Cara menutup atau menghapus Permanen akun Yahoo kamu

Yahoo Mail yang mulai diluncurkan pada tahun 1997 atau kurang lebih sudah 21 tahun lalu, sebagai penyedia surat elektronik tebesar sampai sekarang masih banyak pengguna setianya.

Tapi ada kalanya sebagian orang ingin berpaling mencoba hal yang lain dan melupakan yang lama, seperti penyedia akun email lainnya yang dapat di akses secara gratis tanpa syarat dan ketentuan yang sulit.

Salah satu penyedia email yang tidak kalah populer hingga saat ini adalah Gmail sebagai pesaing berat Yahoo Mail.

Mungkin untuk sebagian orang sekarang ini, mempunyai lebih dari 1 akun email adalah hal yang wajar dan sah-sah saja. Adakalanya 1 email terabaikan, hingga lupa password emailnya berserta alamat email tersebut.

Kalau menurut aku pribadi lebih baik hapus permanen saja email yang bagi kamu tidak digunakan lagi. Emank bisa? Ya tentu saja.

Pertimbangan dan konsekuensi penghapusan akun

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kamu mempertimbangkan untuk menghapus akun email kamu, yakni karena tidak digunakan lagi, atas kemauan kamu sendiri untuk menghilangkan kenangan didalamnya jika ada, elah 😆 atau karena kamu hanya ingin menggunakan 1 akun saja misal Gmail saja dan ingin menghapus akun Yahoo Mail.

Tapi sebelum kamu memutuskan untuk menghapus permanen akun Yahoo Mail kamu, ada baiknya kamu melakukan hal ini sebelumnya:

  • Kamu harus benar-benar yakin bahwa email mu tidak ada kaitannya dengan bisnis yang berhubungan dengan akun Yahoo Mail.
  • Kamu harus memastikan tidak memiliki layanan premium aktif yang terkait dengan akun Yahoo ini.
  • Cek kembali apakah ada data penting di dalamnya dan hal yang lain yang dapat mempersulit kamu kedepannya jika kamu menghapus permanen akun Yahoo Mail.

Bagaimana nasib akun Yahoo email saya setelah saya hapus? Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan konsekuensinya ketika kamu yakin ingin menghapus permanen atau selamanya akun Yahoo Mail, simak informasi penjelasannya:

  1. Kamu akan kehilangan identitas akun Yahoo Mail kamu. Termasuk akun bisnis Yahoo Mail kamu.
  2. Pihak Yahoo juga akan menghapus pengaturan akun kamu diseluruh jaringan Yahoo, termasuk konten Yahoo Mail, Yahoo Messanger, Kontak Yahoo, termasuk foto Flickr kamu, jika berlaku.
  3. Termasuk menghentikan akses layanan berbayar yang kamu punya dengan akun Yahoo dan pembayaran yang dikirimkan untuk data yang terkait dengan akun ini pun tidak dapat dipulihkan.
  4. Yahoo akan mengizinkan pengguna lain untuk menggunakan identitas kamu saat ini setelah kamu menghapusnya, dikarenakan terbatasnya jumlah nama yang tersedia.
  5. Akun kamu akan otomatis terhapus permanen setelah kamu menyetujui untuk menghapus akun tersebut dalam waktu sekitar 40 hari, jika dalam 40 hari tersebut kamu mengakses akun Yahoo kamu, maka akun tersebut dapat kembali diaktifkan. Untuk periode penahanan yang lebih lama untuk akun yang terdaftar di Australia atau Selandia Baru dengan waktu sekitar 90 hari dan Brazil atau Taiwan dengan waktu sekitar 180 hari. Penundaan dilakukan pihak Yahoo ini adalah untuk mencegah aktifitas penipuan.

Cara menutup/menghapus permanen akun Yahoo Mail

Syarat untuk menutup akun Yahoo kamu adalah masih ingat alamat email dan password Yahoo kamu. Baiklah, jika kamu sudah yakin untuk menghapus akun Yahoo Mail kamu, mari simak caranya. Browser Google Chrome aku buka via ponsel.

Gambar 1. Ketik email Yahoo yang ingin kamu hapus, setelah itu ketuk masuk
Gambar 1. Ketik email Yahoo yang ingin kamu hapus, setelah itu ketuk berikutnya
  • Kemudian ketik dengan benar kata sandi email Yahoo, kemudian ketuk masuk.
Gambar 2. Ketik kata sandi email, lalu masuk
Gambar 2. Ketik kata sandi email, lalu masuk
  • Akan muncul laman informasi tentang penutupan akun Yahoo. Dalam hal ini sebagian inti informasi sudah aku jelaskan di awal tadi termasuk mengenai konsekuensinya. Setelah itu, jika kamu sudah yakiin ketuk saja tulisan merah “Continue delete my account” (lanjutkan, hapus akun saya).
  • Kamu akan di arahkan untuk memasukkan kembali alamat email Yahoo kamu guna mengkonfirmasi akun kamu. Silahkan ketik email Yahoo kamu, lalu ketuk “Yes, terminate this account” (iya, akhiri akun ini).
Gambar 4. Ketik alamat email Yahoo, lalu ketuk Yes, terminate this account
Gambar 4. Ketik alamat email Yahoo, lalu ketuk Yes, terminate this account
  • Akun kamu berhasil dinonaktifkan dan masuk daftar untuk penghapusan.
Gambar 5. Akun Yahoo Mail berhasil terhapus
Gambar 5. Akun Yahoo Mail berhasil terhapus

Dalam hal ini, pihak Yahoo tidak langsung menghapus/menutup akun Yahoo kamu, maksudnya ada penundaan waktu guna menghindari adanya penipuan tetapi akun kamu sudah masuk/terdaftar dalam sistem penghapusan yang akan di tindak lanjuti oleh pihak Yahoo.

Untuk itu, jika kamu berubah pikiran dalam kurun waktu kurang dari 40 hari untuk mengaktifkan kembali akun Yahoo kamu, silakan login masukkan alamat email Yahoo kamu kemudian kamu diminta untuk memasukkan kode verifikasi via SMS no hp kamu atau inbox email pemulihan akun.

Sekian terimakasih, semoga bermanfaat.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan