Cara download draft reels Instagram ke galeri

Sebagaimana diketahui, video reels yang belum dipublikasi bisa disimpan di draft reels Instagram – sama seperti postingan maupun story bisa tersimpan dalam bentuk draft. Namun, semua draft ini bisa hilang jika data pada aplikasi Instagram terhapus secara sengaja atau tidak sengaja.

Kehilangan satu atau dua draft reels masih bisa dimaklumi, dan kita mungkin masih rela membuatnya lagi. Tapi, kalau kita punya banyak draft reels tersimpan, ya gempor bin stres kalau buat lagi semua dari awal. Apalagi, proses syuting-menyunting video reels bisa jadi berat dan sulit. Karenanya, kita pasti takkan rela kehilangan draft reels yang sudah susah payah dibuat.

Itulah mengapa kita perlu mendownload draft reels Instagram sebagai backup andai kata draft reels tersimpan hilang dari akun gara-gara data aplikasi terhapus.

Lalu, bagaimana cara menyimpan draft reels dari akun Instagram kita ke galeri ponsel? Tidak sulit. Kalau kamu belum mengetahuinya, simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara menyimpan draft reels Instagram ke galeri

Simpelnya, kamu perlu akses halaman penyimpanan draft reels, lalu buka draftnya dan donwload dari sana. Berikut langkah-langkahnya secara lebih detail.

  1. Masuk kehalaman profil kamu di aplikasi Instagram.
Tab ikon foto profil untuk masuk ke halaman profil.
  1. Dihalaman profil kamu, tap ikon [+] di pojok kanan atas.
  2. Selanjutnya pilih menu “Reel”
  1. Dihalaman pembuatan reels ini, usap keatas.
Usap layar ke atas untuk masuk ke halaman perpustakaan/galeri.
  1. Selanjutnya pilih menu “Draft” dihalaman pemilihan media ini. Kamu akan melihat menu draft persis di sebelah menu galeri. Tab sekali menu draft tersebut untuk masuk ke halaman draft.
Tab menu draft untuk masuk ke halaman draft.
  1. Kamu akan dibawa kehalaman draft reels kamu seperti dibawah.
  2. Silahkan tap draft yang ingin kamu download ke galeri kamu.
Pilihlah draft reel yang mau didownload.
  1. Dihalaman pemrosesan video reel, tap menu “Edit” dipojok kanan atas.
Tab menu edit untuk masuk ke halaman pengeditan draft reel.
  1. Dihalaman edit video reels ini, tap ikon download.
Tab ikon download (ikon panah mengarah ke bawah) untuk mulai mendownload draft reel.
  1. Muncul popup “Simpan Tanpa Musik?”, tap “Simpan”. Bagaimana kalau kamu ingin menyimpan dengan musik? Nanti akan dijelaskan dibawah.
Tab simpan draft reel. Disini, kita hanya bisa mendownload draft reel tanpa musik. Tenang, nanti kalau diupload lagi bisa ditambahkan musiknya.
  1. Setelah berhasil di download, selanjutnya tutup Instagram kamu, silahkan cari di galeri. Seharusnya semua media baru terdeteksi di galeri kamu.
  2. Jika tidak ditemukan, buka aplikasi File Manager, buka folder “Movies”, lalu buka “Instagram”.
  1. Disini seharusnya kamu bisa lihat video draft reels tadi. Kamu bisa pindahkan ke folder lain yang bisa terdeteksi di galeri.
Tampak draft reel yang kita download sebelumnya sudah masuk di hp kita.

Bagaimana, mudah bukan? Walaupun langkah-langkahnya agak banyak, tapi ini tentu tidak sebanyak langkah-langkah mensyuting ulang reels kamu jika reels tsbt tidak sengaja hilang.

Bisakah mendownload draft reels dengan lagu?

Seperti yang kita tahu, kita tidak bisa mendownload draft reels ataupun reels yang kita publish dengan lagu, ini karena kebijakan Instagram dalam melindungi hak cipta pembuat musik tsbt.

Kalau tetap ingin mendownloadnya dengan musik, satu-satunya cara adalah dengan memposting draft reels tersebut menjadi reels seperti biasa. Lalu mendownload reels tadi lewat tool online, seperti yang dijelaskan dihalaman ini bukugue.com/cara-download-video-reels-instagram/. Setelah itu kamu bisa hapus reelsnya supaya tidak bisa diakses publik lagi.

Jika tujuan kamu hanya sekedar backup draft reels saja, kamu tidak perlu mendownload reels dengan lagunya sekaligus. Ini karena nanti ketika kamu membuat ulang reels tsbt, kamu bisa dengan mudah memilih lagu yang sama tadi.


Itulah cara menyimpan draft reels Instagram ke galeri. Tidak sulit bukan memahami tiap langkahnya? Jika kamu memiliki pertanyaan terkait topik ini, silahkan tanya di kolom komentar. Terima kasih. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *