Cara mudah sembunyikan pesan WhatsApp kamu

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi kirim pesan yang sifatnya sangat personal. tetapi sayangnya saat kita sudah memiliki pasangan, kita wajib berbagi semua hal misalnya pesan yang kita terima di whatsapp bahkan hal yang sangat pribadi.

hmmm …. Kepikiran buat tetap jaga privasi kamu dengan pasangan ?

Hohoho … Tenang saja gaes kamu tetap bisa sembunyikan pesan kamu kok walaupun pasangan kamu mengecek pesan yang ada di whatsapp kamu. penasaran gak ??? yuk simak caranya buat nyembunyiin pesan whatsapp mu !

Admin note: Ehm, wajar sih menurutku kalau pasangan ingin tau semua hal tentang pasangannya. Lagian kalau chat nya normal apa perlu di sembunyikan dari pasangan ?. Jadi keingat kenangan lama jadinya kan. Hahaha..

A. Dengan mengarsipkan chat

Caranya pertama ini sangat mudah dan tidak perlu aplikasi tambahan, yaitu dengan cara mengarsipkan chat yang kita ingin sembunyikan.

Fitur arsip pada WhatsApp memungkinkan chat atau percakapan yang kita arsipkan tersebut akan tersembunyi di baris paling bawah dan berada dalam folder ‘Arsip chat’.

Lalu bagaimana cara mengarsipkan chat? Sangat mudah guys! Langsung saja yuk kita simak bahasan utamanya berikut.

1. Buka WhatsApp

2. Pilih chat yang ingin disembunyikan

pilih chat yang akan disembunyikan
pilih chat yang akan disembunyikan

Tekan dan tahan pada chat yang dipilih, hingga muncul tanda centang.

3. Klik ikon “arsipkan” (panah nomor 2 digambar dibawah)

tap tombol arsipkan
tap tombol arsipkan

Ikon tersebut berfungsi untuk memindahkan atau menyembunyikan chat yang kita pilih ke folder arsip.

4. Selesai

chat berhasil di arsipkan

Akhirnya chat atau percakapan telah berhasil diarsipkan dan tersembunyi di baris paling bawah.

muncul link arsip chat di bagian paling bawah
muncul link arsip chat di bagian paling bawah

Nah, bagaimana? Sampai disini chat tersebut sudah tersembunyi ke folder arsip. Kalau kamu ingin mengembalikan chat tersebut seperti semula, hal ini udah dijelaskan dilaman ini : cara mengembalikan atau menghapus pesan yang di arsipkan di whatsapp

Kekurangan dalam Mengarsipkan Chat

Cara ini simple dan tanpa memerlukan aplikasi tambahan, tapi tentu ada kekurangannya.

1. Bisa dicari berdasarkan nama di kontak

Seperti kemudahannya dalam mengarsipkan, mencari percakapan yang diarsipkan juga sangat mudah. Cukup dengan mengetikkan nama orang yang ingin diketahui isi percakapannya. Hal tersebut berarti percakapan yang kita sembunyikan bisa dilacak dengan sekali ketuk.

Lalu bagaimana agar tetap menjadi hal rahasia atau privat? Yup, kita bisa mengganti nama kontak orang yang ingin kita sembunyikan percakapannya dengan beberapa nama misalnya saja dengan inisial, nama orang lain atau nama panggilan khusus. Dengan begitu, chat yang sudah kita sembunyikan tidak akan mudah ditemukan.

2. Otomatis naik ke baris pertama apabila kontak tersebut mengirimi kita pesan

Yup. Pesan yang sudah kita arsipkan dan tersembunyi di baris paling bawah akan otomatis muncul di baris paling atas apabila orang tersebut mengirimi kita pesan. Hal tersebut terbilang lucu karena percakapan yang semula tidak kelihatan tiba-tiba muncul sehingga menjadi salah satu kelemahan dalam hal mengarsipkan pesan.

B. Dengan aplikasi tambahan (Jauh lebih aman)

Jika kamu ingin menyembunyikan pesan kamu dari pasanganmu atau orang yang suka kepo secara gampang bisa dilakukan dengan cara mengarsipkan pesan seperti cara pertama diatas.

Masalahnya adalah setelah di arsipkan, pesannya sangat gampang juga untuk dicari. Jadi bisa dibilang ini ga efektif kalau dipakai untuk menyembunyikan pesan yang sangat rahasia.

Disini mimin akan bahas cara lain yang bisa menyembunyikan chat jauh lebih safe. Tapi disini kita tidak bisa pakai aplikasi whatsapp resmi. Kita perlu aplikasi whatsapp mod.

Kalau kamu belum install aplikasi wa mod, kamu bisa baca laman ini bukugue.com/whatsapp-mod. Disana dijelaskan bagaimana cara download, install dan memindahkan chat kamu dari aplikasi lama ke aplikasi baru tsbt.

Disini aku asumsikan kamu sudah berhasil install aplikasi wa modnya. Jadi kita bisa langsung mulai. Aplikasi wa mod yang dipakai disini adalah GBWA.

1. Buka aplikasi wa mod dan cari chat yang ingin disembunyikan.

Carilah chattingan yang akan kamu sembunyikan. Kemudian tekan dan tahan chat tersebut sampai ada tanda centang.

Lalu klik tanda titik tiga di pojok kanan atas lalu klik “Hide“.

Klik Hide Chat

Untuk lebih aman lagi buatlah “Pattern” agar pesan yang disembunyikan tidak dapat ditemukan dengan mudah.

Buat Pattern

Langkah ketiga. Selesail.

Sekarang chattingan kamu sudah tersembunyi.

Cara Memunculkan Kembali Pesan yang di Sembunyikan

Jika kamu ingin memunculkan lagi chattingan yang sudah kamu sembunyikan bisa kok gaes tenang aja … yuk kita simak caranya sebagai berikut :

1. Klik Tulisan GBWhatsapp pada pojok kiri atas

2.kemudian akan muncul jendela pilihan Pattern, PIN, dan Fingerprint kamu pilih Pattern

3. Masukkan pattern yang sudah kamu set di awal tadi.

4. Semua pesan yang kamu hide akan muncul disini

Pesan Yang di Hide

5. Jika pesan tersebut sudah tidak perlu di Hide lagi, kamu tinggal tahan sampai terdapat tanda centang dan klik tanda titik tiga kemudian pilih Unhide Chat lalu masukan Pattern yang sudah kamu buat, maka chattingan kamu akan kembali seperti semula.

6.Selesai.

Akhir Kata

Begitu gaes cara menyembunyikan pesan whatsapp dengan mudah dan aman. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kamu ya. jangan lupa share dan mimin tunggu kritik sarannya yang bisa  kamu tulis di kolom komentar. selamat beraktivitas !

See Yaa …

Terimakasih


Tulisan hasil kolab antara mba isah, mas tristianto dan admin yang ganteng (ehm)

Share woy :D

isah

Travelers, Coffe Lovers, Writer :)

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    kalau orang tersebut chat kita? chat nya terlihat nggak?

    1. Avatar

      kalau dengan cara pertama, dengna mengarsipkan, iya mba.. saat mereka chat kita, chatnya balik lagi keatas setauku..

      kalau cara kedua, yang wa mod, itu bisa ga keliatan, tapi sekarang wa mod sudah dilarang digunakan oleh pihak whatsapp, dan sanksi-nya keras buat yang tetap pake..

Tinggalkan Balasan