Cara mudah membuat Polling pendapat di aplikasi Line

Line menjadi salah satu Aplikasi Pengirim Pesan Instan sudah digemari banyak sekali kalangan, dari anak muda sampai tua. Sekarang pun grup sekolah banyak menggunakan line, karena memang mudah pemakaiannya, dan juga banyak sekali fitur-fitur yang tidak ada di Aplikasi pesan instan lain. Line juga sudah mendukung berbagai macam Platform seperti Tablet, Smartphone, dan juga Desktop. Line membutuhkan akses internet untuk mengirim pesan, gambar, suara, dan lain-lain.

Line dikembangkan oleh perusahaan jepang bernama NHN Corporation dan menjadi aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara setelah 7 tahun berdiri. Penampilan Line sendiri sangat simpel dengan fitur yang sangat banyak, mulai dari Timeline, Live di grup, dan pastinya LineToday untuk memberikan kamu informasi terupdate supaya tidak kudet (kurang update).

Dalam tutor cara membuat polling ini kita hanya bisa melakukannya didalam grup, dengan tujuannya yang pasti untuk menentukan sesuatu yang butuh kesepakatan bersama, kamu ga mau dong chat satu satu untuk menanyakan ke satu-persatu orang, jadi fitur ini jelas sangat bermanfaat banget untuk grup-grup misalnya kelas sekolah, ataupun arisan, yang sering membutuhkan kesepakatan bersama untuk melakukan sesuatu. Misalnya sekolah kamu mau melaksanakan acara kumpul-kumpul dan nanya tempat yang enak dimana, kamu bisa membuat polling ini untuk menampung suara-suara dari anggota grup kamu.

Cara membuat Polling di Line

Untuk membuat polling di Line kamu pastinya harus menggunakan fitur terbaru untuk merasakannya. Kalau kamu mau coba bisa ikuti langkah-langkah dibawah yaa..

  • Buka Aplikasi Line dulu…

Pastinya kamu harus buka aplikasi Line nya untuk memulai tutorial, kamu disini membutuhkan grup pastinya, karena tutorial ini digunakan didalam grup.

  • Buka grup yang ingin kamu buat Polling

Lalu klik ikon “+” disamping ikon sticker yang senyum itu. Lalu kamu akan diberikan beberapa menu, nah disini kamu jarang banget ngeliat ada fitur polling dibawah (harus agak di scrool kebawah), biasanya kamu cuma sering kirim gambar sama berbagi lokasi kan? Hehehe..

  • Klik ikon + lagi yang di bulat hijau.

Setelah kamu klik menu polling kamu akan menuju halaman yanh isinya polling-polling yang pernah kamu buat, nah kamu disini bisa memantau ataupun membuat polling baru dengan klik ikon + bulat hijau di pojok bawah kanan.

  • Mulai masukkan apa yang akan kamu polling.

Saat halaman ini kamu bisa mengisi apa yang ingin kamu polling. Pertama kamu bisa memilih mau tipe teks (untuk menentukan apa saja) atau tanggal (untuk menentukan tanggal). Saya mencoba teks dan bisa mulai menulis pertanyaan polling, lalu dilanjutkan masukkan opsi-opsi yang bisa member pilih (bisa lebih dari dua).

Untuk setting kamu bisa juga atur tanggal berakhir (menetapkan kapan polling akan berakhir, voting banyak (menetapkan votingan terbanyak sebagai pemenang), voting anonim (merahasiakan nama pemberi voting), dan izinkan opsi baru (member bisa tambah opsi baru) untuk para member grup kamu. Setelah selesai klik tombol hijau

  • Selesai deh.

Setelah selesai membuat polling, polling akan otomatis dibagikan ke ruang obrolan grup kamu, jadi semua member tahu bahwa ada polling yang sedang berjalan. Kamu sebagai pembuat polling juga bisa mengakhiri polling kalau kamu tidak setting kapan waktu polling berakhir. Sedangkan peserta polling, jumlah polling bisa dilihat semua member untuk memberikan transparansi dalam polling.

Setelah polling berakhir, pemberitahuan bahwa polling berakhir akan di bagikan di ruang obrolan Line. Polling ini juga bisa di edit kalau belum ada yang voting di polling yang kamu buat, kalau sudah ada yang voting kamu tidak bisa edit lagi.

Kalau mau dibagikan ke ruang obrolan lagi kamu bisa klik titik tiga kebawah pada polling dan klik bagikan ke ruang obrolan. Polling ini juga akan otomatis diposting ke note grup. Jadi lebih mudah mencari polling terbaru

Untuk membuat polling ini, semua orang bisa membuatnya, tidak usah harus pembuat grup atau siapapun kamu, orang baru masuk juga bisa langsung membuat polling.

Sekian tutorial Cara membuat Polling di Line, semoga bermanfaat yaaa 🙂

Tinggalkan Balasan