Cara hapus akun facebook (sementara dan hapus permanen)

Pengguna facebook saat ini sudah sangat banyak jumlahnya. Mereka yang mengunakan facebook tidak cuma buat komunikasi tapi juga sering untuk lahan promosi.

Hampir setiap orang punya saat ini memiliki minimal 1 akun facebook, bahkan ada beberapa yang buat banyak akun facebook karena berbagai alasan.

Akibatnya, ada akun facebook yang tidak dipakai. Dan ingin dihapus oleh penggunanya.

Tulisan kali ini akan membahas mengenai hal ini. Bagaimana cara menghapus akun facebook dengan benar agar kamu tidak menyesal nantinya. Karena semua data kamu di facebook akan di hapus secara permanen. Jadi kamu perlu download copy dari data-data kamu di facebook. Jika memang dirasa perlu.

Kalau memang kamu rasa tidak ada data, seperti foto atau video yang di upload, penting untuk disimpan. Kamu bisa langsung delete akun mu.

Di judul aku tulis “hapus sementara dan hapus permanen”. Sebenarnya, dihapus permanen, tapi di facebook ada “proses” yang memakan waktu untuk penghapusan. Artinya butuh waktu sampai semua data terhapus. Dan setelah 90 hari. Semua data kamu akan hilang secara permanen dari facebook.

Kamu masih bisa login dan aktifkan lagi dalam waktu 14 hari pertama setelah akun dihapus (dan akun kamu akan diaktifkan kembali), lewat dari waktu tersebut, akun kamu tidak bisa diakses lagi.

Langkah Lengkap Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Dibawah ini stepnya akan dimulai dari cara download data “backup” dari akunmu, barulah ke cara hapus akun tersebut. Baca aja tiap langkah, agar lebih mudah di mengerti.

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya masuk ke halaman facebook.com dan login akunmu dengan memasukkan alamat email serta password yang benar.

2. Jika sudah maka kamu akan diarahkan ke halaman utama atau Home akun milikmu. Pada halaman utama tersebut kamu dapat menemukan tab menu Quick Help di ujung kanan atas setelah tanda panah ke bawah. Klik pada tab menu Quick Help tersebut seperti pada gambar berikut ini.

3. Kemudian akan muncul pertanyaan-pertanyaan bantuan yang dapat kamu ajukan ke pada pihak facebook. Lihat pada gambar di bawah ini.

4. Carilah menu mengenai penghapusan akun atau delete account. Maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. Klik pada pertanyaan pertama How do I permanently delete my account.

5. Setelah kamu klik, maka kamu akan dimunculkan penjelasan mengenai konsekuensi yang akan kamu dapatkan jika memilih untuk menonaktifkan akun. Seperti pada gambar dijelaskan, jika kamu ada keinginan untuk mengaktifkan kembali akun tersebut nantinya kamu sebaiknya mendownload salinan informasi facebook milikmu. Kamu dapat mengklik pilihan download a copy of your info

6. Setelah kamu klik download a copy of your info, maka kamu akan diarahkan ke halaman penjelasan mengenai bagaimana kamu dapat mendownload info akunmu. Caranya adalah dengan mengklik tanda panah di ujung kanan atas dan masuk ke bagian setting.

7. Setelah kamu masuk ke bagian setting, kamu dapat menemukan pilihan download di bagian bawah informasi seperti gambar berikut ini.

8. Akan tetapi jika kamu tidak ingin mengaktifkan akun facebook kamu lagi nantinya, kamu bisa langsung mengklik kalimat let us know di bagian menu help sebelumnya. Perhatikan gambar berikut untuk menemukan link.

9. Setelah kamu mengklik link tersebut, maka kamu akan diarahkan langsung ke halaman di mana kamu dapat menghapus akun secara permanen. Pilihlah Delete my account dengan cara mengklik pilihan tersebut.

10. Kemudian akan muncul informasi yang perlu kamu isi seperti password dan captcha. Jika sudah selesai, klik OK.

11. Akun kamu berhasil dihapus dan kamu masih dapat mengaktifkannya kembali sebelum 14 hari.

Itulah tadi langkah-langkah yang dapat kamu ikuti dalam upaya untuk menghapus akun facebook milikmu secara permanen. Seperti yang sudah disampaikan, bahwa akun facebook tidak akan bisa diaktifkan kembali setelah 14 hari. Oleh karena itu, pikirkan secara matang sebelum anda benar-benar ingin menhapus akun facebook.

Beberapa alasan mengapa orang memilih untuk menghapus akun facebook

1. Tidak memiliki waktu kosong;

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, waktu yang dihabiskan oleh seseorang untuk mengakses akun facebooknya minimal adalah 18 menit per hari. Waktu tersebut bisa lebih lama tergantung dari banyaknya waktu kosong tersebut. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki waktu yang dapat digunakan untuk mengakses facebok, sehingga memutuskan untuk meghapus akun tersebut.

2. Terganggu dengan jualan online;

Sebelumnya pengguna akun facebook ingin memiliki akun untuk dapat berkomunikasi dengan sejawat dan kenalan lainnya. Sayangnya, banyak orang yang kemudian memanfaatkan akun facebook untuk berjualan secara online. Dan sering kali mereka yang promosi tidak memperhatikan kenyamanan orang lain.

3. Memiliki efek negatif terhadap kesehatan;

Seperti yang sudah pernah menjadi perhatian, facebook memiliki efek keranjingan akut. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan penggunanya. Pengguna dapat mengalami kurang tidur dan akhirnya menjadi sakit, sehingga dirasa perlu untuk menutup akun facebook tersebut.

4. Alasan keamanan;

Alasan keamanan merupakan salah satu alasan mengapa orang memutuskan untuk menghapus akun facebook. Berdasarkan survey yang sudah dilakukan, terdapat sekitar 10% teman facebooknya yang sebenarnya tidak dikenal dengan jelas oleh pengguna facebook tersebut.

Ancaman keselamatan pun dapat terjadi dari sejumlah teman yang tidak dikenal tersebut. Oleh karena itu, banyak pengguna memutuskan untuk menghapus akun facebook karena alasan keamanan.

5. Berkurangnya privasi pengguna;

Pengguna facebook seiring berjalannya waktu mungkin akan merasakan terlalu banyak informasi dirinya yang terpublikasi melalui facebook. Misalnya saja informasi mengenai nama lengkap, pekerjaan, agama, dan hal lainnya. Beberapa orang merasa informasi tersebut sudah terlalu banyak terpublikasi dan kemudian menutup akun facebook karena berkurangnya privasi yang ia miliki.

Baca juga : Cara menyembunyikan status hubungan (dan informasil lainnya) di facebook

Yudha Note :

Jujur aja, aku sebagai admin ga tau data diatas diambil dimana oleh penulis. Seperti data “minimal 18 menit sehari”, dll. Tapi sejauh ini penulis-penulis yang aku terima selalu ambil data dengan bener.

Jika ada data yang salah, silahkan komentar dibawah ini. But, as far as it goes, data diatas ga terkait dengan cara menghapus akun facebook, Jadi harusnya ga akan ada masalah walaupun datanya ga tepat.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, kemudian penting untuk diketahui bagaimana cara menghapus akun facebook milik kamu secara permanen. Pada artikel ini langkah-langkah lengkapnya akan dijelaskan dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu.

freelancer

freelancer

Hi, aku yudha, admin blog bukugue.com, ini adalah persona yang aku buat khusus untuk posting tulisan yang ditulis oleh freelancer. So, gaya penulisannya berbeda, tapi informasi yang diberikan tetap akurat kok. Have fun reading.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *