Cara mengganti password akun Facebook

Seperti yang kita tau, untuk login ke Facebook, kita perlu username dan password. Password sendiri sifatnya rahasia, dan tidak boleh ada orang lain yang tau.

Banyaknya kasus phising dan hacking saat ini, cukup mengkhawatirkan, ada puluhan ribu view yang sampai kehalaman https://bukugue.com/kembalikan-akun-fb-yang-di-hack/ dan https://bukugue.com/cara-mengembalikan-akun-facebook-yang-dihack-dibajak-versi-2/ setiap bulannya, berdasarkan data di analytic.

Itu artinya apa? artinya setidaknya ada “puluhan ribu” pengguna facebook kena hack setiap bulannya di indonesia.

Apakah karena system security facebook lemah? tentu tidak. Ini kebanyakan karena kelalaian pengguna sendiri, atau ketidaktahuan mereka dengan metode hacking yang sering digunakan.

Jadi jika kamu merasa password kamu sepertinya sudah ada yang tau, entah karena tidak sengaja menyebutkannya keseseorang, atau karena kamu login di situs yang mencurigakan dengan akun facebook kamu, maka kamu perlu untuk ganti password akun tsbt agar lebih aman.

Selain itu kamu perlu perkuat keamanan facebook dengan memastikan opsi recovery seperti nomer HP dan email, adalah benar milik kamu sendiri, dan semuanya bisa diakses dengan baik. Selain itu, pertimbangkan untuk aktifkan fitur autentikasi dua langkah untuk akunmu.

Ok, balik lagi ke pembahasan awal. Disini akan dijelaskan bagaimana cara mengganti password akun facebook kamu.

Mengganti password facebook di HP

Disini kita menggunakan aplikasi facebook di HP android. Sebenarnya di iPhone pun harusnya tidak jauh berbeda, jika kamu menggunakan aplikasi facebook reguler.

Berikut langkahnya.

1. Buka aplikasi facebook yang ada di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah berada di halaman beranda facebook kalian. Silahkan kalian tap menu “hamburger” dipojok kanan atas.

tap icon garis tiga

3. Jika sudah akan muncul pilihan menu seperti dibawah ini. Gulir kebawah dan cari menu “Pengaturan”.

4. Setelah berada di halaman pengaturan, selanjutnya masuk ke menu “Keamanan dan Login”.

masuk ke keamanan dan login

5. Setelah berada di halaman keamanan dan login, gulir kebawah dan cari bagian pengaturan Login. Pilih menu “Ubah kata sandi”.

ubah kata sandi

6. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman kolom password. Di kolom pertama silahkan isi dengan password kalian sekarang, di kolom kedua isi dengan password baru kalian, dan di kolom ketiga silahkan ulangi kata sandi baru kalian.

isi sesuai keterangan

7. Jika sudah kalian isi semua, silahkan tap “Simpan perubahan”.

klik simpa perubahan

8. Jika sudah kalian akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini. Disini kita pilih “tetap masuk” agar kalian tidak dikeluarkan dari facebook kalian di perangkat lain. TAPI, jika kalian curiga akunnya kalian ada yang bajak, maka pilih “Tinjau perangkat lainnya”, dan paksa logout dari semua perangkat lain.

klik tetap masuk

9. Selesai.

Mengganti password Facebook di PC atau komputer

Dibawah ini kita akan jelaskan cara mengganti password Facebook di browser komputer atau laptop kalian.

1. Silahkan masuk ke akun Facebook kalian masing-masing.
2. Jika sudah, klik “ikon panah” untuk memunculkan menu. Pilih menu “Pengaturan”.

masuk ke pengaturan

3. Setelah kalian berada di halaman pengaturan, masuk ke menu “Keamanan dan login” seperti pada gambar.

masuk ke keamanan dan login

4. Setelah berada di halaman “keamanan dan login”, silahkan kalian masuk ke menu “ubah kata sandi”.

klik ubah kata sandi

5. Kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Silahkan kalian isi bagian kolom password yang tersedia. Kolom 1 dengan password kalian saat ini, kolom 2 isi dengan password baru, dan kolom 3 juga dengan password baru kalian.

masukan kata sandi kalian dan kata sandi baru

6. Jika semua kolom sudah kalian isi, klik “Simpan perubahan”.

klik simpan perubahan

7. Kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah. Pilih “tetap masuk”, jika kalian merasa akun kalian masih aman. Jika tidak, pilih “Tinjau perangkat lain”, dan paksa logout semua perangkat yang tidak kalian kenali.

pilih tetap masuk dan klik lanjutkan

8. Selesai.


Dengan mengganti password media sosial secara rutin artinya kalian cermat dalam mengamankan akun media sosial akun media sosial kalian. Agar password kalian lebih aman lagi, pastikan password kalian menggunakan kombinasi angka dan huruf supaya lebih sulit untuk di tebak.

Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, bisa kirimkan dikolom komentar. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar
    ari vipen

    topp

    1. Avatar
      yudha

      markotop.. 😛

Tinggalkan Balasan