Cara mengirim email dan file lampirannya lewat Gmail

Baru selesai buat email gmail dan masih belum tau cara menggunakannya? Belum tau cara mengirim email ataupun kirim file lewat email ? Tenang aja. Karna disini aku bakal kasih contoh gimana caranya mengirim pesan mulai dari langkah pertama hingga pesan terkirim.

Disini juga akan dijelaskan cara mengirim file lampiran seperti foto, video, dokumen PDF/word, RAR, dll.

Jika kamu mahasiswa ataupun pekerja, mungkin berkirim email sudah hal yang lumrah. Karena biasanya dikampus ataupun kantor, banyak tugas-tugas yang harus dikirimkan melalui email.

Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, email juga sering dipakai. Sering banget malah. Dan aku yakin kedepannya, penggunaan emailpun akan terus meningkat. Jadi buat yang belum tau, wajib belajar dan cari tau.

Cara mengirim email lewat gmail

Disini kita akan gunakan aplikasi gmail di hp. Kenapa ga lewat browser? Itu karena tampilan gmail di browser biasanya kelewat basic. Jadi disini kita pakai aplikasi gmail.

Step 1 : Masuk ke aplikasi Gmail melalui Smartphone, untuk menulis email baru tap tanda panah pada bagian bawah halaman utama email kalian

Memulai Pengiriman Email
Memulai Pengiriman Email

Step 2 : Masukka alamat email orang yang akan kalian kirimkan email, jangan lupa masukkan CC dan BCC jika ada/perlu.

masukkan Penerima, CC, dan Bcc
Masukkan Penerima, CC, dan Bcc

Step 3 : Selanjutnya masukkan subject atau judul email yang akan kalian kirim. Setelah itu kalian tulis isi email yang akan kalian kirim

Subject dan Isi Email
Subject dan Isi Email

Step 4 : Untuk mengirim email tap tanda panah di atas pada halaman penulisan email.

Kirim Email
Kirim Email

Step 5 : Email kalian sudah terkirim.

Untuk memastikannya kalian bisa masuk ke folder terkirim, jika email yang kalian kirim tadi sudah terkirim maka secara otomatis akan masuk ke berita terkirim. Jika email kalian masih berada di folder outbox, maka kemungkinan orang orang yang kalian kirimkan email belum menerima email kalian. Jadi pastikan lagi ya

Cara mengirim file lampiran lewat gmail

Salah satu alasan kenapa orang orang lebih memilih mengirimkan pesan melalui email adalah karena kita dapat mengirimkan file lampiran sekaligus. Sebelum masuk ke bagaimana cara melampirkan file di gmail, ada baiknya kita mengetahui jenis dan file apa saja yang dibolehkan untuk dilampirkan.

Jenis File yang diblokir Gmail

Sebenarnya Gmail melakukan blokir pada sebuah file bukanlah tanpa alasan. Ketika kalian mengirim suatu file, maka akan muncul “Pesan ini diblokir karena berisi konten yang berpotensi menyebabkan masalah keamanan” di gmail kalian.

Ini karena ada tipe file yang bisa disisipi virus. Jadi gmail hanya menerima sebagian jenis file yang tergolong aman.

Jenis file ini selalu diupdate oleh gmail dan terus berubah. Berikut adalah format file yang dilarang oleh Gmail untuk dilampirkan.

.ADE, .ADP, .APK, .BAT, .CHM, .CMD, .COM, .CPL, .DLL, .DMG, .EXE, .HTA, .INS, .ISP, .JAR, .JS, .JSE, .LIB, .LNK, .MDE, .MSC, .MSI, .MSP, .MST, .NSH .PIF, .SCR, .SCT, .SHB, .SYS, .VB, .VBE, .VBS, .VXD, .WSC, .WSF, .WSH, .CAB

nah jika kalian mengirim file dengan format tersebut diatas, maka gmail akan melakukan block pada file tersebut sehingga walaupun email kalian terkirim file yang kalian lampirkan akan dihapus oleh gmail dan tidak terkirim.

Namun tidak perlu kuatir, kalian masih bisa mengirim lampiran tersebut dengan cara mengupload file tersebut dengan menggunakan google drive lalu mengirimkannya sebagai lampiran dengan menggunakan google drive.

Batas Ukuran Lampiran Gmail

Selama ini gmail tetap konsisten untuk membatasi pengiriman lampiran. Ukuran maksimal lampiran yang bisa kita kirim adalah 25Mb. Kalian tidak bisa mengirim file lebih dari batas yang telah ditentukan Gmail. Namun jika kalian memang harus terpaksa mengirim fil berukuran lebih dari 25mb, kalian juga bisa mengirimnya menggunakan Google Drive.

Cara mengirim file (dibawah 25 MB)

Step 1: Masuk ke halaman pembuatan email seperti dibawah ini.

Halaman Pembuatan Email Baru
Halaman Pembuatan Email Baru

Step 2: Untuk mengirim lampiran tap icon clip seperti dibawah.

Lampirkan File
Lampirkan File

Step 3: Pilih lampirkan file

Pilih Lampirkan File
Pilih Lampirkan File

Step 4: Kalian akan masuk ke kartu memori hp kalian, cari file yang akan kalian kirim bisa berupa foto atau dokumen

pilih berkas
Pilih Berkas

Step 5: Lampiran kalian akan muncul di bagian bawah email yang telah kalian tulis, untuk mengirim email, tap tanda panah bagian atas

Kirim Email
Kirim Email

Cara mengirim file berukuran besar (diatas 25 MB)

Seperti yang kita ketahui, Gmail membatasi penggunanya dalam hal ukuran lampiran. Kalian hanya bisa mengirim lampiran dengan batas 25 Mb saja. Namun tidak usah khawatir karena Google juga memfasilitasi penggunanya dengan Google Drive. Google drive sendiri berfungsi sebagai media penyimpanan online dari google.

Step 1: Sebelum mengirim email, kalian masuk ke Google Drive Terlebih dahulu, namun jika Smartphone kalian sudah tersinkron dengan google, kalian cukup masuk ke aplikasi Google Drive tanpa perlu log in. Jika kalian tidak memiliki aplikasi Google Drive, silahkan download ke playstore untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Step 2: Setelah berhasil masuk ke Google Drive, Upload file yang akan kalian kirim dengan cara klik tanda “+” pada kanan bawah layar

Upload File
Pilih Tanda Tambah Untuk Upload File

Step 3: Pilih Upload

Pilih Upload

Step 4: Kalian akan diarahkan menuju penyimpanan perangkat untuk dapat upload file. Pilih file yang akan kalian upload. Pastikan File tersebut sudah tersimpan di perangkat kalian.

Upload File
Upload File

Step 5: Tunggu hingga proses upload selesai

Proses Upload
Proses Upload

Step 6: Jika upload sudah selesai, kalian bisa tinggalkan google drive lalu masuk ke penulisan pesan di Gmail.

Step 7: Tulis tujuan pesan, subjek, dan isi email seperti biasa

Masukkan Alamat tujuan, subject, dan isi pesan
Masukkan Alamat tujuan, subject, dan isi pesan

Step 8: Pilih icon “Lampiran” pada kanan atas layar

Pilih Lampiran
Pilih Lampiran

Step 9: Pilih “Sisipkan dari Drive“.

Pilih sisipkan dari drive
Pilih sisipkan dari drive

Step 10: Kalian akan masuk ke google drive, pilih file yang sudah kalian upload dan akan kalian kirim, lalu tap “pilih”

Step 11: Nah kalian sudah berhasil melampirkan file berukuran besar. Untuk mengirim pilih tanda panah pada kanan atas layar.

Lampiran File Besar
Lampiran File Besar

Step 12: File sudah sampai ke penerima, untuk mendapatkan file tersebut penerima hanya perlu klik atau tap lampiran tersebut dan Kalian akan diarahkan ke halaman download lampiran di Google Drive.

Email diterima
Email diterima

Cara mengirim banyak file / folder

Untuk mengirim banyak file sekaligus, kalian bisa menggunakan melampirkan seperti biasa, hanya saja, kalau jumlah filenya terlalu banyak, misalnya ada 100 file, tidak mungkin lewat cara tsbt.

Oleh karena itu untuk mengirim file yang banyak sekaligus, kalian harus menggabungkan file tersebut menjadi satu file RAR, dengan menggunakan Winrar atau Winzip.

Kalian bisa mendownload aplikasi RAR pada playstore.

Aplikasi Rar Android
Aplikasi Rar Android

Saya merekomendasikan aplikasi ini karena penggunaannya tidak terlalu ribet, kaliah hanya perlu mencentang file yang akan kalian gabungkan jadi satu file RAR.

centang file yang akan di rar
centang file yang akan di rar

Lalu pilih icon pembuatan file rar seperti gambar dibawah.

Extract File
Extract File

Isi nama file, pilih tipe file RAR. Lalu tap OK.

Pilih Ok
Pilih Ok

File sudah berhasil di menjadi satu file besar RAR. Kamu tinggal kirimkan file tersebut dengan cara sebelumnya, kalau ukuran file RAR masih dibawah 25 MB kamu pilih cara kirim yang pertama, sedangkan kalau filenya berukuran lebih dari 25 MB, maka kamu perlu upload file ke google drive seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Itulah cara mengirim email dan melampirkan File atau dokumen lewat gmail di hp kamu. Cukup mudah bukan? jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komen.

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan