Cara Membuat Akun Profesional (Akun Bisnis dan Akun kreator) di Instagram

Saat kamu mendaftar ke Instagram, kamu akan diberi akun personal atau akun pribadi. Nah, setelah kamu login dan masuk ke pengaturan Instagram, kamu akan menemukan opsi untuk ‘Beralih ke akun profesional’.

Inilah yang akan dibahas ditulisan kali ini. Langsung saja tanpa basa basi.

Apa itu akun profesional, akun bisnis dan akun kreator di Instagram?

Akun profesional di Instagram adalah fitur yang disediakan oleh platform Instagram untuk pengguna yang ingin menggunakan profil mereka untuk tujuan bisnis atau kreatif.

Ada dua jenis akun profesional di Instagram, yaitu akun bisnis dan akun kreator.

Jadi jelas ya, hubungan antara ketiga istilah tsbt. Akun bisnis dan akun kreator adalah jenis dari akun profesional di Instagram. Kedua akun ini sama-sama akan mendapatkan fasilitas ‘Dasbor profesional’, hanya saja fitur dan opsi yang tersedia di dasbor tsbt akan berbeda sedikit.

Perbedaan antara akun bisnis dan akun kreator

Baik akun bisnis ataupun akun kreator, keduanya adalah akun profesional dan sama-sama mendapatkan fitur ‘Dasbor profesional’.

Nah perbedaan antara akun bisnis dan akun kreator disini terletak di ‘Dasbor profesional’ ini, dan sebagian lagi dimenu yang terletak di ‘Setelan’ instagram.

Disini aku akan jelaskan singkat dengan screenshot dalamannya, supaya kamu bisa lihat perbedaannya.

Ini ‘Dasbor profesional’ dan opsi ‘Untuk profesional’ di akun bisnis. Silahkan tap pada gambar untuk zoom-in (memperbesar).

Ini ‘Dasbor profesional’ dan opsi ‘Untuk profesional’ di akun kreator. Silahkan tap pada gambar untuk zoom-in (memperbesar).

Bisa simak dan lihat satu-persatu screenshotnya, dan bandingkan antara akun bisnis dan akun kreator.

Bisa dibilang fitur yang tersedia kurang lebih sama, karena kedua akun ini sama-sama akun profesional. Disini tersedia fitur seperti fitur analitik, fitur iklan, dll,. Yang membedakannya hanyalah difitur penunjang ‘Tips dan sumberdaya’, yang terkait kreator misalnya ada opsi ‘Audio yang sedang tren’, ‘Konten dari kreator seperti Anda’, dan ini tidak ada di akun bisnis. Namun sekali lagi, fitur utamanya sebagai akun profesional, itu kurang lebih sama.

Siapa saja yang bisa membuat akun bisnis dan akun kreator di Instagram?

Tidak ada batasan ya. Semua pengguna Instagram bisa mengubah akun personal mereka jadi akun profesional kapan saja, mereka juga bisa pindah dari jenis akun bisnis ke akun kreator (ataupun sebaliknya), kapan saja mereka mau.

Sejauh yang aku tau, tidak ada batasan disini.

Langkah-langkah membuat akun profesional (akun bisnis atau kreator) di Instagram

Disini aku akan jelaskan langkah-langkahnya terlebih dahulu, dokumentasi visualnya nanti dibagian bawah ya.

Langsung saja, silahkan diikuti,

  1. Masuk ke halaman profil kamu di aplikasi Instagram.
  2. Tap garis tiga dipojok kanan atas untuk memunculkan pilihan menu.
  3. Pilih ‘Pengaturan dan privasi’
  4. Gulir kebawah, cari bagian ‘Untuk profesional’, tap opsi ‘Jenis dan fitur akun’ yang ada dibawahnya.
  5. Selanjutnya tap opsi ‘Beralih ke akun profesional’.
  6. Muncul keterangan akan fitur profesional ini, tap ‘Lanjutkan’. Tap terus hingga selesai penjelasannya.
  7. Selanjutnya kamu diminta memilih ‘Kategori’, disini bisa bebas pilih. Aku pilih kategori ‘Blogger’ untuk akun @bukuguedotcom ini. Setelah itu jangan lupa tap ‘Selesai’.
  8. Selanjutnya kamu diminta pilih antara ‘Kreator’ dan ‘Bisnis’. Pilih salah satu.
  9. Selanjutnya muncul pengaturan akan email promosi dari Instagram, silahkan matikan, lalu tap ‘Lanjutkan’.
  10. Muncul pengaturan lanjutan, terkait pengaturan login di pusat akun. Ini aku skip dengan tap ‘Lain kali’.
  11. Muncul laman ‘Siapkan akun profesional anda’, dan 6 langkah yang harus kamu lengkapi. Disini silahkan ikuti prosesnya jika kamu ingin akun kamu lengkap. Aku disini ingin cepat, jadi aku tap tanda silang (X) dipojok kiri atas.
  12. Setelah itu aku akan dibawa kehalaman profil Instagram. Disini bisa dilihat profilnya masih sama dan tidak ada perubahan apapun. Ini karena laman tsbt masih di sediakan dari cache. Selanjutnya tarik kebawah untuk melakukan reload atau refresh laman.
  13. Setelah laman di refresh atau direloan, opsi ‘Dasbor profesional’ akan terlihat dihalaman profil tsbt.
  14. Selesai. Kamu bisa buka ‘Dasbor profesional’ untuk mengakses semua fitur dan menu akun bisnis atau kreator kamu. Disana kamu juga bisa atur terkait langkah-langkah yang kamu skip tadi (seperti pada langkah 11).

Seperti yang aku janjikan sebelumnya, berikut dokumentasi visualnya. Silahkan di tap pada screenshot yang ada untuk memperbesar (zoom in).

Kapan kita perlu akun bisnis atau akun kreator di Instagram?

Kita perlu akun Instagram profesional karena dapat memberikan manfaat seperti:

  1. Meningkatkan visibilitas dan eksposur brand atau bisnis kita secara online. Dengan menggunakan akun profesional, kita dapat mempromosikan produk atau jasa dengan lebih efektif dan menjangkau lebih banyak pengguna Instagram.
  2. Mengumpulkan data dan statistik yang berguna. Akun profesional Instagram menyediakan akses ke berbagai informasi seperti jumlah pengikut, interaksi, dan demografi pengguna, yang dapat membantu dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.
  3. Menambahkan informasi kontak dan alamat bisnis. Akun profesional memungkinkan kita untuk menambahkan informasi kontak langsung di profil, termasuk nomor telepon, email, dan alamat, sehingga memudahkan pengguna untuk menghubungi atau mengunjungi kita.
  4. Menggunakan fitur-fitur khusus seperti fitur iklan, yang dapat meningkatkan jangkauan dan efektivitas promosi.
  5. Menciptakan brand yang profesional dan terpercaya. Dengan menggunakan akun profesional, kita dapat mengatur profil dengan lebih rapi, menampilkan kualitas konten yang baik, serta menjaga konsistensi visual untuk menciptakan kesan profesional dan terpercaya di mata pengguna.

Apakah akun profesional Instagram berbayar?

Akun profesional Instagram bisa didapat dengan gratis ya. Hati-hati penipuan, kamu tidak perlu membayar sepeserpun untuk mengubah akun pribadi kamu menjadi akun profesional.


Mungkin sampai disini dulu tulisan kali ini.

Jika ada pertanyaan, silahkan kirimkan dikolom komentar dibawah. Sekian dan sampai jumpa ditulisanku lainnya.

Harapannya setelah membaca tulisan ini kamu bisa lebih tau terkait apa itu akun profesional, akun bisnis dan akun kreator di Instagram, serta detail lainnya.

Terbit :

Terakhir Update:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *