Cara mengubah password LINE (tanpa proses reset)

Kali ini penulis akan memberikan tutorial tentang cara mengganti password LINE tanpa proses reset. Cara mengganti password LINE kali ini berbeda dengan cara reset password karena kamu harus login terlebih dahulu ke akun LINE -mu. Setelah login, kamu bisa mengganti password LINE -mu tanpa harus melalui proses reset.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa mereset dan mengganti password LINE adalah kegiatan yang sama, tapi pada dasarnya keduanya memiliki beberapa perbedaan. Reset password adalah solusi akhir saat kamu tidak bisa login ke akun LINE karena lupa. Sedangkan mengganti password adalah bentuk antisipasi agar tidak perlu reset dan bisa kamu lakukan hanya setelah login ke akun LINE.

Mereset password LINE akan memberikan beberapa dampak negatif bagi akunmu, seperti hilangnya riwayat obrolan, riwayat pertemanan, kontak, item-item berbayar yang pernah kamu beli, dan nomor telepon yang telah terdaftar. Sedangkan mengganti password tidak akan memberikan dampak negatif apapun pada akunmu karena semua riwayat obrolan, riwayat pertemanan, kontak, item-item berbayar yang pernah kamu beli, dan nomor telepon terdaftar tidak akan hilang.

Mengapa perlu mengganti password LINE?

Kasus yang umum terjadi adalah banyak pengguna LINE yang mereset password-nya karena lupa dan tidak bisa login. Jika sudah bisa login mengapa harus mengganti password? Perlu kamu ketahui, mengganti password ini ternyata penting untuk dilakukan lho. Ada banyak alasan mengapa pengguna LINE ingin mengganti passwordnya.

  1. Password LINE Bocor. Password LINE adalah sesuatu yang bersifat rahasia dan tidak boleh bocor dan diketahui orang lain karena akun LINE bisa dihack. Oleh sebab itu, mengganti password adalah salah satu langkah penting yang harus kamu ketahui.
  2. Password terlalu mudah di tebak. Password yang mudah dan paling sering digunakan adalah tanggal lahir, nama pemilik akun, dan nama pacar, nama anak, dll. Password-password seperti ini akan memberikan peluang kepada orang lain untuk mencoba mengakses akun line-mu. Oleh sebab itu, jika saat ini password line-mu terlalu mudah diingat atau dijiplak orang lain, segeralah menggantinya dengan mengikuti tutorial yang akan penulis jelaskan pada artikel ini.
  3. Lupa password LINE. Jika kamu tidak menggantinya, kamu hanya bisa mengakses akun LINE-mu melalui perangkat yang sekarang kamu gunakan untuk login. Jadi, mengganti password LINE ini penting dilakukan untuk mengantisipasi jikalau ponselmu rusak atau ingin mengganti ponsel baru, kamu tetap bisa login ke akun lamamu.

Hal-hal yang harus disiapkan

Tidak banyak yang harus disiapkan sebenarnya, kamu hanya perlu 2 hal dibawah ini.

  1. Akun LINE yang sudah dalam keadaan login.
  2. Password baru untuk akun tsbt. Password yang ideal adalah password yang tidak mudah diterka dan unik. Buatlah password baru yang terdiri dari 6 hingga 20 karakter dengan perpaduan huruf, angka, dan kapital. Jangan membuat password dari tanggal lahir atau password lainnya yang mudah ditebak orang lain.

Cara mengganti password LINE

Setelah kamu mempersiapkan semua hal yang diperlukan, selanjutnya kamu bisa mengikuti tutorial yang penulis jelaskan di bawah ini.

  1. Buka aplikasi LINE lalu klik menu pengaturan bergambar gerigi yang ada di bagian pojok kanan atas pada beranda LINE.
    klik menu pengaturan bergambar gerigi
  2. Klik menu “Akun” yang ada di kolom kedua. Perhatikan gambar di bawah ini.
    Klik menu “Akun”
  3. Klik menu “Kata Sandi” untuk mengubah password lama ke password yang baru.
    Klik menu “Kata Sandi”
  4. Masukkan password baru. Ingat, masukkan password yang sama pada kolom pertama dan kolom kedua untuk mengkonfimasi password yang baru.
    Masukkan password baru yang terdiri dari 6 hingga 20 karakter.
  5. Klik OK jika sudah selesai memasukkan password baru di dua kolom yang tersedia.
    Klik OK jika sudah selesai memasukkan password baru di dua kolom yang tersedia.
  6. Selanjutnya akan muncul notifikasi yang menerangkan bahwa kata sandi atau password LINE-mu telah berhasil diperbarui seperti gambar di bawah ini.
    kata sandi atau password line-mu telah berhasil diperbarui

Mudah kan mengganti password LINE? Hanya beberapa langkah saja.

Ohya, di antara langkah 3 dan 4, kadang kamu akan diminta untuk mengisi pola/pattern kunci ponselmu. Bisa jadi juga diminta sidik jari kalau kamu setting kunci ponsel dengan sidik jari.


Aku rasa sekian dulu pembahasan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan seputar masalah ganti kata sandi LINE ini, silahkan komentar di kolom komentar di bawah ini. Semoga tulisannya bisa membantu teman-teman semua.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan