Cara mengatur privasi story FB (Teman/Sembunyikan dari/Khusus)

Ada banyak postingan teman Facebook yang tidak muncul di Beranda. Bahkan seandainya muncul pun, seringkali terlambat. Ketika melihat tanggal posting, ternyata sudah diposting satu atau dua hari lalu.

Ini berbeda dengan story. Kebanyakan story dari teman Facebook, baik yang sering berinteraksi dengan saya maupun yang jarang sekali berinteraksi, selalu muncul di Beranda sehingga saya bisa melihat story yang mereka buat.

Bisa dibilang, story ini mungkin jangkauannya lebih luas dari postingan biasa dan lebih cepat muncul di Beranda teman. Tentunya ini membuat kita senang karena konten yang kita buat bisa dilihat oleh banyak orang.

Namun, meski jangkauanya lebih luas, secara default hanya teman kita saja yang dapat melihat story yang kita buat. Nah kalau kamu ingin story Facebookmu dilihat oleh lebih banyak orang, atau kamu ingin sebagian dari teman tidak bisa melihat story kamu, kamu bisa mengatur hal ini.

Inilah yang akan kita bahas kali ini.

Cara mengatur privasi story Facebook

Disini saya akan contohkan bagaimana prosesnya dari awal. Disini saya asumsikan pengaturan kamu masih default dan kamu ingin mengubah privasi story kamu tsbt dari teman menjadi publik.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Facebook seperti biasa.
  2. Selanjutnya diberanda, tap tombol “Buat cerita”.
Tap “Buat Cerita”
  1. Dihalaman buat cerita ini, tap ikon “Gerigi” dipojok kanan atas.
Baca juga :  Cara melihat arsip cerita Facebook
Cara mengatur privasi story FB (Teman/Sembunyikan dari/Khusus) 2
  1. Kamu akan dibawa kehalaman “Privasi Cerita” , disini silahkan pilih privasi “Publik”.
  2. Saat muncul kotak konfirmasi, tap saja “Ubah”.
  1. Selesai. Silahkan tap ikon anak panah di kiri atas untuk kembali kehalaman sebelumnya..
Tap ikon anak panah di kiri atas.

Mudah kan ya? Halaman pengaturan “Privasi Cerita” ini tidak hanya bisa diakses lewat tombol “Gerigi” dihalaman “Buat cerita” saja. Kamu juga bisa masuk kehalaman tsbt melalui laman Pengaturan > Cerita > Privasi Cerita.

Selain itu kamu juga bisa mengakses laman tsbt melalui tombol “Privasi” dihalaman pengeditan story dan juga melalui tombol “Edit Privasi Cerita” di story yang sedang tayang.

Fungsi dari tiap pilihan privasi story

Dipengaturan privasi, ada beberapa pengaturan, disini saya akan jelaskan lebih detail pilihannya.

Pilih setingan privasi story yang kamu inginkan.

a. Publik : Jika story di atur untuk dilihat publik artinya semua orang bakal bisa melihat story tsbt. Baik dia berteman, hanya follower saja, ataupun tidak ada kaitannya dengan kita.

b. Teman : Ini cukup jelas ya, hanya orang yang berteman denganmu saja yang bisa melihat story tsbt.

Sembunyikan cerita dari : Pengaturan ini hanya akan aktif jika kamu memilih privasi “teman”. Disini kamu bisa memilih teman-teman yang mungkin kamu tidak suka atau tidak ingin mereka tau bahwa kamu upload story.

c. Khusus: Disini kamu bisa memilih spesifik siapa saja orang yang kamu bolehkan melihat story kamu. Mengingat saat ini kita memiliki banyak teman di Facebook, jadi disini kita bisa spesifik memilih sekelompok kecil teman saja. Misalnya kamu bisa memilih teman-teman satu kelas saja, atau teman-teman satu tempat kerja saja.

Contoh pengaturan “Sembunyikan cerita dari” dan “Khusus”.

Diatas sudah dijelaskan fungsi masing-masing pilihan privasi, namun untuk lebih mudah dimengerti, berikut beberapa contohnya.

Baca juga :  Cara download video di facebook

Menyembunyikan story Facebook dari seseorang (Misalnya guru, dosen, bos, dll)

Pertama, silahkan ikuti cara untuk mengubah privasi story Facebook di atas hingga masuk ke halaman “Privasi Cerita”. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan kamu sudah memilih privasi “Teman”. (Ini karena menu “sembunyikan cerita dari” bisa tidak aktif atau hilang jika belum memilih “Teman”)
  2. Setelah itu tap menu “Sembunyikan cerita dari” yang ada dibawah.
Tap “Sembunyikan cerita dari”
  1. Silahkan cari dan pilih teman yang kamu harap tidak dapat melihat story kamu kedepannya.
  2. Setelah itu, tap ikon anak panah di kiri atas.

Catatan : Untuk pengguna Facebook lite, setelah memilih teman, jangan lupa tap “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.

Tap "Simpan".
  1. Selesai. Kamu sudah berhasil menyembunyikan story dari sejumlah teman Facebook.
Story sudah berhasil disembunyikan.

Membagikan story hanya untuk sekelompok orang tertentu (misalnya teman sekelas, teman sekampus, seorganisasi, dll)

Disini kita akan gunakan pilihan privasi “khusus”. Caranya kurang lebih sama, Silahkan masuk kehalaman pengaturan “Privasi Cerita” seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  1. Disini silahkan pilih menu privasi “Khusus”.
Cara mengatur privasi story FB (Teman/Sembunyikan dari/Khusus) 17
  1. Selanjutnya tap nama teman yang dipilih hingga ada tanda centangnya.
  2. Scroll atau cari dengan kolom pencarian jika teman yang dicari tidak langsung terlihat.
  3. Setelah itu tap ikon “panah kembali” dipojok kiri atas untuk menyimpan. [Sama seperti sebelumnya, jika kamu menggunakan FB lite, jangan lupa tap tombol “simpan” dulu, baru tekan ikon “panah kembali” ]
  1. Selesai. Kamu berhasil mengatur supaya story Facebook kamu hanya dilihat oleh orang-orang tertentu saja. Dengan begini kamu lebih bebas berekspresi, karena yang bisa melihat hanya orang-orang yang kamu pilih tsbt saja.
Cara mengatur privasi story FB (Teman/Sembunyikan dari/Khusus) 23

Peringatan dan info lebih lanjut

Pengaturan privasi story ini saat diterapkan akan berlaku untuk semua story yang saat ini sedang tayang. Hal ini berbeda dengan saat mengatur privasi status WhatsApp, dimana privasi yang diset hanya berlaku untuk status yang dipublish setelah privasi diubah.

Baca juga :  Tidak bisa siaran langsung di facebook? Ini solusinya
Penjelasan terkait privasi story di pusat bantuan Faceboook
Penjelasan terkait privasi story di pusat bantuan Faceboook

Walaupun Facebook dan WhatsApp berada dibawah induk perusahaan yang sama yaitu Meta, entah kenapa mereka membuat pengaturan ini sedikit berbeda.

Jadi intinya, tidak peduli apakah kamu mengubah privasi sebelum atau sesudah story tsbt jadi, pengaturan akan berubah dan diterapkan ke semua story yang saat itu tayang.


Itulah cara untuk mengatur settingan privasi story di Facebook. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengubah settingan privasi story Facebookmu sehingga sesuai dengan yang kamu inginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.