Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp dengan Mudah

Mau mengirim pesan langsung ke banyak orang? Kalian bisa menggunakan fitur Broadcast pada aplikasi WhatsApp. Yup, Broadcast merupakan salah satu fitur yang memungkinkan kita untuk mengirim satu pesan langsung ke banyak orang. Broadcast pada aplikasi WhatsApp hampir mirip dengan Broadcast pada SMS dan BBM.

Broadcast ini memudahkan pengguna WhatsApp apabila mereka ingin mengirim pesan ke lebih dari satu orang karena tentu ada beberapa kasus yang mengharuskan kita mengirim pesan langsung ke banyak orang, misal mengirim undangan untuk menghadiri rapat suatu organisasi yang beranggotakan 50 orang. Tidak mungkin bukan kita akan mengirim pesan ke 50 orang secara manual satu persatu?

Maka dari itu, WhatsApp sangat memudahkan kita dengan adanya fitur Broadcast ini. Selain memudahkan, fitur ini juga dapat digunakan untuk membagi atau mencari informasi apabila kita menemukan atau kehilangan suatu barang. Dengan begitu, peluang untuk barang tersebut ditemukan oleh yang bersangkutan dan kita menemukan barang kita yang hilang akan lebih besar.

Lalu bagaimana cara mengirim pesan Broadcast di WhatsApp? Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu mempunyai nomor HP orang yang ingin kita kirimi pesan dan mengetikkan atau mengcopy pesan yang ingin kita kirimkan. Langsung saja mari kita simak langkah-langkah untuk mengirim pesan Broadcast di WhatsApp.

Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp

Mengirim pesan Broadcast di aplikasi WhatsApp dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun. Kita hanya perlu menyiapkan pesan yang ingin kita Broadcast dan kepada siapa saja pesan tersebut akan kita kirim. Untuk lebih detailnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi WhatsApp

Karena kalian ingin mengirim pesan Broadcast melalui WhatsApp, maka kalian harus mempunyai aplikasi WhatsApp serta mempunyai akun dan hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka WhatsApp

2. Tap titik tiga vertikal di pojok kanan atas

Setelah kalian membuka WhatsApp, kalian akan melihat ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Tap atau klik ikon tersebut.

3. Pilih siaran baru

Pada menu ikon titik tiga tersebut akan muncul pilihan yang diantaranya adalah ‘Siaran baru’. Klik pilihan tersebut untuk memulai pesan siaran.

4. Cari kontak yang ingin kalian kirimi pesan

Setelah kalian memilih ‘Siaran baru’, akan muncul daftar kontak yang kalian miliki. Disini kalian bisa memilih siapa saja yang nantinya akan kalian kirimi pesan secara bersamaan. Caranya, kalian bisa klik atau tap kontak yang kalian ingin kirimi pesan dan disini kalian diharuskan memilih minimal dua kontak. Kenapa begitu? Tentu saja karena fitur Broadcast ini diperuntukkan untuk pengguna yang ingin mengirimkan pesan ke lebih dari satu orang.

5.  Klik ikon centang pada bagian kanan bawah

Setelah kalian selesai memilih daftar kontak yang kalian inginkan, jangan lupa tap ikon centang yang dikelilingi warna hijau pada bagian kanan bawah agar orang-orang tersebut tersimpan sebagai orang yang ingin kalian kirimi pesan.

6. Ketikkan pesan kalian

Setelah kalian selesai menyimpan siapa saja yang ingin kalian kirimi pesan, maka kalian akan dibawa ke ruang chatting seperti ketika kalian ingin mengirim pesan pribadi atau ke satu orang saja. Silahkan kalian ketikkan pesan kalian atau kalian bisa menempel atau paste apabila kalian sudah menyiapkan pesan yang ingin kalian kirimkan sebelumnya.

7. Kirimkan pesan kalian

Setelah pesan yang ingin kalian kirim sudah siap, silahkan kirim pesan tersebut dengan klik ikon di sebelah kanan pesan dan pesan kalian akan terkirim secara bersamaan ke kontak-kontak yang sudah kalian pilih tadi.

Cara yang sangat cepat dan mudah bukan untuk mengirim pesan ke banyak orang secara bersamaan? Kita bayangkan saja mengirim pesan yang sama ke banyak orang secara manual satu persatu tentu akan memakan waktu yang sangat lama dan kesabaran ekstra. Maka dari itu, fitur Broadcast ini tentu sangat membantu untuk banyak orang apalagi orang yang mempunyai banyak relasi dalam satu kelompok.

Baca juga: Cara melihat status WA teman tanpa keahuan

Manfaat yang Didapatkan dengan Adanya Broadcast pada WhatsApp

Seperti yang sudah penulis singgung di tulisan di atas, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan mengirim pesan Broadcast. Kelebihan tersebut merupakan manfaat yang kita peroleh apabila kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Untuk mengupas lebih lanjut apa saja manfaat yang diberikan oleh pesan Broadcast, maka akan penulis bahas pada tulisan berikut ini.

1. Menghemat Waktu

Coba kita kalkulasi waktu yang kita butuhkan untuk mengirim 50 pesan yang sama secara manual atau satu persatu dan mengirimnya dengan cara Broadcast. Pasti kita akan memilih Broadcast bukan? Dengan pesan yang sama dan jumlah penerima pesan juga sama, Broadcast mampu menghemat waktu kita dengan sangat efektif.

Melalui Broadcast, kita hanya perlu memilih siapa saja yang akan kita kirimi pesan yang sama dan menuliskan pesannya. Sedangkan apabila kita mengirimkannya satu persatu, kita harus mencari dan menuliskan pesannya satu persatu pula. Dengan begitu, kita bisa menyelesaikannya dua kali lebih cepat dari yang seharusnya.

2. Memastikan semua orang yang kita broadcast mendapat pesan yang sama

Pengiriman pesan melalui Broadcast tentunya akan meminimalkan kesalahan pengiriman baik salah kepada siapa pesan tersebut kita kirim maupun salah pada pesan yang kita kirimkan. Dengan adanya Broadcast, kita bisa yakin bahwa pesan yang kita kirimkan ke banyak orang tersebut mempunyai isi yang sama. Dengan begitu, kita tidak perli repot mengetikkan pesan satu persatu untuk setiap orang yang akan kita kirimi.

3. Memudahkan pengecekan siapa saja yang sudah menerima pesan

Dengan mengirim pesan melalui Broadcast, kita bisa dengan mudah mengetahui siapa saja yang sudah menerima pesan kita dan yang belum menerimanya. Daripada kita melakukan pengecekan satu persatu, maka dengan adanya Broadcast tentunya akan lebih mudah karena berada pada satu halaman tanpa harus scroll layar terlalu banyak.

Baiklah, mungkin sampai disitu saja yang bisa penulis bahas. Semoga tulisan tersebut bisa menjadi manfaat bagi kalian semua. Untuk kalian yang sudah membaca, bisa segera kalian aplikasikan dengan mencoba mengirimkan pesan Broadcast kepada orang-orang yang ada di kontak kalian.

Biasanya, fitur Broadcast pada aplikasi BBM digunakan oleh pemilik akun untuk mengetahui apakah teman mereka yang menggunakan BBM masih aktif atau tidak. Jadi mungkin kalian bisa melakukan hal yang sama untuk mencoba fitur Broadcast pada WhatsApp ini.

Baca juga: Cara mengirim gambar WA tanpa terkompress

Selamat mencoba dan semoga manfaatnya bisa kalian nikmati ya J