Cara mengganti style gelembung chat WhatsApp

Mungkin dari kalian semua, ada yang merasa bosan dengan tampilan chating whatsapp yang monoton. Dan ingin sedikit mengubah tampilannya agar beda dengan whatsapp orang lain. Kalian bisa memulainya dari mengubah style gelembung chat yang ada di whatsapp kalian.

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mengubah style gelembung, bisa dengan menggunakan whatsapp original, lewat pengaturan tema ponsel, maupun dengan menggunakan whatsapp mod.

Kali ini saya akan menggunakan whatsapp original untuk mengganti gelembung whatsapp chat, mengingat whatsapp mod sekarang sangat rawan banned.

Tentu saja jika kita ingin menggunakan whatsapp original, kita butuh aplikasi tambahan untuk mengubah style-nya. Ada banyak aplikasi di playstore untuk hal ini.

A. Mengubah tema gelembung chat whatsapp dengan pengaturan tema

Untuk cara yang pertama ini kalian hanya bisa menggunakan di smartphone yang memiliki layanan aplikasi pengganti thema bawaan. Untuk kalian yang tidak memiliki aplikasi thema kalian bisa menggunakan cara kedua.

1.Buka aplikasi tema yang ada di smartphone kalian.

2. Setelah itu kalian ketikkan di kolom pencarian “initial k”. Lalu kalian klik search/cari.

Admin: Penulis sepertinya menggunakan ponsel xiaomi. Setauku beda merk, bisa beda OS nya, seperti xiaomi dengan miui-nya dan oppo dengan ColorOS-nya. Jadi tidak bisa disama ratakan. Aku sarankan teman-teman untuk skip ke cara kedua jika tidak ketemu tema “Initial K” seperti petunjuk penulis.

ketikan intial k pada kolom search

3. Setelah itu akan muncul banyak tema, nah di sini kalian bisa klik yang “initial k”.

klik tema initial k

4. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman tema-nya. Lalu kalian klik icon unduh yang tulisannya gratis. Jika sudah tunggu proses unduhnya selesai.

5. Jika sudah selesai kalian unduh. Maka ikon tadi akan berubah menjadi “Terapkan”. Nah di sini kalian klik “Terapkan”. Jika sudah tunggu prosesnya selesai.

6.Jika sudah berhasil di terapkan maka tampilannya seperti gambar dibawah ini. Lalu kalian bisa kembali ke menu layar utama smartphone kalian.

tampilan hasil temanya

7. Jika sudah berada di halaman utama, kalian cari aplikasi whatsapp, tap ikon whatsapp untuk masuk ke whatsapp.

masuk ke aplikasi whatsapp

8. Kalian bisa klik salah satu chatingan untuk mengecek apakah gelembung chat whatsapp sudah berubah atau belum. Untuk hasilnya kalian bisa lihat gambar di bawah ini.

9. Sampai disini proses mengganti gelembung chat whatsapp sudah selesai.

Dengan pengaturan tema seperti ini, seluruh system dan aplikasi kalian tampilannya akan berubah menyesuaikan tema dan tidak semua orang suka hal seperti ini. Itu kenapa, disini saya jelaskan dua cara. Di cara kedua, kita akan gunakan aplikasi tambahan, yang khusus hanya meng-kustomisasi whatsapp saja.

B. Mengubah tema gelembung chat whatsapp dengan “WhatsBubble”

Cara kedua ini solusi bagi kalian yang tidak memiliki aplikasi thema, atau yang hanya ingin mengganti gelembung chat whatsapp tanpa mengganti tema ponsel. Untuk caranya kalian bisa ikuti cara di bawah ini.

1. Buka playstore dan install aplikasi WhatsBubble. Setelah kalian install kalian buka aplikasinya.

buka aplikasi WhatsBubble

2. Setelah kalian berada dihalaman beranda aplikasinya. Seperti biasa kalian klik saja skip untuk melanjutkan. Klik skip hingga selesai.

skip-hingga-selesai

3. Jika sudah kalian akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini. Nah disini kalian wajib aktifkan semua perizinan, agar whatsbubble bisa berfungsi seperti yang diinginkan.

aktifkan semua navigasinya

4. Kalian aktifkan satu persatu perizinannya. Disini saya aktifkan dulu perizinan khusus xiaomi. Setelah itu muncul tips terkait, tap saja “Baik” untuk menyetujui.

5. Setelah itu aktifkan perizinian overlay, setelah itu akan muncul permintaan izin, tap “MENERIMA”. Lalu kalian akan dibawa ke halaman pengaturan perizinan, aktifkan tombol navigasinya. Jika muncul notice lagi, tap saja “izinkan”.

6. Selanjutkan kalian akan aktifkan izin “akses pemberitahuan”. Jika muncul notice, tap saja “MENERIMA”. Setelahnya, kalian akan dibawa ke halaman perizinan “Akses Notifikasi” seperti digambar ketiga, disini kalian aktifkan navigasi disebelah WhatsBubble-nya. Jika muncul notice lagi, tap saja “izinkan”.

7. Jika sudah selesai memberi izin yang diminta oleh whatsbubble, kalian akan dibawa ke halaman utama aplikasi seperti dibawah ini. Disini untuk mengatur gelembung aplikasi-nya kalian klik saja aplikasi.

klik aplikasi

8. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman seperti ini. Kalian klik saja aplikasi whatsapp.

9. Lalu kalian akan dibawa kehalaman pengaturan tema jendela obrolan untuk whatsapp. Disini kalian bisa mengatur gelembungnya dengan warna sesuai keinginan kalian. Klik di bagian warna. Lalu akan muncul halaman kecil untuk mengatur warnanya.

10. Untuk mengatur warna yang lain, kalian bisa scroll kebawah, ada banyak pengaturan lainnya, kalian bisa atur sesuai keinginan.

kaian bisa atur setia iconya

11. Jika semuanya sudah kalian atur dan menurut kalian sudah selesai. Kalian bisa melihat hasil previewnya di icon gelembung pojok kanan atas.

klik di sini untuk melihat previewnya

12. Setelah itu akan muncul contoh hasilnya seperti balon messenger. Kalian klik saja untuk melihat contoh hasilnya.


Selain menggunakan cara di atas kalian bisa menggunakan whatsapp mod seperti yang sudah disinggung diawal. Namun memang saat ini menggunakan whatsapp mod tidak dianjurkan, karena beresiko membuat nomor whatsapp kalian diblokir oleh whatsapp.

Selain itu whatsapp mod juga tidak terdapat di playstore, jadi bisa saja aplikasi whatsapp mod membawa virus. Bahkan yang lebih bahaya, whatsapp kalian bisa di retas orang lain.

Dengan menggunakan langkah diatas, aplikasi yang digunakan bersumber dari playstore, walaupun tidak bisa dijamin 100% aman, tapi lebih aman dari pada aplikasi yang didownload dari sumber yang tidak jelas.


Sekian pembahasan kali ini, jika ada aplikasi sejenis dengan whatsbubble yang lebih nyaman digunakan, atau lebih keren pengaturannya, jangan lupa untuk kasih tau kami lewat kolom komentar dibawah. Thanks.

Published by anwarnulis

penikmat kopi

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *