Cara menghilangkan postingan grup di beranda Facebook

Ketika kamu login, Facebook akan menampilkan halaman depan yang biasa kita sebut sebagai beranda atau home.

Pada beranda Facebook, akan muncul kabar berita dari teman. Melalui status yang dibagikan teman, kita jadi tahu kabar terbaru dari mereka tanpa harus saling bertukar sapa. Kemudian selain status teman, beranda juga menampilkan kabar berita lainnya. Diantaranya adalah postingan grup.

Setiap mengikuti grup, secara otomatis kita juga akan mengikuti postingan grup tersebut. Oleh karena itu, postingan grup tersebut juga akan muncul pada beranda. Karena banyaknya postingan grup yang ditampilkan pada beranda, informasi yang penting dari teman mungkin akan tergeser. Terlebih jika jumlah postingan pada grup tersebut cukup banyak. Tentunya postingan lain akan semakin tergeser ke bawah. Kita mungkin akan membutuhkan lebih banyak effort untuk mencari kabar berita yang lebih penting.

Namun demikian, sekarang pengguna Facebook tak perlu lagi dengan masalah tersebut. Kita dapat menghilangkan postingan grup di beranda Facebook dengan cara batal mengikuti grup tersebut. Caranya pun cukup mudah, kamu dapat menyimak informasi di bawah ini.

Menyembunyikan postingan grup melalui preferensi kabar berita

Salah satu alternatif cara untuk menghilangkan postingan grup di beranda Facebook adalah dengan mengaturnya melalui preferensi kabar berita. Melalui cara ini kita bisa menandai beberapa grup sekaligus untuk di unfollow. Berikut ini kami berikan tutorialnya.

1. Buka menu Facebook, yaitu ikon tiga garis pada beranda.

tap ikon tiga garis untuk membuka menu

2. Gulir layar ke bawah, maka kamu akan menemukan “pengaturan & privasi”. Pilih menu tersebut, lalu setelahnya pilih “pengaturan”.

3. Gulir layar kembali dan pilih “preferensi kabar berita”. Melalui fitur ini kamu dapat mengatur isi dari beranda Facebookmu. Kamu juga dapat memprioritaskan orang tertentu pada beranda Facebook.

buka "preferensi kabar berita"

4. Pada preferensi kabar beranda, silahkan pilih “batal mengikuti orang untuk menyembunyikan postingannya”.

pilih "batal mengikuti orang untuk menyembunyikan postingannya"

5. Pilih dan tandai grup yang akan kamu sembunyikan statusnya pada kabar beranda.

pilih grup yang ingin dibisukan postingannya

6. Setelah menandai, kembali ke halaman sebelumnya. Data grup yang ditandai akan otomatis tersimpan ketika kamu kembali ke halaman sebelumnya.

informasi jumlah postingan grup
informasi jumlah postingan grup setelah berhasil berhenti mengikuti

Meskipun batal mengikuti, akan tetapi kamu tetap akan berstatus sebagai anggota grup. Sehingga jika ingin keluar dari grup, kamu tetap perlu membuka grup terlebih dahulu.

Selain cepat, cara ini juga memiliki kelebihan lainnya. Kita juga akan mengetahui berapa banyak postingan setiap grup yang ditampilkan di beranda. Sedangkan untuk kelemahan dari cara ini adalah kamu mungkin akan kesulitan mencari grup yang ingin kamu bisukan. Ini dikarenakan daftar yang ditampilkan tidak hanya memuat grup saja, namun juga teman yang kita ikuti.

Berhenti mengikuti postingan grup melalui menu postingan

Cara lain yang cukup mudah diterapkan adalah berhenti mengikuti grup langsung dari postingan grup yang kamu lihat di beranda Facebook-mu. Lebih jelasnya, simak tutorial berikut.

1. Pada postingan grup di beranda, kamu dapat menekan ikon titik tiga pada ujung kanan.

tap ikon titik tiga pada postingan grup

2. Setelah itu akan muncul banyak pilihan menu, disini pilih “Lihat lainnya”, setelah itu pilih “berhenti ikuti (nama grup)”.

3. Selesai. Kamu kini tidak akan melihat postingan dari grup tadi pada beranda Facebookmu.

Langkah ini mungkin sekilas bisa dikatakan lebih simpel dari cara pertama. Akan tetapi kamu hanya bisa berhenti mengikut satu grup saja, dan perlu mengulanginya untuk grup-grup lain. Jadi tidak cocok dipakai kalau kamu mengikuti banyak grup.

Menyembunyikan postingan grup dengan cara membuka grup satu per satu

Terakhir, kamu dapat menghilangkan postingan grup di beranda Facebook dengan cara membuka grupnya satu per satu. Meskipun terkesan kurang praktis, akan tetapi dengan cara ini kamu dapat mengetahui semua grup yang kamu ikuti. Berikut ini langkah-langkahnya.

1.Tap ikon grup pada aplikasi Facebook.

tap ikon grup facebook

2. Buka “grup anda” untuk mengetahui semua grup tempatmu bergabung.

buka "grup anda"

3. Buka grup yang ingin kamu sembunyikan postingannya pada beranda.

buka grup yang akan dibisukan

4. Pada ujung atas, tekan ikon titik tiga. Ini merupakan tombol menu pada grup.

tap ikon titik tiga pada ujung kanan atas

5. Matikan tombol “mengikuti”.

matikan tombol "mengikuti"

6. Selesai.


Dari tiga cara diatas, kamu bisa pilih yang paling cocok denganmu. Kamu tidak perlu melakukan ketiga-nya, cukup salah satu saja.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan mengenai cara menghilangkan postingan grup di beranda Facebook. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca semua. Jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan