Cara menghapus akun twitter lewat hp

Media sosial sepertinya sudah jadi sarapan sehari-hari masyarakat. Ada banyak platform media sosial yang kini digandrungi, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dan lain sebagainya.

Masing-masing media tentu punya keunggulan tersendiri. Salah satu platform yang banyak digandrungi adalah Twitter.

Twitter sendiri dikenal sebagai penentu topik pembahasan bagi masyarakat dunia maya. Apa yang biasanya trending di Twitter, maka akan segera menyebar ke platform media lain. Karena arus informasi di twitter sangat deras dan cepat, kita sebagai pengguna kadang terseret dalam pembahasan yang kontroversial. Jemari ini kadang tanpa sadar mengetik cuitan yang berbau kontroversial pula.

Hal itu bisa memancing keributan dan mengakibatkan banyak user terganggu. Atau hal lain yang mungkin cukup mengganggu ialah bisingnya buzzer dan bot di Twitter.

Menghadapi berbagai permasalahan itu, terkadang pengguna memilih menghapus aplikasi. Ini dilakukan biasanya jika masih ada keinginan menggunakan Twitter suatu saat. Tapi ada pula yang memilih menghapus akun, benar-benar berhenti dari twitter.

Baiklah, untuk kamu yang ingin tahu cara menghapus akun Twitter, begini caranya.

Cara Menghapus Akun Twitter di smartphone kamu

Menghapus akun Twitter bisa dilakukan di PC maupun smartphone. Kali ini, saya akan jelaskan cara menghapus akun Twitter melalui smartphone.

Pertama, silakan masuk ke akun Twitter kamu. Jika sudah tiba di halaman utama, klik foto profilmu yang ada di sudut kanan atas atau bisa juga melakukan swipe ke kanan. Maka akan muncul deretan menu seperti ini.

Laman beranda Twitter

Jika sudah, kamu bisa langsung klik menu pengaturan dan privasi. Berhubung saya gunakan setelan bahasa Indonesia, maka tulisan menu berbahasa Indonesia. Jika setelan di tempat kamu mengunakan bahasa lain silakan menyesuaikan.

Pilih menu Pengaturan dan Privasi

Di lama pengaturan, ada banyak pilihannya. Tapi untuk menghapus akun silakan klik menu akun.

Pilih akun di bagian paling atas

Langkah selanjutnya, kamu tinggal scroll ke bawah. Di menu paling bawah setelah menu keluar, ada tulisan nonaktifkan akun anda atau deactivate account. Silakan kamu pilih menu tersebut.

Pilih nonaktifkan akun

Jika kamu mengklik pilihan tersebut, kamu akan dihadapkan pada laman yang berisi hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum menonaktifkan akun. Jika kamu sudah membacanya dan sudah yakin dengan pilihanmu, silakan pilih menu nonaktifkan di paling bawah halaman.

Scroll down dan pilih nonaktifkan akun

Kamu kemudian diminta untuk mengisi kata sandi. Silakan tulis kata sandi kamu, lalu pilih nonaktifkan. Maka proses penghapusan akun telah selesai.

Silakan isi password kamu

Begitulah runutan cara menghapus akun Twitter di smartphone.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menonaktifkan Akun

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menghapus akun, ada baiknya kamu mengetahu beberapa informasi berikut. Beberapa hal ini bukanlah merugikan pengguna, justru menjaga privasi dari pengguna itu sendiri.

Apa saja hal yang harus diperhatikan?

  1. Setelah kamu memilih nonaktifkan akun, Twitter akan mengontrol akun kamu, mulai dari Cuitan, jumlah pengikut, dan jumlah yang mengikuti secara bertahap akan dihapus hingga 0. Setelah itu, Twitter akan membiarkan akun kamu seperti itu selama 30 hari setelah kamu memilih nonaktif. Jika sudah lebih dari 30 hari, maka akun kamu akan dihapus secara permanen oleh Twitter.
  2. Kalau suatu waktu kamu ingin kembali menggunakan akun Twittermu, kamu hanya perlu log in seperti biasa. Cukup pergi ke laman Twitter lalu masukkan username dan password, lalu pilih login. Maka otomatis akun kamu akan kembali aktif. Jika kamu mengaktifkan kembali, maka mula-mula jumlah cuitan, pengikut, dan mengikuti adalah 0. Jika seperti ini biarkan saja dulu sejenak, nanti secara perlahan akan kembali seperti semula.
  3. Jika hanya ingin mengganti nama pengguna, tak perlu menghapus akun. Cukup mengganti nama pengguna di pengaturan saja.
  4. Kalau suatu saat ingin menggunakan kembali nama pengguna atau email di akun lain, silakan di ubah terlebih dahulu keduanya sebelum menghapus akun.

Nah, begitulah cara untuk menghapus akun Twitter kamu. Mudah kan menghapus akun Twitter dan mengembalikannya. Tapi sebelum kamu yakin ingin menghapusnya, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal yang sudah saya jelaskan diatas. Jika masih ada yang kurang dipahami, silakan tanyakan di kolom komentar.

Rizky Ramadhan

Mahasiswa tingkat akhir, penulis lepas, jurnalis, dan penyuka fotografi

Tinggalkan Balasan