Lupa password LINE kamu? Ini dia solusinya

Password LINE harus selalu diingat karena menjadi akses utama untuk bisa login ke akun LINE kamu. Jika kamu lupa password LINE-mu, maka kamu tidak akan bisa login dan menggunakan akun LINE tersebut.

Saat kamu berada dalam situasi ini, jangan tergesa-gesa membuat akun LINE yang baru karena resikonya kamu akan kehilangan semua teman dan item-item yang telah kamu beli di aplikasi LINE.

Solusi terbaik agar kamu tetap bisa login ke akun lamamu adalah dengan melakukan reset password.

Berikut ini penulis akan memberikan penjelasan mengenai cara reset password LINE yang lupa serta alternativ lainnya jika email dan password juga lupa. Usahakan untuk tidak skip-skip.

Cara reset password yang lupa di LINE

Sebelum melakukan reset password, kamu harus memastikan bahwa alamat email yang telah kamu daftarkan di LINE masih aktif di perangkat yang kamu gunakan sekarang. Email ini akan berguna untuk menerima pesan panduan pengaturan ulang password LINE agar kamu bisa login ke akun lamamu.

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan nomor telepon aktif yang akan digunakan untuk menerima kode verifikasi nantinya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi LINE lite dan ketuk menu “login” untuk memulai.

Ketuk menu login

2. Beri tanda centang pada halaman dialog yang tersedia seperti gambar di bawah ini.

Pada gambar pertama, ketuk menu “Ya” jika kamu sedang menggunakan LINE di ponsel dan ketuk menu “Tidak” jika kamu menggunakan LINE di PC. Pada gambar kedua, ketuk menu “Ya” jika kamu ingin menggunakan akun LINE di perangkat lain dan ketuk menu “Tidak” jika kamu hanya ingin menggunakan akun LINE di satu perangkat.

3. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email terdaftar beserta passwordnya. Ketuk menu “Lupa kata sandi?” untuk mulai melakukan pengaturan ulang kata sandi atau password.

Ketuk menu “Lupa kata sandi?”

4. Masukkan alamat email terdaftar dan ketuk menu “OK” untuk menerima pesan panduan pengaturan ulang kata sandi atau password LINE.

Masukkan alamat email terdaftar dan ketuk menu “OK”

5. Ketuk menu “OK” sekali lagi pada notifikasi seperti gambar di bawah ini.

Ketuk menu “OK” sekali lagi pada notifikasi

6. Masuk ke inbox email kamu. Lalu cari pesan dari LINE, buka pesan tersebut, akan terlihat seperti dibawah ini. Lalu, ketuk URL yang telah dikirim oleh LINE untuk melanjutkan proses reset password.

Ketuk URL yang telah dikirim oleh LINE

7. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan password baru yang terdiri dari 6 hingga 20 karakter.

Ketuk menu “OK” jika kamu sudah memasukkan password baru di kolom atas dan kolom bawah. Ingat, masukkan password yang sama di kolom atas dan kolom bawah.

masukkan password baru yang terdiri dari 6 hingga 20 karakter.

8. Setelah itu kamu akan menerima notifikasi dari LINE. Jika kamu mendapatkan notifikasi seperti gambar pertama, maka kamu harus mengatur ulang password karena passwordmu tidak terdiri dari huruf dan angka. Klik “Oke” untuk membuat password baru yang terdiri dari huruf dan angka. Jika kamu mendapatkan notifikasi seperti gambar kedua, berarti passwordmu sudah benar dan berhasil direset.

9. Sampai disini kamu sudah berhasil mengganti password LINE.

10. Kembali ke aplikasi LINE dan kamu sudah bisa login dengan kata sandi barumu. Masukkan alamat email dan password barumu kemudian ketuk menu “OK” yang ada di bagian bawah.

Masukkan alamat email dan password barumu kemudian ketuk menu “OK”

11. Ketuk menu “OK” pada notifikasi seperti gambar di bawah ini untuk melanjutkan login. Ingat, saat memilik menu “OK” akun LINE-mu akan otomatis logout dari perangkat lama dan kamu harus siap kehilangan semua riwayat obrolan karena semua akan terhapus.

Ketuk menu “OK”

Admin: Kalau akun tstb memang sudah lama tidak dipakai, maka hal ini tidak akan jadi masalah, karena tidak ada data yang hilang sebenarnya. Data yang hilang itu seperti riwayat chat, dan ini hanya bisa dikembalikan kalau ada backup sebelumnya.

12. Selanjutnya masukkan nomor telepon aktif di perangkatmu. Klik menu “Berikutnya” jika kamu sudah setuju dengan syarat ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi dari LINE.

masukkan nomor telepon aktif di perangkatmu dan klik menu “Berikutnya”

13. Cek SMS dari LINE untuk menerima kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi yang tekah dikirim pada halaman yang disediakan dan ketuk menu “Berikutnya” untuk melanjutkan.

Masukkan kode verifikasi yang tekah dikirim pada halaman yang disediakan dan ketuk menu “Berikutnya”

14. Selanjutnya akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini. Ketuk menu OKE dan kamu akan dibawa ke beranda utama LINE karena proses reset password sudah selesai.

Selanjutnya akan muncul notifikasi seperti gambar ini dan ketuk menu OKE

Catatan Penting :

Reset password ini akan memberikan beberapa dampak negatif, seperti hilangnya riwayat obrolan yang pernah ada di akun LINE-mu. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena riwayat obrolan masih dapat dipulihkan jika kamu telah mencadangkannya.

Selain itu, nomor telepon yang pernah kamu daftarkan akan otomatis terhapus dari LINE. Oleh sebab itu, saat login menggunakan password baru, kamu diminta mendaftarkan nomor telepon kembali.

Reset password ini juga akan menyebabkan riwayat pertemananmu akan hilang. Oleh sebab itu, kamu harus mencari teman dari awal lagi. Tapi, kamu tidak perlu capek-capek karena kamu bisa mengatur agar LINE dapat menambahkan teman yang ada di kontakmu secara otomatis.

Cara login LINE yang lupa Email dan Password

Jika kamu lupa alamat email dan tidak ingin melakukan reset password, ada cara lain untuk login ke akun LINE kamu dengan cara menggunakan facebook. Tapi perlu diketahui, akun facebook yang kamu gunakan itu harus sudah kamu tautkan dengan LINE sebelumnya.

Login menggunakan akun facebook ini juga bisa menjadi solusi ketika akunmu dihack orang lain.

Bahkan kamu tetap bisa login meskipun lupa email dan passwordnya karena akunmu yang berada di perangkat lain akan otomatis logout. Berikut adalah langkah-langkah login LINE dengan menggunakan facebook.

  1. Buka aplikasi LINE dan kamu akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini. Ketuk pilihan Login dengan Facebook.
    Ketuk pilihan Login dengan Facebook.
  2. Selanjutnya baca syarat dan ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi dari LINE sebelum melanjutkan. Setelah kamu menyetujuinya, ketuk menu Login dengan Facebook yang ada di bagian bawah.
    ketuk menu Login dengan Facebook
  3. LINE akan menemukan akun facebook yang telah kamu tautkan. Selanjutnya pilih menu Login untuk melanjutkan.
    pilih menu Login
  4. Meskipun kamu telah mendaftarkan nomor telepon ke akun LINE, nomor tersebut akan dibatalkan saat kamu memilih login dengan facebook. Jadi, kamu harus mendaftarkan nomor teleponmu kembali pada halaman seperti gambar di bawah ini dengan cara menekan menu Daftarkan.
    Tekan menu Daftarkan.
  5. Isikan nomor telepon aktifmu pada kolom yang disediakan dan ketuk menu Berikutnya untuk melanjutkan.
    Isikan nomor telepon aktifmu pada kolom yang disediakan dan ketuk menu Berikutnya
  6. Selanjutnya akan muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa LINE akan mengirim kode verifikasi ke nomor telepon tersebut. Klik menu OK untuk mengirim kode verifikasinya.
    Klik menu OK untuk mengirim kode verifikasinya.
  7. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui SMS dan ketuk menu Berikutnya untuk melanjutkan.
    Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui SMS dan ketuk menu Berikutnya untuk melanjutkan
  8. Kamu akan dibawa ke beranda LINE yang menandakan bahwa proses login menggunakan akun facebook telah berhasil.

Akun facebook yang kamu gunakan untuk login ini harus sudah ditautkan dengan LINE sebelumnya. Inilah mengapa penting untuk mentautkan akun facebook dengan akun LINE. Mulai sekarang, cobalah tautkan akun facebookmu dengan akun line agar kamu tetap bisa login ke line jikalau nanti kamu lupa email atau password LINE-mu. Ingat, login menggunakan facebook ini akan memberi dampak yang sama seperti reset password karena lupa. Jadi, kamu akan kehilangan riwayat chat, riwayat pertemanan, dan nomor telepon yang pernah kamu daftarkan di LINE sebelumnya.


Perlu di ingat, bahwa proses reset password akan memberikan beberapa dampak negatif bagi riwayat aktifitas yang pernah kamu lakukan di LINE, salah satunya adalah hilangnya riwayat obrolan. Oleh sebab itulah, mencadangkan obrolan line sangatlah penting untuk dilakukan.

Kamu tidak perlu khawatir riwayat chat di akun lamamu akan hilang jika kamu melakukan pencadangan (mengatur auto backup) sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal yang tak terduga.

Sekian pembahasan kita kali ini. Semoga yang lupa password LINE bisa masuk ke akunnya lagi. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat. Thanks.

Share woy :D

Tinggalkan Balasan