

Fitur yang tidak kalah menarik, yang tersedia setelah kamu mengubah ke profil bisnis, adalah fitur promosi iklan di Instagram. Dengan menggunakan fitur promosi iklan, kamu bisa mengiklankan bisnis kamu kelebih banyak orang.

Ingin membatalkan dan kembali ke akun personal instagram?

Perlu digarisbawahi bahwa ketika kamu memutuskan untuk berganti akun personal ke akun bisnis, maka kamu tidak dapat memprivat akun. Untuk dapat memprivat akun, kamu harus kembali ke akun personal. Lebih jelasnya lagi, simak langkah-langkah berikut ini.

1.Buka menu pada profil Instagram lalu buka “pengaturan”.

buka pengaturan

2. Tap “akun” untuk dapat menemukan opsi untuk berganti jenis akun.

buka pengaturan "akun"

3. Untuk kembali ke akun personal, klik “beralih ke akun pribadi”. Selain dapat mengubah akun bisnis ke personal, kamu juga dapat mengubah akun menjadi akun kreator.

pilih "beralih ke akun pribadi"

4. Baca baik-baik informasi yang tertera. Kamu memang dapat berganti jenis akun secara bebas. Meskipun demikian, data insight yang tercatat juga akan ikut hilang jika kamu kembali ke akun pribadi atau personal. Jadi perlu dipertimbangkan baik-baik ya. Setelah mantap, kamu dapat mengklik “beralih kembali”.

pilih "beralih kembali

Setelah membaca informasi ini, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mengubah profil personal instagram menjadi profil bisnis?


Sekian penjelasan mengenai cara membuat profil bisnis Instagram. Fitur fitur yang ditawarkan tentu akan menambah kemudahan dalam mengelola dan mengembangkan bisnis kamu. Semoga sukses.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan