Cara menghapus foto di facebook (lewat HP ataupun PC)

Setelah lama facebook-an, jumlah foto yang kita upload baik itu foto profil, foto sampul ataupun foto dari postingan yang ada ditimeline, terus bertambah dan bertambah.

Disatu titik, kita tentu ingin “merapikan” akun facebook kita.

Kita ingin menghapus foto-foto yang mungkin waktu dulu diupload terasa biasa saja, tapi sekarang “malu” kalau foto tersebut dilihat orang. Belum lagi ada foto-foto yang mungkin membuka kenangan “pahit” karena si “dia” sudah dengan yang lain.

Point pentingnya disini adalah, semua foto di facebook itu bisa dihapus, dan untuk menghapusnya juga sangat mudah, dan bisa dilakukan dengan cepat (untuk kasus tertentu).

Secara dasar, ada dua cara untuk menghapus foto, yang pertama adalah dengan menghapus-nya satu persatu, yang kedua adalah dengan menghapus album foto sehingga seluruh foto dalam album tersebut ikut terhapus. Kita akan bahas keduanya disini.

Sebelum kita masuk ke materi, ada satu alternatif lagi untuk hal ini, yaitu dengan menyembunyikan album foto, sehingga foto tidak perlu dihapus, tapi tetap “hilang” dan tidak bisa dilihat oleh orang lain selain kita.

Jika kalian sudah mantap ingin tetap menghapus, simak penjelasan berikut ini.

Cara menghapus foto secara manual (untuk album yang tidak bisa dihapus)

Kenapa perlu dijelasin cara ini, itu karena tidak ada opsi untuk menghapus seluruh foto sekaligus. Yang ada hanya menghapus foto satu persatu, atau menghapus album foto (sekaligus foto-fotonya), tapi ternyata tidak semua album bisa dihapus.

Album seperti “foto profil”, “foto cover” atau foto sampul, tidak bisa dihapus. Ini seperti folder default yang wajib dimiliki setiap akun, dan tidak bisa dihapus.

Jadi untuk menghapus foto didalam foto profil dan ataupun foto cover memang harus manual satu persatu. Tidak ada shortcutnya.

A. Menghapus foto facebook satu-persatu di HP

1. Buka aplikasi facebook di ponsel kalian. Selanjutnya masuk ke menu “profil facebook” kalian.

masuk ke halaman profil

2. Setelah kalian berada dihalaman profil kalian, gulir kebawah dan cari menu “foto” seperti dibawah. Menu foto berada dibawah “kolom pembuat postingan”. Tap menu foto tsbt..

masuk ke halaman foto

3. Kalian akan dibawa kehalaman foto seperti dibawah. Disini ada tiga tab, yaitu “Photos of You (Foto tentang anda)”, “Uploads (Unggahan)” dan “Albums (Album)”. Masuk ke tab “Uploads/Unggahan”, lalu tap salah satu foto.

pilih dan klik foto yang akan di hapus

4. Kalian akan dibawa ke foto yang dipilih tersebut, disana tap “Ikon titik tiga” yang ada dipojok kanan foto untuk memunculkan menu. Pilih menu “Delete Photo” untuk menghapus foto tersebut.

5. Setelah itu akan muncul halaman kecil konfirmasi, lalu kalian pilih saja “Delete” untuk mengkonfirmasi penghapusan foto.

6. Selesai. Foto berhasil dihapus dan seharusnya sudah tidak ada lagi di daftar foto kalian.

foto sudah hilang dari halaman

Untuk menghapus foto profil ataupun foto sampul, kalian buka tab “Album” dan cari album foto profil, lalu tinggal ikutin proses seperti diatas, pilih salah satu photo dialbum tersebut lalu hapus.

Sejauh yang aku tau, tidak ada cara untuk menghapus seluruh foto profil ataupun foto cover sekaligus.

B. Menghapus foto facebook satu-persatu di PC

Caranya tidak jauh berbeda dengan di HP. Silahkan simak penjelasan dibawah ini.

1. Masuk ke beranda facebook kalian seperti biasa. Setelah itu klik “ikon profil” untuk masuk ke profil kalian.

masuk ke profil facebook

2. Setelah kalian berada di halaman profil facebook kalian, masuk ke menu “Foto” seperti pada gambar.

klik menu foto

3. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman foto seperti dibawah. Pilih salah satu foto, arahkan kursor ke foto. Setelah itu akan muncul ikon pensil di foto tsbt, selanjutnya klik ikon pensil tersebut.

klik icon pensil pojok foto

4. Setelah itu akan muncul pilihan menu, pilih “Hapus Foto ini”.

klik hapus foto ini

5. Setelah itu akan muncul halaman konfirmasi, pilih “Hapus”.

klik hapus

6. Selesai. Foto sudah terhapus.

Seperti yang aku jelaskan, foto dialbum juga bisa dihapus dengan cara yang sama. Tinggal pilih album yang kalian mau, pilih salah satu foto, lalu ikuti proses diatas untuk menghapus foto tsbt.

Cara menghapus album foto di facebook (sekaligus semua foto didalamnya)

Seperti yang sudah disinggung sedikit diatas, bahwa menghapus album adalah cara tercepat untuk menghapus banyak foto sekaligus. Tapi dalam kenyataannya tidak semua album bisa dihapus.

Album foto profil, foto sampul dan album bawaan lainnya dari facebook, setauku tidak bisa dihapus. Yang bisa dihapus hanyalah album buatan sendiri.

Intinya jika tidak muncul menu yang sama seperti contoh dibawah, kemungkinan itu album bawaan dan album tsbt tidak bisa dihapus.

A. Cara menghapus album foto di facebook lewat HP

1. Seperti biasa, masuk ke aplikasi facebook kalian terlebih dahulu. Lalu masuk ke halaman profil dengan mengklik ikon profil seperti dibawah.

masuk ke halaman profil

2. Setelah kalian berada dihalaman profil kalian, gulir kebawah dan cari menu “foto” seperti dibawah. Menu foto berada dibawah “kolom pembuat postingan”. Tap menu foto tsbt.

masuk ke halaman foto

3. Kalian akan dibawa kehalaman foto seperti dibawah. Disini ada tiga tab, yaitu “Photos of You (Foto tentang anda)”, “Uploads (Unggahan)” dan “Albums (Album)”. Masuk ke tab “albums”

4. Jika sudah berada di tab “Album” seperti dibawah, pilih salah satu album.

contoh album yang akan di hapus

5. Setelah kalian masuk ke album tersebut, dibagian pojok kanan atas akan terlihat “ikon titik tiga”. Tap ikon tersebut. Setelah itu akan muncul menu di bagian bawah halaman, pilih “Delete” untuk menghapus album.

6. Setelah itu akan muncul halaman konfirmasi yang menanyakan apakah kalian akan benar-benar ingin menghapus album tsbt, pilih saja “Delete”.

klik delete lagi

7. Jika sudah kalian delete albumnya, maka album tersebut akan hilang dari halaman album, sekaligus juga foto yang berada di album tersebut.

foto album sudah terhapus dari halaman album

B. Cara Menghapus album Foto di Facebook lewat PC

Jika menghapus foto satu persatu terasa begitu lama. Kalian bisa menghapus foto satu album seklaigus.

1. Seperti biasa, masuk ke akun facebook kalian. Lalu buka profil kalian. Dihalaman profil, klik menu “Foto” seperti contoh dibawah.

klik menu foto

2. Kalian akan dibawah kehalaman seperti dibawah. Klik menu “Album”.

masuk ke menu album

3. Di daftar album ini kalian bisa melihat seluruh album foto yang kalian miliki di facebook. Diantara semua album, ada sebagian yang memiliki “ikon titik tiga” seperti gambar dibawah. Album-album inilah yang punya opsi/pilihan untuk dihapus. Jadi langsung saja klik ikon titik tiga yang ada di salah satu album tersebut.

klik titik tiga pojok bawah album

4. Setelah mengklik ikon titik tiga tsbt, akan muncul pilihan menu dibawahnya. Pilih menu “Hapus Album” untuk menghapus album tsbt.

klik hapus album

5. Setelah itu akan diminta konfirmasi, klik “Hapus album” untuk menyetujui.

klik saja hapus album

6. Selesai.


Pada dasarnya menghapus foto di PC maupun di smartphone sama saja langkahnya. Yang membedakannya mungkin hanya tampilan halamannya saja.

Mungkin sampai disini pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, bisa beri masukan lewat kolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Published by anwarnulis

penikmat kopi

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *