Cara menghapus (permanen) akun wechat

Salah satu aplikasi chatting yang hingga saat ini masih digunakan di indonesia adalah wechat, walaupun peminatnya tidak lah sebanyak line atau whatsapp. Meskipun masih kalah dengan para pesaingnya, wechat masih memiliki cukup banyak pengguna.

Tapi semakin hari kedudukan whatsapp semakin menguat diantara berbagai aplikasi chatting lainnya. Kalau seluruh teman dan keluarga pakai whatsapp, ya mau ga mau kita juga ikut migrasi.

Jika kalian hanya ingin berhenti akses aplikasinya saja, mungkin pemberitahuan pesan wechat akan terus muncul sebagai notifikasi, kalian juga bisa langsung menghapus aplikasinya namun orang orang tetap akan tetap melihat nama kalian di list pertemanan wechat.

Nah, buat kalian yang ingin berhenti total dari Wechat disini akan dibahas bagaimana caranya menghapus permanen akun Wechat kalian.

Ketentuan penghapusan akun Wechat.

Pada syarat dan ketentuan, Wechat memberi aturan bagi pengguna untuk menghapus akun. Jadi tidak semua pengguna bisa menghapus akun Wechat.

Hal ini sangat penting untuk dijelaskan karena bisa saja ketika kalian mengikuti cara cara pada artikel ini ternyata kalian gagal karena alasan tertentu.

Berikut merupakan syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi jika ingin menghapus akun Wechat.

  • Akun Wechat yang bisa dihapus hanyalah akun wechat yang berasal dari luar daratan china. Ini sudah menjadi ketentuan oleh pihak Wechat. Jadi jika kalian memiliki akun yang didaftarkan di daratan China, maka kalian tidak akan bisa menghapus akun tersebut.
  • Kalian hanya bisa menghapus akun Wechat hanya melalui perangkat yang sering kalian gunakan. Jika kalian menggunakan perangkat baru maka akan ada kemungkinan penghapusan akun gagal. Oleh karena itu jika kalian ingin menghapus akun maka kalian harus terlebih dahulu login ke perangkat yang sering kalian gunakan.
  • Sebelum mengapus akun kalian harus terlebih dahulu mengatur password. Mungkin kalian bingung dengan aturan ini, bagaimana bisa membuat akun Wechat tanpa mengatur password? Jawabannya bisa saja, karena kalian masuk ke Wechat lewat akun lain seperti Facebook. Oleh karena itu agar dapat menghapus akun wechat kalian harus membuat password terlebih dahulu.
  • Jika kalian merubah password Wechat, maka kalian baru bisa menghapus akun dalam waktu 7 hari kemudian terhitung dari saat kalian mengganti password.
  • Pastikan kalian tidak pernah salah memasukkan password sebanyak 3 kali dalam 1 hari. jika hal itu terjadi maka kalian baru bisa menghapus 24 jam kemudian terhitung mulai saat kkalian salah memasukkan password.
  • Jika terdapat pembayaran yang belum tuntas atau terselesaikan di Wechat. Kalian harus menyelesaikan dulu pembayaran di akun wechat jika ingin menghapus akun.

Entah kenapa penghapusan akun wechat benar-benar sulit. Dalam artian kita “seperti dipersulit” dalam menghapus akun, berbeda dengan saat ingin menghapus akun sosmed seperti facebook, atau twitter, cara menghapusnya pun jauh lebih mudah.

Cara Menghapus Akun Wechat

Setelah kalian mengetahui syarat syarat agar akun wechat bisa dihapus, maka langsung saja kita menuju topic selanjutnya yaitu bagaimana cara menghapus akun Wechat.

Step 1: Masuk ke aplikasi wechat lalu Pilih Saya di kanan bawah layar

Pilih Saya

Step 2: Pilih Pengaturan

Pilih pengaturan

Step 3: Pilih keamanan akun

pilih keamanan akun
Pilih keamanan akun

Step 4: pilih Pusat Keamanan wechat

Pilih Pusat Keamanan Wechat
Pilih Pusat Keamanan Wechat

Step 5: Pilih Account Cancellation

Pilih Account Cancellation
Pilih Account Cancellation

Step 6 Pilh Request Cancellation

 Pilih Rewuest Cancellation
 Pilih Rewuest Cancellation

Step 7: Kalian akan menerima pesan berupa penjelasan mengenai penghapusan aku Wechat. Silahkan dibaca lalu pilih Close

Pilih Close
Pilih Close

Step 8: Jika kalian memenuhi syarat untuk menghapus akun, maka kalian akan menerima pesan lagi berupa persetujuan penghapusan akun dan semua data yang ada di Wechat. Pilih Next untuk melanjutkan

Pilih Next untuk melanjutkan

Step 9: Kalian akan menerima pesan lanjutan berupa Pemberitahuan penting dalam menghapus akun Wechat pilih Agre and Confirm Cancellation

Agre and Confirm Cancellation
Agre and Confirm Cancellation

Step 10 Jika kalian menerima pesan seperti gambar dibawah ini, artinya kalian sudah menyelasaikan proses penghapusan dari sisi kalian.

Pemberitahuan akun berhasil dihapus

Sampai disini kalian hanya bisa pilih “finish and logout”. Disini permintaan penghapuskan kalian akan ditinjau. Dan kalian akan diminta untuk tidak logout selama 60 hari untuk memastikan bahwa akun berhasil dihapus.

Gagal permintaan penghapusan

Namun jika kalian menerima pemberitahuan seperti pada gambar dibawah, itu artinya kalian gagal untuk meminta penghapusan akun kalian. Ini sudah dijelaskan diawal kenapa bisa gagal.

Gagal Menghapus Wechat
Gagal Menghapus Wechat

Jika belum memenuhi syarat untuk penghapusan aku Wechat. Segera penuhi syaratnya atau kalian bisa menunggu hingga waktu yang ditentukan agar bisa menghapus akun wechat kalian.

Cara membatalkan penghapusan

Dari keterangan dilaman terakhir saat sukses mengirimkan permintaan penghapusan, disana dijelaskan bahwa butuh 60 hari tanpa login sebelum akun berhasil dihapus. Dari sini kita bisa infer kalau untuk membatalkannya cukup dengan login ulang dengan username dan password kita ke wechat sebelum masa waktu 60 hari tsbt habis.

Itulah langkah langkah untuk menghapus akun Wechat. Cukup mudah bukan? Jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tinggalkan di komen.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    Aplikasi atau apk yg masuk ke indo harus mengikuti juga persyaratan pemerintah indo yg salah satunya konsumen / pengguna aplikasi harus dengan mudah jika sudah tidak membutuhkannya lagi , dan semua aplikasi ada menu register dan ada menu hapus akun jika syarat itu tidak di penuhi maka aplikasi itu tidak boleh ke indo atau harus di tuntut secara hukum karna melanggar persyaratan pemerintah indonesia

    1. Avatar

      aku bukan lawyer atau orang yang paham masalah hukum mas..
      tapi wechat udh lama beredar di indo, kalau ada masalh, harusnya udh dari dulu di blokir pemerintah..

      selain itu, ttg apakah aplikasi bisa dengan mudah dihapus, ya tentu aja.. bisa uninstal kapan aja..

      disini yang agak ribet adalah proses cancelation accountnya.. walaupun begitu, akun tetap bisa dihapus kok (baca penjelasan cancellation nya, ini sama seperti delete, bahasa nya aja yang beda, cek lagi deh)… memang tidak 1 klik hapus langsung selesai.. tapi ini wajar, mengingat semua aplikasi misalnya seperti gmail misalnya, itu proses penghapusannya jga panjang seingatku.. ini mencegah salah klik langsung hilang akunnya… jadi perlu beberapa step hingga konfirmasi penghapusan akun selesai.. itupun biasanya tidak langsung hilang, misalnya gmail/fb masih dikasih waktu untuk login dan batalkan penghapusan akun seingatku.. dan rasanya itu hal yang wajar..cmiiw..

Tinggalkan Balasan