Cara Menyembunyikan Album Foto di Facebook

Punya banyak album di Facebook? Pernahkah kepikiran bagaimana cara menyembunyikan album beserta foto didalam album tsbt dari jangkauan publik dan teman-temanmu?

Hal ini bisa kamu lakukan.

Prosesnya tidak sulit, kamu hanya tinggal mengatur privasi album tsbt. Ubah dari “Publik” atau “Teman” menjadi “Hanya saya”. Dengan begitu kamu bisa tetap melihat album tsbt tapi hanya kamu sendiri saja yang bisa melihatnya.

Penasaran bagaimana cara melakukannya? Simak pembahasan dibawah.

Album yang bisa disembunyikan

Jika kamu buka halaman foto kamu di aplikasi Facebook. Ada 3 tab, pertama tab “Foto tentang Anda”, kedua tab “Unggahan” dan terakhir tab “Album”.

Cara Menyembunyikan Album Foto di Facebook 1

Untuk “Foto tentang anda” itu merupakan foto hasil tag dari teman. Untuk menyembunyikannya kamu bisa baca halaman bukugue.com/cara-menyembunyikan-foto-tag-di-facebook/.

Untuk tab “Unggahan” berisi semua foto yang kamu pernah upload ke Facebook, sedangkan tab “album” berisi foto yang sama dengan tab “Unggahan” tadi, hanya saja fotonya sudah terkategori ke album-album tertentu.

Tab “Unggahan” ini tidak bisa disembunyikan karena sifatnya hanya sebagai halaman dimana kamu bisa melihat semua foto yang kamu unggah, dan hanya kamu sendiri yang bisa melihat halaman ini.

Jadi kita akan fokus ke tab “Album” disini.

Di tab “Album”, terdapat banyak album. Yang bisa disembunyikan hanyalah album yang kamu buat sendiri. Sedangkan album bawaan dari Facebook seperti album ” Foto Sampul”, “Foto Profil”, “Koleksi foto linimasa”, dan album bawaan lainnya tidak bisa disembunyikan.

Langkah-langkah Menyembunyikan Album Foto di Facebook

Baru-baru ini bukugue.com membuat channel di youtube. Disana kamu bisa menemukan video terkait topik ini. Kamu bisa menonton videonya jika kamu mau, atau bisa lanjut dan baca instruksiku dibawah.

Baca juga :  Cara membuat undangan acara/event di Facebook

Sekali lagi, disini kita akan menyembunyikan album buatan kita sendiri di Facebook. Album bawaan seperti “Foto profil” tidak bisa disembunyikan. Namun nanti akan dijelaskan solusinya terkait album bawaan tsbt.

Sekarang kita fokus dulu ke album yang bisa disembunyikan, berikut langkah-langkah menyembunyikan album foto tsbt.

  1. Masuk kehalaman profil Facebook kamu

  2. Buka halaman “Foto”

  3. Dihalaman “Foto”, masuk ke tab “Album”

  4. Pilih album yang ingin disembunyikan

    pilih album mana yang ingin disembunyikan

    Ingat disini, album yang bisa disembunyikan hanyalah album yang kita buat sendiri.

  5. Dipojok kanan atas, tap menu “titik tiga”, lalu pilih menu “Edit”

    Pilih edit

    Menu titik tiga dikanan atas hanya muncul di album yang dibuat sendiri, jadi kalau tidak ada, artinya itu album bawaan dari Facebook dan tidak bisa disembunyikan ataupun dihapus.

  6. Dihalaman “Edit Album”, tab bagian privasi (publik/teman)

    Edit privasi

    Dibagian yang diberi tanda panah terlihat pengaturan privasi album saat ini. Dicontoh ini album bisa dilihat bebas oleh publik.

  7. Dihalaman “Edit privasi album” ubah privasi menjadi “hanya saya”

    Pilih hanya saya

    Disini kamu bisa memilih privasinya, untuk menyembukan album dari semua orang, pilih “Hanya saya”. Jika album misalnya terkait teman dan keluarga, kamu mungkin bisa mengaturnya dipilihan “Teman” atau “Teman kecuali..”

  8. Kembali kehalaman sebelumnya, lalu tap “Selesai” dipojok kanan atas.

    Setelah itu back, lalu tap selesai

    Selain mengubah pengaturan privasi, kamu juga bisa mengubah nama dan deksripsi album disini. Jika sudah, tap “SELESAI” untuk menyimpan semua perubahan yang kamu lakukan sebelumnya.

  9. Selesai, silahkan cek hasilnya dari ponsel teman atau keluarga

    Kamu bisa cek apakah album dan seluruh isinya benar-benar disembunyikan dengan meminta teman/keluarga mengakses bagian album kamu. Seharusnya album yang kamu sembunyikan tadi sudah tidak bisa mereka lihat lagi.

Bagaimana untuk album foto bawaan yang tidak bisa disembunyikan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada album yang memang tidak bisa disembunyikan.

Baca juga :  Ini perbedaan fanspage, grup, dan marketplace di facebook

Solusinya ada dua.

Pertama, download dan hapus foto dari album tsbt dan sisakan hanya beberapa saja. Misalnya ada 20 foto didalam album “Foto Profil”, silahkan kamu ambil dan simpan semua fotonya, setelah itu hapus foto-foto yang menurut kamu tidak layak tayang lagi. Dengan begitu, album “Foto Profil” nantinya akan berisi satu atau dua foto yang kamu rela untuk dilihat oleh publik (semua orang tanpa terkecuali).

Alternatif kedua, kamu bisa sembunyikan foto yang ada di album tsbt satu-persatu. Untuk langkah-langkahnya, kamu tinggal masuk ke salah satu album tadi. Sebagai contoh, buka album “Foto Profil”, lalu buka salah satu foto yang ada di album tsbt. Tap ikon titik tiga dipojok kanan atas foto, selanjutnya pilih menu “Edit Privasi”, dan selanjutnya pilih “Hanya Saya” di pengaturan privasi foto tsbt. Selesai.


Penting sekali untuk meninjau foto dan album foto lama yang kita bagikan di Facebook. Mengingat saat kita pertama kali bergabung ke Facebook, kita tidak terlalu memperhatikan hal ini.

Jika dilihat sekarang, akan banyak foto-foto yang dirasa tidak seharusnya diposting atau bahkan memalukan, tapi disaat itu hal tsbt tidak terpikirkan atau mungkin normal, karena teman-teman kita juga melakukan hal yang sama.

Penggunaan sosial media terutama Facebook tentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan sosial media baik, dan bijaklah dalam membagikan informasi baik itu data, foto, video yang terkait dengan kita dan keluarga kita.


Mungkin sampai disini dulu tulisan kali ini. Jika dirasa bermanfaat, jangan segan untuk membagikannya keteman dan keluarga kamu. Jika ada yang tidak jelas, bisa tanya dikolom komentar dibawah.

3 tanggapan untuk “Cara Menyembunyikan Album Foto di Facebook”

  1. harry Avatar
    harry

    biasanya saya selalu ngumpetin yang foto foto share pas maen game…. buat privat dan tetap dapat hadiah….hehehheehe… infonya bagus mbak nisa. keep posting

  2. Soe Avatar
    Soe

    Kak..misal sy hari ini 22 mei 22 uplod foto album gak pingen orang lain tahu setting privacy hanya saya aja kan? Ok done…trs sebulan lg settingan sy ganti public apa nanti temen temen pada tahu sy pernah uplod album yg tanggal 22 mei itu? Soale pingen uplod ga ada yg tahu tapi akhirnya di album dah ada dan orang umum bisa lihat tanpa tahu uplod nya,,,makasih

    1. yudha Avatar
      yudha

      aku ga pernah testing langsung mas skenario tsbt..tapi harusnya bisa sih mas..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.