Cara mengarsipkan story di Instagram (agar tidak hilang)

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Februari 8, 2020
  • Post category:Topik : Instagram
  • Post comments:0 Comments

Terkadang kita ingin bernostalgia dengan moment yang pernah di bagikan melalui instagram story, tetapi bingung dimana mencari story yang lama tsbt?

Seperti yang kita ketahui, instagram story akan hilang otomatis setelah 24 jam. Berbeda dengan postingan yang bisa bertahan selamanya (selama tidak dihapus), story memang di desain untuk share cepat dan hilang cepat juga (hanya 24 jam).

Nah, jika ingin story lama bisa di akses dan dilihat kembali kapanpun kamu mau, maka perlu diaktifkan fitur “arsipkan story” di instagram.

Dengan di-arsipkan, story yang lama bisa kita akses kapan saja dan bisa kita gunakan kembali di masa yang akan datang. Perlu diketahui, story yang di arsipkan hanya bisa dilihat oleh pemilik akun saja (dalam hal ini kita sebagai pemilik akun).

Jika kamu ingin story tetap bisa dilihat oleh orang lain setelah 24 jam, maka fitur yang kamu perlukan adalah instagram highlight (sorotan), di bukugue.com sudah pernah dibahas sebelumnya disini https://bukugue.com/cara-pakai-fitur-sorotan-instagram-story/

Ok, jika kamu butuhnya arsip story seperti penjelasan mimin diatas, silahkan lanjut ke langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk ke halaman profil Instagram kamu terlebih dahulu, kemudian tap “garis tiga” dipojok kanan atas.

2. Lalu pilih menu “Archive” atau “Arsip” dari menu yang muncul.

3. Setelah kamu klik menu “Archive” tadi, maka akan muncul tampilan arsip story kamu. Jika sudah ada isinya, itu artinya fitur arsip kamu sudah otomatis diaktifkan oleh instagram, tapi jika story baru tidak otomatis masuk ke arsip ini, kemungkinan fiturnya tidak sengaja kamu matikan.

4. Dihalaman arsip story ini, tap ikon titik tiga di pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul menu seperti dibawah, pilih “Settings”.

5. Setelah tap ke menu “settings” di arsip story tadi, akan muncul laman seperti dibawah ini, pastikan pengaturan “Save to Archive” nya sudah aktif seperti gambar dibawah.

6. Selesai, fitur arsip instagram kamu sudah aktif dan seluruh story lama kamu akan otomatis dimasukkan ke halaman “archive” tsbt.

Sekali lagi, jika yang kamu butuhkan adalah story bertahan lebih dari 24 jam dan bisa dilihat oleh orang di profil kamu, maka yang kamu butuhkan bukan fitur arsip diatas, tapi fitur sorotan atau highlight.


Nah itu dia gaes, tutorial mengenai fitur arsip story di instagram, setauku fitur ini sudah otomatis aktif diakun baru, untuk akun lama aku kurang tahu, tapi seharusnya juga otomatis diaktifkan oleh instagram.

Jika ada kendala seperti arsip yang tidak muncul atau hilang, kemungkinan kamu tidak sengaja menonaktifkan fitur ini. Jadi tinggal aktifkan fiturnya seperti penjelasan diatas, maka story instagram kamu yang selanjutnya akan otomatis disimpan ke halaman arsip.

Sekian pembahasan kali ini. Jika ada saran ataupun pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. Thanks..

Tinggalkan Balasan