Cara Menghilangkan Postingan Yang Disarankan di Instagram

Apa perasaanmu saat melihat postingan Instagram yang diatasnya tertulis “Disarankan untuk Anda”?

Bagi saya sendiri, munculnya postingan rekomendasi di Instagram merupakan hal yang bagus karena kita bisa melihat postingan-postingan dari akun yang tidak kita follow.

Hanya saja seringkali postingan yang disarankan tidak sesuai dengan minat saya sehingga di tahun kemarin, saya mencari-cari cara untuk menghilangkan beberapa postingan rekomendasi yang muncul.

Saya tidak menemukannya karena waktu itu belum ada fitur untuk menghilangkan postingan yang disarankan. Namun hal itu berbeda di tahun ini. Ada pilihan yang bisa kamu ambil ketika kamu tidak menyukai postingan rekomendasi yang muncul di Beranda.

Cara Menghilangkan Postingan Yang Disarankan Instagram

Instagram menawarkan beberapa cara untuk menghilangkan postingan yang disarankan, mulai dari menghilangkan postingan dari akun tertentu, menghilangkan postingan yang berisi kata-kata tertentu hingga menghilangkan semua postingan yang disarankan selama 30 hari.

Jadi buat kamu yang kurang suka melihat postingan-postingan rekomendasi dari Instagram, kamu bisa mencoba salah satu dari beberapa cara menghilangkan postingan rekomendasi Instagram yang kami bahas di artikel kali ini.

I. Menghilangkan Postingan Yang Disarankan Dari Akun Tertentu

Jika kamu terganggu dengan saran postingan dari akun tertentu, karena suatu alasan, kamu bisa menghilangkan saran postingan hanya dari akun tsbt saja. Berikut cara melakukannya,

  1. Tap tanda “X” di sebelah kanan postingan tersebut.
  1. Akan ada notifikasi bahwa postingan telah disembunyikan, selanjutnya pilih opsi “Jangan sarankan postingan dari …..” yang ada dibawahnya.
  1. Dengan demikian, Instagram tidak akan lagi merekomendasikan postingan dari akun tersebut.

II. Menghilangkan Postingan Disarankan yang Mengandung Kata Tertentu

Instagram memberikan kita pilihan untuk menghilangkan sejumlah postingan rekomendasi berdasarkan kata atau frasa yang terdapat di caption atau hastag postingan tsbt.

Disini kamu bisa memfilter topik postingan yang kamu tidak sukai. Misalnya kamu tidak suka mendapatkan postingan terkait ‘Games’, maka bisa gunakan kata ‘Games’ untuk memfilter postingan tsbt.

Atau jika kamu tidak suka melihat postingan yang mengandung kata-kata tertentu seperti kata-kata kasar atau kata yang cukup sensitif untukmu, maka kamu bisa menghilangkan postingan tersebut

Berikut langkah-langkahnya,

  1. Silahkan tap tanda “X” di sebelah kanan postingan rekomendasi tersebut.
  1. Selanjutnya, tap opsi “Jangan sarankan postingan berisi kata-kata tertentu”.
  1. Masukkan kata-kata yang tidak ingin kamu lihat. Jika sudah, tap “Selesai”.
  1. Selesai. Seharusnya Instagram tidak akan lagi menyarankan postingan yang mengandung kata-kata yang sudah kamu masukan tadi.

III. Menghilangkan Semua Postingan Yang Disarankan Selama 30 Hari

Untuk kamu yang tidak ingin lagi melihat postingan rekomendasi muncul di Beranda Instagrammu, maka kamu bisa ‘snooze‘ atau ‘senyapkan’ fitur ini.

Sayangnya memang, kamu hanya bisa melakukan ‘snooze’ ini untuk 30 hari saja. Setelah 30 hari, kamu perlu ulangi lagi prosesnya jika kamu ingin snooze untuk 30 hari berikutnya.

Berikut langkah-langkahnya,

  1. Tap tanda “X” di sebelah kanan salah satu postingan rekomendasi dari Instagram.
  1. Tap “Snooze saran postingan di Beranda selama 30 hari”.
  1. Selesai. Postingan rekomendasi pun akan dihilangkan selama 30 hari ke depan.

IV. Untuk Yang Tidak Menemukan Tanda “X” Diatas postingan yang disarankan

Ketika kamu mencoba melakukan cara-cara di atas, mungkin kamu mengalami hal yang aneh dimana tidak ada tanda “X” di sebelah kanan atas postingan rekomendasi.

Saya juga mengalami hal yang sama ketika hendak menyelesaikan artikel ini. Ternyata tanda “X” pada postingan rekomendasi Instagram tiba-tiba saja menghilang.

Nah, jika demikian, maka solusinya adalah men-tap ikon titik tiga yang terdapat di sebelah kanan atas salah satu postingan rekomendasi. Kemudian tap “Tidak tertarik”.

Selanjutnya prosesnya sama seperti setelah men-tap tanda X. Postingan sudah berhasil disarankan, dan kamu bisa pilih opsi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara Mengembalikan Postingan Disarankan Yang sudah dihilangkan tadi

Ini tentunya sangat berguna ketika kita berubah pikiran dan ingin melihat kembali sejumlah postingan yang direkomendasikan tadi di Beranda Instagram.

Untuk melakukannya, pertama kamu perlu membuka dulu halaman “Konten yang disarankan”. Jika kamu belum tahu cara melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Tap foto profil di sebelah kanan bawah untuk menuju laman profil kamu.
  1. Tap ikon hamburger di kanan atas dan lanjutkan dengan tap “Pengaturan dan privasi”.
  1. Disini cari dan tap menu “Konten yang disarankan”.

Selanjutnya, kamu akan masuk ke halaman “Konten yang disarankan”. Disana ada banyak opsi, dibawah aku akan jelaskan detailnya.

I. Mengembalikan Postingan Disarankan Yang Disembunyikan Dari Akun Tertentu

Setelah membuka halaman Konten yang disarankan, silahkan lanjutkan dengan langkah-langkah berikut untuk mengembalikan postingan rekomendasi dari akun yang kamu sembunyikan.

1. Dihalaman ‘Konten Yang disarankan’ ini, pilih menu “Tidak Tertarik”.

2. Tap “Pilih” di kanan atas.
3. Lalu silahkan pilih postingan mana saja yang ingin kamu kembalikan.
4. Terakhir, tap “Hapus” yang terdapat di bagian bawah.

5. Berhasil. Postingan sudah dikembalikan.

II. Mengembalikan Postingan Disarankan yang Mengandung Kata Tertentu

Untuk mengembalikan postingan rekomendasi yang berisi kata-kata yang kamu blacklist, kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah yang sudah saya bahas di bawah.

1. Dihalaman ‘Konten yang disarankan’, tap “Kata dan frasa tertentu”.

2. Tap “Ketuk untuk melihat daftar Anda”.

3. Tap kata yang ingin dihapus.
4. Kemudian silahkan hapus kata tersebut dengan menekan ikon tempat sampah yang ada di sebelah kanan.

5. Jika sudah, tap “Selesai” untuk menyimpan.

III. Membatalkan snooze 30 hari terkait postingan yang disarankan tadi

Untuk mengembalikan semua postingan rekomendasi yang di snooze, maka kamu hanya perlu men-tap tombol toggle di sebelah kanan “Snooze postingan yang disarankan di beranda”.

Jika tombol tooggle sudah berwarna abu, artinya kamu sudah mengembalikan postingan yang di-snooze tadi.

Cukup mudah ya. Banyaknya menu dan opsi pengaturan memang membuat instagram menjadi jauh lebih kompleks, namun tidak bisa dipungkiri, pengaturan-pengaturan tadi tersedia untuk dimanfaatkan pengguna Instagram tu sendiri.


Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang merasa kurang nyaman dengan munculnya postingan rekomendasi di Beranda Instagramu.

Sekian untuk kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *