Cara mengubah bahasa di Whatsapp ke bahasa indonesia

Aplikasi pengolaan pesan yang saat ini pasti digunakan oleh semua orang adalah Whatsapp. Semua pengguna Android dan IOS pasti menggunakan whatsapp untuk mengirim dan menerima pesan.

Karena digunakan diberbagai negara, Whatsapp sendiri memiliki banyak sekali bahasa. Ada sekitar 40 – 60 bahasa yang bisa kita gunakan di aplikasi ini. Berikut akan kita bahas bagaimana cara mengubah bahasa di aplikasi Whatsapp, terutama ke bahasa indonesia.

Alasan Mengubah Bahasa di Whatsapp

Sebagian dari kita mungkin pandai berbahasa inggris, tapi tidak bisa dipungkiri juga, dari sekian banyak pengguna whatsapp, kemungkinan lebih banyak lagi yang tidak fasih bahasa inggris jika dibandingkan dengan yang bisa.

Berikut alasan kenapa kita harus tau cara mengubah bahasa diaplikasi whatsapp yang kita gunakan ke bahasa yang paling pas di hati.

  1. Agar lebih memahami menu dan pengaturan yang ada di Whatsapp.
  2. Agar dapat memaksimalkan penggunaan Whatsapp. Jika kalian mengerti bahasa yang digunakan whatsapp, maka kalian akan lebih leluasa dalam mengatur menu menu pengaturan yang ada di Whatsapp agar sesuai dengan kebutuhan.
  3. Jika kalian sedang melakukan pengaturan bersama teman yang terbiasa dengan menu whatsapp bahasa inggris, sebaiknya kalian harus menyamakan bahasa whatapp agar tidak kebingungan dalam melakukan pengaturan.

Cara mengubah bahasa Whatsapp di Android

Bagi pengguna Android, kalian mungkin akan kebingungan dalam mengatur bahasa di Whatsapp. Dipengaturan aplikasi whatsapp sendiri kalian tidak akan menemukan pengaturan bahasa yang akan kalian gunakan.

Hal ini dikarenakan, bahasa yang kalian gunakan di Whatsapp mengikuti bahasa yang kalian atur di setting ponsel android kalian.

Jika kalian mengatur setting ponsel ke bahasa spanyol, maka aplikasi whatsapp sendiri secara otomatis menggunakan bahasa spanyol. 

Oleh karena itu khusus bagi pengguna Android kalian hanya bisa mengubah bahasa Whatsapp sesuai dengan bahasa di sistem android yang kalian gunakan. Nah, untuk mengubah bahasa di Android berikut adalah cara yang bisa kalian gunakan.

  1. Masuk ke Pengaturan ponsel pintar kalian.
  2. Pada pengaturan, pilih Setelan tambahan
Masuk ke setting lalu pilih setelan tambahan
Masuk ke setting lalu pilih setelan tambahan

3. Selanjutnya pilih Bahasa & Masukan

Pilih Bahasa dan Masukan
Pilih Bahasa dan Masukan

4. Tap pada bahasa. Disini karena sudah bahasa indonesia, kalian tap di tulisan indonesia.

Tap Bahasa
Tap Bahasa

5. Kalian akan diarahkan ke list pilihan bahasa yang bisa kalian gunakan. Pilih bahasa sesuai dengan yang kalian inginkan. Kalau bahasa inggris biasanya pilihannya adalah English (United states).

Pilih Bahasa Yang Diinginkan
Pilih Bahasa Yang Diinginkan

6. Masuk ke Aplikasi Whatsapp, dan bahasa pada aplikasi Whatsapp kalian sudah berubah secara otomatis.

Bahasa di Aplikasi Sudah Terganti
Bahasa di Aplikasi Sudah Terganti

Untuk negara negara tertentu (Whatsapp Tidak Menyebutkan Negaranya), kalian tidak harus mengubah bahasa melalui sistem di Android. Kalian bisa langsung masuk ke aplikasi Whatsapp, pilih Setelan, Pilih chat, lalu akan muncul pilihan bahasa aplikasi. Namun untuk Whatsapp versi Indonesia tidak ditemukan pilihan tersebut. Artinya whatsapp di Indonesia belum support untuk mengatur bahasa di aplikasinya.

Cara mengubah bahasa di Whatsapp Web (GAGAL)

Secara umum, di situs resmi https://www.whatsapp.com telah tersedia pengaturan penggantian bahasa. Kalian cukup klik lambang bola dunia yang ada di kanan atas layar maka kalian sudah bisa mengubah bahasa di Situs whatsapp itu sendiri.

Namun cara ini hanya merubah bahasa yang ada di situs Whatsapp. Ketika kalian masuk ke whatsapp Web, maka bahasa di Whatsapp Web adalah bahasa inggris atau tidak berubah sama sekali.

Mengganti Bahasa Whatsapp
Mengganti Bahasa Whatsapp

Selain mengubah bahasa melalui situs Whatsapp, penulis juga melakukan beberapa cara namun tetap bahasa di Whatsapp web tidak berubah. Berikut penulis share cara-cara yang sudah penulis lakukan untuk mengubah bahasa di Whatsapp Web dan “tidak berhasil.” Semoga bisa jadi referensi, dan buat teman-teman yang tau agar bisa memberikan masukan dan tambahan.

1. Mengganti Bahasa di Windows

Mengganti bahasa di Windows cukup rumit. Kalian tidak bisa langsung masuk kemenu setting lalu mengubah bahasa. Kalian harus masuk ke situs microsoft dan mendownload antarmuka bahasa yang kalian inginkan.

Download Antarmuka Windows
Download Antarmuka Windows

Setelah itu masuk ke menu region & Language lalu Browser bahasa yang telah kalian download. Namun setelah melakukan cara ini dan masuk ke Whatsapp Web, bahasa tidak berubah sama sekali.

GAnti bahasa display Windows
Ganti bahasa display Windows

Admin: Ini pun rasanya tergantung versi os nya. Aku rasa akan ada perbedaan tampilan serta posisi pengaturan jika yang dipakai OS windows xp atau windows 7 atau 8 atau 10. Cmiiw. Soalnya aku memang tidak pernah ubah bahasa, sudah biasa bahasa inggris. Ehm…

2. Mengganti bahasa di browser

Pengaturan memilih bahasa masing masing browser berbeda beda. Namun kalian bisa masuk ke menu setting lalu pilih bahasa yang kalian inginkan.

Mengubah Bahasa Browser
Mengubah Bahasa Browser

3. Menyamakan bahasa di smartphone seperti bahasa di komputer

Cara ini sama dengan mengubah bahasa yang ada diperangkat Smartphone kalian. Namun cara ini juga tidak mampu mengubah bahasa di whatsapp Web, atau dengan kata lain Whatsapp Web tetap berbahasa Inggris.

Ketiga cara tersebut terbukti gagal dan tidak bisa mengubah bahasa di Whatsapp web.

Namun mungkin teman teman punya cara lain bisa di Share di Kolom Komentar (jika ada cara lain tulisan ini akan diupdate). Di halaman pusat bantuan pun tidak dijelaskan apakah whatsapp web bisa diubah bahasanya. Namun  mengingat bahasa yang digunakan whatsapp web merupakan bahasa inggris yang biasa digunakan sehari hari, maka sepertinya tidak terlalu perlu untuk mengubah bahasa di Whatsapp Web.

Admin: Aku juga udah coba tambahkan ?lang=id di akhir url web.whatsapp.com untuk liat apakah bisa berubah bahasanya. Ternyata tidak ada perubahan. Aku juga coba translate via google translate, tapi sepertinya web.whatsapp.com tidak bisa di load dalam frame. Untuk sementara, aku bisa ambil asumsi atau simpulan bahwa bahasa di wa web tidak bisa di ganti. Please correct me if i’m wrong.


Mengganti bahasa di Whatsapp tidaklah mudah. kalian harus mengganti bahasa disistem Android yang kalian gunakan. Dengan kata lain kalian tidak bisa mengganti bahasa langsung diaplikasi Whatsapp atau hanya aplikasi whatsapp saja yang bahasanya berubah.

Hal ini cukup merepotkan, karena jika mengganti bahasa melalui setting di Android maka tidak hanya aplikasi Whatsapp, namun semua pengaturan dan bahasa di Android akan terganti sesuai yang kita pilih.

Itulah penjelasan bagaimana cara mengganti bahasa di Android, jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan