Cara mengetahui IP address Facebook orang lain

Bisakan mengetahui IP address seseorang di Facebook? Jawabannya adalah bisa. Namun perlu sedikit kerja manual disini. Ini karena tidak ada fitur di Facebook yang akan memberikan informasi IP address pengguna lain ke kamu.

Dari yang aku pahami, kegiatan melacak IP address pengguna sendiri tergolong legal, selama kita tidak menggunakan informasi yang didapat untuk keperluan buruk lainnya, misalnya seperti cyberbullying, dll.

Di Indonesia sendiri, aku tidak menemukan informasi terkait legalitas hal ini. Jika kamu punya informasi terkait hal ini, silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Untuk sekarang kita hanya bisa berhati-hati, dan tidak berlebihan dalam melakukannya.

Prinsip dasar metode ambil IP address ini

Buat yang belum tau, saat kita mengakses sesuatu di internet, misalnya tulisan ini, atau tulisan di kompas, atau mengakses Facebook, dll, semua situs tsbt selalu mendapatkan informasi IP address kita. SELALU.

Ini karena IP address inilah yang membedakan tiap perangkat, jadi situs tsbt bisa tau siapa yang sedang mengakses laman tertentu, dan menyediakan text, foto atau video yang berada dilaman tsbt dengan akurat ke pengguna yang tepat.

Aku tidak ingin terlalu teknikal disini.

Cara kerja mendapatkan IP address pengguna Facebook tsbt adalah dengan memanfaatkan prinsip dasar cara kerja internet tsbt.

Disini kita akan kirimkan sebuah link ke pengguna Facebook yang ingin kita ketahui IP addressnya, dan link tadi akan merekam IP addressnya saat dia buka.

Ada dua cara untuk melakukan hal ini, pertama kita bisa buat sendiri sebuah website dan memantau log akses server kita, atau kedua kita menggunakan tool situs online yang memang dibuat untuk hal ini.

Kita akan gunakan metode kedua, karena lebih mudah dan tidak perlu biaya sama sekali. Selain itu langkah-langkahnya juga sangat mudah diikuti bahkan untuk pemula.

Tool yang akan kita gunakan

Ada 3 hal yang perlu disiapkan disini.

  1. Konten yang menarik untuk target kita. Bisa berupa video di Facebook atau di youtube, atau link ke tulisan yang bermanfaat untuk target kita tsbt.
  2. Situs IP loggers. Ada beberapa situs yang menyediakan fitur ini di Internet. Misalnya https://iplogger.org/ dan https://grabify.link/.
  3. Situs pemendek URL seperti bit.ly atau S.id, untuk menyembunyikan link dari situs IP logger tadi.

Langkah-langkah mengetahui dan melacak IP address Facebook orang lain

Disini kita akan menggunakan yang situs IP loggers yang Grabify.link.

Prinsip kerjanya simpel, kamu hanya perlu memasukkan link konten menarik ke Grabify. Nantinya Grabify akan memberikan link baru yang harus kamu berikan ke pengguna Facebook untuk mendapatkan IP Addressnya.

Oh iya, kalau pengguna Facebook tsbt cukup paham dunia internet, sebaiknya link Grabify ini kamu samarkan atau modifikasi dengan situs pemendek URL lain.

Masih bingung? Ikuti langkah-langkah berikut supaya jelas.

1. Masukkan link konten menarik ke Grabify

Sesuai gambaran cara kerja yang sudah aku jabarkan di atas, berarti di langkah pertama ini kamu harus mencari hal menarik (bisa YouTube, postingan menarik di Facebook, dsb) untuk dimasukkan ke Grabify.

Aku sarankan sih berupa suatu bahasan yang target kamu sangat sukai. Misalnya dia suka nonton Marvel, maka kamu bisa cari video atau postingan tentang film Marvel.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, silakan cari konten yang menarik lebih dulu.
2. Dicontoh ini konten menariknya adalah video di Facebook. Untuk mendapatkan link video tsbt, kamu bisa tap Bagikan dan pilih Salin Tautan.

3. Kemudian buka laman grabify.link.
4. Disana, paste link video Facebook tadi ke kolom yang tersedia, lalu tap Create URL.

Masukkan Link ke Grabify

5. Kalau ada notifikasi persetujuan, silahkan klik tombol I Agree & Create URL.

Konfirmasi Buat URL Grabify

2. Salin URL hasil dari Grabify

Setelah tap “I Agree & Create URL” sebelumnya tadi, kamu akan diarahkan ke halaman Tracking & Logs. Di halaman ini terdapat url baru dari grabify yang perlu kamu ambil.

Dilaman ini juga nanti kamu bisa melihat IP Address dari pengguna Facebook yang ingin diketahui. Jadi laman ini jangan di tutup dulu.

Untuk mengambil link grabify, tap tombol “Copy” disebelah “New URL”.

 Copy Link Grabify

Kamu sudah bisa gunakan link tsbt untuk melacak pengguna. Namun supaya lebih aman, link tadi perlu di masking (disamarkan) sekali lagi.

3. Samarkan URL Grabify supaya tidak ketahuan.

Kalau tidak ingin dicurigai, kamu perlu memodifikasi URL atau link Grabify lebih dulu. Disini kita akan gunakan situs pemendek URL.

Ada banyak situs pemendek URL di internet, salah satunya yang aku sarankan ialah s.id. Berikut langkah-langkah memodifikasi URL grabify via situs s.id:

1. Pertama silahkan klik tombol Masuk lebih dulu.

Klik Tombol Masuk S.id

2. Kemudian klik “Daftar Di Sini“.

Pilih Daftar Di Sini

3. Isi semua data untuk mendaftar akun s.id. Klik tombol Daftar Baru setelah mengisi semua datanya.

Klik Tombol Daftar Baru

4. Kalau sudah, akan diarahkan ke halaman dashboard. Di sini kamu bisa klik icon strip 3 di bagian atas dan pilih opsi Tautan.

5. Silahkan masukkan link Grabify tadi dan klik tombol Singkatkan.

Masukkan Link Grabify

6. Tunggu sampai s.id membuatkan url pendek untuk URL grabify kamu, kalau sudah tekan icon Close.

Berhasil Buat URL S.id

7. Lalu klik icon Edit.

Klik Icon Edit S.id

8. Masukkan custom link sesuai keinginan dan klik Ceklis kalau sudah.

Modifikasi URL di S.id

9. Terakhir, kamu bisa salin link dari s.id ini untuk bisa di share ke pengguna Facebook.

 Salin URL di S.id

Disini kamu hanya perlu membuka chat dengan target, lalu mempastekan hasil pemendek url tadi disini. Jangan lupa juga kirim pesan yang menarik supaya dia tertarik untuk membukanya.

Pastikan hanya mengirimkannya via chat, karena jika kamu kirimkan dikolom komentar, bisa jadi bukan target kamu yang mengklik linknya. Jadi akan sulit mengetahui ip addressnya punya siapa.

Kirim URL S.id ke Facebook

Pastikan juga untuk menargetkan satu orang saja dalam satu waktu.

Ini karena kalau kamu menargetkan beberapa orang sekaligus, kamu tidak akan tau IP address mana yang dimiliki oleh masing-masing pengguna tsbt. Nanti kamu bingung sendiri melihat hasilnya.

Setelah target membuka link yang kamu kirimkan, grabify akan otomatis mencatat ip address pengguna tsbt.

Untuk melihat hasilnya, kamu bisa kembali ke situs Grabify sebelumnya. Silahkan di refresh halaman Grabify tsbt. Gulir ke bawah dan lihat IP Address pengguna Facebook tersebut di bagian Result.

Berhasil Mendapatkan IP Address Dari Facebook

Silahkan salin IP Address dan pakai untuk hal-hal positif ya, misalnya untuk melacak lokasinya saja.

Kalau ada beberapa result, kamu bisa cari yang di kolom Referring URL memiliki value Facebook. Kurang lebih seperti gambar di atas kalau bingung.

Terkadang ada pengguna yang cukup cerdas atau takut membuka link modifikasi. Karena mereka takut kalau link tersebut ternyata merupakan link yang mengarahkan ke situs phising.

Jadi berikut beberapa tips yang bisa meningkatkan kemungkinan link di klik.

  • Disarankan memilih konten yang memunculkan thumbnail di Facebook, seperti video, artikel suatu situs dan postingan sosial media lainnya.
  • Bisa kirim pesan yang membuatnya penasaran, seperti panduanku di atas
  • Pahami passion dan minat target, dan gunakan konten yang memang disukai si target.
  • Jangan melakukan hal mencurigakan, misalnya memaksa meminta buka link tsbt. Jika gagal, kamu bisa coba cari video atau konten menarik lainnya dan ulangi langkah-langkah diatas untuk membuat link tracking yang baru.

Bonus: Melacak lokasi pengguna tsbt dengan ip addressnya

Untuk melihat informasi terkait lokasi kamu bisa gunakan situs https://whatismyipaddress.com/ip-lookup.

Silahkan masukkan IP address yang didapat tadi disana, lalu tap “GET IP DETAILS’. Dilaman selanjutnya akan terlihat informasi lokasi dan lain-lainnya.


Sekian dariku mengenai cara mengetahui IP Address pengguna Facebook. Kalau ada kesulitan, kamu boleh bertanya melalui kolom komentar.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

18 responses to “Cara mengetahui IP address Facebook orang lain”

  1. Mardy hari Avatar
    Mardy hari

    Bg,gua mw nnya, gua kan punya akun, trus di bajak, email dan kata sandi nya udh di ganti, jadi gua GX bisa msk lagi, trus gua cuman pengen tw bg, gimna cara mencari lokasi FB gua yg di bajak itu ya bg, mohon bantuan nya bg..

    1. yudha Avatar
      yudha

      ya itu mas…diatas udh dijelasin.. gunain metode seperti diatas..

  2. Pras Avatar
    Pras

    Bang, apakah IP perangkat itu bisa diubah atau dibuat baru? Terus klo semisal IP kita ntar dibuat penipuan sm orang lain gmna?
    Makasih sblmnya bang

    1. yudha Avatar
      yudha

      Ip address yang bisa dideteksi dengan metode diatas adalah ip address publik (biasanya terkait ke perangkat router jika kita pakai wifi, atau kalau kita pakai jaringan telpon, itu penyedia layanan jaringan yang menyediakan ip addressnya).. itu kenapa hasil lokasinya tidak bisa akurat..

      apakah perlu takut ip kita bisa dibuat penipuan sama orang? ga perlu sih mas.. ip yang terkoneksi ke internet secara luas itu punya penyedia layanan dan memang dipakai secara acak oleh banyak orang..dan ini tidak bisa dipakai untuk mengindentifikasi kita secara personal dengan metode2 seperti diatas…

      Intinya selama kita tidak berbuat salah, tidak perlu takut mas bro.. tapi kalau memang berbuat salah memang perlu waspada sih, walaupun ip address publik tidak bisa dipakai untuk mengindentifikasi secara personal, namun pihak pemerintah dan provider bisa mengidentifikasi kita dengan mudah.. Karena mereka punya data lebih detail di level provider. Ingat saat registrasi nomer HP? disana kita mengaitkan identitas nasional kita (KTP dan no KK) dengan nomer HP tertentu, dan ini terkait ke detail lain misalnya perangkat apa yang mengaksesnya, dimana, dll.. untuk pemerintah mereka bisa punya banyak data.. namun sekali lagi, jika tidak berbuat salah, jangan takut.

      cmiiw..

  3. sugeng riyanto Avatar
    sugeng riyanto

    bisa bantu carikan ip address fb seseorang ? krna ada sangkutan utang piutang dia kabur , semua akses di blokir tp kmren2 dia aktif fb dan baca semua inbok saya . saya hanya pngin tau dia skrng ada di kota mana dan mngkin bisa tau titik lokasi tepatnya di mana . ada imbalan utk anda .

    1. yudha Avatar
      yudha

      Ga akan akurat hasilnya mas bro.. untuk tau lokasi provinsi doang mungkin bisanya… silahkan dicoba proses diatas..

  4. Rahayu Avatar
    Rahayu

    bang bagaimana cara mengetahui ip telegram ?

    1. yudha Avatar
      yudha

      Prosesnya sama seperti diatas mas bro.. tinggal buat linknya, kirimkan via telegram dan tunggu hasilnya..

  5. Robby Avatar
    Robby

    https://www.facebook.com/fajar.doank.790693 ini link fb org yg sudah nipu saya. Dia bawa kabur uang saya.. Tp dia pake akun fake

    1. yudha Avatar
      yudha

      AKu cek sudah tidak ada lagi akunnya ya mas..

  6. ika Avatar
    ika

    kalo ini kak? dia penipu anak” kos dengan jumlah yg lumayan
    https://www.facebook.com/profile.php?id=100078632694298

    1. yudha Avatar
      yudha

      udh aku laporkan mas.. tapi sulit sih untuk bisa kena jika akunnya tidak terlihat melanggar aturan fb.. saranku laporin polisi sekalian mas.. mungkin akan ada tindak lanjutnya, mungkin..

  7. Widy Avatar
    Widy

    Ilmunya sangat bermanfaat.
    Tapi belum bisa digunakan untuk melacak anggota keluarga yang tiba tiba hilang tanpa kabar sementara hp nya tidak aktif🙏🙏🙏

    1. yudha Avatar
      yudha

      Itu udah lapor ke pihak kepolisian mba? Metode diatas ga akan akurat nemuin datanya..

  8. Safril Avatar
    Safril

    Apakah ini sampai ke titik lokasi? Ataukah hanya provinsi atau suatu daerah ?

    1. yudha Avatar
      yudha

      Sekedar provinsi atau daerah doang ini mas..

    2. Sidik Avatar
      Sidik

      Sy sudah nyoba tp malah traking nya ke Canada 🥺

    3. yudha Avatar
      yudha

      Kalau benar yang klik linknya adalah target mas.. kemungkinan dia pakai VPN..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *