Cara menghapus riwayat pencarian di facebook

Yup kawan-kawan, walaupun punya akun media sosial lainnya, facebook masih tidak ditinggalkan. Iya dong,,setiap medsos itu kan, punya keasyikannya masing-masing.

Berbicara tentang facebook, pasti banyak sekali tips-tips penting untuk diketahui, salah satunya pembahasan kita kali ini, cara menghapus riwayat pencarian facebook di smartphone.

Untuk para pengguna facebook aktif, tentu saja sangat sering menggunakan menu pencarian dan faktanya setiap kata kunci yang kita masukkan akan disimpan oleh facebook dalam menu catatan aktivitas kita. Bukan hanya sebagai catatan semata, tetapi riwayat pencarian ini juga berfungsi untuk meningkatkan saran pencarian.

Pernah kan, kalian mengetikkan kembali nama halaman atau apapun itu yang sering kalian kunjungi dan begitu kalian mengetikkan beberapa huruf saja di menu pencarian, langsung muncul halaman yang kita maksud.

Selain memberikan fungsi untuk pencarian, ternyata riwayat pencarian di akun facebook bisa menimbulkan masalah privasi kita. Bagaimana tidak, apapun yang pernah kita masukkan sebagai kata kunci di menu pencarian seperti akun facebook, nama grup, foto, status semua tercatat lengkap dengan tanggal di dalam catatan aktivitas. Kalau orang lain yang melihatnya tentu kita gak nyaman kan!

Terkadang memang hal sederhana bisa jadi masalah. Gara-gara pernah membuat pencarian tentang akun facebook kawan kamu, jadi deh kamu gak bebas untuk menggunakan menu pencarian ketika bersama si kawan. Karena ketika kita membuka menu pencarian akan terlihat semua kata kunci yang pernah kita masukkan. Dan jika kawan kita melihat akunnya di riwayat pencarian kita, bisa-bisa dia salah sangka…

Cara menghapus riwayat pencarian di facebook dengan mudah

Kawan-kawan yang merasa terganggu karena riwayat pencarian facebook kalian itu, bisa kalian atasi dengan cara yang sangat mudah, yuk ikuti cara berikut ini!

1. Bagi kalian yang sudah berada di laman beranda, langsung klik menu pencarian.

Gambar 1. Beranda facebook
Beranda facebook

2. Oke, di sini sudah muncul nama akun facebook, grup atau halaman yang pernah kita cari di menu pencarian. Selanjutnya klik edit untuk menghapus akun yang diinginkan.

Gambar 2. Riwayat pencarian
Riwayat pencarian

3. Berikut ini akan ditampilkan catatan aktivitas yang pernah kita lakukan yang disimpan lengkap dengan tanggal. Selanjutnya klik pada tanda panah kebawah di samping nama akun yang ingin kita hapus dan klik di perintah hapus.

Gambar 3. Laman catatan aktivitas
Laman catatan aktivitas

4. Nah, sudah terlihat kan akun juju yang telah dihapuskan tidak lagi muncul dalam catatan aktivitas ataupun di riwayat pencarian. Cara ini jika kita hanya untuk menghapus satu akun atau beberapa akun saja!

Gambar 4. Catatan aktivitas
Catatan aktivitas

Gimana kalau kita ingin menghapus seluruh riwayat pencarian sekaligus, bisa gak??Bisa banget kawan, caranya klik di perintah hapus pencarian pada gambar di atas. Selesai seluruh riwayat pencarian akun kamu akan terhapus bersih.

Cara di atas berlaku untuk aplikasi facebook dan facebook di browser smartphone. Sedangkan untuk facebook lite, ada sedikit perbedaan caranya sama seperti di atas, hanya saja ketika kita ingin menghapus seluruh riwayat pencarian akan muncul pertanyaan untuk konfirmasi seperti di bawah ini! Langsung saja klik ya!

Gambar 5. Catatan aktifitas
Catatan aktifitas di fb lite

Bagi kalian yang login facebook di dua perangkat atau lebih gak perlu khawatir ada riwayat pencarian yang tersisa, karena ketika kita menghapus riwayat pencarian di satu tempat maka semua tempat yang pernah kita login akan mengikuti update terbaru akun kita, di laptop, di komputer, smarphone dan lainnya.

Namun jika kita membuat pencarian lagi, riwayat pencarian akan kembali tersimpan secara otomatis di dalam catatan aktivitas dan akan terlihat kembali ketika kita membuka menu pencarian. Nah, capek bukan! kita harus melakukan pembersihan setiap saat. Hal ini dikarenakan tidak adanya cara yang bisa dilakukan agar riwayat pencarian tidak lagi tersimpan secara otomatis.


Kawan-kawan, itu dia cara menghapus riwayat pencarian facebook di ponsel ataupun tablet kalian. Sangat mudah bukan? Bahkan bisa dengan satu kali klik jika ingin menghapus semua riwayat pencarian. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Salam dari penulis.

fatimahms

Punya motivasi "try again smile again" Tersenyumlah karena kamu sangat cantik ketika tersenyum dan Semua akan baik-baik saja! Hubungi penulis di [email protected]

Tinggalkan Balasan