Cara hapus permanen akun facebook yang di hack atau dibajak

Kini facebook-an sudah semakin mudah dan nyaman, selain dengan adanya fitur facebook gratis yang disediakan facebook, sudah banyak operator seluler yang menyediakan pilihan paket internet dengan bonus gratis untuk sosial media tertentu (seperti facebook, path, twitter).

Sehingga kamu bisa berselancar di facebook tanpa takut facebook memakan banyak kuota internet kamu, kecuali kalau kamu bermain facebook untuk game online atau membuka tautan-tautan berita atau link blog yang kadang-kadang muncul di beranda facebook (kalau ini sih ya tetap bisa mengurangi kuota ya.. hehehe).

Selain karena “nyaman” untuk digunakan, kepemilikan akun facebook juga menjadi penting karena ada banyak sekali informasi yang bisa kamu dapatkan dari beranda facebook. Baik melalui link blog atau website dan informasi lain yang dibagikan oleh teman- teman facebook kamu bahkan di grup ataupun laman komunitas di facebook.

Tapi, dibalik semua itu, kamu juga perlu waspada dan ekstra berhati- hati dalam menggunakan dan memproteksi akun facebook kamu. Karena masih banyak hacker yang berkeliaran secara bebas.

Mereka bisa meretas akun facebook kamu kapan saja. Baik yang bertujuan untuk coba-coba atau sekedar iseng (ini sih biasanya perbuatan teman sendiri), untuk kepuasan semata, untuk menebar issue hoax atau p*rn*graphi yang bisa saja terkena pasal UU ITE, dan yang paling sering adalah untuk penipuan.

Dan aku rasa, hack facebook untuk penipuan adalah yang paling banyak korbannya.

Buktinya, sudah banyak temanku yang akun facebooknya dimanfaatkan oleh para hacker untuk meminta sejumlah uang kepada orang-orang yang berteman atau pernah inbox pesan dengan akun facebook yang sudah di hack. Alhasil, yang harus mengganti uang yang terlanjur dikirim oleh korban penipuan adalah si pemilik asli akun facebook. Ada beberapa temanku yang bahkan harus mengganti hingga 1.750.000 rupiah kepada beberapa korban penipuan karena ulah hacker.

Nah, merugikan sekali kan? Sampai saat ini, kasus hack facebook masih banyak terjadi. Hal ini sudah aku buktikan sendiri, banyak yang mengirim email ke aku untuk membantu mengembalikan akun facebook yang di hack.

Untuk beberapa kasus, facebook yang dihack bisa dikembalikan atau dipulihkan dengan aman melalui beberapa cara yang sudah aku bahas di artikel sebelumnya. Tapi, pada beberapa kasus tertentu, cara-cara yang sudah aku paparkan di artikel sebelumnya tidak berhasil mengembalikan akun facebook yang sudah di hack.

Misalnya, ketika kamu buat akun, kamu tidak mengisi biodata dengan benar, sehingga ketika diminta upload identitas untuk membuktikan kepemilikan akun pun kamu tidak bisa. Belum lagi kamu juga kehilangan akses ke nomor hp dan email terkait akun tersebut. Sehingga setelah mencoba semua cara, kamu masih tetap gagal.

Ada mungkin cara lain, misalnya dengan melakukan hack balik akun facebook kamu yang sudah dihack tersebut, dengan aplikasi hack facebook, tapi cara ini cukup berbahaya dan kemungkinan berhasilnya kecil, karena lawan kamu sendiri adalah hacker yang sudah berhasil menghack akunmu.

Admin: Aku sudah baca banyak tulisan terkait aplikasi hack facebook, bahkan di blog ini sempat dibahas cara hack facebook, yang jadi masalah adalah, sebagian besar aplikasi tersebut adalah SCAM dan tidak benar, bahkan ada yang malah bertujuan menghack akun kamu. Agak sulit dimengerti memang. Pointnya begini, saat ada pemula yang ga paham apa2 tentang hacking, lalu cari cara hack di internet, yang terjadi adalah, aplikasi yang di install, atau instruksi yang di ikuti bahkan bisa membuat akun atau perangkat pemula tersebut di hack balik oleh yang menulis tutorial.

Dan kalau kamu tetap memilih cara ini, aku harap kamu tidak menyalah gunakan untuk hacking akun orang lain. Karena kinerja Kepolisian untuk memberantas para pelaku cyber crime dan para pelanggar Undang-Undang ITE semakin baik, cepat, dan canggih. Dan hukumannya pun tidak ringan. Jadi, berpikirlah berkali-kali sebelum menyalahgunakan cara ini untuk kejahatan.

Nah, jika sudah mencoba berbagai cara tapi tak juga berhasil mengembalikan akun facebook kamu yang di retas, maka cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah melaporkan akun facebook yang sudah dihack tersebut ke pihak facebook. Sehingga, akun tersebut akan dihapus dengan sendirinya oleh facebook.

Cara menghapus akun facebook yang kena bobol hacker untuk selamanya

Kamu bisa ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Minta minimal 3 teman kamu untuk login ke facebook atau kamu juga bisa membuat akun facebook baru
2. Buka profil facebook lama kamu yang sudah di hack

3. Ketuk titik tiga di pojok kanan
4. Pilih laporkan

5. Ketuk laporkan profil ini 

6. Pilih “orang ini berpura2 sebagai saya” atau “ini akun palsu” (disini aku memilih orang ini berpura-pura sebagai saya)


7. Pilih “kirimkan ke facebook untuk ditinjau……….”

Setelah kamu melaporkan akun tersebut, pihak facebook akan menindaklanjuti. Kamu akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini

Semakin banyak orang atau teman yang membantu melaporkan akun yang sudah dihack tersebut ke facebook, maka semakin cepat facebook memproses laporan kamu.

Jadi, umumkanlah pada teman-temanmu kalau akun facebook kamu sudah di hack. Bisa melalui pengumuman secara langsung saat ketemu di dunia nyata, ataupun melalui akun sosial media lain dan instant app yang kamu punya (misalnya grup whatsapp sekolah). Sehingga, mereka bisa membantu untuk melaporkan akun facebook kamu.

Jadi ini cara terakhir buat yang tidak yakin bisa mendapatkan akunnya kembali dengan cara-cara yang sudah tersedia sebelumnya.

Nah, karena dititik ini kamu sudah membuat akun facebook baru, ada baiknya untuk tetap waspada terhadap hacker yang memiliki banyak cara untuk meretas akun kamu. Karena aku bukan orang yang paham tentang cara-cara hack akun facebook, di artikel sebelumnya sudah aku tulis beberapa cara untuk melindungi akun facebook kamu dari hacker.

Kali ini, aku akan memberikan sedikit tips lain yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi hacking facebook yang bisa terjadi

1. Jangan berikan email atau password facebook kamu melalui inbox/ chat facebook kepada siapapun meskipun kamu mengenal orang tersebut dengan baik. Bisa saja akun facebook mereka sudah diambil alih oleh hacker. Jadi, jika kamu menerima inbox dari teman dan meminta password facebook kamu (biasanya alasannya pinjam akun) langsung saja hubungi orang yang bersangkutan.
2. Waspadalah saat membuka link yang dikirimkan melalui inbox oleh orang yang tidak dikenal. Bisa jadi itu link pishing ataupun link yang berisi malware.
3. Rajin-rajinlah mengecek lokasi kamu login facebook, jika ada yang mencurigakan segera ganti password facebook kamu.
4. Jika kamu login facebook melalui komputer warnet atau lab komputer sekolah, pastikan setelah logout kamu tidak lupa untuk menghapus riwayat pencarian beserta data cookienya.

Nah, itu tadi sedikit cara dan tips yang bisa aku tulis. Kalau ada tambahan, sanggahan, kritik, saran, maupun pertanyaan, silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.


Di update tanggal 04 Juni 2019

Share woy :D

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

This Post Has 25 Comments

  1. Avatar

    makassih kaaak

    1. Avatar

      sip deh mas.. 😀

  2. Avatar

    kak bisa tolong akun fb ku gak
    soal biaya mah gampang
    akun fb ju d bobol orang uda muter2 gak bisa2
    kalau bisa hub aku ya bg 089698460212

    1. Avatar

      diatas udah dijelaskan cara hapusnya, di laman ini https://bukugue.com/cara-hapus-permanent-akun-fb-yang-di-hack/ juga udah dijelaskan cara penyelesaiannya..

      hehehe, kalau bisa bantu dari jarak jauh seperti ini, aku mungkin udah bikin tim dan jual jasa untuk perbaikan akun, karena bnyk aku liat yang bisa/berani bayar.. tapi dalam kenyataannya hal ini ga bisa dilakukan mas bos..

      untuk bisa dapetin akun tsbt, kita harus bisa meyakinkan system facebook, bhwa kita adalah pemilik akun tsbt… itu artinya, reset di browser ponsel mas yang ada cookies dari facebook untuk akun tsbt, memiliki kemungkinan berhasil lebih tinggi. Aku juga ga punya nomor hp, email, ataupun data-data lain akun mas, ga punya juga identitas untuk verifikasi identitas akun mas… so, ini memang ga bisa dilakuin sama orang lain dari jarak jauh..

      saranku kalau mau minta bantuan, minta ke teman dekat atau tetangga ato sodara, yang bisa ditemui langsung, karena proses pengambilan akun tadi besar kemungkinan berhasil hanya dari ponsel dan jaringan yang biasa dipake akses akun tsbt..

  3. Avatar

    Berhasil nggak kak

    1. Avatar

      apanya?

  4. Avatar

    akun kakak saya sudah diganti passwordnya sm org lain, foto profil juga sudah diganti sm hackernya, dan saya sudah coba masuk lewat facebook dan yahoo tp tetap tidak bisa, karena nomor telfon yg dicantumkan difacebook dan yahoo sudah nonaktif, apa ada cara lain untuk ngebalikin fb kakak saya atau menghapus akun tersebut? tolong bantuannya bang, ini nomor wa saya 089684693376 … saya harap kalian bisa membantu saya dengan sukarelawan:)

    1. Avatar

      emailnya ga ada mas?

      udah coba lewat upload kartu identitas ? bisa baca disini https://bukugue.com/cara-mengembalikan-akun-facebook-yang-dihack-dibajak-versi-2/

      kita bukan ga mau bantu mas, tapi kita pengguna biasa juga… kita ga punya akses ke akun facebook atau email mas, ga punya juga kartu identitas untuk akun tsbt.. jadi memang ga bisa dilakuin dari sini..

      saranku ya cobain semua cara yang ada, kalau ga bisa juga pasrah diri, buat akun baru, dan minta teman2 melaporkan akun tsbt agar dinonaktifkan seperti yg udah dijelaskan ditulisan diatas..

  5. Avatar

    bantu delete permanen kk bs g ya kemarin udah di coba tp bisa di buka lg akun nya

    1. Avatar

      share aja url facebooknya disini mba, mungkin aku dan pengunjung lain laman ini bisa bantu report akun tsbt, sehingga bisa cepat di hapus oleh pihak facebook..

      tapi saranku, kalau mau lebih efektif, buat facebook baru, lalu add teman lama, dan setelah rame teman, minta bantuin mereka laporin akun lama tsbt agar dihapus…

  6. Avatar

    tolong kak bantu laporkan fb saya yang sudah terkena hacking nama nya rafiarifiandi.jr
    tolong bantuannya agar segera terkena delete permanen

    1. Avatar

      barusan coba akses laman facebook.com/rafiarifiandi.jr

      udah tidak ditemukan mas, sepertinya sudah dihapus……..

    1. Avatar

      barusan aku cek tapi tidak ada indikasi posting yang aneh2 mas…. kalau tidak ada kentara kegiatan hackernya aku ga berani asal lapor..

      tapi kalau mas bener itu akun temen mas, coba masuk ke grup SMA atau grup kuliah mungkin, dan bantu kasih pengumuman disana, aku rasa dengan cepatnya bisa ratusan orang bantuin report dengan cara ini..

      untuk sekarang, aku ga laporkan karena tidak ada indikasi posting yang ga benernya…

    2. Avatar

      ohya, aku tidak berteman sama si delfia ini kan ya mas. bisa jadi postingan yang aneh2 nya tidak di SET publik tapi di SET hanya teman… yang jelas jika dilihat dari sini akunnya keliatan bersih aja… cuma ganti poto beberapa kali..

      aku rasa jika memang bener ada yang aneh2, maka jika di buatkan pengumuman, teman2 mas pasti bakal bantuin…

      kalau mereka kurang paham apa maksud dan tujaun ngelaporin, suruh mereka baca laman ini, ataupun tulisan lain yang serupa di internet….

  7. Avatar

    Kakak.. akun FB atas nama Sohitopartners L Ayu di non aktifkan permanen dong, FBnya kena hack orang ga bertanggung jawab.

    1. Avatar

      susah aku carinya mba… kalau mau, url nyya aja share, biar gampang.. soalnya kalau cari pakai nama, ragu, ntar akun orang yang kena..

    1. Avatar

      ok udh aku bantu laporkan.. tapi saranku biar lebih cepat adalah minta bantuan di grup facebook sekolah atau semacamnya, jadi teman2 mba yang lain bisa langsung bantu laporin…semakin banyak laporan semakin cepat di proses…

  8. Avatar

    Mas, fb aku kena hack org,, dia posting jual beli gitu,, aku takut dia nipu.. Aku udah masuk fb aku tapi dk bisa,, aku udah coba semua yg mas bilang di blog mengembalikan akun fb tapi tetap dk bisa, nama fb ku “putri anugrah” Foto profil ny kartun sahabat,, tolong yh mas kasi tau cara ny gimana

  9. Avatar

    https:/www.facebook.com/yohanes.gabriel.10
    Mas2/mbak2 tlong bantu report akun fb sya biar cepat terhapus..trims

    1. Avatar

      ga keliatan ada indikasi hack mas.. postingan publik terakhir di 2017…. bisa jadi postingan baru hanya bisa dilihat oleh teman.. aku ga bisa cek…

      aku kalau liat yang jelas kena hacknya pasti aku bantu laporin mas :), untuk yang ini aku ga liat (dan ga aku laporin), jadi saranku mungkin buat fb baru lalu minta bantuan teman2 mas yang bisa lihat postingan aneh2 tsbt untuk melakukan pelaporan…

    1. Avatar

      barusan aku cek mas.. tidak ada indikasi hack yang jelas.. misalnya share video aneh2 atau lain2nya.. terakhir postingan publiknya di bulan mei..

      aku bisa bantu laporkan hanya untuk kasus yang hacker nya posting aneh2, jadi ini jelas..

      kalau yang seperti ini aku lebih sarankan untuk minta bantu laporkan keteman2 se grup di fb.. biasanya grup sekolah dan grup kerja aja udh lebih dari 50 orang itu..

Tinggalkan Balasan