Cara hapus permanen akun facebook yang di Hacked

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Meskipun kini sudah banyak sekali sosial media baru yang menjamur dan bisa di download secara gratis melalui google play store dan juga laman website di internet, facebook tetap menjadi jejaring sosial favorit masyarakat. Selain karena bisa didownload secara gratis, menyapa teman di dunia maya melalui jejaring facebook juga tidak akan menyerot banyak kuota internet kamu.

Dan bagi kamu yang kuota internetnya benar-benar tipis, facebook pun menyediakan fitur 0 facebook, alias gratis tis.. tapi dengan fitur ini, kamu tidak bisa melihat foto-foto maupun video yang dikirim oleh teman-teman kamu di facebook. Dan kini, bermain facebook pun menjadi lebih nyaman karena kamu tidak perlu takut kuota habis meski tidak menggunakan fitur 0 facebook, karena sudah banyak operator seluler yang menyediakan pilihan paket internet dengan bonus gratis untuk sosial media tertentu (seperti facebook, path, twitter).

Sehingga kamu bisa berselancar di facebook tanpa mengurangi kuota internet kamu, kecuali kalau kamu bermain facebook untuk game online atau membuka tautan-tautan berita atau link blog yang kadang-kadang muncul di beranda facebook (kalau ini sih ya tetap bisa mengurangi kuota ya.. hehehe).

Selain karena “nyaman” untuk digunakan, kepemilikan akun facebook juga menjadi penting karena ada banyak sekali informasi yang bisa kamu dapatkan dari facebook. Baik melalui grup facebook maupun link blog atau website dan informasi lain yang dibagikan oleh teman- teman facebook kamu di laman facebook mereka dan muncul di beranda facebook kamu. Nah, di facebook, kamu juga bisa reuni kecil-kecilan dengan teman lama kamu, karena pasti sebagian besar dari mereka memiliki akun facebook. Bagi yang punya online shop, facebook juga bisa menjadi tempat untuk memajang dagangan kamu agar menarik minat ratusan bahkan ribuan teman facebook kamu untuk membeli barang yang kamu jual. Jadi sayang sekali jika akun facebook kamu dengan ribuan teman itu tidak dimanfaatkan dengan baik.

Tapi, dibalik semua itu, kamu juga perlu waspada dan ekstra berhati- hati dalam menggunakan dan memproteksi akun facebook kamu. Karena masih banyak hacker yang berkeliaran secara bebas. Mereka bisa meretas akun kamu kapan saja. Baik yang bertujuan untuk coba-coba atau sekedar iseng (ini sih biasanya perbuatan teman sendiri), untuk kepuasan semata, untuk menebar issue hoax yang bisa saja terkena pasal UU ITE (karena pakai akun atas nama kamu, maka dia berpikiran akan aman. Padahal lokasi facebook nya tetap bisa dilacak oleh pihak yang berwajib), dan yang paling sering adalah untuk penipuan. Dan aku rasa, hack facebook untuk penipuan adalah yang paling banyak korbannya. Buktinya, sudah banyak temanku yang akun facebooknya dimanfaatkan oleh para hacker untuk meminta sejumlah uang kepada orang-orang yang berteman atau pernah inbox pesan dengan akun facebook yang sudah di hack. Alhasil, yang harus mengganti uang yang terlanjur dikirim oleh korban penipuan adalah si pemilik asli akun facebook. Ada beberapa temanku yang bahkan harus mengganti hingga 1. 750. 000 rupiah kepada beberapa korban penipuan karena ulah hacker. Nah, merugikan sekali kan? Sampai saat ini, kasus hack facebook masih banyak terjadi. Hal ini sudah aku buktikan sendiri, banyak yang mengirim email ke aku untuk membantu mengembalikan akun facebook yang di hack.

Untuk beberapa kasus, facebook yang dihack bisa dikembalikan atau dipulihkan dengan aman melalui beberapa cara yang sudah aku bahas di artikel sebelumnya. Tapi, pada beberapa kasus yang lain, cara-cara yang sudah aku paparkan di artikel sebelumnya tidak berhasil mengembalikan akun facebook yang sudah di hack.

Ada beberapa hal yang mungkin terjadi sehingga cara-cara yang sudah aku tulis maupun cara-cara yang juga ditulis oleh blogger lain tidak berhasil mengembalikan akun facebook kamu, antara lain

1. Setting facebook yang berbeda/ sudah diganti oleh hacker. Misalnya saat kamu tidak bisa menemukan akun facebook kamu di kolom pencarian, bisa jadi hal tersebut terjadi karena setting privasi yang biasanya “publik/umum” diubah menjadi “hanya saya”. Bisa juga karena nama akun kamu sudah diganti, sehingga ada orang yg bisa menemukan akun facebook kamu sekalipun sudah berteman di facebook.

2. Tampilan atau kebijakan facebook yang mungkin sudah berubah. Untuk alasan ini, saranku cobalah untuk log in akun facebook kamu menggunakan aplikasi atau perangkat yang lain. (misalnya kalau tidak bisa log in menggunakan facebook lite coba pake gunakan facebook seluler atau menggunakan facebook web yang diakses melalui laptop/komputer yang menunya lebih lengkap dan banyak. (Karena 1 aplikasi atau situs yang sama tampilannya bisa berbeda jika dibuka melalui smartphone dan komputer) siapa tau memang ada perubahan kebijakan/ tampilan dari facebook sehingga berbeda dengan yang sudah aku tulis di artikel sebelumnya.

3. Mungkin email, password, dan nomer telepon yang kamu tautkan dengan akun facebook kamu yang kena hack sudah diganti dan dilock oleh hacker. Sehingga ketika kamu masukkan email atau nomor telepon yang biasa kamu gunakan untuk login, akan ada pemberitahuan dari facebook bahwa email/ nomor telepon yang kamu masukkan tidak terdaftar untuk akun facebook manapun.

4. Dan catatan penting (tidak tertulis) dari setiap cara yang mungkin sama saja di setiap blog yang pernah kamu baca demi mengembalikan akun facebook kamu yang dihack adalah cara tersebut berlaku kalau masih ada salah satu dari email atau nomor telepon aktif yang belum diganti, yang meskipun tidak bisa diakses tapi masih bisa diperbaiki. Contohnya ketika akun facebook yang sudah dihack masih terhubung dengan email yang digunakan untuk mendaftar/ login. meski kamu sudah lupa dengan password email atau tidak bisa membuka email, asal nomor hp yang kamu cantumkan atau email pemulihan yang terhubung dengan email tersebut masih bisa digunakan, email tersebut masih bisa diperbaiki dan bisa kamu akses kembali. Setelah itu, kamu bisa meminta facebook untuk mengirimkan kode verifikasi ke email yang kamu gunakan untuk log in atau mendaftar facebook. Dengan begitu, akun facebook kamu masih bisa diselamatkan).

Ada cara lain untuk hack balik akun facebook kamu yang sudah dihack, yaitu dengan aplikasi untuk hack facebook (silahkan googling sendiri), tapi cara ini cukup berbahaya karena sebagian besar dari aplikasi ini mengharuskan kamu untuk root hp terlebih dahulu (tidak disarankan kalo masih sayang sama ponsel dan data2 nya).

Dan kalau kamu tetap memilih cara ini, aku harap kamu tidak menyalah gunakan untuk hacking akun orang lain. Karena kinerja Kepolisian untuk memberantas para pelaku cyber crime dan para pelanggar Undang-Undang ITE semakin baik, cepat, dan canggih. Dan hukumannya pun tidak ringan. Jadi, berpikirlah berkali-kali sebelum menyalahgunakan cara ini untuk kejahatan.

Nah, jika sudah mencoba berbagai cara tapi tak juga berhasil mengembalikan akun facebook kamu yang dihack, maka cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah melaporkan akun facebook yang sudah dihack tersebut ke pihak facebook. Sehingga, akun tersebut akan dihapus dengan sendirinya oleh facebook.

Cara mudah hapus akun facebook yang kena hacked secara permanen

Kamu bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Minta minimal 3 teman kamu untuk login ke facebook atau kamu juga bisa membuat akun facebook baru
2. Buka profil facebook lama kamu yang sudah di hack


3. Ketuk titik tiga di pojok kanan
4. Pilih laporkan
5. Ketuk laporkan profil ini 
6. Pilih “orang ini berpura2 sebagai saya” atau “ini akun palsu” (disini aku memilih orang ini berpura-pura sebagai saya)


7. Pilih “kirimkan ke facebook untuk ditinjau……….”

Setelah kamu melaporkan akun tersebut, pihak facebook akan menindaklanjuti. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini

Semakin banyak orang yang membantu melaporkan akun yang sudah dihack tersebut ke facebook, maka semakin cepat facebook memproses laporan kamu. Jadi, umumkanlah pada teman-temanmu kalau akun facebook kamu sudah di hack. Bisa melalui pengumuman secara langsung maupun melalui akun sosial media lain dan instant app yang kamu punya. Sehingga, mereka bisa membantu untuk melaporkan akun facebook kamu.

Nah, bagi kamu yang akun facebooknya masih aman-aman saja, kamu juga harus tetap waspada terhadap hacker yang memiliki banyak cara untuk meretas akun kamu. Karena aku bukan orang yang paham tentang cara-cara hack akun facebook, di artikel sebelumnya sudah aku tulis beberapa cara untuk melindungi akun facebook kamu dari hacker.

Kali ini, aku akan memberikan sedikit tips lain yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi hacking facebook yang bisa terjadi

1. Jangan berikan email atau password facebook kamu melalui inbox/ chat facebook kepada siapapun meskipun kamu mengenal orang tersebut dengan baik. Bisa saja akun facebook mereka sudah diambil alih oleh hacker. Jadi, jika kamu menerima inbox dari teman dan meminta password facebook kamu (biasanya alasannya pinjam akun) langsung saja hubungi orang yang bersangkutan.
2. Jangan buka link yang dikirimkan melalui inbox. Bisa jadi itu adalah link aplikasi pembaca data-data di facebook kamu
3. Rajin-rajinlah mengecek lokasi kamu login facebook, jika ada yang mencurigakan segera ganti password facebook kamu
4. Jika kamu login facebook melalui komputer warnet atau lab komputer sekolah, pastikan setelah logout kamu tidak lupa untuk menghapus riwayat pencarian beserta data cookienya. Karena hacker bisa saja membaca data melalui URL facebook kamu.

Nah, itu tadi sedikit cara dan tips yang bisa aku tulis. Kalau ada tambahan, sanggahan, kritik, saran, maupun pertanyaan, silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

1
Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
Paling baru Paling lama Banyak di vote
hadiman
Guest
hadiman

bagai mna cara mengubah sandi fb yg di bajak