Cara mengetahui apakah kita diblokir seseorang di twitter

Bullying, harassment, dan spam merupakan contoh dari berbagai dampak negatif yang disebabkan oleh adanya pemanfaatan media sosial yang kurang bijak. Kemudahan bersosial-media memang sering kali menimbulkan dampak yang tidak baik. Untuk menghindari dampak negatif tersebut di media sosial, ada beberapa cara untuk mengatasinya, diantaranya adalah dengan melakukan block account, termasuk di twitter.

Namun jika kamu memblokir seseorang di twitter, apakah orang tersebut dapat mengetahui bahwa kamu memblokirnya? Atau sebaliknya, apakah kamu dapat mengetahui siapa saja yang memblokirmu di twitter?

Jangan-jangan selama ini ada yang memblokirmu di twitter?

Untuk itu, akan dijelaskan bagaimana caranya kamu dapat mengetahui siapa yang memblokirmu di twitter. Simak yuk, penjelasan berikut ini.

Langah-langkah mengetahui apakah kita diblokir di twitter

Berbeda dari media sosial lainnya yang memerlukan trik khusus untuk mengetahui siapa yang memblokirmu, twitter tidak membutuhkan cara khusus untuk mengetahuinya. Kamu hanya perlu mengunjungi profil orang tersebut.

  1. Pada halaman utama setelah kamu log in ke akun twittermu, tap icon pencarian seperti pada gambar berikut.

    tap icon pencarian

  2. Ketikkan username orang yang mungkin memblokir akunmu. Pastikan usernamenya belum diganti, jika sudah diganti, kamu bisa mencari tahu dengan cara menanyakannya kepada temanmu yang lain.
  3. Jika ada kemungkinan usernamenya sudah diganti, kamu juga bisa mencoba meng-klik search for @(username). Bisa jadi kamu juga akan menemukan username barunya melalui cara ini. Tap hasil pencarian yang memuat username barunya (jika ditemukan). Maka kamu akan ditujukan ke halaman profilnya.
  4. Namun jika kamu yakin usernamenya belum diganti dan sudah benar, kamu dapat mencobanya untuk meng-klik go to @(username). Kamu akan langsung ditujukan ke halaman profil twitternya.

    tap “go to @(username)”

  5. Kamu memang masih dapat menemukan profilnya melalui kolom pencarian di twitter. Hanya saja jika kamu benar-benar diblokir, setelah membuka halaman profil twitternya kamu akan menemukan tampilan seperti pada gambar berikut.

    jika diblokir, akan muncul tulisan “you’re blocked” di profil orang tersebut

Kemudian, apakah twitter memberimu notifikasi dan daftar orang siapa yang memblokirmu? Jawabannya tidak ada notifikasi maupun daftar atau listnya. Namun demikian, meskipun twitter memang tidak memberikan notifikasi mengenai siapa-siapa saja yang memblokirmu, kamu dapat mengetahuinya dengan jelas apakah orang tersebut memblokirmu atau tidak.

 

Apakah orang yang memblokir bisa melihat profil orang yang diblokir?

Dari gambar sebelumnya, kamu tentu tahu betul bahwa orang yang diblokir masih bisa melihat profil si pemblokir dan bisa mengetahui dengan jelas jika orang tersebut memblokir akun twitternya. Namun apakah hal tersebut berlaku sebaliknya?

Apakah orang yang memblokir kita di twitter masih bisa melihat profil twitter kita? Atau sebaliknya, apakah jika kita memblokir seseorang di twitter, kita masih bisa melihat profilnya?

Jawabannya adalah ya, bisa.

Bedanya, si pemblokir bahkan dengan jelas dapat melihat tweet seseorang yang telah dia blokir di twitter tanpa melakukan unblock. Kemudian ketika orang yang diblokir membuat tweet baru, si pemblokir bisa melihatnya melalui halaman profil. Hal ini dapat dibuktikan dengan gambar tadi.

 

Apakah bisa saling berkirim pesan dengan si pemblokir?

Dengan melakukan blokir akun, kamu memang masih bisa melihat halaman profilnya. Tapi apakah dengan memblokir akun masih memungkinkanmu untuk menerima atau mengirim pesan pada orang tersebut?

Jawabannya adalah tidak bisa. Baik itu orang yang diblokir, maupun orang yang memblokir, dua-duanya tak dapat berkirim pesan melalui direct messages. Ini dapat dibuktikan oleh gambar tadi.

 

Apakah bisa saling memblokir di twitter?

Jika instagram tidak memungkinkan penggunanya untuk saling memblokir karena itu hanya bisa dilakukan secara sepihak, beda halnya dengan twitter. Karena jika kamu memblokir seseorang di twitter, kamu hanya tak mengizinkan orang tersebut untuk melihat postinganmu. Sedangkan kamu yang memblokir masih bebas dapat melihat tweet terbaru orang tersebut melalui halaman profilnya.

Di twitter, kamu masih bisa melakukan “blokir balik” setelah kamu diblokir seseorang. Ini dapat kamu lakukan jika kamu tak ingin orang yang telah memblokirmu melihat postinganmu. Cara yang dilakukan cukup mudah.

  1. Kunjungi profil orang yang memblokirmu. Tap icon titik tiga di ujung kanan, setelah itu pilih opsi block.

    tap “block”

  2. Setelah dialog box muncul, silahkan tap block kembali.

    pada dialog box, tap “block”

Itu tadi adalah cara melakukan “blokir balik” di twitter. Dengan demikian, orang yang memblokirmu juga tak akan bisa melihat tweet barumu.

 

Pertimbangan sebelum memblokir seseorang di twitter

Jika kamu terganggu oleh seseorang di twitter hanya karena spamming, ada baiknya kamu mempertimbangkan kembali keputusanmu untuk memblokir seseorang. Apalagi jika seseorang tersebut kamu kenal dengan baik. Ini dikarenakan twitter memberikan transparansi jika ada penggunanya yang diblokir akunnya oleh seseorang.

Akses untuk berkirim pesan juga akan ditutup jika kamu memblokir atau diblokir oleh seseorang. Jika kamu memblokir seseorang yang kamu kenal, orang tersebut tak mampu menerima atau mengirim pesan padamu. Sehingga komunikasi tidak akan terjalin baik.

Selain itu, sampai saat ini belum ada cara khusus untuk menyembunyikan bahwa kamu telah memblokir orang tersebut. Akan lebih baik jika kamu melakukan mute post saja jika masalahnya hanya spamming. Atau kamu juga bisa me-mute pesan darinya, daripada kamu harus ketahuan telah memblokir akunnya.

 

 

Sekian itu tadi informasi mengenai cara untuk mengetahui siapa yang memblokirmu di twitter. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencobanya. Jangan lupa terus ikuti Bukugue dot com untuk informasi mengenai sosial media lainnya.

Sampai jumpa!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan