Diblokir sementara saat pakai whatsapp mod? Ini cara mengatasinya

Belakangan ini, para pengguna WhatsApp mod geger. Hal ini dikarenakan muncul tulisan akun mereka telah diblokir sementara. Bingung? Itu sudah pasti. Apa yang harus dilakukan? Lanjut baca.

Dalam laman Pusat bantuan WhatsApp, pihak WhatsApp baru-baru ini mengunggah informasi akan memblokir akun para pengguna WA mod. Pihak WhatsApp beralasan penggunaan mod membuat akun pengguna tidak aman, karena dikembangkan oleh developer pihak ketiga.

Peringatan WhatsApp terhadap para pengguna WA mod.

Aku rasa yang sampai kelaman ini pasti sudah tau lah ya apa itu whatsapp mod. Gampangnya, aplikasi WhatsApp mod adalah aplikasi WA yang telah dimodifikasi pihak ketiga – seperti GBWhatsApp, WhatsApp Plus, YOWhatsApp, MIWhatsApp, dll.

Kebanyakan dari kita pakai whatsapp mod karena memang butuh fitur-fitur yang ga ada di aplikasi whatsapp official, seperti jika kamu tetap ingin online tapi terlihat offlinemenghilangkan centang dua dan selalu terlihat centang 1, atau misalnya fitur pesan yang tidak dapat dihapus pengirim (anti delete), dll. Ada banyak banget fitur wa mod yang memang ga akan bisa didapatkan di aplikasi resminya.

Sayangnya, dengan keputusan pihak whatsapp ini, yang jelas-jelas memberi penalti kepada pengguna whatsapp mod, membuat kita terpaksa meninggalkan semua fitur-fitur tsbt.

Admin: Aku sempat mengira kalau pemblokiran sementara karena masalah virus spyware di whatsapp baru-baru ini, namun berdasarkan tulisan dari penulis disini bukugue.com/masalah-terbaru-whatsapp, tampaknya asumsiku sebelumnya salah.

Jenis pemblokiran di whatsapp

Untuk saat ini, WhatsApp akan memberlakukan dua jenis pemblokiran yaitu pemblokiran sementara dan pemblokiran permanen. Berikut penjelasannya.

  • Pemblokiran sementara, itu berarti kamu tidak bisa masuk ke WhatsApp selama waktu penalti (waktu pemblokiran sementara).
  • Pemblokiran permanen, itu berarti kamu takkan bisa masuk WhatsApp dengan nomor yang sama, selamanya. Kamu harus buat akun whatsapp baru dengan nomor baru lagi.

Pihak Whatsapp akan memblokir sementara akun kamu untuk pertama kalinya. Kalau kamu masih ngeyel, maka pihak WA akan menaikkan penalti nya hingga sampai memblokir permanen akun whatsapp kamu.

Cara mengatasi akun whatsapp yang di blokir sementara

Satu-satunya cara untuk mengembalikan akun whatsapp yang diblokir sementara adalah dengan memindahkan akun yang diblokir ke aplikasi whatsapp resmi seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jadi langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Catat nomor hp whatsapp kamu sekarang, dan pastikan nomornya masih aktif
  2. Hapus aplikasi whatsapp mod yang kamu gunakan
  3. install aplikasi whatsapp resmi dari playstore atau web resmi whatsapp
  4. Masuk ulang dengan nomor hp yang sama yang kamu catat dilangkah 1 ke aplikasi whatsapp resmi tsbt.

Langkah diatas sangat mudah dilakukan, tapi sayangnya, kalau kamu gunakan langkah diatas, data-data seperti foto atau chat tidak akan terbawa ke aplikasi whatsapp kamu yang baru.

Jadi disini kita perlu tambahkan proses backup dan restore data. Bagaimana caranya?

Cara memindahkan akun dan data dari GBWhatsApp ke WhatsApp Official

1. Buka aplikasi GBWhatsApp, klik tiga ikon di pojok kanan atas, cari Setelan (paling bawah).

Kamu buka GBWhatsApp dan klik Setelan di tiga titik yang ada di pojok kanan atas

2. Pilih Chat, Cadangan Chat, GBWhatsApp akan secara otomatis menyimpan data chat kamu.

Cadangkan riwayat chat kamu, dan tunggu prosesnya.

3. Kamu bisa hapus GBWhatsApp dari smartphone kamu, dan melanjutkan langkah berikutnya.

4.1 Buka aplikasi file manager kamu. Karena aku memakai HP Samsung jadi namanya berbeda disini, klik Penyimpanan Internal, lalu kamu cari folder GBWhatsApp.

Ubah folder GBWhatsApp menjadi folder WhatsApp saja.

4.2 Tekan lama folder GBWhatsApp ganti dengan nama WhatsApp saja. Kamu tidak perlu mengutak-atik bagian dalam folder itu, biarkan saja.

Tekan lama untuk mengganti folder GBWhatsApp jadi WhatsApp.

5. Buka Google Playstore, kamu bisa pasang WhatsApp official dari sana.

6. Setelah terpasang, kamu bisa buka WhatsApp tersebut. Masuklah dengan nomor yang kamu gunakan di WhatsApp mod.

Verifikasi no telpon kamu.

7. Kamu juga harus verifikasi nomor itu dari awal, dan akan mendapatkan SMS kode verifikasi. Masukkan kode itu seperti biasa.

Masukkan kode verifikasi yang dikirim lewat SMS.

8. Ketika sudah masuk WhatsApp official, maka kamu akan ditawari pilihan untuk memulihkan riwayat chat sebelumnya atau tidak (jika memilih tidak, kamu takkan bisa memulihkan riwayat chat untuk selamanya). Pilih “Pulihkan”.

Kamu tinggal memulihkan riwayat chat.

9. Silahkan tunggu sampai proses pemulihan selesai, dan semua data saat kamu menggunakan GBWhatsApp akan pindah ke aplikasi wa resmi.

Proses pemulihan riwayat chat, bisa berlangsung lama atau sebentar.

Cara memindahkan akun dan data dari WhatsApp Plus ke WhatsApp Official

Terus bagaimana dengan WhatsApp Plus? Prinsipnya sama. Kamu perlu mencadangkan chat seperti langkah mencadangkan chat sama seperti proses mencadangkan chat di GBWhatsApp diatas.

Kamu bisa melewati proses pengubahan folder di File Manajer. Karena nama folder penyimpanan WhatsApp Plus di File Manajer itu sudah WhatsApp.

Kemudian, kamu bisa memasang WhatsApp official di Google Playstore, memverifikasi nomor telpon sama seperti nomor telpon yang digunakan di WhatsApp Plus.

Setelah nomor telpon terverifikasi, kamu memulihkan riwayat chat kamu waktu menggunakan WhatsApp Plus – caranya sama persis seperti GBWhatsApp.

Tips untuk menghindari akun di blokir oleh WhatsApp

Meskipun pihak WhatsApp akan memblokir akun pengguna WA mod, tapi blokir takkan langsung dilakukan saat kamu menggunakan mod.

Tampaknya ada syarat / kondisi khusus yang membuat BOT-nya WhatsApp bekerja untuk memblokir akun pengguna mod. Aku sudah mengalami sendiri, ketika membuka akun menggunakan WhatsApp Plus, kemudian langsung diganti jadi GBWhatsApp menjadi tidak bisa.

Terlepas dari itu mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Jadi, inilah tips menggunakan WhatsApp mod agar akun kamu tetap berada dibawah radar BOT pihak WA.

1. Hindari terlalu sering gonta-ganti aplikasi WA mod, apalagi dengan nomor yang sama, dalam waktu dekat. Tanda-tanda akun kamu bakal diblokir adalah SMS verifikasi akan dikirim dalam rentang waktu lama – 1 jam sampai 48 jam.

Contoh pemblokiran sementara akibat gonta-ganti WA mod.
Contoh pemblokiran sementara akibat gonta-ganti WA mod.

2. Hindari salah memasukkan kode verifikasi sebanyak 3 kali lebih. Untuk menghindari kesalahan, copy saja kode 6 digit yang masuk lewat SMS, lalu paste di kolom login WA mod.

3. Hindari salah memasukkan dan mengganti nomor telpon berkali-kali. Ini juga menyebabkan akun kamu diblokir. Jika sudah terlanjur, kamu juga harus lakukan penghapusan data seperti poin nomor dua.

4. Hindari copy data jika WA mod menyediakan fitur include copy data WhatsApp. Lakukan secara manual waktu backup atau restore data, dan ekspor chat personal/grup lewat share kontak – kontak sendiri atau akun lain. Simpan, jika sewaktu-waktu butuh restore ke WhatsApp official.

5. Hindari mencadangkan chat melalui Google Drive. Kamu bisa menyetel jangan pernah. Namanya pakai mod ya sudah risikonya chat hilang.

6. Kamu jangan mengirim laporan apapun di halaman help (bantuan) WhatsApp mod.

WhatsApp mod memang memiliki kelebihan dibanding WhatsApp official, tapi kalau ujung-ujungnya bikin akun kena blokir kan sayang. Menurut hemat aku, sebaiknya kamu kudu pinter, kalau nomor telpon utama pakailah aplikasi WhatsApp official, kalau mod pakai nomor telpon kedua/cadangan.

Ok. Segitu aja pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan. Silahkan tambahkan dikolom komentar.

 

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

This Post Has 118 Comments

  1. Avatar

    Udah nglakuin seperti diatas semua tp saya tetep pengin memakai whatshap mod gmna mas?

    1. Avatar

      saranku sih bikin akun whatsapp baru dengan nomor baru yg ga terlalu penting.. jadi satu akun wa official dengan nomor penting, satu lagi akun dgn nomor yg kalo di banned permanent pun mba ga masalah…

      soalnya ini udah ketentuan dari whatsappnya untuk melakukan ban ke pengguna whatsapp mod…

    2. Avatar

      Artikelnya sangat informatif gan..
      Sampai sekarang ane masih pakai gb wa, dan Alhamdulillah masih aman. Mungkin akun ane belom sempet kelirik bot wa karna traffic chat ane gak padet n jarang ganti status. Menurut ane saat ini si bot punya filter untuk lebih memprioritaskan akun yang ‘sibuk’, tapi gak tau juga kalo algoritma nanti di-update bakal gimana jadinya nasib akun yang terabaikan kayak punya ane.
      Oke, kalau nanti ada kesempatan mungkin ane bisa mampir lagi buat kasih testi sampak kapan akun mod bisa bertahan.

    3. Avatar

      thanks mas bos… :D..

      bisa jadi sih… kalau aku liatnya semakin banyak fitur mod yang dipake juga semakin mempengaruhi deteksi nya harusnya mas.. jadi lebih mudah terdeteksi juga.. dan harusnya sama korelasinya dengan yang mas jelasin, kalau kita tidak terlalu aktif make akunnya, berarti lebih sulit di deteksi…kalau ga pake sama sekali setelah di install mungkin ga bakal ke detek sama sekali itu…

      PS: Situs yang mas cantumkan aku coba akses, tapi 404 error, jadi aku hapus.. kalau situsnya aktif dan bisa aku cek, trnyata bukan pesaing langsung ataupun bukan situs aneh2…bakal aku bolehin dicantumin disini… 🙂

  2. Avatar

    saya merasa susah move on dr wa mod terpaksa balik dlu ke wa resminya krna set wa mod set privacy penting bagi saya.. semoga tangan kreatif anak bangsa utk mngatasi hal ini bs segera ditemukan lg…

    1. Avatar

      ya mudah2an sih mas.. mungkin bisa coba cari aplikasi tambahan di google play yang bisa kunci wa tanpa harus lewat wa mod, harusnya ada sih kalau itu yang jadi permasalahannya..

  3. Avatar

    Sebelum waktu blokirnya abia, sy uninstal wa mod nya, kemudian sy download wa resmi tp ttep gbisa masuk , akun sy terblokir atau harus nunggu waktu blokirnya habis ?

    1. Avatar

      ya bener mba, waktu yang tertera itu waktu blokirnya,, jadi walaupun ganti ke wa resmi, akun akan tetap di blokir sementara sampai waktu hukumannya habis..

    2. Avatar

      Aku pengguna wa mod .. Sempet juga ke blokir sampe akhirnya blik ke wa ori . Dari situ nyoba bnyak tutor anti ban dan tetep ke ban .. 1 nomor uji coba kena bann permanen .. Sampe akhirnya bemu thread .. Dan udah satu buln ini blom ke ban lagi ..

      Step nya hp wajib root pasang wa ori login ke nomer wa .. Pasang lucky patcher .. Disable signature verification apk wa ori .. Untuk step ini bisa cari di google .. “Cara disable signature di lucky patcher ” setelah selesai .. Maka hp akan restart ..setelah restart .. Install gb wa .. Mka wa ori akan tertindas dengan wa mod .. Siap dehh digunakan

      Untuk teknisnya knpa kok hrus disable signature sayq juga ngg tau yg saya tau .. Sebulan ini saya pkai wa mod dengan cara ini aman..

    3. Avatar

      barusan aku baca-baca disini https://www.xda-developers.com/application-signature-verification-how-it-works-how-to-disable-it-with-xposed-and-why-you-shouldnt/

      dari yang aku pahami, signature verification itu berfungsi untuk memastikan bahwa aplikasi yang kita install itu sama dengan aplikasi sebelumnya.. contoh simple nya begini, aku punya aplikasi chrome di android, lalu aku donwload aplikasi chrome modifikasi (oleh modder), dan saat aku install, maka seharusnya chrome mod akan mengganti chrome lama ku. Jadi seperti mau install update, tapi dengan aplikasi mod nya.. tapi karena ada signature verifikasi, hal ini tidak bisa terjadi.. karena chrome ori akan memliki key signature yang berbeda dengan chrome hasil modded, sehingga chrome mod tidak bisa dipasang dan mengganti chrome ori.

      dengan mendisable fitur signature verifikasi ini, tidak akan ada pencocokan dan pengecekan key signature ini sehingga aplikasi lama yang ori bisa langsung di replace sama aplikasi modded..

      logika mas diatas benar, tapi aku rasa bukan itu yang bikin wa nya tidak di ban.. karena berdasarkan yang aku pahami, signature verifikasi ini hanya berkaitan saat proses penindasan wa ori dengan wa mod tadi..

      well. aku juga bukan tech savvy, bisa jadi hal diatas memang bisa mengelabui system whatsapp, tapi rasanya sih kecil kemungkinan hanya dengan disabling signature verification bisa benar-benar mengelabui system wa nya..

      thankss buat sharenya mas… mungkin teman-teman lain ada yang mau coba… cuma memang aku liat resikonya besar sih ini, seperti proses root, dan matikan salah satu fitur system seperti ini, kalau pengguna gaptek, salah-salah bisa bikin hp rusak.. belum lagi resiko keamanan yang ditimbulkan setelahnya.. aku ga tau apakah semua proses yang ribet dan mengkompromise keamanan data kita bener2 worth it untuk fitur yang didapat dari wa mod.. 😀

  4. Avatar

    Halo admin bukugue.com
    Barusan kena juga nomor WA banned sementara, nah nomor yang dipake itu sudah hangus alias sudah tidak aktif lagi, semisal saya ganti nomor dulu ke nomor yang aktif apakah bisa? dan saya restore pake nomor yang sudah saya ganti
    Terimakasih.

    1. Avatar

      aku rasa bisa mas.. cuma belum pernah coba..

      tapi logikanya bisa sih kyknya…. tunggu penalti nya selesai.. masuk ke akun lagi, ganti nomor langsung, baru pindah dan restora data ke wa original..

    2. Avatar

      Oke terima kasih mas, apakah jika notif banned sementara/penalti ya sudah selesai harus langsung move ke WhatsApp Original?
      dan jika masih menggunakan WA mod apakah nanti ada notif peringatan lagi atau langsung di banned permanen mas?
      Soalnya saya gak langsung move ke WA Original saya diamkan dulu sehari.
      Terimakasih.

    3. Avatar

      saranku biar aman sih sesegera mungkin pindah ke wa original mas..

      dari info yang aku baca, kalau masih ttp pake, biasanya akan banned sementara lagi, tapi waktu penaltinya makin lama, baru akhirnya nanti kna banned permanen…

  5. Avatar

    Saya blm ada tanda tanda mau ke banned mas, tp sampe kapan ya pihak whatsapp resmi akan ban semua pengguna whatsapp mod?

    1. Avatar

      bagus sih klo gitu mba..

      kalau aku liat sih ga akan ada kemungkinan pihak whatsapp akan berhenti mba.. soalnya aplikasi mod memang kurang aman menurutku.. kalau mba baca beberepa pembahasan di blogku ttg aplikasi wa mod dan penggunaannya, itu aku kasih saran ke pembaca, bahwa aku sendiri tidak terlalu yakin dgn aplikasi modded..

      aku pernah pake tema hasil modifikasi untuk blogku, dan alhasil blogku (blog lama) di hack orang waktu itu.. sejak itu aku sadar, bahwa kalau kita pake sesuatu yang di modifikasi, maka tergantung pihak modddernya, mereka bisa sisipin yang aneh2 kesana..

      tentu ga semua orang itu jahat/kriminal.. tapi tetap aja, aku ngerasa ga aman sejak itu makai yang namanya modded2 gitu..

  6. Avatar

    Kak saya diblokir dari gbwhatsapp. Waktu blokirnya sudah habis, gbwhatsapp sudah saya uninstall. Saya masuk ke whatsapp resmi tapo saat verifikasi nomor ada tulisannya kalai whatsapp reami saya ada masalah silahkan download versi terbaru di playstore. Sudah saya uninstall dan install lagi berkali-kali tetep gak masuk nomor wa nya. Bahkan saya masuk dengan nomor baru juga tetep gak bisa. Mungki ada saran.

    1. Avatar

      aku ga pernah nemu masalah mba diatas.. tapi aku bisa saranin beberapa hal:
      1. restart hpnya
      2. pakai aplikasi cleaner yang bisa hapus cache serta data yang tertinggal saat kita uninstall app

      “ada tulisannya kalai whatsapp reami saya ada masalah silahkan download versi terbaru di playstore” pemberitahuan ini masih muncul setelah mba install wa versi baru dari playstore yang kedua kalinya?

      3. mungkin coba download wa dari website resminya, cek di whatsapp.com, takutnya yang mba install versi beta atau mungkin bukan dari wa resmi…

      ini mba ikutin proses backup dan restore diatas atau engga?

      4. install aja tanpa ikutin proses backup dan restore. liat ada masalah ato engga disana?

      5. coba install wa resmi di hp lain, misalnya dan buka akun mba disana.. kalau bisa, ada kemungkinan ini system hp mba yang lama mungkin.. aku soalnya punya hp LG lama versi android 4 klo ga salah, dan hp ini bermasalah banget, install apa2 aja dari playstore sering gagal, bahkan error.. jadi ya kadang ini mungkin karena hp nya juga.. kalau udh gini ya mungkin update versi android hp mungkin, atau factory reset hpnya (tapi ini langkah terakhir klo ga ada yang lain yg bisa dicoba).

  7. Avatar

    Mas kenapa saat mau memverifikasi selalu disuruh mengunduh versi whatsaap terbaru…setelah saya unduh tetap saja tidak bisa.

    1. Avatar

      ini sama sepertinya masalah sama pengunjung sebelumnya, cek balasanku disana mba, semoga bisa membantu…

  8. Avatar

    Mas kok saya di GB whatsapp gabisa mencadangkan pesan ya.. bacaan nya mencadangkan pesan gagall.. solusinya gmn ya

    1. Avatar

      coba update ke versi gbwhatsapp yang paling baru mungkin mas.. kalau gagal juga ya mungkin ikhlasin chat nya mas…

  9. Avatar

    ADA YANG PAKEK FM WATSHAP NGGAK DISINI

    1. Avatar

      aku engga.. tapi harusnya itu sama aja kan.. wa mod juga…

    2. Avatar

      Saya cobak install FM WhatsApp tetap ke banned OM

    3. Avatar

      kan udh aku jelasin jg sebelumnya mba seingatku… sama aja harusnya… 😛

  10. Avatar

    Pakek FM WATSHAPP AJA

    1. Avatar

      sama aja harusnya mas… walaupun ga explicit di sebutin.. tapi semua aplikasi wa modifikasi sekarang bakal di blokir oleh whatsapp..

    2. Avatar

      Bagi link nya buat download dong, eheheheh

    3. Avatar

      sama mas… semua wa modifikasi mau yang disebutkan secara explicit ataupun yang tidak disebutkan secara langsung, tetap kena.. karena sama kategorinya modifikasi…

  11. Avatar

    Saya jg kena blokir sementara.karna pakai wa plus by shareit dr teman.sy pakai sebulan ud keblokir smentra,sdng tmen sy pakek tahunan gak masalah.skg sy pakai akun wa resmi jdinya.
    Gman y,wa yg modif lbh private jd sy suka.yg jd pertnyakan,stlh diblok smentra tetep gak bs pake lg y dgn no.yg sama?

    1. Avatar

      klo blok sementara harusnya bisa mas pake nomor lama, asalkan waktu penalti/blokir nya sudah habis…

      blok permanen baru ga bisa dipake no yg sama..

  12. Avatar

    Mas cara backup chat di GbWhatsApp gimana caranya kok gak bisa fi cadangkan riwayat chatnya kalo pakai email gimana vbang cara cadangkan chat

    1. Avatar

      setauku yg bisa cadangkan via email atau gdrive itu hanya wa official mas..

      sedangkan wa mod backup nya bisa di hp aja.. setauku loh ya…

      btw, udh coba cara diatas mas? gmana hasilnya?

  13. Avatar

    yaaa terpaksa pake wa offical lgi😭
    padahal udh nyaman pake wa mod😭😭

    1. Avatar

      klo berani ambil resiko, setelah penalti hilang, dan kira2 udh beberapa hari pake wa official, ganti lagi ke wa mod..

      aku liat bnyk juga yg seperti ini, cma ya resiko penalti makin tinggi klo kena lagi, bahkan bisa banned permanen 😀

  14. Avatar

    Ak juga kena mas, sdh pake gb tahunan lebih sih. Pagi td kena, ak hapus pasang mod lg menggunakan fouad ya juga tetap kena. Mlahan waktu hukumannya terus b tambah lama. Terpaksa deh gunakan wa resmi

    1. Avatar

      mungkin jgn langsung ganti sih mas.. pake wa resmi dulu sementara waktu, baru nanti cobain lagi ke wa mod …

  15. Avatar

    Ka, aku kan udh kena banned 3x seharian ini, nah aku mau cadangin riwayat cht aku dulu, tp ga bisa di cadangin, ga jalan2 gtu ka. Gmna yaa?

    1. Avatar

      kenapa sampe kena banned 3x mba?

      aku rasa resiko chat hilang udh pasti lah mba klo kita pake aplikasi mod.. diatas udh dijelasin cara mencadangkannya, kalau udh dicoba dan gagal, setauku ya ikhlasin chatnya. 😀

  16. Avatar

    Udah kaa, udh bisa alhamdulillah, hampir sejam aku nunggu cadangan cht nyaa…sabar2 in dlu, sedihkan masa cht an pada ilang kan isinya perlu semua, aku di banned sementara yg pertama kali 30 menit, abis itu 50 menit, lalu langsung 1 stngah jam. Etdah, udh deg2 an tkut di banned permanen, trnyata msih bisa buka dan ngecadangin walau lamaaa bgtt, trus aku ikutin cara yg di atas dan bekerjaa. Makasi kaa blognya sangat bermanfaat.

    1. Avatar

      mungkin karena chat nya banyak kali ya, bisa jadi lama gitu prosesnya…

      oke deh mba.. 😀 thanks udah share pengalamannya…senang bisa membantu…

  17. Avatar

    cara nya pake dual wa lag gimana kalo harus pake wa official?

    1. Avatar

      satu pake aplikasi wa bisnis, satu wa biasa..

      atau pake aplikasi yang bisa bikin akun ganda gitu, kalo ga salah ada aplikasinya.. jadi bisa double wa nya..

      kalo di xiaomi dgn os mi, itu klo ga salah ada pengaturan ganda langsung dari settingnya..

  18. Avatar

    kapan apk wa mod bisa di pakai lagi mas.suapaya gk ada blok lagi

    1. Avatar

      sejauh ini aku belum nemu info sprti itu mas… jadi skrg ini setiap kali make wa mod selalu ada resiko blokir.. kalau tetap mau coba pake, mungkin untuk nomor yang siap buang.. bukan nomor penting..

  19. Avatar

    Mas saya punya wa resmi dan gbwa ini, ganti folder gbwa jdi gabisa gmna yaa ?? 😭

    1. Avatar

      wa resminya dipake ? saranku hapus dulu wa resmi jadi foldernya kan hilang ntr tuh,, baru ganti folder gbwa nya, dan install lagi wa resminya.. soalnya kalau mau restore data, prosesnya kan dari awal mba, dari habis install itu…

  20. Avatar

    Assalamualaikum wrwb.
    Saya mau tanya nih..
    Kan ini pemblokiran sementara,kalau masa blokir an nya sudah dibuka,apakah wa mod bisa di pakai lagi?
    Dan kira2 kapan yaa bisa dipakai lagi
    Terima kasih
    Wassalamualaikum wrwb.

    1. Avatar

      keputusan memblokir itu ada di pihak wa mba..

      mba bisa aja langsung pakai wa mod lagi hari ini atau besok, tapi kalau ketauan sama system wa, ya mba diblokir lagi…dengan penalti yang lebih keras..

      kalau ditanya, kapan bisa pakai wa mod dgn aman, aku rasa jawabannya sampai di titik dimana pihak whatsapp tidak lagi memblokir wa mod, atau ada wa mod yang saking canggihnya bisa mengelabui system wa 100%… dan dua2 nya kemungkinannya kecil sih…

  21. Avatar

    Permisi kak aku mau tanya lagi
    Kan aku barusan ngehapus fm wa ku,sudah aku cadangin pesan2 dan semuanya,tapi ga aku pindah ke wa ori,karena wa ori ku sudah ke pakai nomer yang satu nya,terus kalau gitu gimana jadinya?
    Mohon saran nya dongg kak🙁

    1. Avatar

      install aplikasi yang bisa bikin dual account mba.. ada kok di google play.. atau misalnya pake aplikasi wa bisnis, klo ga loh ya..

      hampir lupa, di blog ini ada pembahasannya :D.. bisa baca sini https://bukugue.com/2-akun-wa-dalam-1-hp/

  22. Avatar

    Assalamualaikum
    Kira2 habis ini wa mod bisa dipakai kembali ga yaa?

    1. Avatar

      dipakai bisa mba, tapi resiko banned selalu ada.. kalau tetap niat pakai mungkin ke nomor yang siap buang, jadi bukan nomor utama…

  23. Avatar

    Yahhhh…. Udah nyaman pake GBWhatsapp, tau tauny mau diblok.

    1. Avatar

      ya gmana lagi mba.. soalnya beberapa waktu ini banyak banget isu keamanan yang muncul kan.. misalnya ada virus wa yang bisa merekam kegiatan kita dari kamera.. ini bahaya kan..

      (edit: cari aja di google dengan keyword “virus whatsapp” untuk liat berita ini)

      hal ini sempat diberitakan beberapa hari yg lalu klo ga salah, aku lupa baca dimana..

      ini memang jadi concern saat ini, dimana aplikasi dengan userbase yang sangat besar, memang harus memperhatikan keamanan pengguna…

  24. Avatar

    Saya pengguna wa mod yowa dri Albasya. tapi saya tdk menggunakan Akun, hnya no hp. saja tak satupun akun saya pilih. ketika untuk di cadangkan. saya tdk pernah mencadangkan data.dri wa..tapi saya kena blokir…sekarang kembali ke wa. tesmi & ketika saya coba dgn no baru… tetap tdk bisa gunakan wa mod.
    gmna cara mengatasinya..

    1. Avatar

      ini ga paham aku, serius.. akun wa itu ya nomor hpnya mas, sekalian itu, gabung jadi satu… setauku gitu..

      intinya sekarang mas udah kena blokir, mas juga udh balik ke wa resmi, lalu mas coba buat akun baru dgn nomor baru di wa mod, gitu kah?

      seperti yang aku jelaskan diatas dan dikomentar2 sebelumnya, kalau mau pakai wa mod di nomor siap buang silahkan, tapi dalam artian siap kena blokir, bisa jadi kena blokir setelah sejam buat akun baru, bisa juga bertahan lama, jadi ga ada cara pasti saat ini untuk bisa terus2an pake wa mod tanpa di blokir. setauku sih gitu..

      kenapa aku sarankan no hp siap buang, ya itu tadi, pake, kena ban, pake lagi, kena ban lagi, sampe kena ban permanent, buang, beli nomor baru, pake lagi ke wa mod.. jadi ini bukan solusi sih sbenarnya.. cuma kalau masih ngebet pake wa mod, ya ini salah satu caranya.. 😀

  25. Avatar

    Dalam 2 jam udah kena banned 2x GB wa nya. Punya dua wa dalam satu handphone. Satu yang resmi satu yang mod. Yang kena ban yaa tetap si gb wa -_- ganggu sekali

    1. Avatar

      ya mau gimana lagi mas,, udh keputusan mereka (pihak wa) dari sananya.. aku liat mereka lebih getol banned nya sejak masalah virus hacking beberapa waktu ini.. ada jutaan akun yang kena klo ga salah, dan dari beberapa sumber yang aku baca hari ini, masih ada sekitar 300.000 pengguna yang masih kena virus dan mereka belum update (diupdatean terbaru itu celahnya udh ditutup). Nah mungkin sebagian dari alasan mereka ngelakuin hal ini, karena masalah keamanan ini.

  26. Avatar

    Klo aplikasi di play store ada ya yang bisa untuk nyembunyiin chat

    1. Avatar

      coba dicari aja mas,, tapi kalo nyembunyikan chat rasanya udh masuk kategori mod sih itu… aplikasi tambhan biasanya cuma bisa pengoperasian otomatis, ataupun mengefek ke wa secara keseluruhan, misalnya yg disembunyikan adalah aplikasi wa nya…cmiiw..

  27. Avatar

    Akun wa mods akan d blokir permanen ktika brpa kali d blokir smentara bang?

    1. Avatar

      ini yang aku masih belum tau mas.. nanti kalau aku dpet info baru insyaallah aku masukin di atas…

  28. Avatar

    Aku pakai wa mod selama 3thun lebih kyknya, dan baru ini kena banned sementara .. Awalnya cuma 30menitan , trus kena lagi 1 jam lebih, kena lagi 2 jam lebih 😂😂😂 jadi trpaksa mau pindah ke ori .. Meskipun lbih seneng pake mod, dan skrang mau pindah ke ori malah suruh nunggu sms verifikasi 7 jam , telpon 2 jam 😑😑 .

    1. Avatar

      hahaha.. ngotot sih mba nya.. selama 3 tahun aman itu karena wa ga pernah bermasalah dan ga peduli sama aplikasi modifikasi seperti ini jadi memang tidak ada tindakan yang diambil klo kita cuma pake wa mod aja..

      nah skrg wa lagi di hujat karena dianggap tidak aman, kasus hacking dan spyware baru2 ini bikin bnyk komentar negatif ke wa sendiri, sehingga mereka mau ga mau ambil tindakan untuk meningkatkan keamanan, salah satu nya ya ini, memberantas aplikasi mod..

  29. Avatar

    Lucu baca comment2 nya. Senasiiibb. Kena temporary banned dr sejam duajam sampe 48 jam dan skr masih nunggu waktu untuk bs dapet kiriman kode verifikasi. Astaghfirullah. Mau apk mod apapun tetep aja kena banned lg. Insya Allah udah insyaf dan kembali ke Whatsapp resmi :))

    1. Avatar

      iya mba.. memang lagi bnyk banget yang di banned ini, sampe puncaknya dibeberapa hari yg lalu.. kalau mau aman, main yang resmi aja emng,..

    2. Avatar

      Meati bnyk pesan rhasia nih..wkwk

    3. Avatar

      kalau itu mah aku ga tau mba.. bisa jadi deh 😛

  30. Avatar

    Bang kalau nomor gb wa udah kenak blokir permanen bisa cara ngembalikannya gimanya ? Apa ada solusi gak bng?

    1. Avatar

      aku sendiri belum pernah sampe dititik ini mas.. dari yang aku baca di internet, solusinya 2, yaitu dengan

      1. buat dgn nomor baru.
      2. hubungi pihak wa lewat email [email protected] dan jelaskan disana permintaan maaf dan permintaan untuk mengaktifkan kembali nomor yang bersangkutan..

      nanti aku minta penulis buatkan pembahasan ttg ini mas… kalau udh ada bakal aku update di laman ini…

  31. Avatar

    Pertama kena banned kaget, aku tunggu waktunya abis, aku pikir ga bakal di banned lagi, eh tau gt makin lama blokirannya..
    Kan nyesek tuh, udah nyerah akhirnya unistal wa mod nya, iseng2 download lagi wa modnya gaisa..
    Aku pakai dobel aplikasi jg, wa mod semua pula, beda nomor tp keblokir semua
    Susah mau moveon 😭

    1. Avatar

      iya skrg mau ga mau mas.. soalnya kasus hacking spyware wa baru2 ini memang bikin heboh.. dan pihak wa semakin getol dalam banned ini nampaknya..

  32. Avatar

    Saya br kena banned per hari ini dan uda 2x. Jd lgsg pindah ke wa ori dgn tuorial backup chat and media. Dan sudah berhasil sempurna. Tq banget kepada bang yudha. Chat penting saya terselamatkan semua. Matur nuwun🙏

    1. Avatar

      sami-sami mas…:D

  33. Avatar

    Gk bisa muvon dari gb wasaapp 😭, gk bs kepoin stts org lagi kuuyy

    1. Avatar

      ya resiko tanggung sendiri mba.. 😀

  34. Avatar

    Adil dan beradab.. Udahlah gak usah wa mod segala.. Kasihan

    1. Avatar

      yang pake wa mod biasanya nyari fitur tertentu mas.. kalau user biasa seperti ku mah wa biasa juga cukup… tapi untuk pengguna yang lebih aktif biasanya memang butuh fitur2 tambahan tsbt untuk memudahkan atau meningkatkan kenyamanan mereka dalam pemakaiannya…

  35. Avatar

    Min mau tanya..klw kita gnti nmr baru ap masih kena blokir ya..tolong pencerahannya min

    1. Avatar

      kalau masih pake wa mod, kemungkinan bisa kena blokir lagi mas.. masalahnya bukan di nomornya, tapi di wa mod nya…

  36. Avatar

    saya dari WA mod beralih ke Wa resmi gara gara di blokir.. trus saya mau ke WAgb lagi nunggu berapa hari ya ?

    1. Avatar

      ga ada harinya mas.. pihak wa sudah bilang bahwa mereka akan banned akun yang pake wa mod.. ini menandakan mereka berniat dan udah mengambil tindakan untuk menekan perkembangan wa mod… kalau pun mas tunggu seminggu lagi misalnya, resiko banned tetap ada…

  37. Avatar

    Asem tenan ya.. 🙄🤦🤦🤦🤦

  38. Avatar

    Hari ini saya kena blokir. Waktu blokir sudah habis dan saya langsung uninstal whatsapp mod saya. Saya sudah download whatsapp resmi di playstore, tapi tidak bisa login dan ada tulisan ‘tidak dapat terhubung, silakan coba lagi nanti’ dan dibawahnya ada pilihan ‘batal’ dan ‘periksa status’. Sudah saya klik ‘periksa status’ lalu muncul tulisan ‘status layanan whatsapp tidak tersedia’. Minta solusinya mas, ini gimana ya?

    1. Avatar

      halo mba, aku rasa ini bukan salahnya mba, seingatku tadi siang ada aksi 22 mei, kalau mba mengikuti berita, ini cukup parah saat ini..

      dan tadi sebelum tidur malem aku liat berita di situs berita nasional, aku lupa liat dimana, itu facebook, wa, dstnya di blokir sementara penggunaan nya oleh pemerintah kita.. jadi ini bisa karena hal ini…

      solusinya ya cobain lagi nanti ketika blokir nya sudah dilepas, ini aku barusan coba cari lagi, cuma beda web yang bahasnya, https://nawalakarsa.id/kerusuhan-22-mei-facebook-twitter-dan-instagram-diblokir-pemerintah/

      kalau mba baca disana, whatsapp termasuk salah satu yang diblokir…

  39. Avatar

    Mas,kan dari siang saya tidak ada notifikasi apa2 di hp saya. Setelah saya cek FM whatsapp saya juga tidak ada pemberitahuan pesan masuk,saya coba cek kuota saya masih sekitar 1,3gb mas,saya coba buka aplikasi ig tidak bisa juga,lalu saya copot pemasangan FM whatsapp saya,lalu saya coba ke playstore bisa buat download kan mas,nah saya download w.a resmi,lalu saya masuk pakai nomor whatsapp saya yg pakai FM whatsapp itu,waktu saya masukin nomornya terus saya login tulisan nya tidak dapat terhubung. Silahkan coba lagi nanti
    Itu kenapa mas?apakah ke banned permanen?atau saya masih bisa masuk pakai nomor lama saya?tolong bantu jawab ya mas

  40. Avatar

    Mas knp gabisa ya bacaan nya
    “tidak dapat terhubung silahkan coba lagi nanti”

    1. Avatar

      pemerintah memblokir whatsapp saat ini mas, karena aksi 22 mei kmrn.. pemblokiran nya berkaitan sama sebagian dari fitur whatsapp, dari info yang aku dapat, whatsapp dan beberapa sosmed lainnya bakal tetap akan di blokir sampe tggl 25 mei..

      dan yang diblokir fitur yang berkaitan sama multimedia klo gasalah.. karena tidak ada info jelas apa aj yg diblokir pemerintah disini..

      silahkan cek berita nasional saat ini…

    2. Avatar

      Saya juga muncul tulisan begitu. Tunggu aja masa habis pemblokiran di wa mod km, klo punya sy pemblokiran sampai 1hari. Setelah itu sy log in ke wa official bisa lg,

    3. Avatar

      bener banget mas…

  41. Avatar

    Hapus aj sekalian semua aplikasi WA maupun yang lain biar gak pusing

    1. Avatar

      hahaha… iya mas.. sekalian buang hp nya ke sungai.. 😛

  42. Avatar

    Nunggu verifikasi sms lama banget dr mula 7 jam, 13 jam sampe sekarang harus nunggu 24 jam, apa ini mau diblokir sementara atau permanen?
    Tolong minta solusi nya..

    1. Avatar

      coba pindah dulu ke wa resmi sih.. ikhlaskan data2 chat… dari pada kena blokir permanen..

  43. Avatar

    Saranya dong, kan wa gb gw udah di uninstall trus gw download lg wa resmi versi terbaru di playstore. Tapi saat verifikasi pasti selalu muncul tulisan “Ada masalah dg versi whatsapp anda. Silahkan download versi terbaru di playstore” padahal gw udah download berkali kali di playstore.. saranya dong gimana buat ngatasin masalah gw

    1. Avatar

      udah coba bersihin sebersih2 nya wa lama nya mas? mungkin ada folder2 yang tersisa di systemnya.. setelah bersih mugnkin baru coba install lagi..

      kalau mas tanya kemarin, ada kemungkinan karena wa error karena di blokir pemerintah akibat aksi 22 mei, tapi tadi aku ada liat judul berita sekilas, kalau blokirnya udah dilepas…

  44. Avatar

    Saya udah nyoba beberapa wa mods yg katanya anti banned, tapi tetep kena banned, waktu penaltinya belom abis dan saya coba install wa bisnis ternyata bisa, sementara pake wa bisnis dulu lah, sambil nunggu berapa hari baru ganti ke wa mod lagi, sambil ditunggu juga tips dan triknya yg bener2 ampuh biar ga kena banned lagi

    1. Avatar

      sama, aku juga liat perkembangannya saat ini..

      sejauh ini memang ga keliatan ada yng bisa anti banned, aku liat bnyk yang cari view gitu terus nyaranin pake tipe wa ini lah tipe itu lah, padahal sama aja..

  45. Avatar

    Klo pihak whatsapp takut kesaing sama pihak ketiga ya bikin karya yg lebih kreatif lh dari pihak ketiga ,,, jgn maen blokir gtu aja ( payah pake cara kasar )

    1. Avatar

      lah, ini salah paham mas nya.. mereka bukan takut kesaing.. karena aplikasi mod ini sebenarnya adalah aplikasi mereka sendiri yang di modifikasi oleh developer luar.

      setauku alasan blokir ini lebih ke maslah keamanan, soalnya sebelum mereka umumin ngeblokir, mereka sudah ditekan dari banyak pihak soal keamanan ini. Makanya ini salah satu langkah yang diambil untuk meningkatkan keamanan tsbt.

      sebelum ini, whatsapp sempat disisipi virus spyware, dimana data seperti video dan foto bisa diakses dengan mudah oleh sipembuat virus.. silahkan cek beritanya di google, cari aja dgn keyword “virus whatsapp”..

      belum lagi tekanan dari bnyk pihak, yang bilang wa tidak aman, dstnya.

      Aku sendiri memang agak ragu pakai aplikasi mod, karena aku sendiri udah pernh di hack sebelumnya, kebetulan yang dihack waktu itu adalah blog, karena pakai tema hasil modifikasi dari website ga jelas, akhirnya kerja jerih payah berbulan-bulan,hilang begitu saja.

      buat yang belum pernah kena hack, itu ga terlalu takut make aplikasi mod beginian, tapi kalau yang udah ngerasain bagaiamana ruginya ketika di hack, pasti akan lebih hati2..

      cmiiw.. ini hanya diskusi dan pendapatku mas bro, bisa jadi ada alasan lain kenapa whatsapp melakukan hal ini…seperti di 2020, whatsapp akan memberlakukan iklan di aplikasinya, aku rasa kalau ada aplikasi modifikasi, kemungkinan iklan bisa diblokir dgn aplikasi mod cukup besar, dan bisa aja mereka ambil langkah ini untuk menghilang masalah mereka kedepannya..

  46. Avatar

    An**** semua yg komentar gak ngasi solusi cuma curhat curhat gak jelas , baca dri awal sampai akhir gak ada solusi

    (admin : aku sensor kata-katanya sedikit)

    1. Avatar

      memang ga ada solusinya mas… pihak wa adalah pemilik system, jadi apapun keputusan mereka, akan berefek ke seluruh systemnya… dan mereka punya kendali ke systemnya, jadi bisa suka-suka mereka mau banned siapa, mau hapus akun siapa, dstnya…

      kecuali ada modder yang bisa mengelabui system wa nya..

      sama seperti komentar mas saat ini, aku sebagai administrator system wordpress blog ini, punya wewenang untuk menghapus, mengedit, bahkan mengganti secara keseluruhan isi komentar tanpa mas nya bisa apa2… jadi kita sebagai pengguna alat tool, hanya bisa berada dibawah ketentuan yang punya..

  47. Avatar

    Berbagi pengalaman + tips (blm 100% aman)
    sejak awal wa mulai memblock para pengguna gbwa dkk. akun ku masih aman sampe 31 mei kemaren. sejak wa minta update saya mulai nyari update an gbwa terbaru. begitu ku instal malapetaka datang. tanpa tau akun keluar dari semua grup wa. sejak saat pake gbwa baru akun berkali2 di block. dari yg ku ingat2 sih, bot wa mulai ngeblok pas saya ngirim file, buat status & aktifitas wa lainnya.
    sedikit tips yg msh mau pake gbwa kalo mau ngirim file, update status atau chat aktif. sebaiknya pake vpn biar lebih tersembunyi.
    tapi ga jamin 100% juga sih haha.

    1. Avatar

      thanks tips nya mas..

      kurang tau juga apa bisa pake vpn, soalnya vpn itu lebih ke meneruskan koneksi data kita lewat proxy sementara gitu, yang memungkinkan kita mengakses situs yang di blokir, seperti kejadian aksi 22 mei lalu, yang membuat beberapa orng meninggal dan ratusan luka-luka, dihari yang sama pemerintah memberlakukan blokir akses ke whatsapp (terutama fungsi upload dan download foto) agar menekan penyebaran berita hoax yang bisa menyebabkan makin keruhnya keadaan, dan koneksi ke whatsapp diperlambat gitu, nah VPN memang bisa membantu dalam masalah ini..

      tapi kalau untuk menghindari dari deteksi system wa nya sndiri aku rasa ga bisa deh mas… wallahualam.

  48. Avatar

    Mas gmna ya yang saya jadi ga bisa download wa resmi,setelah pake gbwhatsapp. Ke blokir sementara terus pake gbwhatsapp. Eh pas mau ganti ke wa resmi malah ga bisa. Gmna ya. Udah beberapa cara saya lakuin tapi tetep aja ga bisa jadi bingung sekarang harus gmna

    1. Avatar

      ya jelas lah mba, kalau mba tetap pakai gbwa ny ya bakal terus di blokir…

      coba harusnya install wa di hp lain mba, lalu pindahin wa mba kesana dulu… kalau udh aman, barulah nanti pindahin lagi ke hp yang skrg..

      kemungkinan ada masaalh di hp yang sekarang, saranku sih, coba minta bantuan teman yang suka ngoprek hp untuk liatin apa dia bisa bantu install wa ori, kalo engga, coba factory reset hp dan download dan install wa (tapi factory reset ini bikin seluruh data hilang)..

      bnyk kok menurutku yang bisa di coba.. kecuali mba udh dibanned permanen… mau ga mau harus coba kontak pihak wa di [email protected] untuk minta bukain blokirnya..

  49. Avatar

    Saya gak bisa move on dari gbwhatsapp,,, fitur-fiturnya itu yang membuat saya merasa aman dari orang-orang yang suka mengganggu. Dan rasanya pengen uninstal aja,, males pakek whatsapp original, tapi kok penting buat kerjaan. Kapan bisa pakek WA mod lgi.

    1. Avatar

      kalau mau bisa cobain alternatif lain seperti telegram mba… cma memang klo keluarga dan teman2 bnyk nya pake whatsapp, ya mau ga mau tetap bertahan di wa juga sih…

      biasakan aja sih mba… lebih baik pake wa ori dan aman kan.. 😀 mikirnya gitu aja, positif, kalo engga ya bisa jengkel terus…

  50. Avatar

    Baru pasang FMWhatsapp Mod langsung kena blokir sementara, cuma 20 menit blokirnya. Sialnya setelah aku pakai FMWhatsapp berhari-hari, waktu blokir sementaranya bisa berjam-jam. Kalau diteruskan bisa2 akun WA kena banned dan diblokir permanen. Jadi untuk pencegahan, kembali lagi ke WA Original saja.

  51. Avatar

    Ada sesiapa yg ugh bisa pake gbwhatsapp?

    1. Avatar

      aku rasa masih belum bisa mas… cobain aja sih. 😀

  52. Avatar

    Pas pake siomi lancar” bae dahh ett ngapa pas pindah ke vivo kga bisa yaa kena blok mulu

    1. Avatar

      1. peraturan blokirnya memang belum lama ini keluarnya mas… dulu memang lancar2 aja..
      2. kemungkinan waktu pindahan itu langsung ke deteksi

      jadi harusnya sih ga masalah brand ponselnya apa.. 😀

  53. Avatar

    Wkwkwk…, kesimpulan dr semua komn di up, kita pinginnya fitur waori=wamodd. Mudah”an wa’ori merekom salah 1. Btw semakin banyak yg pake wamod, akan menjadi perhitungan juga bagi waori kalau mau blok manen. AllahuA’lam…

    Salam semua, tetap semangat…

    1. Avatar

      ga juga sepertinya mas.. sebelumnya banyak banget yng pake wa mod kok… lalu tiba2 mereka keluarin peraturan begini..

      ya mudah2an kedepannya ada solusinya…

Tinggalkan Balasan