Cara Mengunduh Salinan Informasi Pribadi Akun di Facebook

Informasi adalah sebuah data yang diolah melalui alat atau pun pikiran yang didalamnya terdapat pesan yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah berperan penting bila dalam proses pembagian atau penjelasannya akurat dan dapat dipercaya. Ada banyak jenis informasi dalam kehidupan salah satunya yaitu yang akan kita bahas yaitu informasi pribadi.

Informasi pribadi memang bukanlah untuk sebuah konsumsi publik, namun dipergunakan untuk kepentingan individunya masing-masing. Informasi pribadi disini bukanlah sebuah informasi yang sifatnya sangat rahasia, tapi informasi yang isinya berupa keterangan seseorang, seperti tanggal lahir, alamat, pekerjaan dan lain-lain. Informasi juga diperlukan bila mendaftar ke suatu media sosial tak terkecuali media sosial yang sangat terkenal ini, yaitu adalah facebook.

Dalam proses mendaftar facebook memang kita diharuskan mengisi informasi-informasi pribadi kita, tujuan dari mengisi informasi pribadi tersebut biasanya digunakan agar facebook tersebut bisa memberikan layanan mereka kepada kita selaku penggunanya. Dengan memasukkan informasi pribadi itu facebook bisa mengumpulkannya dan di olah kembali agar bisa menampilkan semua aktivitas yang kita lakukan untuk kita lihat. Contoh hasil olahan facebook yaitu ialah saat kita melakukan kegiatan posting di akun facebook kita, atau ketika kita berkomunikasi melalui facebook dengan pengguna lain, dan masih banyak juga hasil dari olah data informasi pribadi kita

Bila semua informasi pribadi kita diolah di facebook dan menggabungkannya dengan semua aktivitas yang kita lakukan di facebook, lalu bagaimana kita bisa melihat semuanya itu? Apakah ada cara yang efektif agar kita bisa melihat hasil olah data yang dilakukan facebook? Tentu semua itu akan terjawab ketika kalian melihat tutorial yang satu ini. Oke dari pada banyak basa basi langsung aja ke tutorialnya. Move and Scroll….

Tutorial Lengkap Mengunduh Salinan Informasi Pribadi Akun di Facebook

Dari pertanyaan tadi saya akan menjawab bahwa memang facebook mempunyai cara yang oke agar kalian bisa melihat aktivitas kalian pada saat menggunakan akun facebook kalian. Dan cara itu adalah dengan mengunduh salinan dari informasi pribadi kita pada facebook tersebut. Caranya cukup mudah buat dilakukan kok, mau tau? Hayu atuh, langsung ke nomor satu.

1. Ke Pengaturan Facebook

Sebelum masuk ke pengaturan facebook, kalian harus login terlebih dahulu ke akun facebooknya. Setelah masuk ke akun facebooknya di laman pertama kalian langsung aja klik icon segitiga di pojok kanan atas, lalu pilih pengaturan.

2. Informasi Facebook

Setelah kalian memilih pengaturan, kalian akan masuk ke menu pengaturan-pengaturan yang ada di facebook. Menu yang pertama ketika kalian masuk ke pengaturan adalah menu pengaturan umum, disana kalian bisa mengubah pengaturan yang umum, yaitu contohnya merubah nama pengguna, mengganti email, dan lain-lain. Untuk bisa mengunduh salinan informasi pribadi kalian, kalian harus mengklik tulisan Informasi Pribadi Anda di paling atas laman pengaturan umum. Jika tulisan tersebut tidak ada di laman pengaturan umum, kalian hanya tinggal mengklik tulisan yang sama di tempat menu-menu pengaturan di paling kiri laman pengaturan. Cek gambar untuk lebih jelasnya.

3. Laman Pengaturan Informasi Facebook

Saat masuk ke laman pengaturan informasi facebook, kalian akan disuguhkan dengan beberapa menu di dalamnya dari mulai mengakses informasi facebook kalian, melihat log aktivitas, sampai menghapus akun facebook yang kalian gunakan. Untuk bisa mengunduh salinan informasi pribadi, kalian cukup klik tulisan lihat pada tulisan Unduh Informasi Facebook Anda, tepatnya ada di paling kanan tulisan tersebut.

4. Buat File

Sebelum bisa mengunduh salinan informasi facebook kalian, kalian haruslah meminta permohonan kepada facebook untuk mengumpulkan informasi facebook kalian, caranya pun tidaklah terlalu rumit. Jika sudah mengklik lihat  pada tulisan Unduh Informasi facebook Anda kalian akan masuk ke laman pembuatan file informasi facebook kalian untuk mengunduh salinannya.

Sebelum kalian mulai pembuatan filenya, kalian juga bisa request apa saja data informasi yang perlu dijadikan salinan. Dengan cara menyeleksi informasi yang kalian butuhkan. Karena ketika kalian masuk semua informasi yang akan dibuatkan di centang jadi kalian tinggal klik tanda centangnya apabila kalian tidak menginginkan informasi dibuatkan menjadi salinan file.

Ohiya, selain bisa request apa saja informasi yang harus di buat salinannya, kalian juga bisa mengatur rentang tanggal informasi yang akan dibuat, format salinannya dan mengatur kualitas media dalam salinan informasi facebook kalian.

Setelah dirasa semua proses dari mulai seleksi informasi yang perlu dijadikan salinan sampai pengaturan kualitas dan formatnya selesai, kalian tinggal klik icon buat file di kotak warna biru. Cek gambarnya.

5. Menunggu Salinan Informasi Selesai

Karena proses pengumpulan data lumayan cukup lama sekitar 30-60 menitan, kalian bisa menunggunya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan facebook, contohnya dengan bermain games, membuat kiriman atau postingan, dan bisa juga membuat cerita di facebook kalian. Kalian jangan khawatir akan ketinggalan tentang salinan informasi yang tadi dibuat, karena facebook nanti akan memberitahu kalian lewat email yang terdaftar pada akun facebook kalian, dan kadang di pemberitahuan facebook itu sendiri. Contoh pemberitahuan data salinan informasi sudah siap diunduh dari pemberitahuan akun facebook, cek gambar.

6.Mulai mengunduh file

Setelah kalian mendapat pemberitahuan bahwa salinan informasi facebook kalian sudah siap untuk diunduh, kalian klik saja pemberitahuan tersebut lalu kalian akan diantarkan ke laman yang sama seperti pada saat kalian melakukan penyeleksian data informasi facebook yang tadi, namun bedanya yaitu laman ini adalah tempat dimana file yang kalian buat tadi sudah bisa di unduh dan berbentuk file rar. Untuk cara pengunduhannya sangatlah mudah namun ada sedikit proses yang harus dilakukan untuk pembuktian bahwa yang mengunduh file ini benar-benar si pemilik akun tersebut yaitu dengan memasukan password akun facebook kalian. Klik unduh lalu tunggu akan ada perintah memasukkan password atau kata sandinya setelah itu klik kirim. Dan tunggu sampai unduhan benar-benar berjalan.

Memang cocok facebook dijuluki sebagai situs sosial media yang paling terkenal, karena layanan yang mereka berikan sangatlah memberi kepuasaan kepada semua penggunanya. Tak hanya itu fitur-fiturnya pun tak kalah hebat dan memberi kepuasan sekali kepada seluruh pengguna sosial media yang satu ini.

Dalam hal informasi pribadi, facebook memang sangatlah memberikan kenyamanan yang sangat bagus, karena dalam setiap melakukan pengaturan kita harus terlebih dahulu membuktikan bahwa benar-benar yang melakukan pengaturan adalah si pemilik akun, Dengan cara seperti tadi yaitu memasukkan kata sandi terlebih dahulu. Dan berhati-hati karena sekarang banyak sekali yang memanfaatkan situs-situs sosial media dengan mengumpulkan informasi pribadi untuk kepentingan pribadi, seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu kepada beberapa pengguna facebook. Mereka kehilangan akses masuk ke akun facebooknya karena ulah yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan egois tersebut.

Informasi yang baik untuk dipublikasi adalah informasi yang mengedepankan ke akuratannya

Mungkin sekian tutorial tentang Cara Mengunduh Salinan Informasi Pribadi Akun di Facebook, mohon maaf apabila ada kesalahan kata. Terima kasih dan sampai jumpa di tutorial-tutorial selanjutnya.

 

Advertisements
Fahmi Amirullah

Fahmi Amirullah

Hai, nama saya Fahmi Amirullah Permana, saya lahir 26 oktober 2000. saya punya hobi bermain alat musik dan nulis, soalnya saya orangnya jarang sekali ngomong. oh iya cita-cita saya ingin jadi seorang seniman, musisi, penulis, sutradara, produser, dan ingin membahagiakan orang tua saya. sebenarnya banya sekali cita-cita saya, terlalu panjang untuk di sebutkan nantinya. jangan jadikan kekurangan sebagai alasan untuk terus berkarya. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *