Cara mengubah ukuran teks (font) di Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang saat ini cukup popular di Indonesia.

Berbeda dengan aplikasi chatting pada umumnya, di Telegram sendiri terdapat banyak sekali customisasi yang bisa dilakukan. Kalian bisa mengatur tema, mengatur tampilan, mengubah bahasa, mengganti ukuran font, dll.

Kali ini kita akan bahas bagaimana mengubah ukuran teks atau font di telegram.

Pengaturan ukuran teks atau font ini sangat berguna. Untuk kalian yang tidak menyukai huruf kecil kecil, atau untuk kalian yang memiliki orang tua dengan penglihatan kurang baik, kalian bisa mengatur ukuran teksnya menjadi besar agar lebih mudah dibaca.

Atau bagi kalian yang tidak terlalu suka dengan tampilan teks besar, kalian juga bisa menggunakan cara ini untuk memperkecil ukuran font tsbt.

Note: Untuk saat ini kalian belum bisa mengganti ukuran text di Telegram web (telegram versi website). Hanya bisa dilakukan di aplikasi telegram.

Untuk dapat mengatur ukuran font telegram, silahkan ikuti proses dibawah ini.

1. Masuk ke aplikasi Telegram kalian, baik itu di ponsel Android atau IOS. Jika sudah, tap “ikon garis tiga” dibagian pojok kiri atas.

halaman awal Telegram

2. Akan muncul pilihan opsi seperti dibawah ini. Pilih menu “Pengaturan”.

Pilih Pengaturan

3. Setelah masuk ke halaman pengaturan seperti dibawah ini, kalian bisa pilih “Pengaturan obrolan”.

pilih pengaturan obrolan

4. Dibagian paling atas, kalian bisa mengatur “ukuran teks pesan”. Untuk memperbesar tulisan kalian bisa geser slider ke kanan, sedangkan untuk memperkecil tulisan kalian bisa geser ke kiri. Perhatikan indicator angkanya, semakin besar angka tersebut maka ukuran teks akan semakin besar.

5. Jika sudah, kalian tinggal keluar dari menu pengaturan tsbt.

Untuk melihat hasilnya, kalian tinggal buka chat kalian seperti dibawah ini. Kalian akan melihat perubahan ukuran teks yang sudah kalian atur sebelumnya.

Ukuran Text berhasil diubah
Ukuran Text berhasil diubah

Jika kalian kurang puas dengan ukuran huruf yang kalian ganti maka kalian bisa mengulangi langkah tersebut hingga kalian mendapatkan ukuran teks yang pas.


Itulah bagaimana cara mengganti ukuran teks chat di Telegram. Jika ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa langsung kirim ke kolom komentar.

Admin: Sayangnya hanya ukuran teks pesan yang berubah, ukuran teks lainnya di telegram ternyata tidak bisa diubah. Saranku untuk cek pengaturan ponsel, di ponsel android sekarang ini rata-rata ada pengaturan untuk font ini, sehingga font secara keseluruhan bisa lebih besar.

Published by digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *