Cara Sembunyikan Tanda Online di WhatsApp (Dari semua orang/kontak tertentu saja)

Terbit

Diperbarui

Secara default, status online kita bisa dilihat oleh semua orang di WhatsApp. Jika kamu ingin menghilangkan status online tsbt, hal itu bisa dilakukan dengan mudah dari menu ‘Privasi’ WhatsApp kamu. Itulah yang akan dibahas ditulisan kali ini.

Langsung saja kita bahas satu persatu.

Menyembunyikan tulisan Online di WhatsApp (dari semua orang)

Pastikan kamu sudah update aplikasi WhatsApp kamu ke versi paling baru. Untuk pengguna Android bisa cek playstore, dan pengguna iPhone/iOs bisa cek appstore.

Jika sudah diupdate ke versi paling anyar, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp kamu seperti biasa.
  2. Masuk ke halaman ‘Setelan’ atau ‘Settings’ (dengan tap ikon titik tiga dipojok kanan atas, lalu memilih opsi ‘Setelan’.)
  3. Selanjutnya masuk ke menu ‘Akun’.
  4. Setelah itu masuk ke ‘Privasi’.
  5. Dihalaman ‘Privasi’, masuk ke menu ‘Terakhir dilihat dan online’.
  6. Dihalaman ‘Terakhir dilihat dan online’ ini, pilih opsi ‘Tidak ada’ dipengaturan ‘Siapa yang dapat melihat terakhir dilihat saya’. Dan pilih ‘Sama seperti status terakhir dilihat’ dipengaturan ‘Siapa yang dapat melihat ketika saya online’.
  1. Setelah itu tap ikon kembali untuk menyimpan.
  2. Selesai. Dihalaman ‘Privasi’ seharusnya pengaturan terkait ‘Terakhir dilihat dan online’ sudah berubah.

Sampai disini seharusnya informasi ‘Terakhir dilihat’ ataupun ‘Online’ kamu sudah hilang dari WhatsApp kamu.

Menyembunyikan tulisan Online dari sebagian kontak tertentu saja

Seperti yang kita tau, dibagian ‘Siapa yang dapat melihat ketika saya online’, pilihannya hanya dua, yaitu ‘Semua orang’ atau ‘Sama seperti status terakhir dilihat’. Disini kita perlu pilih opsi kedua ‘Sama seperti status terakhir dilihat’.

Jika kita ingin mengatur bahwa status online kita hanya bisa dilihat misalnya oleh keluarga ataupun teman terdekat saja, maka kita perlu mengatur agar status ‘Terakhir dilihat’ hanya bisa dilihat oleh orang tsbt saja.

Untuk melakukannya, pilih opsi ‘Kontak saya, kecuali…’. Lalu centang orang-orang yang kita tidak inginkan disana. Pastikan anggota keluarga dan teman-teman yang kita bolehkan melihat tidak ikut dicentang.

Setelah memilih orang-orang yang tidak kita bolehkan melihat, tap ikon centang hijau untuk menyimpan.

Seharusnya sampai disini pengaturan “Terakhir dilihat” sudah mengecualikan orang orang tadi, dan pengaturan tanda “Online” sudah mengikuti pengaturan terakhir dilihat tadi.

Untuk pengguna WhatsApp web, bisa menyembunyikan tanda online juga

Sama seperti di WhatsApp biasa, disini kamu perlu masuk kemenu ‘Setelan’. Lalu pilih menu ‘Akun’. Lanjut masuk ke menu ‘Privasi’. Selanjutnya masuk kemenu ‘Terakhir dilihat dan online’. Disini silahkan atur siapa saja yang bisa melihat ketika kamu online.


Bagaimana, mudah bukan? Dengan begini kamu bisa mengatur agar tidak ada seorangpun yang tau bahwa kamu online, atau kamu juga bisa mengatur agar beberapa orang dari kontak kamu saja yang tau kalau kamu online.

Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Jika dirasa ada yang perlu dibahas lebih lanjut terkait topik ini, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dikolom komentar dibawah.

Tanggapan atas “Cara Sembunyikan Tanda Online di WhatsApp (Dari semua orang/kontak tertentu saja)”

  1. Avatar PUTRISANTIK
    PUTRISANTIK

    kemrenn bang

    1. Avatar yudha
      yudha

      kemaren? maksudnya mba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *