Cara menyembunyikan chat Whatsapp tanpa menghapusnya

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang cukup populer di Indonesia, selain Line dan BBM. Aplikasi ini memang memiliki berbagai fungsi, bukan hanya untuk komunikasi tetapi juga bisa menjadi media sosial. Dalam menyediakan media komunikasi saja, Whatsapp ini memiliki berbagai macam fitur yang menarik.

Nah dari seringnya kalian berkirim pesan melalui WhatsApp, pasti banyak informasi penting dong yang ada di dalam percakapan kalian? Kalian pasti tidak ingin teman kalian mengetahui dengan siapa saja kalian berkirim pesan bahkan isi pesan yang ada dalam percakapan kalian dengan orang-orang tertentu. Sehingga kalian tentunya  ingin menyembunyikan pesan tersebut dari teman kalian yang sering meminjam HP kalian. Terutama dari teman kalian yang seringnya terlalu ingin tahu tentang isi WhatsApp kalian. Entah dengan siapa kalian berkirim pesan maupun isi pesan kalian.

Kalian tentunya tidak ingin memuaskan keingintahuan mereka kan? Ah tapi kan aplikasinya bisa di kunci? Memang bisa. Tapi berdasarkan pengalaman penulis nih, kalau WhatsAppnya yang kita kunci, maka teman akan semakin penasaran apakah ada yang kita sembunyikan sehingga mereka akan lebih ingin tahu isi WhatsApp kita. Whatsapp memang memberikan beberapa fitur privasi, seperti yang pernah aku bahas sebelumnya, misalnya menyembunyikan foto profil whatsapp dari orang yang tidak dikenal, atau melihat status whatsapp teman tanpa ketahuan.

Cara Menyembunyikan Chat dengan Mengarsipkan

Lalu bagaimana cara yang efektif untuk mencegah hal tersebut? Ada satu cara yang sangat mudah yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menyembunyikan chat atau percakapan kalian dari halaman utama WhatsApp. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mengarsipkan chat yang kalian ingin sembunyikan.

Fitur arsip pada WhatsApp memungkinkan chat atau percakapan yang kita arsipkan tersebut akan tersembunyi di baris paling bawah dan berada dalam folder ‘Arsip chat’. Orang lain tentu tidak akan mencari sampai ke bawah karena sesuatu yang menarik biasanya ada di baris atas. Lalu bagaimana cara mengarsipkan chat? Sangat mudah guys! Langsung saja yuk kita simak bahasan utamanya berikut.

Mengarsipkan chat merupakan hal mudah yang bisa kita lakukan untuk menyembunyikannya dari layar utama WhatsApp. Chat yang diarsipkan akan otomatis berada di paling bawah dan menjadi folder untuk chat yang diarsipkan.

1. Buka WhatsApp

Karena percakapan yang ingin kalian sembunyikan ada di aplikasi WhatsApp maka kalian harus membukanya terlebih dulu.

2. Pilih chat yang ingin disembunyikan

Kalian bisa memilih chat yang ingin kalian inginkan dengan mencarinya berdasarkan nama kontak yaitu dengan mengetikkan namanya atau mencari satu persatu. Klik agak lama pada chat tersebut sampai muncul tanda centang pada foto profil dan ada beberapa pilihan di atas menu. Kalian juga bisa memilih lebih dari satu percakapan untuk diarsipkan secara bersamaan.

3. Klik ikon panah ke bawah yang ada di kanan atas

Setelah kalian selesai memilih chat atau percakapan yang ingin kalian arsipkan, klik ikon panah ke bawah yang berada di samping kiri titik tiga. Ikon tersebut berfungsi untuk memindahkan atau menyembunyikan chat yang kalian pilih bagian dasar atau list percakapan bagian paling bawah.

4. Selesai

Akhirnya chat atau percakapan kalian selesai diarsipkan dan tersembunyi di baris paling bawah.

Nah, terjawab sudah fungsi ikon panah ke bawah yang berada di sebelah kiri ikon titik tiga. Tidak seperti ikon titik tiga yang sudah sanghat sering kita jumpai di beberapa aplikasi seperti Instagram yang biasanya berisi beberapa pilihan.

Karena pasti banyak orang yang bertanya apa fungsi ikon panah ke bawah yang ada di WhatsApp dan hanya muncul ketika kita menekan / klik agak lama pada sebuah pesan. Banyak pula yang berani mencoba sehingga langsung tahu bahwa fungsinya adalah untuk menyembunyikan chat atau percakapan.

Kekurangan dalam Mengarsipkan Chat

Namun tentunya ada beberapa kekurangan dalam mengarsipkan chat ini. Seperti yang sudah disinggung di atas tadi bahwa dalam memilih chat yang akan diarsipkan bisa dengan mencari atau mengetikkan nama orang yang ada di kontak kita. Begitu pula untuk mencari chat atau percakapan yang diarsipkan juga bisa dengan mengetikkan nama dalam kontak.

Hampir semua fitur dalam aplikasi pasti memiliki kekurangan. Sama halnya dengan fitur mengarsipkan pesan dalam WhatsApp.

1. Bisa dicari berdasarkan nama di kontak

Seperti kemudahannya dalam mengarsipkan, mencari percakapan yang diarsipkan juga sangat mudah. Cukup dengan mengetikkan nama orang yang ingin diketahui isi percakapannya. Hal tersebut berarti percakapan yang kita sembunyikan bisa dilacak dengan sekali ketuk.

Lalu bagaimana agar tetap menjadi hal rahasia atau privat? Yup, kita bisa mengganti nama kontak orang yang ingin kita sembunyikan percakapannya dengan beberapa nama misalnya saja dengan inisial, nama orang lain atau nama panggilan khusus. Dengan begitu, chat yang sudah kita sembunyikan tidak akan mudah ditemukan.

2. Otomatis naik ke baris pertama apabila kontak tersebut mengirimi kita pesan

Yup. Pesan yang sudah kita arsipkan dan tersembunyi di baris paling bawah akan otomatis muncul di baris paling atas apabila orang tersebut mengirimi kita pesan. Hal tersebut terbilang lucu karena percakapan yang semula tidak kelihatan tiba-tiba muncul sehingga menjadi salah satu kelemahan dalam hal mengarsipkan pesan.

Mungkin hal-hal di atas adalah beberapa yang bisa penulis bagikan kepada kalian. Karena caranya yang sangat mudah, semoga kalian bisa menerapkannya dengan sekali mencoba. Kalian tidak perlu terlalu memikirkan beberapa kekurangan dalam mengarsipkan chat karena sesuatuhal pasti ada kekurangan dan kelebihannya.

Mengarsipkan chat atau percakapan ini juga bisa diterapkan karena kita tidak mau melihat chat terakhir dengan orang tertentu namun enggan juga untuk menghapusnya, sehingga lebih memilih untuk menyembunyikannya. Selamat mencoba !

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar