Cara mengirim file (foto, video, zip, dll) lewat email yahoo

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini banyak sekali tuntutan baik dari bangku kuliah maupun pekerjaan, untuk mengirim apapun dari email.

Hal ini dikarenakan email atau surel (surat elektronik) merupakan media pengiriman pesan yang formal. Oleh karena itu tidak jarang kita diminta untuk mengirim dokumen atau file lainnya menggunakan email.

Nah, disini akan dibahas bagaimana cara mengirim file lampiran seperti foto, video, dokumen, zip atau rar, dll lewat email yahoo.

Tapi sebelumnya, ada beberapa ketentuan dari yahoo yang kalian perlu ketahui.

Pertama, ada batas ukuran lampiran di email Yahoo. Sama halnya dengan layanan pengiriman email di layanan lain, Yahoo juga membatasi ukuran terbesar file yang bisa dilampirkan. Adapun batas maksimal file lampiran adalah 25 MB. Namun kalian tidak perlu khawatir, jika kalian diharuskan untuk mengirim file diatas 25MB, tetap bisa dilakukan, hanya saja ada sedikit langkah tambahan. Mungkin nanti akan dibuatkan artikel terpisah untuk hal ini.

Kedua, ada jenis file yang tidak boleh dilampirkan di email yahoo. Berikut list format yang diblokir oleh Yahoo Mail.

.ADE, .ADP, .APK, .BAT, .CHM, .CMD, .COM, .CPL, .DLL, .DMG, .EXE, .HTA, .INS, .ISP, .JAR, .JS, .JSE, .LIB, .LNK, .MDE, .MSC, .MSI, .MSP, .MST, .NSH .PIF, .SCR, .SCT, .SHB, .SYS, .VB, .VBE, .VBS, .VXD, .WSC, .WSF, .WSH, .CAB

Tenang aja, untuk jenis file dokumen seperti PDF, XLS, dll tidak ada batasan. Untuk jenis file image dan video seperti JPG, PNG, MP4, dll juga tidak ada batasan. File-file yang pada umumnya dipakai, itu hampir tidak ada batasan.

Nah setelah tau batasan diatas, barulah kita masuk ke proses pengiriman file di email yahoo. DIsini penjelasan akan terbagi menjadi dua bagian. Dimana bagian pertama, untuk pengguna HP, sedangkan bagian kedua untuk pengguna komputer.

Mengirim email yahoo melalui aplikasi yahoo di HP/tablet

Untuk mengirim sebuah email saat ini kalian sudah tidak perlu repot lagi menggunakan komputer, kalian sudah bisa mengirim email hanya dengan menggunakan HP. Tentunya kalian harus mendownload aplikasi Yahoo di Android atau IOS kalian. Yang belum donwload, ini link donwloadnya.

Untuk android https://play.google.com/store/apps/details?id=com.yahoo.mobile.client.android.mail&hl=en , untuk ios https://apps.apple.com/us/app/yahoo-mail-organized-email/id577586159

Untuk mengirim pesan menggunakan aplikasi Yahoo, kalian bisa mengikuti langkah langkah berikut.

a. Mengirim email yahoo tanpa lampiran di HP

1. Masuk ke aplikasi Yahoo kalian. Akan terlihat tampilan berikut.

Halaman Awal Yahoo Messenger

2. Untuk mulai mengirim pesan email, tap “ikon pensil”.

Mulai Mengirim pesan

3. Kalian akan dibawa kelaman pengiriman pesan seperti dibawah ini. Dibagian “To”, Isi dengan alamat email tujuan kalian, dibagian CC/BCC bisa dikosongkan, sedangkan bagian judul/subjek, isi dengan judul pesan. Selanjutnya dibagian Isi pesan, tambahkan pesan yang ingin kalian sampaikan disana. Selanjutnya, tap “Send” jika sudah.

masukkan alamat tujuan, subject, dan isi pesan

4. Pesan email tadi sudah berhasil terkirim. Untuk memastikamnya, kalian bisa cek pada folder pesan terkirim atau “Sent” folder.

Email berhasil dikirim

b. Mengirim file lewat email yahoo di HP

1. Buka aplikasi Yahoo.
2. Tap “ikon pensil” untuk masuk ke laman pembuatan pesan email.
3. Dilaman ini, masukkan “tujuan”, “subjek”, dan “isi” dari email tsbt. Lalu untuk menambahkan file, pilih “ikon +” disudut kanan bawah seperti gambar dibawah.

masukkan alamat email tujuan, subject, dan isi pesan

4. Selanjutnya akan muncul ikon kecil dibawah, pilih “ikon clip” untuk melampirkam file.

Kalian bisa juga menggunakan ikon lain, seperti ikon pertama untuk menambahkan foto dan media lain di HP. Jadi testing saja ikon lainnya jika kalian ada waktu lebih.

tap icon attachment

5. Kalian akan masuk kehalaman “memori penyimpanan” di HP, Buka folder dan cari file yang ingin kalian kirimkan.

Pilih File yang akan dilampirkan

6. Jika berhasil, maka file yang kalian kirimkan akan terlihat dihalaman pengiriman pesan seperti dibawah ini. Kalian bisa menambahkan beberapa file, tidak ada batasan jumlah setauku. Jika sudah selesai, tap “Send”

Kirim Email

7. Pesan sudah terkirim, kalian akan dibawa ke inbox. Dibawah ini karena email yahoo masih baru, jadi inbox masih kosong.

Pesan Terkirim

Mengirim email yahoo melalui Komputer

Tidak bisa dipungkiri, mengirim email dikomputer jauh lebih nyaman, karena lebih besar ruang untuk mengetik emailnya, tersedia pilihan lebih banyak, dstnya.

Selain itu untuk pekerja ataupun mahasiswa, laptop aau komputer merupakan hal yang tidak terpisahkan, semua data tersimpan dikomputer. Sehingga ketika perlu mengirim file lewat email, memang lebih mudah kalau proses pengiriman emailnya juga dilakukan dikomputer.

a. Mengirim email Yahoo tanpa lampiran di komputer/laptop

1. Masuk ke inbox email yahoo kalian lewat sini login.yahoo.com/. Jika kalian belum login, biasanya akan diminta memasukkan email dan password.
2. Selanjutnya, kalian akan dibawa kelaman inbox berikut ini.
3. Disini klik tombol “Tulis” atau “Compose” kalau bahasa inggris.

Tulis pesan

4. Kalian akan dibawa kelaman penulisan email seperti dibawah. Seperti biasa, isi tujuan, subjek dan pesan yang ingin kalian sampaikan. Simpel banget kok, cuma ada 3 kolom disana. Kolom pertama untuk tujuan, dibawahnya untuk subjek, selanjutnya untuk isi pesan.

Masukkan Alamat

5. Jika sudah selesai, klik tombol “Kirim” dan pesan akan langsung dikirim

Pesan Terkirim

6. Sampai disini kalian sudah berhasil mengirimkan sebuah email lewat email yahoo kalian.

b. Mengirim file lewat email yahoo di komputer/laptop

Langkah 1 sampai langkah 4, sama dengan penjelasan diatas.

5. Disini kalian sudah berhasil mengisi alamat email tujuan, subjek dan isi pesan. Klik “ikon clip kertas” seperti pada gambar untuk menambahkan file lampiran.

Halaman Tulis Pesan

6. Akan muncul pop-up kotak pencarian file. Disini kalian tinggal browse, masuk ke folder penyimpanan file tsbt, lalu klik filenya. Setelah itu klik “Open”.

Pilih Lampiran

7. Kalian bisa memilih lebih dari satu file dilangkah sebelumnya. Jika sudah klik open, file akan di upload ke server yahoo, biasanya kalau ukurannya agak besar, perlu waktu sedikit lama.

lampirkan Pesan

8. Jika sudah selesai upload filenya, kalian bisa klik tombol “kirim” untuk mengirim pesan berisi lampiran tersebut.

Kirim Pesan

9. Sampai disini, kalian sudah berhasil mengirim file lewat email yahoo kalian.


Itulah bagaimana cara mudah mengirim pesan dengan menggunakan Yahoo. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim kekolom komentar

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan