Cara menyembunyikan atau mengunci album foto di facebook

Hallo reader bukugue.com, apa kabar nih? Semoga selalu baik jasmani maupun rohaninya.

Siapa sih yang tak kenal media sosial facebook? kamu pengguna setia lama fb dari zaman kamu SMP bahkan? Termasuk aku juga sih guys dari zaman SMA sampai sekarang haha.

Sampai-sampai fb dijadikan album online. Gak mau kehilangan foto yang bakal jadi kenangan indah.

Ada foto masa kamu masih alay zaman2 SMA dengan teman2 kamu, foto selfie kamu sendiri/dengan keluarga, masih banyak lagi pasti nya foto2 yang bisa di simpan di album fb.

Nah kalau dulu setting-an dan fitur fb gak sebanyak dan semenarik sekarang ya guys.

Kalau kamu hanya ingin upload foto tanpa orang lain tahu dan hanya sekedar menyimpan foto saja atau bahkan album foto alay2 kamu dulu mau kamu sembunyikan, Fb sedia setting default ini ko guys.

Cara menyembunyikan (mengunci) album foto

Sebelum aku kasih tau caranya, gak semua album/foto bisa kamu edit/atur pengaturan privasi-nya, seperti:
1. Foto sampul
2. Foto profil
3. Foto unggulan
4. Video

Jadi foto yang sepenuhnya bisa di atur pengaturan privasi/pemirsa nya selain album buatan kamu sendiri, yakni album koleksi foto liminasa.

(Foto sampul dan foto profil tidak bisa di sembunyikan karena foto ini bersifat publik, artinya bisa dilihat semua orang, bahkan oleh orang yang tidak login ke facebook sekalipun. Jadi memang tidak bisa disembunyikan. Mungkin yang bisa kamu lakukan adalah hapus semua photo yang ada di dua album tersebut, sisakan hanya 1 yang dipakai saat ini saja. Sedangkan photo yang lainnya, upload ulang ke album baru, dan barulah disembunyikan)

Nih buat kamu yang belum tahu aku kasih tau caranya menyembunyikan album foto di fb:

1.Buka aplikasi facebook kamu. Baik aplikasi fb biasa/fb di browser hp semua sama saja. Hanya tata letak dan beberapa tampilan yg berbeda. Untuk settingan ini sepertinya aku gak nemuin di aplikasi fb lite, jadi kamu bisa gunakan fb via browser. Ok, capture contoh disini aku pakai fb biasa ya.

2.Tap tool garis tiga dipojok kanan. Kemudian pilih profil kamu.

Tap tool garis tiga, kemudian tap profil
Tap tool garis tiga, kemudian tap profil

3. Lalu scroll layar ke atas sampai di menu foto. Tap saja lihat semua foto.

Di menu foto tap lihat semua foto
Di menu foto tap lihat semua foto

4. Kamu di arahkan ke berbagai foto/album kamu. Geser ke kiri pada menu alat foto lalu pilih menu album. Pilih dan tap album mana yang ingin kamu sembunyikan.

5. Kemudian tap tool titik tiga di pojok kanan atas. Muncul pop up pilih edit.

6. Selanjutnya pilih pada menu teman/publik (edit privasi). Kalau fb di browser bagian setting ini nama nya pemirsa. Silahkan edit jadi hanya saya. Lalu tap selesai/simpan.

Nah sekarang kamu sudah bisa simpan sesuka hati album foto kamu di fb, aman tanpa orang lain tahu dan kamu juga bisa atur privasi menjadi hanya saya untuk album2 lama yang ingin kamu sembunyikan.

Kesimpulan

Disini udah aku kasih tau tutorial cara sembunyikan foto/album foto di fb. Kalau menurut ku fitur yang fb sediakan ini cukup membantu dalam memfilter foto mana yang tidak harus di konsumsi publik, yang artinya cukup kamu sebagai pengguna fb saja yang tahu.

Penggunaan sosial media terutama fb pasti memiliki dampak positif dan negatifnya. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan sosial media baik itu fb, ig, twitter dll apalagi zaman sekarang ini sudah ada undang-undang ITE.

Ok sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

This Post Has One Comment

  1. Avatar

    biasanya saya selalu ngumpetin yang foto foto share pas maen game…. buat privat dan tetap dapat hadiah….hehehheehe… infonya bagus mbak nisa. keep posting

Tinggalkan Balasan