Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker

Disadari ataupun tidak disadari, akun Facebook adalah aset digital yang memiliki nilai jual. Beberapa forum digital di indonesia, misalnya menyediakan platform jual beli akun Facebook, grup Facebook ataupun laman fanpages Facebook.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 1
Forum jual beli akun Fb, IG, akun email, dll di Ads.id
Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 3
Pencarian dengan kata kunci “Akun Facebook” di Forum jual beli Kaskus

Admin: Akun Facebook yang diperjual belikan disana belum tentu hasil hack ya, bisa jadi hasil dari buat sendiri, beberapa orang pandai dalam “berternak” akun. Yang menjadi pertanyaan, dari sekian banyak yang dijual, diberbagai forum dan marketplace, baik marketplace dalam maupun luar negeri, apakah semuanya hasil “ternak” akun?

Terlepas dari itu semua, yang ingin aku tekankan adalah, akun Facebook punya nilai, jadi perlu dilindungi.

Akun Facebooknya sendiri tidak terlalu mahal, hanya laku beberapa puluh ribu atau ratus ribu, tergantung banyak hal. Namun untuk grup Facebook misalnya, yang memiliki banyak anggota, ataupun Fanpage yang memiliki banyak follower, ini bisa dihargai jutaan rupiah bahkan bisa hingga belasan juta rupiah.

Inilah kenapa banyak hacker yang menargetkan pengguna Facebook, mengingat jika mereka bisa mendapatkan akses ke akun orang tsbt, mereka juga dapat akses ke grup dan fanpage yang dimiliki pengguna tsbt.

Dalam kenyataannya tidak semua pengguna membuat fanpages ataupun grup, namun tetap saja, akun seperti ini tetap memiliki nilai jual. Kalaupun tidak dijual, para hacker bisa gunakan akunnya untuk kepentingan lain seperti penipuan, pemerasan, dsbnya.

Yang paling simpel contohnya adalah mereka minta pulsa ke teman dan keluarga kamu via pesan messenger, atau mereka minta kamu bayar sejumlah uang supaya akun dikembalikan. Setelah dibayar, besar kemungkinan akun tetap saja tidak akan dikembalikan, tapi akan “diperah” sampai tidak bisa mereka gunakan lagi.

Sampai dititik ini, setidaknya kamu tau, bagaimana buruknya hacker dan penjahat-penjahat digital tsbt. Sampai dititik ini, seharusnya kamu paham, kamu perlu ambil tindakan konkrit untuk melindungi akunmu.

Langsung saja, berikut akan kita bahas satu persatu, tindakan-tindakan yang bisa kamu lakukan untuk melindungi akun Facebookmu dari hacker.

1. Aktifkan autentikasi dua faktor (WAJIB)

Autentikasi dua faktor bukanlah fitur baru. Namun banyak pengguna Facebook yang tidak menggunakan fitur yang satu ini. Padahal fitur ini cukup penting untuk melindungi akun agar tidak mudah disusup oleh orang yang tak diinginkan.

Fitur autentikasi dua faktor bila diaktifkan, maka akan meminta penggunanya memasukkan kode saat akan login (setelah memasukkan username dan password seperti biasa). Kode tersebut bisa dikirimkan via sms atau didapatkan via aplikasi autentikator yang dipilih.

Dengan begitu, kalaupun username dan password kamu bocor, si hacker tetap tidak akan bisa mengakses akunmu selama dia tidak bisa mengakses ponsel yang digunakan untuk menerima kode autentikasi tadi.

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor di Facebook, silahkan ikuti langkah-langkahnya disini bukugue.com/cara-mengaktifkan-autentikasi-dua-faktor-facebook/

Baca juga :  Cara mengatasi Beranda atau Kabar Berita Facebook tidak Muncul

Admin: Ini menurutku tips wajib jika kamu merasa akun Facebook kamu penting untukmu. Ini karena kamu bisa sedikit ceroboh, passwordmu boleh saja bocor, dan akun akan tetap aman selama kamu bisa jaga akses ke ponsel dan aplikasi autentikator milikmu.

2. Rutin mengganti password dan buatlah password yang rumit

Admin: Tips nomer dua ini tidak perlu dilakukan jika kamu sudah mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor. Kamu cukup ganti password, jika kamu rasa passwordnya sudah bocor. Jadi tidak perlu ganti rutin, cukup ganti ketika kamu rasa passwordnya diketahui orang lain saja.

Mengganti password satu bulan sekali sebaiknya harus mulai kamu lakukan dari sekarang. Hal ini dilakukan supaya akun kamu tidak mudah disusup oleh orang lain. Kemudian gunakan password yang rumit. Membuat password rumit biasanya kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter.

Jangan salah, di halaman faq Facebook juga menyarankan untuk melindungi kata sandi atau password akun kamu dengan membuat password yang kuat. Kalau kamu masih bingung atau tidak tahu bagaimana cara mengganti password di Facebook, silahkan ikuti langkah-langkahnya disini.

Admin: Mengganti password tiap bulan ataupun tiap beberapa bulan bisa membuat kamu bingung, ini karena kita punya banyak akun dan tiap akun punya passwordnya masing-masing.

Bayangkan berapa banyak password yang perlu diingat kalau begini.

Jika kamu tidak mau hal ini, gunakan fitur autentikasi dua faktor. Atau gunakan aplikasi pengelola password untuk menyimpan password kamu. Aku sendiri pakai aplikasi opensource keepass untuk menyimpan password-passwordku.

3. Jangan gunakan fitur “simpan sandi” diperangkat yang bukan milikmu

Admin: Aku sendiri lebih menyarankan kamu tidak login sama sekali diperangkat umum, ataupun perangkat orang lain. Ini karena perangkat tsbt bisa saja sudah di pasangi keylogger, sehingga walaupun kamu tidak menyimpan passwordmu, password tetap saja akan bocor.

Nah, jika kamu sering login ke akun Facebook melalui device umum atau bukan menggunakan komputer/HP pribadi kamu, pastikan kamu tidak menyimpan kata sandinya.

Biasanya, ketika kamu menggunakan komputer umum dan login menggunakan browser, akan muncul popup yang memberikan opsi “simpan sandi” atau “ingat sandi”.

Ketika kamu pilih “simpan”, maka informasi login kamu akan tersimpan di browser. Maka setiap kali seseorang mengunjungi halaman login Facebook menggunakan komputer tersebut, biasanya secara otomatis info login kamu akan muncul dan bahayanya akun kamu dengan leluasa dapat diakses oleh orang lain.

Oleh karena itu sebaiknya jangan sampai kamu memilih “simpan” saat popup tersebut muncul. Jangan lupa untuk logout setelah selesai berselancar di Facebook. Ingat, kamu sedang menggunakan device umum dimana semua orang dapat mengakses situs tersebut.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 5

Gambar diatas adalah contoh fitur “simpan sandi” yang ada di browser. Disini aku mengggunakan browser HP dan login Facebook menggunakan browser. Nah, ketika akan logout, muncul popup seperti pada gambar.

Maka baca baik-baik dan jangan sampai kamu memilih simpan jika kamu login menggunakan perangkat umum ataupun milik orang lain.

Baca juga :  Cara menyatukan Foto Profil dan Sampul di Facebook

Admin: Disinilah pentingnya fitur verifikasi dua langkah, kalaupun password kamu bocor karena kamu ceroboh, hacker tetap tidak bisa masuk keakun mu. Itulah kenapa aku aktifkan fitur ini disemua akun yang aku anggap penting.

4. Aktifkan peringatan login di Facebook

Fitur peringatan login di Facebook dapat kamu aktifkan untuk memantau setiap login ke akun Facebook kamu. Setiap device yang login ke akun Facebook kamu, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan login.

Hal ini bermanfaat supaya kamu dapat memastikan bahwa tidak ada orang lain yang mencoba mengakses akun Facebook kamu.

Cara mengaktifkan peringatan login di Facebook juga bisa dilakukan dengan mudah, caranya berikut ini.

1. Langkah pertama, masuk ke akun Facebook kamu. Kemudian pilih ikon titik tiga untuk menampilkan menu Facebook. Setelah itu pilih “Pengaturan”.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 7

2. Kemudian cari menu “Kata Sandi dan Keamanan”.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 9

3. Kemudian setelah itu pilih “Dapatkan peringatan tentang login tidak dikenal”.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 11

4. Nah, lihat pada gambar. Semua peringatan masuk, baik melalui Notifikasi, Messenger, maupun melalui Email, semuanya dalam kondisi tidak aktif. Artinya, ketika ada seseorang yang mencoba mengakses akun Facebook milikku menggunakan device dan lokasi yang berbeda, tidak akan ada pemberitahuan.

Disini misalnya aku akan mengaktifkan peringatan masuk melalui notifikasi. Maka pilih “Notifikasi” untuk mengaktifkannya.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 13

5. Selanjutnya disini pilih “Dapatkan pemberitahuan” kemudian pilih “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 15

6. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun Facebook kamu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa yang melakukan perubahan adalah kamu sendiri, si pemilik akun. Setelah memasukkan kata sandi, pilih “Lanjutkan”.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 17

7. Nah, sekarang peringatan login melalui notifikasi sudah aktif. Kalau kamu ingin mengaktifkan peringatan login melalui Messenger atau Email, prosesnya kurang lebih sama.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 19

5. Setting beberapa data pribadi di Facebook menjadi Privat

Jangan semua data pribadi di Facebook kamu tampilkan secara publik. Misalnya nomor telepon, alamat email, alamat rumah, dan sejenisnya. Lebih baik di mode privat saja.

Karena banyak penyalahgunaan data pribadi berupa nomor telepon atau email untuk melakukan spamming. Atau alamat rumah untuk pengiriman orderan2 palsu.

Karena itu, lebih baik di sembunyikan saja. Untuk caranya, berikut ini aku jelaskan.

1. Langkah pertama, masuk ke akun Facebook kamu. Kemudian pilih ikon titik tiga untuk menampilkan menu Facebook.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 21

2. Kemudian cari menu “Pengaturan & Privasi”, maka nanti akan masuk ke halaman pengaturan akun

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 23

3. Selanjutnya pilih “Pengaturan” untuk masuk ke pengaturan Facebook

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 25

4. Kemudian selanjutnya pilih “Informasi Pribadi dan Akun”

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 27

5. Nah, lihat pada gambar. Khusus “Info kontak”, ini lah yang perlu di sembunyikan. Di dalamnya biasanya ada data berupa nomor telepon dan alamat email. Silahkan pilih “Info kontak” untuk lebih jelasnya.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 29

6. Nah, tampilannya seperti pada gambar. Untuk nomor telepon, setahu aku, sekarang sudah secara otomatis terproteksi, alias tidak akan terlihat untuk publik. Jadi untuk nomor telepon tidak ada pengaturan untuk mengatur mode “privat”, “teman”, atau “publik”.

Baca juga :  Cara menyembunyikan status online (tanda hijau) di Facebook

Oke, sekarang aku akan mengubah email menjadi mode privat. Ketuk pada email.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 31

7. Kemudian ketuk pada kotak yang aku beri tanda panah untuk memunculkan opsi.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 33

8. Pilih “Hanya saya” untuk menyembunyikan email.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 35

9. Oke, sekarang alamat email kamu sudah berubah menjadi mode privat. Dengan begitu alamat email kamu tidak dapat dilihat oleh orang lain.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 37

6. Jangan mengklik tautan mencurigakan

Banyak sekali grup-grup atau halaman fanspage yang membagikan tautan-tautan tidak jelas. Jangan pernah kamu klik tautan itu. Banyak kasus-kasus phising seperti itu di dunia maya, terutama Facebook.

Dari pihak Facebook juga mengingatkan penggunanya untuk berhati-hati terhadap phising.

Bagi yang belum tahu, sederhananya, phising itu sebuah cara untuk mendapatkan informasi berupa data pribadi seseorang atau data lain yang dibutuhkan dengan cara melakukan pengelabuhan. Biasanya pengelabuan itu menggunakan situs palsu yang di desain mirip dengan aslinya.

Di Facebook, biasanya link-link phising tersebar di grup-grup atau di halaman fanspage yang cukup ramai pengikutnya. Dibawah ini aku akan memberi contoh link phising yang ada di Facebook

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker 39

Jadi biasanya link phising akan mengarahkan kamu ke situs tertentu yang meminta kamu untuk login, memasukkan username dan password untuk login ke sosial meda, seperti Facebook. Ini sangat berbahaya.

Mulai sekarang lebih berhati-hati jika ingin mengunjungi sebuah link. Terutama link yang meminta kamu untuk melakukan login.


Admin: Jika kamu tidak punya banyak waktu luang, kamu tidak perlu terapkan semua tips diatas , yang terpenting adalah fitur autentikasi dua langkah. Jika itu sudah kamu aktifkan, jangan lupa untuk memprint atau mencatat kode recoverynya untuk antisipasi kehilangan akses ke aplikasi autentikator kamu.

Sudah itu saja, selebihnya kamu hanya tinggal berhati-hati di internet, pahami metode-metode hack umum yang dipakai hacker sehingga kamu bisa menghindarinya. Namun kalau kamu punya banyak waktu luang, tips-tips lain seperti mengaktifkan fitur peringatan login, menyembunyikan informasi penting, dll itu memang sebaiknya dilakukan juga untuk keamanan tambahan.

Sekali lagi, yang terpenting adalah kamu perlu aktifkan kode verifikasi dua langkah. Dan bukan hanya di facebook saja, tapi perlu juga di email kamu, terutama email yang berkaitan dengan akun facebook dan akun-akun penting lainnya.

Aku sendiri aktifkan fitur verifikasi dua langkah ini di dua akun email utama ku, di akun FB, akun cloudflare, amazon aws, akun server, dan akun software mengelola server. Itu saja. Akun akun yang lain aku tidak pakai.

Intinya, untuk akun yang kalau hilang bisa membuat kamu sedih, gusar, atau rugi secara finansial, selalu aktifkan proteksi berlapis.


Itulah cara melindungi akun fb dari hacker. Manfaatkan semua fitur yang di sediakan oleh Facebook, seperti fitur autentikasi dua faktor, fitur peringatan login, kemudian setting beberapa data pribadi menjadi privat.

Jangan lupa untuk rutin mengganti password akun dan hati-hati terhadap phising. Cara-cara diatas dapat meminimalisir agar fb tidak di hack. Silahkan diterapkan gais.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.