Cara menyimpan postingan sebagai draf di Instagram

Pernahkah kamu menghentikan proses menyunting postingan Instagram, karena tiba-tiba ada urusan penting? Misalnya kamu memutuskan menutup aplikasi Instagram sehingga postingan yang sedang dikerjakan tadi akan dibatalkan proses pengerjaannya.

Hal ini sah-sah saja. Biasa dilakukan oleh kamu yang baru nyemplung ke Instagram atau kamu yang belum mengerti fitur-fitur Instagram.

Sebenarnya, saat berada dalam situasi seperti ini, yang perlu kamu lakukan adalah memakai fitur simpan postingan ke draft, sehingga kamu bisa melanjutkan penyuntingan postingan tadi kapanpun kamu mau.

Mau tahu lebih lanjut tentang fitur ini? Simak pembahasan dibawah.

Apa Itu fitur Draf di Instagram?

Fitur simpan draft Instagram adalah fitur untuk menyimpan postingan (foto/video) yang belum selesai disunting atau diedit, sehingga kamu bisa melanjutkan proses editnya nanti. Tak cuma postingan, fitur ini juga bisa dipakai menyimpan reel dan story ke draft.

Letak penyimpanan draftnya saja yang berbeda-beda – postingan di draft postingan, reel di draft reel, dan story di draft story.

Menyimpan postingan ke draft memerlukan syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Postingan berupa foto yang mau disimpan harus sudah sempat diedit memakai tool editor yang ada, karena kalau postingan foto belum sempat diedit, menu simpan draft tidak muncul. Untuk postingan video, hal ini tidak perlu.
  • Fitur simpan posting ke draft harus dilakukan secara manual tiap kali ingin menunda postingan. Tidak ada pengaturan yang bisa membuat fitur simpan draft ini bekerja secara otomatis.
  • Fitur ini hanya bisa dipergunakan di smartphone (iOS/Android) dan tidak bisa digunakan lewat browser (komputer/smartphone).

Tidak sabar mengetahui cara menyimpan postingan ke draft post? Aku akan tunjukkan langkah-langkah melakukannya.

Langkah-langkah menyimpan postingan sebagai draft Instagram

Untuk foto dan video prosesnya agak sedikit berbeda. Jadi aku jelaskan dua-duanya disini. Kita mulai dari menyimpan draft foto dulu. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Instagram, kemudian tap ikon “Plus” di bagian atas.

Tap ikon “Plus" di bagian atas.

2. Kamu akan dibawa kehalaman “Postingan Baru”.
3. Pilih foto yang ingin kamu upload, lalu tap ikon “panah biru” di kanan atas.

Pilih konten yang ingin kamu upload, lalu tap ikon panah biru.

4. Silahkan edit terlebih dahulu, misalnya disini aku pilih efek “Moon”.
5. Kemudian tekan tombol back di HP kamu.

Kamu juga bisa tap ikon “anak panah” di kiri atas. Atau jika tidak ada anak panah kiri, biasanya ada tanda silang X. Jadi menyesuaikan tergantung tool edit yang kamu gunakan.

Tap ikon “anak panah” di kiri atas.

5. Terakhir, saat muncul pertanyaan “Simpan sebagai draf?”, pilih “Simpan Draf”.

Tap “Simpan Draft”.

6. Selesai. Simpel kan ya?

Untuk menyimpan postingan video ke draft prosesnya agak berbeda sedikit, setelah kamu memilih video dihalaman pembuatan postingan baru, kamu hanya tinggal tap “Next” atau “Selanjutnya” tanpa perlu edit atau tambahkan apa-apa. Dihalaman berikutnya kamu tap tombol “Save draft” atau “Simpan draf”.

Bisa dimengerti disini ya, prosesnya agak berbeda. Entah kenapa instagram tidak sediakan menu “simpan draft” di halaman pengeditan dan samakan prosesnya untuk foto ataupun video.

Bisakah draft postingan Instagram disimpan ke galeri?

Sejauh pemahamanku, tidak ada menu download khusus terkait draft postingan. Baik itu postingan foto ataupun video.

Namun untuk postingan video, draftnya bisa didownload ke galeri, ini karena dihalaman pembuatan postingan video terdapat fitur “Download” seperti pada gambar.

Cara menyimpan postingan sebagai draf di Instagram 9

Untuk postingan foto, hal ini tidak tersedia. Menurut hematku, Instagram luput membenamkan akses download pada draft foto.


Demikianlah penjelasan mengenai fitur simpan draft di Instagram. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait penjelasan yang aku sampaikan, tolong sampaikan pertanyaanmu di kolom komentar.

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *