Cara mengubah isi (konten) dari tab explore instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang kini cukup populer di kalangan pengguna internet. Pengguna Instagram dapat dengan mudah menemukan gambar dan video, baik itu yang bermanfaat ataupun yang tidak bermanfaat. Ketika kamu mencoba membuka explore Instagram, maka gambar dan video yang ditampilkan akan sesuai dengan kegiatanmu di Instagram. Apa yang kamu sukai, apa yang kamu simpan, dan apa yang kamu ikuti akan tercermin dari tampilan explorenya.

Namun bagaimana jadinya jika explore-mu berisi konten-konten negatif, padahal kamu merasa tidak ada yang salah dari kegiatanmu di Instagram? Atau bagaimana jika banyak spam yang beredar di explore Instagram karena suatu hal? Mungkin kamu berpikir untuk menghilangkan konten-konten tersebut, namun tidak tahu bagaimana caranya.

Dalam tulisan kali ini Bukugue dot com akan menyajikan cara mengubah isi explore instagram. Setelah kamu menerapkan cara ini, dijamin deh tidak lama kemudian kamu akan terhindar dari postingan yang tidak bermanfaat. Penasaran bagaimana caranya? Baca dan simak informasi berikut ini.

Mengubah isi explore Instagram dengan menyukai postingan

Cara yang satu ini mungkin bisa dibilang aneh. Akan tetapi karena isi explore juga merupakan pencerminan dari postingan apa yang kamu sukai, maka cara ini bisa diterapkan.

untuk mengubah isi explore, beri tanda love pada postingan yang kamu sukai
untuk mengubah isi explore, beri tanda love pada postingan yang kamu sukai

Namun tepatnya bukan berarti kamu harus menyukai semua postingan di Instagram.

Hanya saja pastikan untuk menyukai postingan yang memang bermanfaat untuk kamu atau memang benar-benar kamu sukai. Sedangkan untuk postingan yang tak kamu sukai, jangan paksakan untuk memberikan tanda love. Karena nantinya konten di explore Instagram kamu akan berubah sesuai dengan postingan yang kamu sukai.

Misalnya, mungkin beberapa reader Bukugue dot com ada yang menyukai kucing. Maka, agar isi explore kamu banyak berisi postingan berbau kucing, kamu harus banyak menyukai postingan tentang kucing. Atau misalnya, jika kamu tak menyukai postingan berbau makanan karena sedang ingin berdiet, maka jangan beri tanda love pada postingan kuliner atau makanan. Simpel kan?

Mengubah isi explore Instagram dengan menyimpan postingan

Instagram sekarang juga memberikan fitur untuk menyimpan postingan. Cara kerjanya hampir sama dengan bookmark pada browser. Ketika kamu menyimpan sebuah postingan, maka kamu akan dipermudah dalam mencari postingan tersebut. Namun bukan berarti postingan tersebut akan ter-download di ponsel kamu.

untuk mengubah isi explore, simpan postingan yang kamu sukai
untuk mengubah isi explore, simpan postingan yang kamu sukai

Nah, untuk cara mengubah isi explore Instagram yang satu ini tidak berbeda jauh dengan cara yang pertama. Kamu hanya perlu menyimpan postingan yang kamu sukai saja. Sedangkan untuk postingan yang tidak begitu kamu sukai, jangan kamu simpan.

Misalnya kamu sekarang sedang ingin memperbanyak postingan tentang tips kerja untuk fresh graduate atau lulusan baru. Maka dari itu, tambahkan postingan yang seperti ini (pada gambar) untuk kamu simpan. Kedepannya kamu akan disajikan lebih banyak postingan terkait dengan hal ini.

Mengubah isi explore Instagram dengan mem-follow akun

Salah satu alasan mengapa suatu konten bisa sampai pada halaman explore Instagram kamu adalah karena kamu mengikuti akun yang serupa dengannya. Misalnya untuk para perempuan, mungkin banyak mengikuti akun bertema kecantikan. Sehingga konten explore pengguna Instagram para perempuan biasanya juga berisi postingan bertema kecantikan.

follow akun-akun dengan tema yang kamu sukai
follow akun-akun dengan tema yang kamu sukai

Kesimpulannya, jika kamu ingin explore Instagram-mu berisi topik X, maka ikutilah akun-akun yang membahas topik atau tema X. Sebaliknya, jika kamu tidak menginginkan postingan dengan tema tertentu muncul di explore, maka kamu jangan mengikuti akun-akun dengan topik tersebut. Lama-lama isi explore pada Instagram kamu akan mengikuti topik dari akun yang kamu follow.

Kurangi konten tertentu dengan cara “lihat lebih sedikit”

Jika cara-cara sebelumnya lebih menekankan untuk menambahkan konten dengan tema tertentu ke dalam explore Instagram, maka cara yang satu ini sedikit berbeda. Selain menyukai, menyimpan, dan mengikuti, kamu juga dapat memilih konten seperti apa saja yang ingin kamu hilangkan. Untuk lebih lanjutnya, kamu dapat melakukan cara sebagai berikut.

1. Buka postingan yang ingin kamu sembunyikan. Terkadang kamu mungkin merasa terganggu dengan konten tertentu. Konten yang tidak sesuai dengan preferensimu bisa saja secara tidak sengaja masuk ke dalam explore Instagram kamu. Buka terlebih dahulu postingan tersebut pada explore instagram.

buka postingan yang ingin disembunyikan
buka postingan yang ingin disembunyikan

2. Tekan icon titik tiga pada ujung kanan atas postingan. Kemudian akan muncul pilihan seperti pada gambar berikut ini. Tap see fewer posts like this.

3. Ulangi hal yang sama seperti langkah tadi pada konten yang kamu anggap mengganggu. Lambat laun, isi dari explore Instagram kamu akan berubah dan konten yang mengganggu seperti tadi sudah tidak akan mampir di explore.

postingan berhasil disembunyikan
postingan berhasil disembunyikan

Kurangi konten tertentu dengan cara melaporkan postingan

Dalam menggunakan media sosial, terkadang ada beberapa dampak yang dirasakan oleh penggunanya. Dampak yang dirasakan bisa jadi baik atau justru buruk. Termasuk pada Instagram, terkadang ada beberapa konten yang tidak baik dan menyalahi aturan. Jika kamu merasa bahwa ada suatu postingan di Instagram yang melanggar panduan komunitas dan dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk bagi para pengguna Instagram, maka kamu dapat melaporkan postingan tersebut. Jika cukup banyak pengguna yang melaporkan suatu postingan, maka pemilik akunnya akan memperoleh sanksi dan postingan tadi bisa dihapus oleh pihak Instagram.

NB: Bagi kamu yang masih belum mengetahui panduan komunitas Instagram, kamu dapat membacanya melalui link berikut: https://help.instagram.com/477434105621119

Perlu diingat pula bahwa instagram tidak akan membagikan informasi si pelapor kepada yang terlapor. Sehingga melaporkan postingan di Instagram merupakan tindakan yang 100 persen aman. Justru dengan adanya laporan tadi, kamu telah berkontribusi untuk menjadikan konten Instagram terbebas dari penyalahgunaan. Selain itu, kamu juga sekaligus dapat mengubah isi explore Instagram-mu menjadi lebih baik lagi.

Untuk dapat melaporkan postingan di Instagram, kamu dapat melakukan langkah berikut ini.

1. Buka konten yang kamu anggap menyalahi aturan. Tap icon titik tiga pada ujung kanan atas postingan tadi. Setelah itu pada pilihan yang muncul seperti pada gambar berikut ini, pilih report.

2. Setelah itu pilih apakah postingan tadi merupakan spam atau postingan yang tidak pantas. Kemudian kamu akan ditujukan ke suatu halaman untuk memilih alasan kamu melaporkan suatu postingan. Pilih alasan yang sesuai dengan postingan tadi. Misalnya kamu merasa postingan tadi merupakan salah satu bentuk cyberbullying, kamu dapat memilih “harassment or bullying”.

3. Setelah itu, tap next untuk melanjutkan proses pelaporan postingan.

tap next untuk melanjutkan
tap next untuk melanjutkan

4. Lalu pilihlah siapa pihak yang menjadi korban bullying. Apakah pihak korban tersebut adalah kamu atau orang yang kamu kenal, ataukah public figure.

pilih siapa yang menjadi korban bullying
pilih siapa yang menjadi korban bullying

5. Setelah muncul ucapan “thanks for reporting this”, maka itu artinya kamu sudah berhasil melaporkan postingan tadi, lalu tap done.

jika postingan berhasil dilaporkan, akan muncul ucapan terima kasih
jika postingan berhasil dilaporkan, akan muncul ucapan terima kasih

Demikianlah itu tadi cara-cara untuk me-reset dan mengubah isi explore Instagram. Dengan melakukan cara-cara tadi, isi explore Instagram kamu akan dapat kamu reset sesuai dengan yang kamu inginkan. Sekian informasi dari Bukugue dot com, semoga informasi kali ini bermanfaat.

Tetap ikuti artikel menarik lainnya seputar media sosial di Bukugue dot com.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan