Cara mengubah ukuran teks pesan di Telegram

Saat ini mulai banyak orang indonesia yang menggunakan aplikasi telegram untuk berkirim pesan. Mungkin karena beberapa kelebihan telegram yang tidak dimiliki oleh aplikasi perpesanan instan lainnya, seperti misalnya fitur secret chat, dll.

Telegram juga meng-klaim memiliki enkripsi dan keamanan yang lebih baik dari yang lainnya. Walaupun mungkin klaim ini tidak bisa ditelan mentah-mentah, mengingat setiap aplikasi biasanya meng-klaim sebagai yang terbaik.

Terlepas dari hal tsbt, tidak bisa dipungkiri, fitur-fitur telegram memang kadang tidak ada diaplikasi lainnya. Dan inilah yang kadang membuat kita ingin pindah ke aplikasi ini.

Salah satu fitur tsbt misalnya mengubah ukuran teks pesan, tidak semua aplikasi perpesanan instant, memiliki fitur seperti ini.

Fiturnya kelihatan sepele, mungkin sebagian besar dari kita tidak membutuhkannya, tapi fitur ini sangat membantu untuk orang tua atau lanjut usia yang mata-nya kena rabun dekat.

Admin: Aku punya keluarga yang mata-nya memang sudah parah, waktu setting di ponselnya, aku perbesar seluruh tulisan, kebetulan ada pengaturannya di bagian tema ponsel. Dan ini benar2 membantu dia dalam penggunaan ponsel tadi.

Nah, kali ini kita akan membahas khusus tentang fitur tsbt. Langkah-langkahnya juga cukup mudah kok. Langsung saja simak dibawah ini.

1. Buka aplikasi telegram di smartphone kalian masing-masing.

buka aplikasi telegram

2. Setelah kalian buka, kalian akan di bawa ke halaman beranda. Di sini kalian klik icon garis tiga pojok kiri atas. Lalu pilih “Settings” atau pengaturan, dari menu yang muncul.

3. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman profil/pengaturan seperti dibawah ini. Scroll ke bawah, lalu pilih menu “chat settings” atau “pengaturan obrolan” dari menu yang ada dibawah.

masuk ke chat setting

4. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman pengaturan chat seperti dibawah. Kalian bisa mengatur ukuran teks, dibagian “Message text size”. Sedangkan untuk melihat hasil preview-nya, kalian bisa lihat di contoh pesan yang ada di bawahnya.

5. Untuk hasilnya sendiri, kalian bisa testing dengan mengirimkan chat, jika ukurannya ternyata masih belum nyaman dimata, kalian bisa kembali lagi kepengaturan chat tadi untuk menyesuaikan ulang ukuran teks tsbt.

hasil sesudah diubah

6. Selesai.


Dalam hidup, kita perlu kenyamanan, jika hal simpel seperti mengubah ukuran teks bisa meningkatkan kenyaman kita (terutama kenyamanan mata), kenapa tidak?

Apalagi diperlukan waktu yang singkat untuk hal ini. Iyakan?


Mungkin sampai disini pembahasan kali ini. Jika ada pertanyaan atau saran, bisa tambahkan dikolom komentar. Jangan lupa share jika merasa terbantu. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan