Cara melindungi akun facebook kamu dari hacker

Sampai saat ini, facebook masih menjadi sosial media yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, terutama remaja dan dewasa. Selain karena aplikasi ini gak ngabisin banyak kuota internet (kan lumayan tuh, biar uang jajannya gak habis buat beli paket data melulu.. hehe), wajah baru facebook semakin tampan dengan penambahan fitur-fitur yang tidak kalah dengan sosial media lain.

Dan hal lain yang menjadikan facebook ramai dikunjungi adalah kamu bisa menggelar dagangan tanpa harus menyewa tempat, toko, dan mengurus izin dagang ?.

Oke, fitur-fitur baru di fb akan kita bahas lain kali saja ya. Kali ini aku mau membahas masalah hacker. Dengan kemudahan yang diberikan facebook untuk para penggunanya, tentu ada-ada saja yang menyalahgunakan. Dialah hacker. Mulai dari hacker yang masih pemula/ masih coba-coba (biasanya sih ngehack akun teman sendiri, itupun izin sama yang punya akun ?), sampai master hacker (ini nih yang bahaya ?).

Nah, biasanya akun-akun yang menjadi incaran para hacker adalah akun yang sudah memiliki banyak teman/follower seperti akun artis, maupun akun-akun online shop. Tujuannya, selain untuk mendapatkan banyak teman dengan cepat dan mudah, hacking akun facebook juga banyak digunakan untuk modus penipuan.

Berdasarkan cerita pengalaman dari teman, sudah banyak kejadian penipuan melalui facebook. Seperti modus pinjam uang. Karena yang digunakan adalah akun facebook kita, tentu saja teman kita percaya dan langsung mengirim uang, padahal semua itu adalah ulah hacker. Akhibatnya mau tidak mau,  si pemilik akun-lah yang harus bertanggung jawab mengganti kerugian teman yang terlanjur transfer.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun facebook kamu dari tangan hacker.

1. Gunakan autentifikasi dua faktor

  • Masuk ke akun fb kamu-> pengaturan
  • Masuk ke pengaturan akun-> keamanan dan info masuk

  • Pilih gunakan autentifikasi dua faktor

  • Sebelum mengaktifkan autentifikasi dua faktor pastikan nomor hp yang kamu cantumkan di akun fb adalah nomor hp yang masih aktif.
  • Lakukan penyiapan 
  • Setelah itu facebook akan mengirim kode autentifikasi ke nomor hp kamu. Dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  • Ketika autentifikasi dua faktor sudah aktif, setiap log in ulang facebook kamu akan mendapat sms dari facebook. Begini contohnya 

2. Nyalakan pemberitahuan log in akun dari perangkat asing

Caranya hampir sama dengan mengaktifkan autentifikasi dua faktor

  • Masuk ke akun facebook kamu-> pilih pengaturan
  • Pilih pengaturan akun-> keamanan dan info masuk
  • Pilih dapatkan peringatan tentang masuk tidak dikenal
  • Pada tulisan pemberitahuan klik sunting dan ubah menjadi menyala 
  • Setelah itu, akun fb kamu akan aman dari perangkat asing yang mencoba masuk ke akun fb kamu. Facebook akan memberi pemberitahuan jika akun facebook kamu dibuka melalui perangkat yang tidak biasa kamu gunakan untuk log in. Meskipun yang log in dari perangkat lain adalah kamu sendiri.

Nah, dengan dua cara tadi, akun facebook kamu bisa lebih aman dari hacker. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Daripada repot-repot googling cara mengambil alih akun facebook yang di hack, tentu lebih enak memperbarui pengaturan akun facebook kamu agar aman dari maling.

Selain itu, langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak memberitahukan password facebook kamu kepada siapapun. Dan beritahukan teman-teman facebook yang kamu kenal, jika mendapat inbox minta transfer sejumlah uang maka konfirmasikan langsung kepada kamu melalui telepon/sms/whatsapp.

Jika akun facebook kamu terlanjur kebobol, maka yang perlu kamu lakukan adalah beritahukan temanmu yang berteman dengan akun facebook kamu untuk melaporkan akun kamu yang sudah kena hack. Sehingga akun kamu yang kena hack bisa langsung dihapus oleh pihak facebook. (Kalau untuk mengambil alih akun facebook yang kena hack mungkin akan kubahas di post selanjutnya ya.. karena aku juga masih cari-cari referensi. Hehehe)

Sepertinya ini dulu tips yang bisa kubagi dengan kalian. Kalau ada cara yang lebih cepat dan mudah, pasti akan kutulis lagi dengan lebih detail agar lebih mudah untuk dipahami dan dicoba. Selamat membaca, dan mencoba. Semoga bermanfaat ya ^_^

 

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

14 Responses

  1. puspitasari says:

    bg fb sayah di hack orang gimana cara kembali lgi bg

  2. Alifia elmia says:

    Apa akun fb kamu terhubung sama email/nomor hp yg masih aktif?

  3. fahrul says:

    bantuin dong.. no hp gak aktif lgi yg saya cantumkan di fb

  4. fahrul says:

    saya lupa kata sandi

  5. Afif fudin says:

    Lupa kata sandi

  6. Afif fudin says:

    Lupa kata sandi,afiffudinfudin@yahoo.co.id

  7. Astitie Nurmahira says:

    Akun saya di bajak dan menggunakan nama saya untuk berbuat jahat meminta uang dan pulsa ke beberapa teman ku di FB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *