Cara menonaktifkan facebook messenger

Berbeda dengan aplikasi messenger lainnya, facebook melakukan pemisahan antara aplikasi facebook dan messenger. Facebook digunakan untuk melihat news feed, sedangkan aplikasi messenger dapat kamu gunakan sebagai media berkirim pesan yang praktis. Pemisahan ini bukan tanpa alasan, karena dengan adanya pemisahan ini fungsi dari keduanya akan lebih maksimal.

Adanya pemisahan antara facebook dan messenger ini bahkan bukan hanya mengenai fungsinya saja. Selain hal tadi, jika kamu melakukan penonaktifan akun facebook, hal tersebut tidak serta merta membuat messengermu menjadi nonaktif juga. Setelah kamu melakukan deaktivasi akun facebook, kamu masih bebas terhubung dan bisa berkirim pesan dengan teman-temanmu melalui aplikasi messenger.

Jika kamu ingin rehat sejenak dari facebook dan segala fiturnya (termasuk messenger), ada baiknya kamu melakukan deaktivasi messenger atau dalam kata lain menonaktifkan messenger. Sehingga selain dapat rehat sejenak dari news feed di facebook, kamu juga akan rehat sejenak dari percakapan individu maupun grup di messenger.

Jika kamu ingin benar-benar menonaktifkan messenger, silahkan baca lebih lanjut tulisan ini.

Langkah-langkah menonaktifkan akun messenger

Untuk menonaktifkan messenger, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kamu perlu melakukan penonaktifan akun facebook terlebih dahulu sebelum melakukan penonaktifan messenger. Untuk langkah menonaktifkan akun, kamu bisa membaca tulisan pada link berikut: https://bukugue.com/cara-menonaktifkan-facebook/

Sedangkan untuk menonaktifkan messenger, caranya adalah sebagai berikut:

Admin: Proses dibawah ini dilakukan di aplikasi messengernya langsung. Aku pernah coba di messenger lite, tapi tidak muncul menu deaktivasinya, kemungkinan hanya bisa dilakukan di messenger biasa. CMIIW.

1. Buka aplikasi messenger pada ponselmu. Pada tampilan utama messenger, tap foto profilmu di ujung kiri atas. Kamu akan ditujukan ke beberapa opsi pengaturan pada aplikasi messenger.

pada halama utama messenger, tap foto profil

2. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan legal & policies (ketentuan dan kebijakan) di ujung bawah opsi pengaturan. Tap opsi pengaturan tersebut.

3. Di dalam opsi pengaturan ini terdapat beberapa penjelasan mengenai ketentuan dan kebijakan facebook, yaitu terms and service, data policy, cookies policy, third-party notices, dan deactive messenger. Untuk dapat menonaktifkan messenger, pilih opsi deactive messenger (nonaktifkan messenger).

tap “deactivate messenger”

4. Kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandimu. Silahkan masukkan kata sandimu dan setelah selesai diisi, tap continue. Namun jika kamu lupa password atau kata sandimu, silahkan tap forgot password dan ikuti prosedur yang ada.

masukkan password lalu tap “continue”

5. Setelah itu, pada tampilan berikut ini tap deactive. Jika sudah demikian, itu artinya messenger berhasil dinonaktifkan.

tap “deactivate”

Beda menonaktifkan messenger dengan menonaktifkan “status” aktif di messenger

Menonaktifkan messenger berbeda halnya dengan menonaktifkan status di messenger. Dengan menonaktifkan status messenger, itu hanya berefek ke status online di messenger kamu, kamu masih bisa menghubungi dan dihubungi oleh teman-temanmu di facebook. Sedangkan jika kamu menonaktifkan akun messenger, kamu tak akan bisa mengirim atau menerima pesan dari teman-temanmu di facebook.

Menonaktifkan status hanya akan menyembunyikan status aktifmu di messenger. Sehingga walaupun kamu sedang online, kamu tak akan terlihat status online-nya oleh orang lain. Kamu juga masih dapat membuat statusmu kembali aktif sewaktu-waktu.

Selain itu, untuk menonaktifkan status obrolanmu di messenger, kamu tak perlu melakukan penonaktifan akun di facebook. Sehingga selain masih dapat berkirim pesan di messenger, kamu masih dapat berinteraksi dengan teman-temanmu di facebook melalui postingan dan komentar.

Sedangkan untuk melakukan deaktivasi messenger, sebelumnya kamu masih diharuskan untuk menonaktifkan akun facebookmu terlebih dulu.

Sehingga dapat dikatakan bahwa jika kamu menonaktifkan messenger, kamu tak dapat berinteraksi dengan teman-teman facebook-mu sama sekali, baik itu melalui postingan, komentar, maupun obrolan.

Namun demikian, kamu masih dapat melakukan re-aktivasi messenger, cukup dengan cara login kembali ke aplikasi messenger.

Sekian itu tadi tutorial mengenai cara menonatifkan atau deaktivasi facebook messenger. Semoga ini bermanfaat untuk kamu, terutama pengguna facebook messenger. Jangan lupa untuk terus stay tuned di bukugue dot com untuk informasi menarik lainnya.

Selamat mencoba, dan see you!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan