Cara Mengubah Pengaturan Privasi Foto di Facebook Menjadi Khusus Teman

Berbagai orang di belahan dunia pastinya mengenal dengan yang namanya facebook. Facebook sendiri yang membuat komunikasi seseorang menjadi lebih mudah bahkan bisa dibilang facebook juga lah  yang membuat perubahan yang sangat besar bagi kelangsungan semua umat. Mulai dari yang namanya tidak kenal dengan seseorang menjadi kenal karena facebook itu sendiri. Bisa dibilang facebook lah yang membuat pertemanan yang tadinya jauh menjadi dekat. Dengan bermain facebook pun kita dapat bertemu dengan teman lama yang sudah lama tidak bertemu selama bertahun-tahun tanpa kita sadari. Maka dari itulah, tak heran bila banyak orang yang memanfaatkan facebook untuk berkomunikasi setiap harinya.

Di satu sisi, facebook sendiri dapat dimanfaatkan untuk kita mengasah bakat yang ada pada diri kita sendiri dengan cara mengikuti berbagai grup. Ketika sudah memasuki sebuah grup tentu saja kita akan semakin pintar karena bertemu dengan berbagai orang mulai dari kalangan atas hingga bawah yang memberikan informasinya mengenai pengalamannya melalui forum grup facebook. Bermain facebook sendiri tentu saja dapat memberikan keuntungan pada kita bila kita mengetahui caranya dengan baik. Salah satunya adalah memanfaatkannya untuk berjualan.

Namun sayangnya, berjualan di facebook sendiri tentu saja bukan perkara yang mudah karena diperlukan sebuah teknik agar bisa mendapatkan pelanggan. Perlu juga sebuah kesopanan agar teman di facebook tidak menganggap kita orang yang hanya menyampah di facebook. Tentu saja hal ini kita tidak menginginkannya bahkan bisa bisa kita diunfriend oleh teman karena bermain facebook hanya untuk berdagang. Etika dalam bermain facebook sendiri tentu saja perlu diperhatikan agar teman yang awalnya berteman dengan kita tidak menghapus pertemanan.

Selain berdagang, pastinya bermain facebook tidak bisa lepas dengan yang namanya mengunggah foto. Bagi orang yang gemar mengunggah foto pastinya tiada hari tanpa mengunggah foto di facebook.  Tapi apa jadinya bila foto yang kita unggah menjadi boomerang bagi kita sendiri seperti seseorang mengambil foto kita tanp a minta izin bahkan orang yang mengambil foto tersebut pun kita tidak kenal dan bukan teman di facebook. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan dan rasanya kita ingin sekali marah kepadanya. Maka dari itulah kita juga perlu melakukan pengaturan privasi foto ketika ingin diunggah ataupun sudah diunggah ke akun facebook kita sendiri agar tidak bisa dilihat oleh sembarangan orang.

Hal ini tentu saja harus kita lakukan agar  menjaga nama baik kita tidak menjadi tercemar dikarenakan foto facebook yang dapat disalah gunakan oleh orang lain. Bahkan bisa dibilang kita tidak bisa tahu dengan apa yang terjadi bila foto kita diambil oleh orang lain tanpa izin kita terlebih. Maka dari itulah diperlukan sebuah kewaspadaan agar tidak timbul yang diinginkan. Caranya sendiri dapat dengan cara melakukan pengaturan privasi foto facebook agar hanya dapat dilihat oleh teman facebook. Mau tahu seperti apa? Yuk simak baik-baik di bawah ini.

Cara mengubah Pengaturan Privasi Foto di Facebook Menjadi Khusus Teman melalui pc/laptop

Bila kita ingin masuk ke akun facebook kita sendiri tentu saja kita butuh yang namanya Login Akun Facebook terlebih dahulu agar bisa masuk ke Beranda Facebook. Bila sudah berada di Beranda Facebook tentu saja kita bisa melakukan banyak hal pengaturan di Facebook itu sendiri. Untuk lebih jelasnya kamu harus mengikuti langkahnya di bawah ini.

  1. Masuk ke Profil Facebook

Pertama-tama yang kamu perlu lakukan adalah masuk ke profil facebook kamu terlebih dahulu. Ketika kamu sudah masuk ke profil facebookmu sendiri tentu saja kamu akan menemui yang namanya Linimasa, Tentang, Teman, Foto dan Lainnya. Selanjutnya kamu harus mengklik Foto. Hal ini bisa kamu lihat jelas di gambar atas.

  1. Menentukan Jenis Foto

Dalam hal ini, kamu akan menemukan bahwa foto di facebook sendiri terbagi menjadi dua yaitu Foto Anda serta Foto Album. Foto Anda sendiri tentu saja foto yang tidak dimasukkan dalam album dan biasanya diunggah untuk foto profil. Sedangkan foto album adalah kumpulan foto-foto yang disatukan menjadi sebuah album agar tidak membuat kita tidak repot ketika kita mencarinya.

  1. Mengubah Pengaturan Privasi Foto Anda

Versi 1:

  • Pada kesempatan ini saya memilih pengaturan Foto Anda. Ketika kita sudah mengetahui foto mana yang akan diubah pengaturannya maka ada baiknya bila foto diperbesarkan seperti yang tertera di gambar atas. Setelah itu, cari tanggal pengunggahan foto yang persis tepat di bawah nama facebook. Lalu klik tanda di samping tanggal yaitu bentuk bola dunia untuk mengubah pengaturan foto facebook. Maka yang muncul adalah Edit Privasi Kiriman. Jangan lupa di klik ya.

  • Setelah itu akan muncul tampilan baru kembali. Kemudian lakukan seperti yang di atas yaitu cari tanda yang berada persis di samping tanggal pengunggahan foto. Maka akan muncul beberapa pilihan jenis privasi yaitu untuk Publik, Teman, Teman kecuali …. , atau Hanya Saya. Dalam hal ini kamu harus memilih privasi khusus Teman. Hal ini dimaksudkan agar hanya teman facebook kamu yang dapat melihat foto di facebookmu.

Versi 2:

  • Ketika kita sudah memilih foto yang ada di Foto Anda maka jangan lupa untuk mengklik gambar agar menjadi besar seperti yang tertera di gambar atas. Setelah itu, cari tulisan Edit yang persis berada di samping tulisan Tambahkan Lokasi. Lalu klik Edit. Kamu bisa melihat langkahnya dengan jelas pada gambar di atas.

  • Kemudian persis di bawah tanggal penanyangan gambar ada bentuk tanda ikon bola dunia yang menandakan bahwa foto masih dalam keadaan khusus umum. Maka kamu harus mengklik ikon bola dunia tersebut kemudian klik Edit Privasi Kiriman.

  • Setelah itu, kamu dibawa ke jendela baru dan sama seperti hal di atas, kamu hanya perlu mencari ikon bola dunia persis di samping tanggal pengunggahan gambar. Jangan lupa untuk merubahnya menjadi khusus Teman.
  1. Mengubah Pengaturan Privasi Foto Album

Versi 1:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah kamu harus memilih salah satu album foto yang ada di facebookmu. Tetapi sebelumnya, kamu harus mengklik tulisan Album dan kamu akan masuk ke foto Album. Setelah itu, cari ikon titik tiga persis berada di bawah kanan cover album. Bila kamu tidak mengerti kamu dapat melihatnya di gambar di atas. Ketika ikon titik tiga diklik tentu saja akan muncul beberapa tulisan. Kemudian kamu harus mengklik Edit.

  • Ketika kita sudah mengklik Edit maka album foto akan menjadi semakin jelas dengan keterangan dan pengaturan yang ada di album foto tersebut. Selanjutnya kamu harus mencari tulisan Privasi dan klik agar muncul beberapa pengaturan privasi foto kemudian kamu harus mengubahnya menjadi Teman.

  • Untuk memastikan agar privasi foto Album menjadi khusus teman maka kamu harus mengklik Simpan agar pengaturan tidak berubah kembali menjadi Umum.

Versi 2:

  • Kamu hanya perlu mengklik album foto yang diingin diubah privasinya. Setelah itu, cari icon yang berbentuk bola dunia persis berada di bawah nama album foto. Kemudian jangan lupa untuk mengubahnya menjadi Teman. Kamu bisa melihat dengan jelas pada gambar di atas bila tidak mengerti.

Langkah-langkah Mengubah Pengaturan Privasi Foto di Facebook Menjadi Khusus Teman Melalui HP

Selain pengaturan privasi foto di facebook dilakukan melalui PC. Hal ini juga dapat dilakukan melalui handphone kamu bila kamu tidak ingin repot untuk membuka laptop terlebih dahulu. Namun sayangnya tentu saja mengatur privasi foto di handphone tidak sebebas dengan yang ada di pc karena memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat mengubah pengaturan privasi foto khusus foto album saja. Tanpa perlu lama-lama, Ini dia cara langkahnya.

  1. Masuk ke Profil Facebook

Tentu hal wajib yang perlu dilakukan adalah kamu harus login ke akun facebook kamu sendiri, kalau kamu belum login tentu saja kamu tidak bisa menuju ke akun facebookmu sendiri. Setelah itu seperti biasa menuju ke profil facebook dan kamu harus mengklik Foto.  

  1. Mengubah Pengaturan Privasi Foto Album

  • Seperti yang sudah aku bilang bahwa melakukan pengaturan privasi foto facebook di hp tentu saja memiliki keterbatasan yaitu hanya dapat melakukan privasi foto album. Setelah itu, pilihlah salah satu album foto yang ada di foto album. Hal ini bisa kamu ikuti dan kamu lihat secara jelas pada gambar di atas.

  • Ketika kita sudah masuk ke foto album dan terlihat jelas foto-foto apa saja yang berada di dalam foto album maka kamu harus mencari tulisan Privasi. Setelah itu, klik tulisan Publik yang persis berada pada tulisan Privasi tersebut.

  • Apabila tulisan Publik sudah diklik maka kita akan dibawa pada pengaturan privasi foto yaitu Publik, Teman, Hanya saya atau Daftar Teman. Maka dalam hal ini kamu hanya perlu mengklik tulisan Teman.

 

Melakukan pengaturan privasi foto di facebook sendiri tentu saja sangat diperlukan guna foto-foto yang kita unggah agar tidak diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam melakukan pengaturan privasi foto tentu saja bukanlah hal yang sulit dan tidak membutuhkan waktu yang sangat lama. Waktu yang dibutuhkan untuk pengaturan foto privasi sendiri hanya membutuhkan 5 menit bahkan bisa cepat. Hal ini juga tergantung pada koneksi internet kita sendiri.

Untuk melakukan pengaturan privasi foto di facebook,  ada baiknya bila kamu melakukannya di PC agar lebih mudah dan cepat dibandingkan melalui handphonemu. Melakukan pengaturan melalui handphone sendiri memiliki keterbatasan dibandingkan melalui PC. Selain itu, bila kamu tidak ingin repot-repot untuk melakukan pengaturan privasi foto facebook maka ketika kamu baru pertama kali mengunggah foto maka kamu harus langsung mengubah pengaturan privasi menjadi teman. Hal ini akan menghemat tenaga dan internet kamu sendiri.

Facebook sendiri menghadirkan berbagai pilihan privasi pada foto facebook tentu saja dimaksudkan agar menyesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Disaat kita merasa nyaman privasi foto diberlakukan untuk umum tentu saja hal ini boleh-boleh saja. Namun bila kita tidak ingin foto kita tidak terlihat oleh semua orang maka ada baiknya bila menyettingnya dengan privasi Teman.

Jadi sudah jelas bukan untuk mengubah privasi foto di facebook kita sendiri ternyata sangatlah mudah. Bila kamu merasa ada hal yang belum dimengerti ataupun punya saran dan kritik, kamu dapat berkomentar di kolom komentar. Sekian. Terimakasih.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar