Cara daftar facebook lewat hp [untuk pemula]

Hai kawan-kawan!! Sudahkah kalian punya akun facebook?

Dewasa ini punya akun facebook sudah merupakan hal yang sangat penting layaknya punya email. Bagaimana tidak hampir semua kawan-kawan kita punya facebook sehingga mereka membuat dunia pergaulan tersendiri di media sosial tersebut.

Saling mengirim pesan, berbagi informasi di grup, bertemu kawan-kawan lama atau ajang berkenalan dengan kakak senior bagi anak baru di sekolah, yang akhirnya membuat kalian saling mengenal padahal belum mulai kegiatan sekolah.

Nah, bagaimana dengan kita yang tidak punya facebook? tentu banyak sekali ketinggalan dibandingkan kawan-kawan kita kan!

Mendaftarkan akun facebook tidak butuh waktu lama kawan!

Disini yang perlu kamu siapkan adalah email atau nomor HP. Aku sarankan sih pakai email, karena email jauh lebih lama tahannya, dibandingkan nomor hp, yang bisa hilang, mati kartu, dll.

Untuk yang belum punya email, baca sini: bukugue.com/cara-membuat-email-gmail/

Cara membuat akun facebook di hp kamu (Sekalian setting awal)

1. Kunjungi laman depan facebook.com, kamu akan menemukan halaman seperti di gambar ini, langsung saja tap di “Buat akun Baru“.

Gambar 1. Laman depan fb
Gambar 1. Laman depan fb

2. isi form pendaftaran yang diminta

Lengkapi biodata dengan tepat, nama lengkap diisi dengan nama kamu sebenarnya. Lalu isikan email atau nomor telpon yang masih aktif di kolom selanjutnya. Pilih jenis kelamin dan tanggal lahir kamu. Lalu terakhir baru isikan kata sandi. Jika sudah semua terisi lengkap, langsung saja klik daftar

Gambar 2. Laman daftar fb
Gambar 2. Laman daftar fb

Kata sandi yang baik itu merupakan kombinasi angka, huruf besar dan kecil atau simbol seperti tanda seru, dll. Namun pastikan kamu tetap bisa mengingatkan dengan mudah.

3. Akun facebook sudah siap.Karena kamu sudah mengisi dengan benar, akun kamu langsung jadi, tanpa perlu ulang-ulang dalam mendaftar. Langsung saja ok.

Gambar 3. Mode satu ketukan
Gambar 3. Mode satu ketukan

4. Segera cek email konfimasi akun

Sebelum mulai menggunakan facebook, terlebih dahulu konfirmasi fb kamu dengan cara masuk ke inbox email kamu, lalu cari pesan dari facebook dengan judul/subjek “Konfirmasikan akun facebook anda”. Buka pesan tersebut. Akan keliatan pesan email seperti dibawah email.

Gambar 4. Email dari fb
Gambar 4. Email dari fb

Klik tombol “konfirmasikan akun anda”. Lalu kamu akan dibawa masuk ke laman facebook.

5. Jika diminta masukkan nomor telepon. Masukkan saja untuk keamanan akun.Jika sudah mengisi nomor ponsel kamu jangan lupa klik lanjutkan.

Gambar 5. Tambahkan nomor ponsel
Gambar 5. Tambahkan nomor ponsel

6. Tambahkan foto profil

Kawan-kawan di sini kamu diminta untuk menambahkan foto, jangan sampai melewati tahap ini ya!! Akun facebook tanpa foto membuat tidak menarik dan kawanmu di fb ragu untuk berteman dengan kamu karena tidak bisa melihat wajah pemilik akun.

Gambar 6. Tambahkan foto
Gambar 6. Tambahkan foto

Klik di tambahkan foto dan pilih foto yang pantas untuk profil akun fb, karena foto profil akan ditampilkan untuk pemirsa publik.

Gambar 8. Tambahkan foto profil
Gambar 7. Tambahkan foto profil

Foto sudah ter-upload di facebook dan jadikan foto profil dengan mengklik di tulisan “jadikan sebagai foto profil”.

7. Isi info latar belakang kamu, agar memudahkan untuk menemukan kawan-kawan kalian di facebook.

Lengkapi kota tempat tinggal, dengan cara ini kamu akan lebih mudah menemukan kawan-kawan sedaerah. Jadi deh, kumpul- kumpul sama kawan di sekolah dulu!!

Gambar 8. Informasi tentang kamu
Gambar 8. Informasi tentang kamu

Dengan melengkapi latar belakang pendidikan, facebook akan memudahkan kamu menemukan teman yang bersekolah di tempat yang sama denganmu.

Gambar 9. Informasi tentang kamu
Gambar 9. Informasi tentang kamu

Jika kamu tidak ingin melanjutkan mengisi latar belakang langsung klik “Lewati” dan akan diarahkan ke laman beranda.

Ubah pengaturan akun facebook kamu (supaya lebih aman)

Pengaturan dibawah ini tidak wajib kamu ikuti. Tapi disarankan untuk menjaga keamanan akun. Anyway, akun fb kamu sudah jadi, kamu sudah bisa pakai untuk facebook sesukamu.

Dari laman beranda ini geser kursor dan segera klik simbol garis tiga.

Gambar 11. Laman beranda
Gambar 11. Laman beranda

Di sini sudah muncul laman yang berisi menu-menu pokok, untuk membuat pengaturan yang baru kamu harus mencari menu settings dan langsung saja klik di menu tersebut

Gambar 12. Menu utama fb
Gambar 12. Menu utama fb

Pengaturan Informasi pribadi

Diantara semua menu di laman pengaturan ini pengaturan akun khususnya informasi tentang dirimu sangat penting diisi dengan benar, yuk cek kembali dengan mengklik pada informasi pribadi

Gambar 13. Laman pengaturan
Gambar 13. Laman pengaturan

Berikut informasi pribadi kamu yang telah disimpan oleh facebook, jika kamu belum mengisi semua atau ingin menggantikannya bisa dilakukan di laman ini.

Gambar 14. Informasi pribadi
Gambar 14. Informasi pribadi

Pengaturan privasi

Selanjutnya atur kembali akun kamu agar lebih aman, dengan mengatur privasi seperti yang kamu inginkan. Caranya geser kursor ke menu privasi dan klik di sub menu pengaturan privasi.

Gambar 15. Laman pengaturan
Gambar 15. Laman pengaturan

Berikut gambar di bawah ini berupa settingan awal akun facebook, baca semua poin tersebut hingga selesai.

Gambar 16. Detail pengaturan privasi
Gambar 16. Detail pengaturan privasi

Jika ada yang tidak sesuai dengan keinginan kamu langsung gantikan dengan pilihan yang lebih tepat, caranya klik di menu > dan klik di pilihanmu. Misalnya kamu tidak menginginkan semua orang bisa melihat daftar teman, maka kamu bisa menggantikannya dengan hanya saya atau teman

Gambar 17. Detail pengaturan privasi
Gambar 17. Detail pengaturan privasi

Membagikan postingan hanya untuk teman, membuat daftar teman cukup hanya saya atau teman dan mengatur informasi kamu dengan baik membuat akun kamu tidak mudah diterobos oleh orang asing yang tidak kamu kenal.

Oke, kawan-kawan settingan privasi ini memang sangat penting dan ini merupakan yang menentukan sebagian besar dari keamanan akun kita. Jadi aturlah seprivasi mungkin!

Kesimpulan dan saran

Kawan-kawan itulah cara mendaftar facebook di hp kamu lewat browser, jika dibandingkan dengan mendaftar di aplikasi facebook sendiri cara ini lebih panjang. Tapi gak sulit kan!!

Saat ini kamu sudah mendapatkan akun facebook dan jangan lupa untuk menjaga nomor ponsel atau alamat email yang kamu daftarkan di facebook agar akun kamu aman.

Oke kawan-kawan! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil!!

Salam dari penulis

Share woy :D

fatimahms

Punya motivasi "try again smile again" Tersenyumlah karena kamu sangat cantik ketika tersenyum dan Semua akan baik-baik saja!

Tinggalkan Balasan