Cara menyembunyikan status online (tanda hijau) di Facebook

Saat kamu online menjelajah facebook maka tanda bulat hijau akan selalu terlihat alias mengidentifikasi bahwa kamu sedang aktif dan membuka facebook.

Sekarang, jika kamu sedang online, tak hanya di obrolan atau di messenger saja yang terlihat tanda titik hijau (status aktif) tetapi juga terlihat di samping foto profil kamu.

Apalagi kalau akun kamu sudah login di messenger, maka otomatis akan terlihat online selalu jika terkoneksi internet.

Disatu sisi, ikon titik hijau ini membantu kita mengetahui teman-teman mana saja yang sedang online dan bisa diajak chatting. Tapi disisi lain, kita juga bisa dilihat online oleh pengguna lain sehingga bisa aja ada yang mengajak chatting.

Dalam kenyataannya, saat online, belum tentu kita sedang mood untuk chatting. Bisa jadi kita online karena sedang ingin mencari informasi di grup kuliahan kita, atau sedang menonton tutorial di grup hoby kita, atau sekedar sedang menjelajah beranda dan tidak ingin diganggu.

Disini akan dijelaskan bagaimana cara mematikan tanda hijau online tadi dari facebook ataupun messenger kamu, agar saat kamu online tidak ada lagi yang tau.

Kalau kamu pengguna facebook regular, untuk mengatur hal ini, kamu harus mendownload dulu aplikasi messenger di play store. Tapi jika kamu menggunakan facebook lite dan facebook web di desktop ataupun browser HP maka tidak perlu aplikasi messenger.

Saya jelaskan secara detil untuk pengaruran 2 cara ini, pertama melalui messenger dan  kedua melalui situs facebook di browser Hp.

A. Cara menghilangkan tanda hijau online di Messenger

1. Buka aplikasi messenger kamu seperti biasa. Lalu tap foto profil kamu di pojok kiri atas.

Cara menonaktifkan status online di facebook

2. Pada halaman “saya” atau halaman profil ini, ada beberapa pengaturan, cari dan pilih menu “status aktif”.

Cara menonaktifkan status online di facebook

3. Kemudian tap icon navigasi di sebelah “Tampilkan saat anda sedang aktif”, nanti muncul pop up “nonaktifkan status aktif” tap “matikan”.

4. Jika ikon berwarna abu seperti dibawah ini, itu artinya status sudah nonaktif. Setelah itu tekan tombol back untuk kembali kehalaman sebelumnya. Disini kamu sudah berhasil mengubah status menjadi nonaktif

5. Selesai.

Sampai disini seharusnya status online kamu sudah tidak aktif lagi, dan tanda hijau tidak akan muncul saat kamu online selanjutnya.

B. Cara menghilangkan tanda hijau online di facebook lewat facebook web

Buat kamu yang selalu buka facebook di browser HP, tenang saya jelaskan detil caranya. Memang agak berbeda sih, karena letak setting nya bukan di menu pengaturan.

Disini saya menggunakan browser chrome ya, sebenarnya browser apa saja tak ada masalah sih. Yuk mari simak caranya.

1. Login akun fb kamu seperti biasa.  Lalu tap “icon messenger”. Kemudian gulir kebawah, cari dan pilih menu “teman aktif”.

Cara menonaktifkan status online di facebook

2. Kamu Lalu akan dibawa kehalaman “Teman aktif” seperti dibawah, disini terdapat list teman-teman kamu yang sedang online. Silahkan tap tombol “status aktif” di pojok kanan atas.

4. Dihalaman ini tap tulisan biru “Nonaktifkan status”, jika settingan berhasil maka kamu tidak bisa melihat lagi daftar teman mu yang sedang aktif.

5. Ok selesai sudah caranya. Mudah bukan?

Oh ya, Jika kamu mengubah kembali status tersebut menjadi online, maka butuh waktu kurang lebih 2 menit sampai status online tersebut terlihat kembali di obrolan teman kamu.

Sedikit tambahan informasi, ketika saya atur pengaturan status tersebut menjadi nonaktif di aplikasi messenger, berhasil hilang tanda bulat hijau jika saya lihat menggunakan akun facebook lain. Tetapi jika saya ingin atur kembali status menjadi online di aplikasi facebook lite, pengaturan tersebut tidak berubah menjadi nonaktif, padahal saya tadi sudah atur di aplikasi messanger.

Oleh sebab itu daripada nanti kamu bingung, padahal sudah di nonaktifkan, ko aktif kembali, so lakukan perubahan status tersebut cukup menggunakan salah 1 cara di atas saja ya guys. Sebagai contoh jika kamu setting ke status nonaktif melalui browser HP, maka kembali ke online nya pun melalui browser Hp. Begitu ya guys.

Mematikan obrolan atau status online di facebook tidak akan membuat kamu rugi sedikitpun. Kamu tetap bisa menerima pesan messenger dari teman-teman kamu, maupun membalas pesan. Hanya saja, kamu tidak bisa melihat list atau daftar kontak teman kamu yang sedang aktif.

Saya pribadi sangat jarang berinteraksi menggunakan chat messenger. Prefer to whatsapp sih. So, ada atau tidak tanda bulat hijau tersebut buat saya pribadi gak ada pengaruhnya hehe.

Tapi kalau menurut kamu bagaimana? yaa tergantung pilihan ada di kamu sendiri ya guys.

Sekian tutorial kali ini moga2 manfaat, bye.. thanks. \


Admin disini, sedikit menambahkan karena ada beberapa pertanyaan terkait hal ini yang dilontarkan di internet.

Pertama terkait arti tanda hijau di facebook. Ini sudah dijelaskan diatas oleh penulis, tapi beberapa pengguna ragu terkait hal ini, mereka menanyakan apakah tanda hijau ini artinya pengguna tersebut sedang chatting di facebook dengan orang lain.

Hal ini jadi pertanyaan dibeberapa forum dan sudah dibahas juga dengan detail. Berikut beberapa bahasan terkait hal ini.

https://www.quora.com/Does-the-green-dot-on-Messenger-only-mean-someone-is-chatting-with-another-person-or-just-active-on-Facebook

https://www.quora.com/When-using-Facebook-mobile-does-the-active-green-dot-mean-they-are-just-browsing-through-Facebook-app-or-they-are-on-the-actual-messenger-app

Sejauh yang admin ketahui, tanda hijau itu artinya online, dan kita tidak bisa tahu apakah orang tersebut sedang browsing di facebook, atau chatting dengan selingkuhannya :P. Saranku untuk positif thinking aja kalau begini mah.

Sekian, aku tutup juga tulisan ini, jika ada pertanyaan terkait, silahkan tambahkan dikolom komentar, insyaallah dijawab. Thanks..

Tinggalkan Balasan