Cara Mengatur Siapa yang Bisa Melihat Status WhatsApp Kita

Pasti udah pada tahu kan fitur WhatsApp yang terbilang baru, yang hampir sama seperti Instagram dan Snapchat? Yups betul, ‘Status’. Fitur Status ini ada di WhatsApp mulai awal tahun 2017 dan bisa kalian nikmati kalo kalian udah update WhatsApp kalian dengan versi terbaru. Jadi kalo belum di update, langsung aja update WhatsApp kalian di Google Play Store.

Jadi, untuk apa sih fitur Status di WhatsApp kita ini? Banyak lah fungsinya. Selain bisa buat upload foto dan video, Status juga bisa jadi tempat curhat dan bahkan bisa juga untuk lapak jualan. Wah, boleh dong nih dimanfaatin. Hal yang kita upload juga bisa bertahan lumayan lama lho, yaitu 24 jam.

Terus siapa aja yang bisa tahu atau bisa lihat Status kita? Tentu saja orang yang nomor WhatsAppnya kita simpen dan mereka juga nyimpen nomor WhatsApp kita. Sehingga kalau hanya salah satu saja yang nyimpen, tidak akan bisa untuk saling melihat status orang lain.

Nah gimana dong kalau kita nyimpen nomor dosen, pimpinan atau orang orang yang seharusnya tidak melihat status kita. Pasti malu dong ya kalau ketahuan curcol di status sama orang yang sebenernya kita hindari. Tenang, ada solusinya kok, dan ini adalah fitur baru dari Whatsapp.

Status WhatsApp bisa kita atur Privasinya biar cuma orang-orang tertentu saja yang bisa lihat status kita. Hal ini pasti dibutuhkan banget untuk orang yang pengen upload foto atau video maupun tulisan namun hanya beberapa orang saja yang boleh tahu atau bahkan biar ga ada orang yang tahu.

Untuk sebagian orang yang pengen curhat tapi ga mau orang lain tahu, pasti mau Statusnya tersembunyi dari kontak yang kita simpen tanpa harus menghapus kontaknya. Sebaliknya untuk orang-orang yang menggunakan fitur Status untuk berjualan, pasti ingin Statusnya dilihat oleh banyak orang biar semakin banyak yang tertarik.

Cara Mengatur Siapa yang Bisa Melihat Status WhatsApp Kita

Baiklah basa basinya sudah cukup ya. Kali ini aku akan menjelaskan bagaimana cara mengatur agar hanya orang orang tertentu saja yang bisa melihat status kita. Yaps langsung aja ke pembahasan gimana cara mengatur siapa yang bisa melihat status kita.

1. Buka aplikasi Whatsapp kamu

Yang pertama tentu saja kalian harus membuka WhatsApp yang ada di HP kalian yang disimbolkan dengan gambar gagang telfon dengan lingkaran hijau.

2. Buka bilah statusKedua, tap atau pilih Status  di bagian atas, yang berada diantara Chats dan Calls atau Panggilan. Kamu juga bisa menggeser layar ke kiri untuk langsung masuk ke bagian ini.

3. Klik Tiga titik sejajar di pojok kanan atas

Ketiga, klik titik tiga di pojok kanan atas. Disana akan ada dua pilihan yaitu Status Privacy atau Privasi Status dan Settings atau Setelan.

4. Pilih saja yang Status Privacy atau Privasi Status.

5. Pilih fitur yang akan digunakan

Selanjutnya setelah kalian memilih Status Privacy atau Privasi Status, akan ada tiga pilihan yaitu My Contacts atau Kontak Saya, My Contacts Except atau Kontak Saya Kecuali dan Only Share With atau Hanya Bagikan dengan. Kontak saya berfungsi agar semua orang yang ada dalam kontak bisa melihat status kamu. ‘Kontak saya kecuali’ berfungsi untuk mengecualikan beberapa orang saja. Sedangkan untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat Status kalian, silahkan pilih yang Only Share With atau Hanya Bagikan dengan.

6. Pilih kontak yang dikecualikan atau dibolehkan melihat

Setelah itu nanti disana nanti akan muncul list atau daftar nomor kontak WhatsApp yang kalian simpan. Untuk memilih siapa saja orang yang kalian inginkan untuk bisa melihat Status kalian, silahkan tap atau klik saja nama kontaknya. Scroll sampai daftar terbawah kontak WhatsApp kalian dan lakukan pemilihan. Kalau kalian menggunakan fitur pengecualian, yang di klik tentu saja yang tidak kalian ijinkan.

7. Simpan

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah tap tanda centang yang dilingkari warna hijau pada bagian kanan bawah agar pengaturan kalian tersimpan. Jika kalian lupa menyimpan pilihan kalian dan sudah terlanjur memilih untuk back atau kembali ke menu sebelumnya, maka kalian harus mengulang pemilihan kontak dari awal.

Ingat agar kalian tidak lupa menyimpan ya, karena kalau kalian lupa kan jadi repot harus ngulang milih dari awal lagi. Biasanya banyak orang lupa untuk menyimpan dan dengan memilih dari awal lagi akan membutuhkan waktu.

Sangat mudah kan? Selamat mencoba ya J

Perhatian: Pengaturan hanya berlaku untuk status yang kalian buat setelah melakukan pengaturan. Status yang sudah kalian buat sebelumnya, akan diberlakukan pengaturan yang sebelumnya. Jadi jangan lupa ubah pengaturan sebelum membuat status.

Baca juga: Cara melihat pesan yang dihapus sebelum dibaca

Nanti untuk mengembalikan ke pengaturan awal agar Status kalian bisa dilihat semua orang di kontak WhatsApp kalian, kalian langsung saja ke tahap nomor empat dan pilih yang My Contacts atau Kontak Saya. Dengan begitu, kalian tidak harus memilih atau mencentang list atau daftar kontak yang ada pada menu Only Share With atau Hanya Bagikan dengan.

Pengaturan Status privasi ini sangat memudahkan pengguna WhatsApp untuk membagi dan membedakan Status mana saja yang boleh dilihat oleh semua orang atau hanya boleh dilihat oleh beberapa orang pilihan saja sehingga kepentingan privasi dan kenyamanan pengguna WhatsApp sangat terjamin. Semoga bermanfaat yaa.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar