Cara membisukan (mute) akun twitter yang rese dan menggangu

Setiap kita mengikuti sebuah akun, semua postingan, likes, dan retweets akan masuk ke dalam halaman utama kita. Sehingga ketika kita mengikuti banyak pengguna Twitter yang aktif, maka halaman utama Twitter kita akan menjadi penuh. Ditambah lagi, ada beberapa pengguna Twitter yang sering menyebarkan spam dan membuat postingan yang kurang penting.

Terkadang pengguna Twitter yang terlalu banyak membuat tweet, dapat membuat kita merasa kurang nyaman.

Sebenarnya masih banyak lagi faktor yang mungkin membuat kita merasa tidak nyaman atas postingan seseorang. Bisa jadi merasa tak nyaman karena “kelakuan spamming” itu sendiri, ataupun karena konten yang dishare tidak baik / melanggar norma.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Twitter memberikan pilihan kepada kita untuk meng-unfollow (batal mengikuti), me-report (melaporkan), kemudian yang ketiga adalah mute akun (membisukan akun).

Jika kita batal mengikuti seseorang (unfollow), bisa jadi sewaktu-waktu kita akan ketahuan. Terlebih hingga kini banyak sekali website maupun aplikasi untuk mengetahui siapa saja orang yang meng-unfollow akun kita. Sehingga jika tidak ingin ketahuan, unfollow bukanlah pilihan yang tepat. Terlebih jika orang yang kamu unfollow adalah orang yang kamu kenal dengan baik.

Selain unfollow, pilihan lainnya yang bisa dilakukan adalah melaporkan postingan atau akun. Melaporkan akun hanya bisa dilakukan jika ada pelanggaran atas kebijakan dan ketentuan Twitter. Misalnya postingan berbau SARA atau pornografi bisa kamu laporkan. Akan tetapi jika orang yang ingin kamu laporkan tidak melanggar kebijakan Twitter, maka hal ini tidak dapat menjadi solusi.

Opsi ketiga yaitu membisukan akun (mute account). Membisukan orang di Twitter bisa dikatakan sebagai opsi yang lebih praktis. Orang yang kita mute di Twitter juga tidak akan mengetahui siapa saja yang telah membisukan akun mereka, sehingga cara ini bisa kamu lakukan.

Apa itu fitur mute tweets?

Sebelum mengetahui lebih lanjut bagaimana cara membisukan seseorang di twiiter, setidaknya kamu harus mengerti terlebih dahulu apa itu fitur mute account dan bagaimana cara kerjanya.

Mute account merupakan salah satu fitur Twitter yang memungkinkan kita untuk menyembunyikan status atau tweet seseorang di halaman utama Twitter kita. Orang yang kamu bisukan juga masih dapat mengirimkan pesan dan me-mention kamu.

Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara sebelum dan sesudah kamu membisukan akunnya.

Jika kamu membisukan seseorang di Twitter, kamu hanya tidak akan dapat melihat postingan orang tersebut melalui feeds atau halaman utama. Meskipun tidak dapat melihat postingannya melalui feeds, kamu masih dapat melihat tweetnya kapanpun kamu mau. Kamu cukup membuka profilnya untuk dapat melihat postingan yang telah dia bagikan di Twitter.

Cara membisukan seseorang di Twitter

Untuk membisukan seseorang di Twitter, kamu dapat melakukannya melalui 2 cara. Yang pertama, kamu dapat langsung membisukannya melalui feeds. Kemudian yang kedua, kamu dapat membisukan seseorang melalui halaman profilnya.

a. Mute akun Twitter lain melalui feeds

1.Buka aplikasi Twitter kamu. Disini akan terlihat postingan orang-orang yang kamu ikuti.
2. Jika kamu telah menemukan tweet dari seseorang yang dirasa mengganggu dan ingin kamu bisukan, kamu bisa menekan icon panah ke bawah seperti pada gambar. Setelah itu pilih mute.

3. Twitter akan otomatis menyembunyikan tweet yang dikirimkan oleh akun tersebut. Jika tidak, cobalah untuk me-refresh feeds, maka postingan dari akun yang telah kamu bisukan tadi tidak akan mampir lagi ke feedsmu.

Jika telah berhasil membisukan akun, maka akan muncul notifikasi
Jika telah berhasil membisukan akun, maka akan muncul notifikasi

b. Mute akun twitter lain lewat halaman profil akun tsbt

1.Kunjungi halaman profil orang yang ingin kamu bisukan tweet-nya.
2.Tap icon titik tiga pada ujung kanan atas tampilan profil. Setelah itu tap mute untuk membisukan akun.

3.Jika kamu berhasil membisukan tweet dari orang tersebut, maka akan ada tulisan seperti pada gambar berikut ini.

Akan ada tanda seperti pada gambar jika kamu membisukan akun tersebut
Akan ada tanda seperti pada gambar jika kamu membisukan akun tersebut

Cara unmute (membatalkan mute) seseorang di Twitter

Selain dapat membisukan seseorang di Twitter, kamu juga masih bisa membatalkannya dengan fitur unmute. Untuk melihat bagaimana caranya, silahkan simak tutorial berikut ini.

1. Buka profil akun yang ingin kamu unmute. Setelah membuka profilnya, kamu dapat menekan icon titik tiga seperti pada gambar berikut.

tap icon titik tiga di ujung layar

2. Setelah menekan icon titik tiga, pilih unmute.

tap unmute

3. Kembalilah ke feeds. Kini kamu dapat kembali melihat postingan akun tersebut melalui halaman utama.

Cara mengetahui siapa saja akun yang kita mute di Twitter

Terkadang mungkin kamu lupa siapa saja akun yang telah kamu bisukan pada feeds-mu. Padahal untuk melakukan unmute, kamu harus membuka profilnya terlebih dahulu. Namun jangan kuatir karena Twitter juga memungkinkan kita untuk mengetahui daftar akun yang telah kita bisukan.

Untuk mengetahui langkah-langkahnya, silahkan simak informasi berikut ini.

1. Pada halaman utama atau feeds Twitter, tap foto profilmu di ujung kiri atas layar. Setelah itu tap “settings and privacy“.

2. Setelah membuka menu “settings and privacy”, pilih dan tap menu “privacy and safety“. Disini kamu dapat mengatur semua hal berkaitan dengan privasi dan keamanan akun Twittermu, mulai dari mengetahui orang yang kamu blokir, pengaturan sensitive content, dan lain-lain.

tap privacy and safety

3. Pada pengaturan “Pivacy and safety” ini, tap menu “muted account” untuk mengetahui siapa saja akun Twitter yang telah kamu bisukan.

tap muted accounts untuk mengetahui siapa saja akun yang telah dibisukan

4. Setelah itu akan ditampilkan daftar orang yang telah kamu bisukan. Untuk melakukan unmute akun, kamu dapat membuka profilnya dan ikuti langkahnya seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.


Bagaimana. cukup mudah bukan cara untuk membisukan seseorang di Twitter? Dengan begitu, kamu sekarang sudah bisa menghindari diri dari membaca spam atau tweet tidak menyenangkan di feed/beranda twitter mu.

Hidup itu harus dibuat mudah. Jika kamu merasa terganggu, jangan segan untuk memute atau bahkan mengunfollow dan melaporkan akun tsbt.

Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terutama bagi pengguna twitter yang tidak sengaja sampai kelaman ini.

Simak informasi seputar sosial media terupdate hanya di Bukugue dot com.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan