Cara membuat akun facebook baru lengkap (Khusus pemula)

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer digunakan di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia.

Penggunaannya yang mudah dan banyaknya pengguna facebook, menyebabkan banyak orang semakin tertarik untuk menggunakannya.

Pengguna facebook umumnya menggunakan media sosial ini untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang terpisah jarak dan waktu.  Akan tetapi seiring berjalannya waktu, facebook juga digunakan untuk mencari kontak teman-teman yang sudah lama tidak berkomunikasi.

Saat ini, fungsi facebook pun juga sudah semakin bertambah banyak, mulai dari check-in lokasi, upload foto dan video, dan banyak lagi.

Banyaknya manfaat dari facebook, menyebabkan banyak orang ingin turut memiliki akun untuk dapat menggunakannya.

Cara mudah dan singkat untuk daftar facebook

Yudha note :

Sebenernya hanya ada 2 langkah yang diperluin untuk membuat akun baru di facebook. Isi data diri kamu dilaman facebook seperti dicontohin dilangkah 2 , lalu tekan tombol “create akun” (Kalo dalam bahasa indonesia “Buat akun”). Dan selesai, kamu sudah punya akun facebook.

Lalu kenapa perlu tutorial panjang-panjang seperti dibawah ini ? itu karna tutorial ini lengkap banget, setelah kamu membuat akun, kamu juga perlu menambahkan teman, mengganti profil picture, dan hal penting lainnya agar akun kamu bener-bener SIAP dan READY untuk digunakan.

1. Pertama, bukalah browser dari PC/ komputer kamu dan masuk ke link ini : facebook.com.

Setelah klik link tsbt, akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.

laman awal untuk daftar facebook

Dilaman inilah semua data diri kamu diisi. Pastiin bahwa bahwa kamu udah memiliki email. Karena untuk membuat akun facebook, perlu email.

Baca disini : Cara membuat email gmail dan cara membuat email yahoo

2. Isi data diri kamu dengan lengkap dan benar

Kamu akan menemukan kalimat “Create an account” (“Daftar” kalau kamu setting nya bahasa indonesia) di halaman tersebut dan beberapa kolom isian di bawahnya.

Isilah Nama Awal dan Akhir kamu, Alamat Email yang aktif, Password untuk akun facebook kamu, Tanggal Lahir kamu, dan terakhir Jenis Kelamin. Berikut ini contoh pengisiannya.

cara mengisi data diri saat membuat facebook

Jika sudah, tekan tombol hijau Create an account yang berada di bagian bawah.

3. And done, akun facebook kamu telah berhasil dibuat. Langkah selanjutnya adalah mencari teman.

Setelah kamu mengisi data dengan lengkap dan sesuai ketentuan, kamu akan diarahkan untuk mencari teman seperti gambar di bawah ini.

Jika data yang kamu isikan tidak lengkap atau kurang tepat, maka kamu akan terus diminta untuk memperbaikinya. Jika sudah silahkan klik next di sudut kanan bawah.

mencari teman dengan email setelah berhasil daftar facebook

Pada halaman seperti di atas, kamu dapat menemukan temanmu melalui email. Maksudnya disini adalah di email kamu kan ada orang-orang yang pernah kamu hubungi. Jadi yang dimasukin disini adalah email kamu ya, bukan email teman.

Jika sudah silahkan klik next di ujung kanan bawah.

4. Upload Photo profil kamu

Setelah klik next dilaman sebelumnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman lain yang baru.

Di halaman tersebut, kamu dapat mengganti foto profil dengan foto yang kamu pilih.

Perhatikan bahwa disamping tulisan “Upload a profile picture” akan terdapat dua cara bagaimana kamu ingin mengganti foto profilmu.

upload photo profil kamu setelah berhasil membuat akun facebook baru

Jika kamu klik tombol hijau “add picture” atau “pilih photo”, maka kamu dapat mengganti foto profil dengan mengupload foto yang berasal dari PC/ komputermu.

cara upload photo porfil ke akun facebook baru kamu

Tapi jika kamu memilih pilihan kedua, yaitu klik “Take a photo” atau “Ambil photo”, maka kamu akan mengambil foto dirimu langsung melalui webcam (camera dilaptop jika pake laptop, kalau komputernya ga ada kamera, ya ga bisa) untuk dijadikan foto profil.

cara mengambil gambar dari kamera untuk pp akun fb kamu

5. Pelajari akun kamu, coba akses beranda dan cari teman lainnya yang ingin kamu tambahkan.

Jika kamu sudah selesai mengganti profil, kamu dapat menambahkan teman dengan mencari namanya di kotak pencarian. Ini digunakan untuk mencari teman uang tidak ketemu dihasil pencarian sebelumnya dilangkah 3.

Jika nama yang kamu cari sudah kamu temukan, klik akunnya dan tambahkan permintaan permintaan atau “add friend request”.

cara mencari teman di akun fb baru kamu

Jika kamu sudah mengganti foto profil dan juga sudah mencari teman-temanmu di facebook.

Kamu kemudian dapat memeriksa bagaimana profilmu terlihat oleh orang lain dengan klik namamu di bagian kanan. Informasi mengenai dirimu semuanya dapat diakses oleh temanmu dengan melihat profilmu.

laman profil kamu di fb (bisa dilihat oleh publik)

Selanjutnya kamu dapat mencoba untuk klik Home yang ada disebelah kanan nama kamu.

Maka kamu akan diarahkan ke halaman beranda, yaitu halaman di mana kamu dapat membaca update dari teman-teman setiap harinya.

Akan ada banyak hal yang dapat kamu temukan di halaman ini, termasuk juga iklan.

laman beranda di akun fb baru kamu

Jika kamu sudah selesai menggunakan facebook, maka kamu jangan sampai lupa untuk logout.

Jika kamu tidak logout, maka akun facebookmu dapat disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab (ini kalau kamu daftar facebook nya di komputer publik, kalau dilaptop sendiri, ya ga masalah).

Kamu dapat logout dengan mengklik panah kearah bawah yang ada di ujung kanan atas.

Panah tersebut akan menampilkan pilihan logout di bagian paling bawah. Klik dan kamu akan kembali ke beranda facebook.

cara log out dari akun facebook baru kamu

Demikianlah tadi beberapa langkah dalam cara membuat akun facebook melalui PC/komputer milikmu.

Jika kamu ingin kembali masuk ke dalam akunmu, kamu hanya perlu masuk kembali ke alamat facebook dan login.

Media sosial facebook memang sangat banyak diminati, akan tetapi jika kamu sudah memiliki akun facebook kamu harus tetap bertanggung jawab atas akun tersebut.

Biasakan untuk selalu logout setelah selesai menggunakan, jangan biarkan orang lain menyalahgunakan akun milikmu.

Gunakanlah bahasa yang sopan dan beretika dalam aktivitasmu di media sosial facebook, karena saat ini sudah terdapat hukum yang mengatur apa yang kita lakukan di dunia internet. Jika terbukti bersalah, kita dapat dihukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan akun media sosialmu.

Jika kamu belum memiliki akun facebook, silahkan ikuti langkah-langkah di atas dan manfaatkan akun facebookmu untuk berkomunikasi yang sehat dengan teman-temanmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba akun facebook baru milikmu.

Yudha note : Jika ada yang ingin ditanyakan, feel free to comment. I’ll be here for ya

freelancer

freelancer

Hi, aku yudha, admin blog bukugue.com, ini adalah persona yang aku buat khusus untuk posting tulisan yang ditulis oleh freelancer. So, gaya penulisannya berbeda, tapi informasi yang diberikan tetap akurat kok. Have fun reading.

5 Responses

  1. hikma says:

    Hai kak. gini aku lupa kata sandinya udh pke cra2nya kk. Tpi yg jadi mslah nmor yg sya pke dlu. Udh g aktif. Trus emailnya juga lup kta sndi buat pemuliha. GimnA dong kak

  2. raisakamalia says:

    Suka

  3. Aditya gluduk says:

    Lupa kata sandi

  4. diana says:

    yah aq masih bingung nih…??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *